• Home
  • Lifestyle
  • Kota Tua Jakarta Gagal Jadi Warisan Dunia. Begini Alasannya

Kota Tua Jakarta Gagal Jadi Warisan Dunia. Begini Alasannya

Fidel Wc Selasa, 10 Juli 2018 05:39 WIB
Kota Tua gagal memenuhi syarat sebagai salah satu peninggalan warisan dunia UNESCO / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: Kota Tua dinilai gagal memenuhi syarat sebagai salah satu peninggalan warisan dunia UNESCO. ICOMOS menyatakan bahwa Kota Tua dan tiga pulau pendukung di kepulauan seribu (Onrust, Kelor, Cipir, dan Bidadari) tak memenuhi syarat untuk memegang predikat sebagai warisan dunia.

ICOMOS sendiri adalah salah satu lembaga profesional yang melakukan penilaian dari peninggalan serjarah dan budaya. Hanya peninggalan yang masuk dalam kriteria memiliki nilai universal yang menakjubkanlah yang akan dianugerahi sebutan warisan dunia.

Lembaga ini ditunjuk oleh UNESCO bersama dengan dua lembaga lain yaitu IUCN (International Union for the Conservation of Nature) yang berpusat di Gland, Swiss dan ICCROM (International Centre for the Study of the Preservation and Restoration of Cultural Property) yang berpusat di Roma, Italia.

Berdasarkan analisa komparatif ICOSMOS, Kota Tua tidak memenuhi beberapa syarat kesatuan peninggalan bangunan yang ada dengan konteks kota secara keseluruhan. Secara rinci, berikut enam alasan Kota Tua tidak masuk kriteria.

1. Kota Tua dianggap tak sanggup menyaingi keunikan dan faktor luar biasa dari kota kolonial lain di wilayah Asia Tenggara dan dunia.

2. Kawasan ini juga dianggap tidak menjadi saksi keberagaman dan perpaduan multikultural Indonesia saat ini. Sebagai pusat perdagangan pun, Kota Tua masih kalah jika dibandingkan dengan kota sejenis di Asia Tenggara. Tradisi pembuatan perahu tradisional bisa bertahan di Kampung Luar Batang dinilai bukan bukti yang cukup kuat.

3. Kota Tua tidak menunjukkan perannya sebagai tempat pertukaran nilai kemanusiaan dari waktu ke waktu, baik terkait dengan pembangunan arsitektur atau teknologi. Tidak juga memengaruhi rencana pengembangan kota atau perancangan tata kota.

4. Daerah wisata itu juga tidak menunjukkan keunikannya menjadi saksi tradisi budaya atau peradaban yang telah hilang.

5. Kawasan ini tak menunjukkan contoh bangunan yang luar biasa baik secara arsitektural, teknologi, ataupun tata kota, yang menunjukkan tingkatan penting dalam sejarah manusia.

6. Bangunan yang tersisa diwilayah ini terancam berbagai faktor. Seperti tata kota yang tidak memperhitungkan kawasan bersejarah ini, resiko banjir, dan tidak adanya solusi manajemen bencana dari pemerintah.

Argumen lain yang diberikan adalah wilayah Kota Tua sangat terpengaruh dengan pembangunan kota Jakarta saat ini. Sebagai contoh pembangunan Tanggul Raksasa dan 17 pulau di utara Jakarta yang dinilai akan mengubah nilai historis dan keaslian wilayah Kota Tua ini.

ICOSMOS juga memberi catatan agar bangunan peninggalan abad 19 dan 20 itu perlu lebih banyak investasi dan revitlisasi untuk menjaga peninggalan itu dan menjadikannya bagian dari karakter kota.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:ICOMOSKota TuaKota Tua jakartaUNESCOpeninggalan warisan dunia
Komentar
Jumat, 16 Nov 2018 10:22Berita Sumut

Pemkab Asahan Apresiasi Kampung Pengawasan Pemilu

Wakil Bupati Asahan H.Surya,BSc menerima kunjungan komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Asahan, Kamis (15/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 09:54Berita Sumut

Lantik 6 PJU dan 7 Kapolres, Kapoldasu : Ini Angin Segar Baru

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan enam Pejabat Utama (PJU) Polda Sumatera Utara (Sumut) serta tujuh Kapolres di Mapolda Sumut, Jumat (16/11) pagi.

Jumat, 16 Nov 2018 07:33Nasional

Kasad : Latihan Ancab TNI AD 2018 Akumulasi Kemampuan Tempur

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono menyaksikan langsung Latihan Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD TA. 2018 di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur), Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan (Sumsel),

Jumat, 16 Nov 2018 07:18Bola

Kenapa Malcom, Khianati Roma demi Barcelona...?

Santer dikabarkan bakal meninggalkan klub berjuluk Blaugrana, pada bursa transfer mendatang. Kendati demikian, hal itu lekas ditanggapi oleh Malcom, yang mengatakan bahwa dirinya senang berada di Barcelona.

Jumat, 16 Nov 2018 07:03Internasional

Tujuh Belas Tersangka Pembunuhan Wartawan di Beri Sanksi

Dalam pembunuhan Wartawan Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, Departemen Keuangan Amerika Serikat pada Kamis 15 November 2018, mengumumkan hukuman terhadap 17 orang Saudi atas peran mereka.

Jumat, 16 Nov 2018 06:48Nasional

UAS dan Habib Rizieq Paling Didengar di Pilpres Perhitangan LSI

Temuan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang menyebut Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Habib Rizieq Shihab sebagai ulama yang paling didengar imbauannya dan berpengaruh di Pilpres 2019, disambut baik oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Pasangan Joko Wid

Kamis, 15 Nov 2018 22:45Berita Sumut

Sejumlah Anggota DPRD Medan Diperiksa BPK, Masalah Anggaran Reses

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumut melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah anggota DPRD Kota Medan periode 2014-2019 di kantor Jalan Imam Bonjol, Medan

Kamis, 15 Nov 2018 22:30Berita Sumut

Resedivis Beraksi Membongkar Kantor Asuransi

Menyandang seorang resedivis, tidak mudah untuk bertobat. Itu tergantung orangnya, mau berubah nasib usai menjalani hukuman atau sebaliknya melakukan melawan hukum.

Kamis, 15 Nov 2018 22:15Nasional

Kepala Bakamla Beri Ucapan Selamat Kepada Kasal

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Achmad Taufiqoerrochman, S.E. memberikan ucapan selamat kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. atas pengangkatannya sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut ke-3

Kamis, 15 Nov 2018 22:00Berita Sumut

Wali Kota Kembali Raih Penghargaan Natamukti 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Penghargaan Natamukti 2018 dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia bekerjasama dengan International Council for Small Buniness (ICSB) di Graha Widya Bhakti, Ge

Kamis, 15 Nov 2018 21:45Berita Sumut

Kasat Lantas Asahan AKP.Rusbeny : Polantas Sudah Melakukan Penindakan Sesuai Prosedur

Kasat Lantas Asahan AKP.Rusbeny menanggapi viralnya tayangan vidio yang diunggah di media sosial terkait personil lalu lintas Polres Asahan yang melakukan penindakan terhadap seorang lelaki pegendara sepeda motor Honda Vario warna merah BK.4668 VBL yang

Kamis, 15 Nov 2018 21:30Berita Sumut

Transparan untuk Lindungi Pegawai

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprov Sumut) Dr Hj R Sabrina MSi mengatakan bahwa sistem kepegawaian saat ini akan menggunakan aplikasi elektronik yang transparan dan lebih melindungi Aparatur Sipil Negara (ASN) dari pengaruh atau tekanan d

Kamis, 15 Nov 2018 21:15Berita Sumut

Sabrina Ajak Seluruh Masyarakat Bersama Lestarikan Lingkungan Hidup

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Dr Hj R Sabrina MSi mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama melestarikan lingkungan hidup. Dengan melestarikan lingkungan hidup berarti juga ikut menyelamatkan masyarakat sekitarnya.

Kamis, 15 Nov 2018 21:00Nasional

Panglima TNI Kunjungan Kerja ke Merauke

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. melaksanakan kunjungan kerja ke Merauke, Provinsi Papua.

Kamis, 15 Nov 2018 20:45Berita Sumut

Anton Panggabean Usulkan Penambahan Honor Guru dan Imam Mesjid

Anggota DPRD Medan Anton Panggabean yang juga selaku panitia khusus (Pansus) R APBD Kota Medan TA 2019 mengusulkan penambahan honor guru gereja dan imam mesjid di kota Medan. Penambahan itu dinilai sangat penting guna memaksimalkan ajaran agama kepada gen

Kamis, 15 Nov 2018 20:30Berita Sumut

Wanita Tua Ini, Jual Narkoba, Berujung ke Terali Besi

Petugas Satuan Narkoba Polres Pelabuhan Belawan menangkap seorang wanita pengedar daun ganja kering pada (12/11/2018) kemarin dari tersangka petugas menyita 16 amplop dan kertas tiktak.