• Home
  • Lifestyle
  • Kisah Nabi Ibrahim yang Akhirnya Menemukan Allah SWT

Kisah Nabi Ibrahim yang Akhirnya Menemukan Allah SWT

Mtc Senin, 12 Agustus 2019 07:30 WIB
Hand Over
Ilustrasi
MATATELINGA: Nabi Ibrahim selama ini dikenal sebagai bapaknya para nabi. Sebab banyak nabi yang merupakan anak cucunya Nabi Ibrahim.




Sebagai seorang keturunannya dari Nabi Ismail, Nabi Muhammad SAW dengan kakeknya itu terpaut jarak ribuan tahun. Tetapi Nabi Muhammad sangat paham sejarah kakeknya, Nabi Ibrahim padahal beliau tak memiliki kemampuan membaca, menulis, apalagi sekolah.

"Dengan mendapatkan wahyu Alquran, Nabi Muhamamd mengerti tentang kisah-kisah para nabi," jelas Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj kemarin.


Ia menegaskan, kehadiran Alquran menginventarisasi berbagai peristiwa penting di zaman dulu sehingga bisa lestari. "Dengan Alquran, sejarah dunia sejak lahirnya, sejak diciptakannya Adam sampai Nabi Muhammad lahir, sejarah lestari abadi dengan mukjizat Alquran," katanya.

Nama Ibrahim, terang Kiai Said, terdiri dari dua kata, yakni Ib yang berarti bapak dan Rahim yang berarti umat. Nabi bapaknya umat itu mulanya memiliki seorang istri, yakni Sarah, sepupunya sendiri. Mereka hidup di daerah Babilonia atau saat ini berada di sebelah selatan Baghdad sejauh 10 km.

Ketika itu, lanjut Kiai Said, rajanya seorang diktator dengan mengajak rakyatnya agar menyembah berhala. Bahkan berhala menjadi bisnis dan menghasilkan uang, termasuk ayahandanya Ibrahim yang namanya Azar juga orang yang berbisnis berhala. "Bikin berhala kemudian dijual untuk mencari makan," katanya.

Seperti dilansir oleh wartawan, Nabi Ibrahim melalui akalnya yang cerdas tidak pernah mau menyembah berhala. Justru, Nabi Ibrahim menemui akidah tauhid setelah melalui perjalanan teologi yang penuh keadilan rasional mantiq.




"Walaupun lahir di tengah-tengah keluarga masyarakat musyrikin, tapi Nabi Ibrahim dengan akal yang cerdas pikiran yang jernih, hatinya yang bening dan bersih tidak pernah menjadi manusia yang menyembah berhala," jelas kiai asal Cirebon itu.

Lalu dalam kegelisahan batinnya, Nabi Ibrahim pun mencari Tuhan yang sesungguhnya. Ia tak percaya Tuhan adalah batu yang diukir oleh ayahnya.

Saat melihat bintang, bulan, hingga matahari di langit, mulanya ia merasa itu secara satu persatu adalah Tuhan. Namun, setelah mereka semua lenyap, ia sadar bahwa Tuhan tidak mungkin menghilang begitu saja.

"Demikian pula seperti bulan dan bintang, matahari pun hilang matahari pun berubah. Maka beliau mengatakan tidak mungkin ini Tuhan dan saya menemukan Tuhan adalah Yang Maha Satu, Yang Esa, Yang Tunggal, yang tidak punya sekutu, dan tidak mungkin berubah," kata Ibrahim.

Sebab, dalam pemikiran Nabi Ibrahim, yang berubah berarti alam, berarti diciptakan. Jika diciptakan, berarti baru. Jika baru, berarti membutuhkan yang menciptakan. Sementara yang menciptakan tidak boleh berubah, tidak boleh baru, harus tetap langgeng dan lestari.




"Alam ini berubah. Setiap yang berubah itu mempunyai sifat baru. Setiap yang baru pasti membutuhkan yang menciptakan. Yang menciptakan tidak boleh berubah, yaitu Allah," kata Kiai Said.

Dari situlah, Nabi Ibrahim as baru menemukan Tuhan sesungguhnya yang menciptakan langit bumi, bintang, bulan, dan matahari.

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:Berita IslamiblibliMatatelingaTerkinimatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Sabtu, 17 Agu 2019 23:30Nasional

Kibarkan Bendera Merah Putih, Tentara Malaysia Ikut Serta

Rasa persatuan di hari kemerdekaan RI ini bahkan tidak hanya dirasakan warga negara Indonesia

Sabtu, 17 Agu 2019 23:15Nasional

Mapolsek Wonokromo di Serang

Pasca penyerangan terhadap dua anggota Polsek Wonokromo, IM (30) warga asal Madura

Sabtu, 17 Agu 2019 23:00Bola

Luis Suarez Alami "Ganguan"

Luis Suarez Harus absen untuk waktu yang belum bisa ditentukan lantaran menderita cedera,

Sabtu, 17 Agu 2019 22:45Bola

Laga di Markas Southampton, Liverpool Raih Poin Penuh

Pada pekan kedua Liga Inggris 2019-2020, Sabtu (17/8/2019) malam WIB. Liverpool berhasil membawa pulang poin penuh dari markas Southampton

Sabtu, 17 Agu 2019 21:29Berita Sumut

Satu Begal Beraksi di Bandar Khalifah Tewas dihajar Massa

Satu orang kawanan begal saat beraksi di Jalan Pringgan/Jalan Bejo tepatnya di samping Gang Ridho Desa Bandar Khalipah, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, tewas dihajar massa, Sabtu (17/8/2019) dini hari.

Sabtu, 17 Agu 2019 21:09Berita Sumut

Nuansa kebersamaan antara Kodam I/BB dengan masyarakat dalam perlombaan

Dalam menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Kodam I/BB menggelar berbagai macam perlombaan, pada Sabtu (17/8/) 2019 di Lapangan bola Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan.

Sabtu, 17 Agu 2019 20:54Berita Sumut

Kepala Kepolisian Sumut Menjadi Irup HUT ke 74 RI

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Adrianto menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74 tahun, bertempat di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut Sabtu (17/8/2019).

Sabtu, 17 Agu 2019 20:39Berita Sumut

Momen 17 Agustus Menjalin Kekompakan Antara Karyawan Dan Pimpinan

PT. Best Profit Futures merayakan hari jadi ke 74 Indonesia, pada momen 17 Agustus tersebut berjalan meriah yang berlangsung di depan halaman kantor PT BPF Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Sabtu (17/8/2019).

Sabtu, 17 Agu 2019 20:24Berita Sumut

Pemko Medan Ikut Meriahkan Pawai Pembangunan

Pemko Medan ikut pawai pembangunan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara guna memeriahkan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019

Sabtu, 17 Agu 2019 20:09Berita Sumut

Ribuan Peserta Antusias Ikut Pawai Obor

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Pemerintahan Setdako Medan Musaddad NasutIon mengikuti pawai obor yang digelar dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-74 tahun 2019

Sabtu, 17 Agu 2019 19:54Berita Sumut

Gojek Hidupkan UMKM & Serap Hampir 2 Juta Tenaga Kerja

Pemko Medan sangat apresiasi serta mendukung penuh perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 yang diselenggarakan Gojek di Istana Maimun Medan

Sabtu, 17 Agu 2019 19:47Nasional

Ikut Upacara HUT RI, Wapres JK Berpakaian Adat Aceh

Upacara HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta jadi ajang promosi pakaian adat nusantara. Jika Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Klungkung, Bali, Wakil Presiden Jusuf Kalla tampak gagah dalam balutan pakaian adat Aceh le

Sabtu, 17 Agu 2019 19:39Berita Sumut

Warga Jalan Karya Pasar IV Marindal -1 Siap Dukung Polri Berantas Narkoba

Masyarakat Jalan Karya Pasar IV Marindal-1 Kecamatan Patumbak Deli Serdang menyatakan siap mendukung Polri.khususnya Polsek Patumbak dalam hal pemberantasan narkoba. Hal itu terbukti ada bebera spanduk yang terpasang dengan tulisan "Warga Jalan Kary

Sabtu, 17 Agu 2019 19:13Berita Sumut

Upacara HUT ke-74 RI di Kota Binjai

Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74 berlangsung khidmat dan lancar, ratusan masyarakat terlihat memadati Lapangan Merdeka Binjai untuk menyaksikan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Sabtu (17/8)

Sabtu, 17 Agu 2019 18:45Berita Sumut

Ini Kemeriahan Perayaan HUT RI di POS Medan

Setiap kali memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus selalu ditunggu-tunggu di lingkungan sekolah PrimeOne School Medan, karena akan ada beberapa perlombaan yang digelar untuk memeriahkan

Sabtu, 17 Agu 2019 18:25Internasional

Hadang Demonstran, Militer China Berlatih Menggunakan Garpu Listrik

Militer China terlihat berlatih menggunakan perangkat garpu raksasa yang bertujuan untuk mengendalikan unjuk rasa yang berujung rusuh. Mengutip Mirror, Sabtu (17/8/2019) senjata tersebut diyakini bisa melancarkan listrik dalam upaya untuk meredam segala a