• Home
  • Lifestyle
  • Keren !!! Saat Musisi Mancanegara Nyanyikan Lagu Batak di Samosir Music International 2018

Keren !!! Saat Musisi Mancanegara Nyanyikan Lagu Batak di Samosir Music International 2018

faeza/rel Minggu, 26 Agustus 2018 16:56 WIB
Mtc/ist
Perhelatan Samosir Music International 2018, Sabtu (25/8) malam, layak menjadi inspirasi bagi perhelatan musik lainnya. Sebab, event ini tidak hanya mempertahankan sisi budaya tetapi juga memperkenalkannya ke musisi mancanegara yang menjadi bintang tamu
MATATELINGA, Samosir– Perhelatan Samosir Music International 2018, Sabtu (25/8) malam, layak menjadi inspirasi bagi perhelatan musik lainnya. Sebab, event ini tidak hanya mempertahankan sisi budaya tetapi juga memperkenalkannya ke musisi mancanegara yang menjadi bintang tamu. 

Caranya, para bintang tamu itu diminta membawakan lagu daerah Batak. Salah satu lagu Batak yang dibawakan malam ini oleh Herman Delago dan kawan-kawan yang berjudul 'Mardua Holong' sukses membuat penonton bernyanyi bersama menikmati iringan band asal Austria ini.

Banyak musisi internasional yang terlibat di acara ini seperti  Kanto asal Jepang, Herman Delago dan Nadine Beiler asal Austria. Ada juga musisi muda asal Indonesia yang lama berdomisili di Belanda, yaitu Bernadeta Astari. Mereka sangat antusias dengan tantangan di acara ini.

Hal tersebut disampaikan Project Manager Samosir Music International Henry Manik. Dijelaskan Henry, sejak awal para musisi ini memang diberitahu untuk membawakan lagu khas Batak.

"Dan setelah kita dengarkan contoh lagu Batak, ternyata mereka sangat antusias. Mereka pun menerima undangan tampil dengan membawakan lagu Batak. Kita juga bawakan alat musik khas Batak untuk mereka berlatih," papar pria asli Samosir yang tinggal di Belanda itu.

Namun, para musisi mancanegara ini diberi kebebasan untuk menyesuaikan lagu daerah dengan gaya mereka sendiri. 

"Jadi membawakannya dengan genre apa, gaya seperti apa juga terserah mereka. Kita hanya mengarahkan mengenai pengucapan lagu dalam bahasa Batak. Karena itu yang paling menyulitkan para musisi," kata pria berambut gondrong itu.

Henry mencontohkan Nadine Beiler, penyanyi RnB asal Austria. "Nama Nadine sudah dikenal di Eropa. Kualitasnya tidak sembarangan. Dia sejak awal memang antusias membawakan lagu Batak. Karena lagu Batak memang banyak tantangannya," paparnya.

Selain tantangan membawa lagu Batak, tingginya animo masyarakat juga membuat pengisi acara tertarik. Puluhan ribu orang tercatat memadati Open Stage Tuk Tuk Siandong, Samosir. Wisatawan mancanegara juga tampak hadir di lapangan tempat acara ini berlangsung.

Meski harus bernyanyi Batak, Nadine Beiler,Herman Delago, dan Kento, terlihat sangat enjoy. Mereka berkali-kali membuat penonton bergoyang, bahkan melompat lompat mengikuti tempo cepat dari pemusik. Herman Delago pun mengaku senang bisa tampil di Samosir.

"Saya sudah pernah tampil disini, sekarang tampil lagi. Tapi selalu menyenangkan. Karena kalian luar biasa," tutur Herman.

Aksi malam itu ditutup dengan sangat sempurna oleh Viky Sianipar. Tampil dengan lagu-lagu Batak yang diaransemen secara modern, Viky mampu membakar semangat penonton. Disela-sela penampilannya, Viky menyampaikan pesan kepada penonton.

"Samosir luar biasa. Mudah-mudahan Samosir akan lebih maju lagi kedepannya. Dan ingat, jangan pernah menebang pohon," katanya.

Direktur Utama BPODT Arie Prasetyo menilai event ini menjadi momentum yang baik untuk menaikkan pariwisata Danau Toba.

"Sepanjang acara berlangsung malam ini, saya berkesempatan melihat suasana event dari balik panggung utama, saya happy sekali karena penonton ramai dan antusias sekali. Saya rasa ini menjadi momentum yang sangat baik bagi pariwisata Danau Toba khususnya Samosir" tutur Arie Prasetyo. 

Arie juga mengajak masyarakat memberikan apresiasi kepada penyelenggara. Karena, mampu menghadirkan event internasional dengan konsep yang lebih matang dan pengisi acara yang lebih banyak. 

Keseruan yang disajikan Samosir Music International, disambut positif Menteri Pariwisata Arief Yahya. Terlebih, event ini mampu mendorong musisi internasional untuk membawakan lagu Batak.

"Ini cara yang luar biasa. Musisi mancanegara tidak hanya diperkenalkan, tetapi juga diajak membawakan lagu Batak. Bukan tidak mungkin lagu Batak juga dibawakan saat para musisi internasional itu tampil di negaranya sendiri, atau di negara lain," katanya.

Dengan kondisi positif seperti saat ini, atraksi pariwisata di destinasi sudah baik, maka target kunjungan sampai akhir tahun 2019 untuk destinasi Danau Toba yaitu satu juta kunjungan optimis tercapai. (mtc/fae/rel)

Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Sabtu, 19 Jan 2019 09:36Berita Sumut

Wakil Wali Kota Ajak Kader BMI Sumut Ikut Dukung Kebersihan

Pemko Medan tidak dapat mewujudkan Kota Medan bersih dari sampah tanpa dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat. Sekecil apapun dukungan yang diberikan tentunya sangat berarti dalam upaya mewujudkan ibukota Sumatera Utara bersih sampah. Oleh karena

Sabtu, 19 Jan 2019 09:21Ekonomi

Biaya Bagasi Pesawat Bigitu Mahal, Ini Tips Mengatasinya

Bagasi merupakan komponen terpenting dalam bepergian dengan pesawat. Terutama bagi penumpang yang selalu memboyong koper dalam ukuran besar. Sejumlah maskapai penerbangan low cost carrier (LCC) pun sempat menggratiskan layanan ini. Penumpang jadi cukup me

Sabtu, 19 Jan 2019 09:06Internasional

Anak Ini Diberi Nama AA, Tujuan Orang Tuanya "Megelitik" isi Perut, Sontak Viral di Warga Net

Kisah unik terjadi di Malaysia dan mendadak viral setelah tersebar di media sosial. Ya, seorang pria menamai anak perempuannya dengan inisial AA. Alasannya sangat unik, yaitu diharapkan kelak bisa duduk di depan saat mengikuti ujian di sekolah.

Sabtu, 19 Jan 2019 08:51Berita Sumut

Massa Desak Polda Sumut Tangkap Sintong Gultom

Puluhan massa dari Forum Mahasiswa dan Pemuda Peduli (Formasi) Tapanuli Tengah melakukan aksi unjuk rasa di Polda Sumut, Jumat (18/1/2019) siang. Massa menilai lambatnya, dalam menuntaskan kasus perjalanan dinas fiktif anggota DPRD Tapanuli Tengah (Tapten

Sabtu, 19 Jan 2019 08:36Nasional

Dansatgas Timur UNIFIL Kunjungi Markas Pasukan Perdamaian RI di Lebanon

Komandan Sektor (Dansektor) Timur UNIFIL, Brigadier General Antonio Gomero Losada menegaskan jika Sector East Military Police Unit (SEMPU) merupakan tulang punggung Komando Sektor (Kosektor) Timur UNIFIL. Hal itu disampaikan Antonio saat mengunjungi Gajah

Sabtu, 19 Jan 2019 08:21Berita Sumut

Tak Tenang Terus Bersembunyi, Akhirnya Serahkan diri Ke Polisi

Sejak kejadian tabrakan maut bus Sumatera Transport (Sutra) dengan sepeda motor Yamaha Mio di jalur puncak Brastagi pada Minggu 13 Januari 2019 lalu, AG, sopir yang sempat melarikan diri, akhirnya menyerahkan diri ke Polisi.

Sabtu, 19 Jan 2019 08:06Lifestyle

Yuk Intip Sopir Truk Super Cantik & Hot Asal Jepang

Sopir truk pada umumnya adalah sosok laki-laki dengan gaya hidup amburadul yang tidak bersahabat. Tapi di Jepang, ada satu sopir truk cantik nan seksi bikin Anda ogah berpaling lho!

Sabtu, 19 Jan 2019 07:51Berita Sumut

Pembeli Buang Sabu Ditangkap Polsek Patumbak

Pemuda berinisial TO ,27, tak bisa berbuat banyak ketika petugas kepolisian menemukan barang bukti narkotika satu paket sabu-sabu di bawah sepeda motor yang dinaikinya.

Sabtu, 19 Jan 2019 07:36Bola

Jose Mourinho Beberkan soal Ronaldo dan Messi

Jose Mourinho memang tengah menganggur saat ini tetapi dia tak bisa menjauh dari sepakbola. Belum lama ini pelatih berpaspor Portugal itu membicarakan dua sosok mengabintang sepakbola modern yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Sabtu, 19 Jan 2019 07:21Berita Sumut

Dikabarkan, Satu Keluarga Tewas Dalam Mobil Taft

: Sebuah mobil Taft dengan bermuatan satu keluarga diperkirakan tujuh orang, tenggelam di aliran Sungai Dusun V Stungkit Kecamatan Wampu menuju Kecamatan Dusun Selayang Pulao Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat, Jumat (18/1/2019)

Sabtu, 19 Jan 2019 07:06Internasional

Gara-Gara Staf, Puluhan Penerbangan Tertunda

Penumpang pesawat bisa menunggu dalam waktu lama, pada Jumat (18/1/2019) malam, setelah setidaknya 40 penerbangan ke dan dari Bandara Sydney, Australia ditunda atau dibatalkan karena kekurangan staf yang tak terduga.

Sabtu, 19 Jan 2019 06:51Bola

Paul Pogba Kejar Rekor Cristiano Ronaldo

Manchester United memiliki tugas untuk menjamu Brighton & Hove Albion malam ini, Sabtu (19/1/2019) pukul 22.00 WIB dalam laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019. Dalam pertandingan tersebut, gelandang Man United, Paul Pogba, memiliki potensi yang cukup b

Sabtu, 19 Jan 2019 06:36Nasional

Jelang Pilpres, Mendagri: Hilangkan "Racun" Demokrasi

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyampaikan ucapan pesan Natal kepada keluarga besar umat Nasrani di lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Sabtu, 19 Jan 2019 06:21Berita Sumut

LAPK: Kebijakan Tidak Pro Rakyat

Melalui Permenkes Nomor 51 Tahun 2018, peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan dikenakan urun biaya saat berobat ke rumah sakit dan klinik utama, baik rawat jalan maupun rawat inap. Klaimny

Sabtu, 19 Jan 2019 06:06Berita Sumut

Husni Minta Dukungan Penuh Seluruh Warga Wujudkan Medan Bersih Sampah

Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan kembali meluruskan bahwasannya Medan bukan kota metropolitan terkotor seperti yang dilansir sejumlah media beberapa waktu lalu. Yang benar Kota Medan mendapat nilai rendah ketika penil

Jumat, 18 Jan 2019 23:40Lifestyle

Anak Milenial Rentan Terkena Penyakit, Kenapa...

Suatu studi menyatakan bahwa anak-anak milenial akan banyak menghadapi masalah kesehatan di banding orangtuanya. Gaya hidup dan pola asuh yang didapat ternyata berdampak pada kesehatan fisik ataupun mental.