• Home
  • Lifestyle
  • Kenapa Setiap Lebaran Selalu Ditanyai 'Kapan Kawin'?

Kenapa Setiap Lebaran Selalu Ditanyai 'Kapan Kawin'?

Fidel W Senin, 09 Juli 2018 06:03 WIB
photo ilustrasi: ist
MATATELINGA, Jakarta:  Lebaran menjadi momen berharga keluarga untuk bersilaturahmi. Di Indonesia, tradisi lebaran dijalani dengan acara silaturahmi di mana setiap anggota keluarga berkumpul. Biasanya di momen kumpul-kumpul keluarga seperti itu, ada satu pertanyaan yang kerap dilontarkan oleh salah satu anggota keluarga, yang sasarannya adalah para lajang.


"Kapan kawin?", "Kapan Merried?", atau "Kapan kita terima undangan?" Pertanyaan-pertanyaan tersebut kerap menjadi momok para lajang, terutama di usia-usia yang menurut kebiasaan masyarakat sudah seharusnya menikah. Menariknya, pengalaman seperti ini hampir dialami sebagian besar lajang di Indonesia ketika Lebaran.

Bisa dibilang, pertanyaan 'kapan kawin?' adalah tradisi lain Lebaran, selain makan ketupat atau mudik. Saking kuatnya tradisi tersebut setiap Lebaran, dunia maya sudah dimeriahkan oleh kumpulan 'meme Lebaran lucu saat ditanya kapan kawin'. Pertanyaan 'kapan kawin?', jika ditelaah lebih dalam, sebetulnya adalah fenomena sosial yang berlandaskan pada budaya masyarakat Indonesia.


Psikolog dari Universitas Indonesia, Rose Mini, mengatakan, pertanyaan semacam itu sebetulnya adalah perhatian yang diberikan anggota keluarga. "Orang yang nanya itu sebetulnya karena dia concern. Orangtua, tante, atau bude yang menanyakan hal tersebut karena sebetulnya mereka sayang. Kok belum kawin, kendalanya apa?" kata psikolog yang akrab disapa Bunda Romi itu saat berbincang dengan CNN Indonesia di kantornya.

Menurut Rose Mini, saat ini kita tidak boleh mengindahkan adanya pergeseran zaman. "Ada kalanya orang belum menikah bukan karena dia belum ketemu jodoh, tapi karena dia memang tidak mau," ucapnya. "Jadi enggak salah juga sih sebenarnya orang bertanya."

Kadang ada orang yang berprinsip untuk tidak menikah, karena lebih memilih karier. Itu cukup banyak terjadi di Indonesia, bukan hanya di luar negeri, kata Rose Mini. "Di luar negeri mungkin orang enggak terlalu begitu bertanya karena culture-nya berbeda."

Tidak usah jauh-jauh, di pelosok daerah di Indonesia, pada umur tertentu seorang gadis yang sudah masuk masa pubertas tidak hentinya ditanyai 'kapan nikah?'

"Padahal dia merasa umurnya masih tujuh belas atau delapan belas tahun, tapi di sana menjadi suatu titik di mana para gadis wajib untuk sudah menikah. Jadi, di tiap daerah di Indonesia saja berbeda," kata Bunda Romi.

Namun, menurut Bunda Romi, pertanyaan 'kapan kawin?' timbul karena ada masyarakat yang mengatakan, pada umur tertentu sebaiknya seorang perempuan atau laki-laki sudah siap menikah. "Makanya pertanyaan itu selalu timbul. Dan pertanyaan itu semakin timbul, apalagi kalau orang itu punya karier," ujar Rose Mini menjelaskan.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:Kapan MerriedTerkinikapan kawin
Komentar
Selasa, 18 Sep 2018 20:35Berita Sumut

USM-Indonesia akan Gelar Konferensi Internasional Bidang Kesehatan

Sebagai bagian dari proses internasionalisasi, Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia akan menggelar konferensi internasional pertama di bidang kesehatan (First Sari Mutiara Indonesia International Conference on Health), pada 10 - 11 Oktober 2018 mendat

Selasa, 18 Sep 2018 19:04Berita Sumut

Asintel Kejatisu Leo Simanjuntak : Korupsi Bisa Dicegah Lewat Pendampingan TP4D

Korupsi bisa dicegah dengan pendampingan TP4D. Setiap SKPD bisa memanfaatkan pendampingan dari Kejaksaan untuk setiap proyek yang dijalankan.

Selasa, 18 Sep 2018 18:34Berita Sumut

Gubsu, Wali Kota & Bupati Deli Serdang Bersinergi Atasi Banjir

Masalah banjir yang menerpa Kota Medan, Sabtu (15/9) dan Minggu (16/9), mendapat perhatian serius Gubsu Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, terutama banjir yang diakibatkan meluapnya Sungai Babura. Selasa (17/9), Gubsu dan Wali K

Selasa, 18 Sep 2018 17:36Berita Sumut

Nelayan Kapal Pukat Trawl di Belawan Takut Melaut

Ratusan kapal ikan yang berpangkalan di Sei Deli, Kampung Kurnia Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan tidak melaut karena takut terjaring operasi gabungan.

Selasa, 18 Sep 2018 17:10Berita Sumut

Penertiban Lapak Pedagang di Kawasan Stadion Teladan Diwarnai Kerusuhan

Kerusuhan mewarnai penertiban lapak pedagang yang berdiri di atas trotoar jalan di Kawasan Stadion Teladan Medan, Selasa (18/9). Personel gabungan yang terdiri dari petugas Satpol PP, Dinas Perhubungan, Kecamatan, kelurahan dan aparat Kepolisian mendapat

Selasa, 18 Sep 2018 16:57Berita Sumut

Kejati dan Pemprov Sumut Bersinergi Wujudkan Pemerintahan Bersih

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah membuka kegiatan Konsultasi Bakohumas Provinsi Sumatera Utara dengan tema ôStrategi Pencegahan Korupsi Melalui Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Tinggi

Selasa, 18 Sep 2018 16:33Berita Sumut

IPW Sesalkan Polisi Biarkan Aksi Demo di Kantor SKH Waspada

Indonesia Police Watch (IPW) menyayangkan jajaran Polda Sumut yang membiarkan aksi demo massa menolak kehadiran Sandiaga Uno ke kantor SKH Waspada di Medan, Selasa (18/9).

Selasa, 18 Sep 2018 16:17Berita Sumut

Preman Terminal Amplas Bakal Digempur Habis

Para preman dan pelaku kejahatan yang kerap meresahkan warga di seputaran Terminal Amplas bakal tidak tenang. Pasalnya Kapolsek Patumbak AKP Ginanjar Fitriadi berkomitmen menyikat habis para preman tersebut.

Selasa, 18 Sep 2018 16:05Berita Sumut

BPBD : 13 Kecamatan di Medan Masuk Kategori Rawan Banjir

Sebanyak 13 kecamatan di Kota Medan masuk dalam kategori rawan banjir. Ini disampaikan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Medan, Fachruddin saat sosialisasi Sekolah Sungai kepada masyarakat yang berada di bantaran sungai, Selasa (18/9).

Selasa, 18 Sep 2018 15:40Nasional

Panglima TNI Apresiasi Prajurit TNI dan Polri

Apresiasi yang tinggi kepada seluruh prajurit TNI dan Polri selama kurun waktu 2018 karena telah memberikan yang terbaik dan kepercayaan yang tinggi kepada rakyat dan bangsa Indonesia.

Selasa, 18 Sep 2018 15:26Nasional

Kasad : Piala Panglima TNI 2018 Ajang Unjuk Prestasi dan Momen Tingkatkan Soliditas

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, memimpin upacara laporan kontingen TNI AD dalam rangka mengikuti kejuaraan Piala Panglima TNI tahun 2018 di Aula A.H. Nasution, Mabesad Jakarta Pusat, Senin (17/9/2018).

Selasa, 18 Sep 2018 15:05Berita Sumut

Seminggu Mesin HD ICU Paviliun RS Adam Malik Rusak, Keluarga Pasien Kecewa

Mesin cuci darah di ICU Gedung Paviliun Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik sudah seminggu rusak. Lebih ironisnya, ada seorang pasien sebelumnya meninggal karena diduga jadwal cuci darah tertunda.

Selasa, 18 Sep 2018 14:52Nasional

Panglima TNI : Tingkatkan Prestasi Olahraga di Jajaran TNI

Tujuan yang ingin dicapai dalam pertandingan Piala Panglima TNI yang diselenggarakan setiap tahun yaitu meningkatkan prestasi olahraga, khususnya pada cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan dan memilih serta menseleksi atlit-atlit potensial untuk per

Selasa, 18 Sep 2018 14:37Berita Sumut

Terima Aksi Guru Honorer, Ini yang Disampaikan Wabup Sergai

Wakil Bupati Serdangbedagai Darma Wijaya menerima aksi Komunitas Guru Honorer, Selasa (18/9). Dalam pertemuan yang digelar di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin itu, Wabup menyampaikan sejumlah hal.

Selasa, 18 Sep 2018 14:26Lifestyle

Ho Teh Tiam Perkenalkan Kuliner Baru, Bingka Singkong

Pemilik Ho Teh Tiam di Jalan Mongonsidi Nomor 32 Medan, Endar Hadi Purwanto tak henti berinovasi dalam menyajikan makanan sehat. Setelah membuat Bolu Ketan yang lezat, kini dihadirkan juga Bingka Singkong.

Selasa, 18 Sep 2018 13:30Nasional

Koleksi Ulos Tua Langka Akan Dipamerkan di Museum Tekstil Jakarta

Nah, keindahan motif kain tenun Ulos, akan dipamerkan di Museum Tekstil, Jakarta, 20 September - 7 Oktober 2018. Barang yang ditampilkan adalah koleksi pribadi milik Devi Pandjaitan bersama Kerri Na Basaria.