• Home
  • Lifestyle
  • Kota Tua Jakarta Gagal Jadi Warisan Dunia. Begini Alasannya

Kota Tua Jakarta Gagal Jadi Warisan Dunia. Begini Alasannya

Fidel Wc Selasa, 10 Juli 2018 05:39 WIB
Kota Tua gagal memenuhi syarat sebagai salah satu peninggalan warisan dunia UNESCO / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: Kota Tua dinilai gagal memenuhi syarat sebagai salah satu peninggalan warisan dunia UNESCO. ICOMOS menyatakan bahwa Kota Tua dan tiga pulau pendukung di kepulauan seribu (Onrust, Kelor, Cipir, dan Bidadari) tak memenuhi syarat untuk memegang predikat sebagai warisan dunia.

ICOMOS sendiri adalah salah satu lembaga profesional yang melakukan penilaian dari peninggalan serjarah dan budaya. Hanya peninggalan yang masuk dalam kriteria memiliki nilai universal yang menakjubkanlah yang akan dianugerahi sebutan warisan dunia.

Lembaga ini ditunjuk oleh UNESCO bersama dengan dua lembaga lain yaitu IUCN (International Union for the Conservation of Nature) yang berpusat di Gland, Swiss dan ICCROM (International Centre for the Study of the Preservation and Restoration of Cultural Property) yang berpusat di Roma, Italia.

Berdasarkan analisa komparatif ICOSMOS, Kota Tua tidak memenuhi beberapa syarat kesatuan peninggalan bangunan yang ada dengan konteks kota secara keseluruhan. Secara rinci, berikut enam alasan Kota Tua tidak masuk kriteria.

1. Kota Tua dianggap tak sanggup menyaingi keunikan dan faktor luar biasa dari kota kolonial lain di wilayah Asia Tenggara dan dunia.

2. Kawasan ini juga dianggap tidak menjadi saksi keberagaman dan perpaduan multikultural Indonesia saat ini. Sebagai pusat perdagangan pun, Kota Tua masih kalah jika dibandingkan dengan kota sejenis di Asia Tenggara. Tradisi pembuatan perahu tradisional bisa bertahan di Kampung Luar Batang dinilai bukan bukti yang cukup kuat.

3. Kota Tua tidak menunjukkan perannya sebagai tempat pertukaran nilai kemanusiaan dari waktu ke waktu, baik terkait dengan pembangunan arsitektur atau teknologi. Tidak juga memengaruhi rencana pengembangan kota atau perancangan tata kota.

4. Daerah wisata itu juga tidak menunjukkan keunikannya menjadi saksi tradisi budaya atau peradaban yang telah hilang.

5. Kawasan ini tak menunjukkan contoh bangunan yang luar biasa baik secara arsitektural, teknologi, ataupun tata kota, yang menunjukkan tingkatan penting dalam sejarah manusia.

6. Bangunan yang tersisa diwilayah ini terancam berbagai faktor. Seperti tata kota yang tidak memperhitungkan kawasan bersejarah ini, resiko banjir, dan tidak adanya solusi manajemen bencana dari pemerintah.

Argumen lain yang diberikan adalah wilayah Kota Tua sangat terpengaruh dengan pembangunan kota Jakarta saat ini. Sebagai contoh pembangunan Tanggul Raksasa dan 17 pulau di utara Jakarta yang dinilai akan mengubah nilai historis dan keaslian wilayah Kota Tua ini.

ICOSMOS juga memberi catatan agar bangunan peninggalan abad 19 dan 20 itu perlu lebih banyak investasi dan revitlisasi untuk menjaga peninggalan itu dan menjadikannya bagian dari karakter kota.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:ICOMOSKota TuaKota Tua jakartaUNESCOpeninggalan warisan dunia
Komentar
Kamis, 17 Jan 2019 07:29Ekonomi

Presiden Jokowi: Pensiunan PNS Harus Lebih Inovatif

Presiden Joko Widodo mengimbau agar Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus berhati-hati dan cermat dalam mengelola tunjangan di hari tua.

Kamis, 17 Jan 2019 07:14Bola

Juventus Juarai Piala Super Italia 2018, Allegri: Ini Alasan Kami Datangkan Ronaldo

Juventus meraih gelar Piala Super Italia 2018 usai mengalahkan AC Milan dengan skor tipis 1-0 di Stadion King Abdullah Sport City, Kamis (17/1/2019).

Kamis, 17 Jan 2019 06:59Lifestyle

Menikah Dengan Bule, 3 Artis ini Blak - Blakan Beberkan Pengalaman Ranjangnya

Keputusan untuk menikah dengan seorang bule memang bukanlah hal mudah, namun berbeda dengan tiga selebriti dibawah ini yang lebih memilih hidup bersama bule. Mereka adalah Lia Waode, Baby Margaretha hingga Melaney Ricardo.

Kamis, 17 Jan 2019 06:44Berita Sumut

Empat Komplotan Pembobol ATM, Terkapar di Terjang Timah Panas

Tim unit jatanras Polres Asahan melumpukan empat komplotan pembobol kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dengan modus mengganjal slot (tempat kartu ATM) di mesin, dengan timah panas dibagian kaki, karena berusaha melawan melarikan diri saat hendak dilakuka

Kamis, 17 Jan 2019 06:30Bola

Meski Kalah 0-1 Atas Leganes, Real Madrid Tetap Lolos ke perempatfinal

Real Madrid harus mengakui keunggulan Leganes di leg II 16 besar Copa del Rey 2018-2019 dengan kalah 0-1, pada Kamis (17/1/2019) dini hari WIB. Akan tetapi meski kalah di laga tersebut, Madrid tetap dipastikan lolos ke perempatfinal lantaran menang agrega

Kamis, 17 Jan 2019 06:29Internasional

14 Orang Militan Bersenjata Tewas di tangan Pasukan Keamanan Kenya

Sedikitnya 14 orang militan yang menyerang hotel mewah di Ibu Kota Nairobi tewas ditangan Pasukan keamanan Kenya, dalam aksi teror yang terjadi sejak Selasa, 15 Januari itu. Kelompok militan Al Shabaab yang berafiliasi dengan Al Qaeda mengklaim bertanggun

Kamis, 17 Jan 2019 06:15Lifestyle

Sarapan Super Praktis dan Bergizi, ini 2 Tips & Rekomendasinya

Apakah pola hidup sehat termasuk dalam daftar resolusi Anda di tahun 2019? Jika benar, Anda bisa memulainya dengan membiasakan diri menyantap menu sarapan sehat. Salah satu resep makanan super praktis dan sehat adalah pancake.

Rabu, 16 Jan 2019 21:30Ekonomi

Terus Meningkat, Penerimaan Negara dari Hulu Migas Capai Rp246,7 Triliun

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat, penerimaan negara dari industri hulu migas di tahun 2018 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Rabu, 16 Jan 2019 21:15Lifestyle

Sakit atau Sehatnya Kita Bisa di Ungkap dari Kondisi Kaki, ini Faktanya

Sementara ada beberapa orang yang rutin melakukan general check up yang harganya tidak murah, ternyata kaki Anda bisa mengungkapkan kesehatan dengan mata telanjang!

Rabu, 16 Jan 2019 21:00Internasional

Kelompok Bersenjata Serang Hotel,Sejumlah Orang Tewas

Sejumlah pria yang diduga anggota kelompok milisi menyerang sebuah hotel mewah di Nairobi, Kenya, sehingga menewaskan sedikitnya enam orang.Sejumlah orang, beberapa di antara mereka bersimbah darah, dituntun polisi meninggalkan tempat kejadian perkara

Rabu, 16 Jan 2019 21:00Internasional

Setahun Abu Sayyaf Sandera Nelayan Indonesia Akhirnya di Bebaskan

Seorang sandera warga negara Indonesia (WNI) yang tampak meminta tolong pada sebuah video yang beredar pada awal bulan ini telah dibebaskan di Jolo, Filipina pada Selasa, 15 Januari.

Rabu, 16 Jan 2019 20:45Ekonomi

Menkeu Sri Mulyani: Impor Minyak Pertamina Kian Tumbuh Hingga 13,5%

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah akan memperbaiki transaksi berjalan (current account deficit/CAD) dan neraca perdagangan di 2019. Salah satunya dengan pelaksanaan B20.

Rabu, 16 Jan 2019 20:30Nasional

Panglima TNI : Program Kerja Mabes TNI Prioritaskan Modernisasi Alutsista dan Kekuatan Integratif

Program kerja Mabes TNI tahun 2018 disusun dengan diprioritaskan modernisasi alutsista dan penggunaan kekuatan integratif, sedangkan Mabes Angkatan memiliki program prioritas yaitu modernisasi Alutsista, peningkatan profesionalisme prajurit dan dukungan k

Rabu, 16 Jan 2019 20:30Lifestyle

Berikut 3 Durian Terlezat di Dinia, Indonesia Termasuk Gak Ya...

Hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah mencicipi kelezatan durian. Meski pada akhirnya sebagian orang memilih untuk tidak mengonsumsi buah tersebut karena aromanya cenderung tajam, tidak dapat dipungkiri bahwa durian merupakan salah satu buah tropis fa

Rabu, 16 Jan 2019 20:15Lifestyle

Kota Cirebon Gaet Wisatawan Domestik & Manca Negara Hingga 2 Juta Pengunjung, ini Triknya

Selama ini masih ada sebagian orang yang beranggapan jika Kota Cirebon hanya menjadi tempat persinggahan semata. Padahal di setiap sudutnya, kota ini menyimpan banyak keunikan yang tidak dimiliki oleh kota lain di Jawa Barat. Hal itu tercermin dari banyak

Rabu, 16 Jan 2019 20:00Bola

Nasib Solskjaer di Manchester United di Tentukan dalam 5 Laga Kedepan

United tengah memulai era barunya di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Hasil positif pun didapat oleh Setan Merah dengan memetik enam kemenangan beruntun. Kendati begitu, nyatanya masih terdapat sejumlah pihak yang meragukan kualitas Solskjaer menangani