Lembah Surga yang Terabaikan

Mtc Minggu, 25 Agustus 2019 07:15 WIB
Hand Over
Kawasan (Bir) Ar Rauha, Lembah Surga yang Terabaikan
MATATELINGA, Madinah: Ar Rauha merupakan tempat yang sangat sarat dengan nilai sejarah Islam. Tempat ini juga sangat sakral karena memiliki sejumlah faedah. Untuk orang yang baru pertama kali melihat lokasi ini, pasti tidak akan menyadari jika Ar Rauha merupakan tempat yang sangat istimewa.





Kami berkesempatan singgah di Ar Rauha. Jaraknya sekira 80 kilometer (km) dari Madinah. Dapat ditempuh kurang lebih selama satu jam.

Ar Rauha merupakan lembah yang di sekelilingnya dikepung oleh perbukitan dan gunung-gunung.

Di tempat ini terdapat sebuah sumur (bir) yang dikenal dengan nama bir Ar Rauha. Sayang seribu sayang, situs sejarah ini terkesan terabaikan dan tidak terawat.

Sumur ini memiliki diameter sekira 5 meter. Bir Ar Rauha ini ditutupi oleh plat besi. Bahkan, tidak ada jalan masuk resmi untuk masuk ke sumur ini, karena sekelilingnya ditutupi oleh pagar seng.

Hanya saja, ada satu-dua seng yang tampaknya sengaja dilepas dan menjadi jalan masuk mendekati sumur tersebut.

Sekira 10 meter dari lokasi sumur terdapat sebuah mushalla kecil. Ukurannya tidak terlalu besar, mungkin sekira 15 meter kali 5 meter. Kondisinya pun menyedihkan.

Bangunan tersebut terkesan kumuh. Tembok dan tiang penopangnya tampak mulai bobrok. Begitu juga bagian atas, beberapa bagian mulai mengelupas. Kendati di dalamnya tersedia sajadah untuk salat, tapi berdebu dan banyak pasir.

Bahkan, para peziarah yang datang pun harus hati-hati melangkah. Pasalnya, di sekeliling tempat ini banyak bertebaran kotoran keledai. Maklum, memang terbanyak banyak keledai berkeliaran di kawasan ini.





Di sisi lain Sumur Ar Rauda, terdapat beberapa pedagang. Umumnya mereka menjual madu, rumput fatimah, minyak bilis, hingga jeriken untuk peziarah yang akan mengambil air dari sumur Ar Rauda ini.

"Dua (jeriken), harganya lima riyal," kata penjual sambil menunjuk jeriken dengan ukuran paling kecil.

Di dekat lokasi pedagang itu, memang ada sederet keran air. Tampaknya itu adalah air yang berasal dari sumur Ar Rauda. Sejumlah peziarah pun tampak tertib mengambil air.

"Rasanya seperti air zamzam. Hanya lebih payau," sebut salah satu peziarah.

Sederet Keistimewaan Ar Rauha

Ar Rauha memiliki banyak keistimewaan dan faedah. Berdasarkan sejumlah hadist dan Sirah Nabawi, berikut keistimewaannya.

- Ar Rauha merupakan tempat singgah dan salat Rasulullah SAW ketika dia menuju Makkah.

"Dari Nafi bahwa Abdullah bin Umar menceritakan bahwasanya Nabi SAW pernah melaksanakan shalat di masjid kecil, bukan masjid yang terdapat di Syarful Rauha. Abdullah mengetahui tempat yang pernah digunakan oleh Nabi SAW untuk shalat. Ia berkata, Di sana, di sebelah kanan jika kamu berdiri shalat di masjid itu. Masjid itu terletak di sebelah kanan jalan jika kamu berjalan menuju ke arah Makkah. Jarak masjid tersebut dengan masjid besar sejauh lemparan batu atau kurang lebihnya sekitar itu". (HR Bukhori)





Kebiasaan ini lantas diikuti pula oleh sahabat Abdullah bin Umar serta anaknya Salim bin Abdullah sebagaimana diriwayatkan pula oleh Imam Bukhari

"Dari Musa bin Uqbah berkata: "Aku pernah melihat Salim bin Abdillah, ia sedang mencari tempat-tempat di tepi jalan, kemudian dia sholat di tempat-tempat tersebut. Salim menceritakan, bahwa ayahnya (Abdulloh bin Umar) pernah sholat di tempat-tempat tersebut, dan beliau pernah melihat Nabi SAW sholat di tempat-tempat tersebut". (HR Bukhori)

- Ar Rauha merupakan tempat walimah Rasulullah SAW dengan ummul mukminin Shafiyah binti Huyay.

Dari Anas bin Malik berkata, Nabi SAW memasuki Khaibar. Tatkala Allah memberi kemenangan pada Nabi SAW atas benteng Khaibar, diceritakan kepada Beliau tentang kecantikan Shafiyah binti Huyyay bin Akhthob yang suaminya terbunuh sedangkan dia baru saja menjadi pengantin. Maka Rasulullah SAW memilihnya untuk diri Beliau (untuk dinikahi).

Kemudian Beliau keluar bersama Shafiyah hingga ketika kami sudah sampai di Saddar Rauhaa', beliau berhenti untuk singgah maka dibuatkanlah baginya makanan yang terbuat dari kurma, tepung dan minyak samin dalam wadah kecil terbuat dari kulit.

Kemudian Rasulullah SAW bersabda: "Persilakanlah orang-orang yang ada di sekitarmu!" Itulah walimah Rasulullah SAW dengan Shafiyah. Kemudian kami berangkat menuju Madinah.






- Ar Rauha merupakan tempat Nabi Isa AS memulai talbiah untuk haji danumrah di akhir zaman.

Dari Handzalah Al Aslami bahwa Abu Hurairah berkata dari Rasulullah SAW bahwa beliau berkata "Demi Rabb yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguhnya Ibnu Maryam memulai Tahlil (talbiah) di Fajjur Rauhaa' untuk haji atau umrah, atau melakukan keduanya (Yakni menggabungkan haji dan umrah)" (HR. Muslim)

- Ar Rauha merupakan tempat singgah dan salah 70 nabi sebelum Nabi Muhammad SAW.

Disebutkan oleh Imam Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Fathul Bari': Dalam riwayat At Tirmidzi dari Hadist Amr bin Auf bahwa Rasulullah SAW ketika di lembah Rauha' beliau berkata "Telah Sholat di Masjid ini 70 Nabi".

- Ar Rauha merupakan satu di antara lembar-lembah surga

Dari Amr bin Auf Al muzani bahwa Rasulullah SAW bersabda mengenai Rauha: "Dataran lembah ini adalah satu dari lembah-lembah surga dan telah Shalat di masjidnya 70 Nabi sebelum aku, dan telah lewat di Rauha' pula Musa Alaihissalam dengan mengenakan dua jubah tebal di atas unta putih bersama dengannya 70 ribu bani israil untuk haji ke bait atiq (Kakbah) dan tidak akan terjadi kiamat sampai Isa bin Maryam melewati tempat ini untuk haji atau umroh (HR At Thabrani dalam Mu'jam Al Kabir dan dihasankan oleh At Tirmidzi)






- Ar Rauha merupakan tempat Allah SAW menurunkan timba berisi air dari surga untuk minum Shahabiyah Ummu Aiman.

Hal ini disebutkan oleh Ibnu Katsir dalam Bidayah Wa Nihayah Juz 6 Halaman 214.

Terakhir mengenai keotentikan lokasi masjid ini maka Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Fathul Bari' saat mensyarah hadist ysng telah disebutkan di atas berkata "Dan Masjid-Masjid di Rauha' diketahui lokasinya oleh penduduk di daerah itu".

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:Berita IslamiblibliMatatelingaTerkinimatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Selasa, 17 Sep 2019 15:02Berita Sumut

Kepergok Curi Motor, Pria Ini Babak Belur Diamuk Warga

Seorang pria babak belur bahkan nyaris tewas diamuk warga kawasan Jalan Sei Mencirim Desa Medan Krio, Sunggal karena kepergok mencuri sepeda motor, Sabtu (14/9/2019) sore. Untungnya, ada patroli Polsek Sunggal yang melintas di lokasi dan mengamankan pelak

Selasa, 17 Sep 2019 14:48Berita Sumut

Hadir Lebih Cepat, Dua Kader PSI di DPRD Medan Komitmen Manfaatkan Waktu Rakyat

Dua anggota DPRD Medan periode 2019-2024 asal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Renvelli Pandapotan Napitupulu dan Erwin Siahaan sepakat memanfaatkan waktu untuk kepentingan rakyat. Ke dua anggota dewan ini pun berharap pimpinan DPRD Medan sementara dapa

Selasa, 17 Sep 2019 14:32Nasional

Panglima TNI Bersama Presiden RI Sholat Istighosah Atasi Karhutla Riau

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan sejumlah pejabat negara melaksanakan Sholat Istiqhosah, di Masjid Amrullah Kompleks Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Selasa

Selasa, 17 Sep 2019 14:17Berita Sumut

Irup Hari Kesadaran Nasional, Soekirman Ingatkan Jajaran Kuasai Teknologi

Bupati Serdangbedagai Soekirman memimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) Tahun 2019 di Sei Rampah, Selasa (17/9). Dalam upacara yang dilaksanakantanggal 17 setiap bulannya ini, Soekirman mengingatkan jajarannya untuk selalu menguasai perkembangan t

Selasa, 17 Sep 2019 14:02Aceh

Disangka Harimau, Kucing Hutan Ini Resahkan Warga Trumon Tengah

Keberadaan seekor kucing hutan langka berwarna emas, selama sepekan ini meresahkan warga ampong Le Jeureuneh, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan. Pasalnya warga mengira satwa yang berkeliaran di perkebunan sawit di kawasan penduduk itu seeko

Selasa, 17 Sep 2019 13:47Berita Sumut

BMKG : Kabut di Medan Bukan Kabut Karhutla

Balai Besar Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah l Medan menegaskan kabut yang menyelimuti Kota Medan beberapa hari belakangan ini bukan merupakan kabut asap kiriman dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.

Selasa, 17 Sep 2019 13:32Nasional

Satgas Yonif RK 136/TS Tanam 1500 Bibit Pohon

Guna menjaga kelestarian alam serta ikut berpartisipasi dalam mendukung dan mensukseskan program penghijauan di Hari Ulang Tahun (HUT) TNI yang Ke-74, Satgas Yonif RK 136/TS tanam 1500 bibit pohon di Kota Ambon, Propinsi Maluku.

Selasa, 17 Sep 2019 13:17Berita Sumut

Berjasa Majukan Pramuka, 59 Pejabat Pemko Medan Peroleh Penghargaan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menyematkan pin Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Pancawarsa kepada 59 anggota dewas baik yang berada di dalam maupun di luar Gerakan Pramuka ketika memimpin Upacara Bendera Peringatan Hari Kesadaran Na

Selasa, 17 Sep 2019 13:01Berita Sumut

Cari Masukan, Bobby Nasution Makan Malam Dengan Pengurus Sejumlah Partai di Medan

Bobby Nasution terus melakukan komunikasi politiknya dengan sejumlah pengurus partai di Sumut maupun Medan, untuk mendukungnya maju sebagai calon Wali Kota Medan pada tahun 2020.

Selasa, 17 Sep 2019 12:46Nasional

Mobil Pintar Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Datangi Kampung Rawabiru Papua

Dalam rangka memperingati ‘Hari Kunjung Perpustakaan’, Mobil Pintar Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pdw Kostrad beberapa waktu lalu menghadirkan perpustakaan keliling yang bertajuk budayakan gemar membaca untuk meraih cita-cita dimasa depan, bertempat di

Selasa, 17 Sep 2019 12:31Berita Sumut

Soal Demo Emak-emak, Tanpa Busana Ini Tanggapan Tokoh Masyarakat Toba

Viralnya demo ibu-ibu tanpa busana di areal Silang leang di Desa Pardamean Sibisa terkait penolakan pembukaan jalan di lokasi BPODT menuai pro-kontra. Banyak masyarakat menyayangkan aksi tanpa busana tersebut. Aksi tersebut membuat para tokoh adat an

Selasa, 17 Sep 2019 08:31Berita Sumut

Polres Tobasa Netral Diantara Dua Kubu

Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo mengatakan bahwa kehadiran BPODT, banyak masyarakat juga yang mendukung. Apabila ada yg menganggu dan berhenti maka banyak masyarakat sekitar Sibisa

Selasa, 17 Sep 2019 08:15Internasional

Frustasi, Video Kepsek Hancurkan Ponsel Siswa, Viral

Timbulkan perdebatan di media sosial pasca seorang kepala sekolah di Negara Bagian Karnataka, India menyita dan secara publik menghancurkan 16 ponsel milik siswa-siswanya

Selasa, 17 Sep 2019 08:00Ekonomi

Ingin Fokus Saat Bekerja, ini Tipsnya!

Walaupun sudah terbiasa dengan hal-hal tersebut, banyaknya kebisingan dan gangguan di kantor dapat memengaruhi produktivitas kerja Kamu

Selasa, 17 Sep 2019 07:45Ekonomi

Apple Group Kehilangan CEO Disney Bob Iger

Bahkan, di perusahaan teknologi multinasional itu, gaji Iger sebesar USD125.000 dan diberikan saham sebesar USD250.000

Selasa, 17 Sep 2019 07:30Bola

Cristiano Ronaldo Menagis Tersedu-Sedu

Cristiano Ronaldo tentunya sering mendapat undangan untuk melakukan wawancara. Akan tetapi, sebagai pesepakbola top dunia