• Home
  • Lifestyle
  • Malas Ngantor Sehabis Liburan Panjang? Kamu Bisa Mengatasinya Dengan Cara Ini

Malas Ngantor Sehabis Liburan Panjang? Kamu Bisa Mengatasinya Dengan Cara Ini

Fidel W Rabu, 20 Juni 2018 11:05 WIB
kerja / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta:  Libur panjang hampir berakhir, saatnya orang harus kembali ke rutinitas kerja. Sebagian orang merasa malas apalagi membayangkan setumpuk pekerjaan plus kemacetan lalu lintas kota.


Atmosfer liburan memang terasa menyenangkan tapi ini bukan alasan Anda tak bisa move on dari liburan.

Akan lebih baik jika 'energi liburan' dapat dialihkan menjadi energi untuk kembali bekerja. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips yang bisa dicoba agar tetap bersemangat.

1. Meditasi

Istilah 'jet lag' kerap dipakai banyak orang ketika harus kembali bekerja setelah libur panjang. Linda Smith, psikolog klinis yang berbasis di New York, AS mengatakan meditasi dapat memberikan energi baru.

"Yoga (napas yang mempengaruhi energi) 'ditemukan' sebelum psikologi," kata Linda dikutip dari Entrepeneur.

Jika merasa kehabisan energi, ambil jeda lima menit untuk menarik napas dan membuang napas dalam-dalam atau coba berjalan keluar. Banyak studi menunjukkan bernapas di luar dengan udara segar dapat membantu mengendurkan sistem saraf dan memberikan energi pada otak. Hal ini dapat meningkatkan fokus dan kreatifitas sehingga memulai kerja pun tak lagi lemas.

2. Rapikan meja kerja

Langkah awal sebelum mulai bekerja adalah merapikan meja kerja atau ruang kerja. Rasa malas bakal semakin menjadi jika didukung dengan keberadaan setumpuk kertas dan puluhan surat elektronik (email) yang berlum terbuka.

Daripada menghabiskan waktu untuk 'mengutuk' tumpukan pekerjaan lebih baik beri waktu untuk merapikan dan menata kembali dokumen-dokumen dan email.

3. Buat daftar aktivitas

Selain meja yang berantakan, rasa malas dan lemas akan menyebabkan sulit fokus. Untuk tetap fokus, Linda menyarankan untuk membuat daftar aktivitas.

Hanya saja, ia mengingatkan untuk tidak membuat daftar kegiatan di malam hari sebelum bekerja pagi. Hal ini justru dapat membuat orang sulit tidur.

"Kurang tidur akan mempengaruhi apa yang dirasakan dan performa di keesokan harinya," kata Linda.

Daftar aktivitas akan membuat orang fokus dan tidak kewalahan saat masuk kerja.

4. Pajang foto baru

Sebaiknya manfaatkan liburan sebagai pemicu semangat. Caranya? pajang foto baru di meja kerja. Foto diambil dari foto liburan terbaru bersama pasangan atau keluarga. Foto dapat jadi sumber energi positif dan meningkatkan energi.

"Perasaan dan energi punya relasi yang kuat. Saat perasaan positif meningkatkan energi, perasaan negatif mengosongkan energi, hal ini menjelaskan mengapa kita cepat marah saat lelah," papar Linda.

Ia menjelaskan mengingat kembali kenangan indah sat melihat foto bisa menimbulkan pemikiran positif. Kemudian hal ini dapat menjadi relaksan bagi otot dan napas. Bahkan dapat mengubah tingkah laku misalnya orang jadi sering tersenyum.

5. Nikmati minggu pertama kerja

Kembali bekerja bukan berarti orang tak bisa bersenang-senang. merencanakan makan siang bersama teman sekantor bisa membuat minggu pertama kerja jadi agak santai di tengah perjuangan adaptasi dengan ritme kerja.

Beri diri sendiri sesuatu yang dianggap istimewa saat istirahat siang semisal membeli minuman atau makanan ringan favorit.

6. Marah? Jauhkan diri dari ponsel

Rasa frustasi, stres atau marah kadang tak bisa dihindari. Namun semua ini dapat direspons tanpa merusak ritme kerja yang sudah dibangun. Octavius Black, pendiri Mind Gym sekaligus penulis menyarankan untuk menjauhkan diri dari ponsel saat marah.

"Jika Anda marah atau kecewa dengan kantor, jangan menelepon, menulis email apapun ke siapapun. Email atau panggilan emosional hanya akan membuat anda sibuk meperbaiki pekerjaan atau relasi yang rusak," katanya dikutip dari Telegraph.

Ia menyarankan untuk meninggalkan lingkungan kantor, lakukan sesuatu yang menyenangkan sampai ada perasaan tenang dan lega.

7. Tinggalkan kantor tepat waktu

Tak perlu bekerja hingga larut setelah liburan. Bukan karena setelah liburan, orang mengizinkan diri untuk bekerja hingga melewati batas waktu. Bekerja sesuai ketentuan dan pulang tepat waktu. Daripada bekerja hingga larut, lebih baik manfaatkan waktu untuk istirahat, menyiapkan energi untuk hari esok.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:cutiKerjalebaranLiburanngantor
Komentar
Minggu, 16 Des 2018 23:45Bola

Henderson Optimis Liverpool Pasti Juara di Musim ini

Kapten Liverpool, Jordan Henderson, optimis timnya bisa merebut gelar juara pada musim ini. Dengan performa apik yang terus ditunjukkan Liverpool, ia memastikan bahwa timnya telah siap mengangkat trofi pada musim 2018-2019.

Minggu, 16 Des 2018 23:30Bola

Liga Inggris: Arsenal Akhirnya Kalah dari Southampton 2-3

Arsenal gagal memetik kemenangan kala bertandang ke markas Southampton di laga lanjutan pekan ke-17 Liga Inggris 2018-2019, pada Minggu (16/12/2018) malam WIB. Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion St. Mary’s tersebut, The Gunners julukan kalah de

Minggu, 16 Des 2018 23:23Bola

Jose Mourinho Ragu Mendatangkan Pemain Baru Pada Bursa Transfer Musim Dingin 2019

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho, ragu timnya bakal mendatangkan pemain baru pada bursa transfer musim dingin 2019 yang dibuka pada bulan depan. Pasalnya, hingga kini, Mourinho belum mengetahui lebih lanjut keputusan klub soal rencana pembelian pe

Minggu, 16 Des 2018 23:15Nasional

Presiden Jokowi: Serahkan SK Perhutanan Sosial Kepada Masyarakat Jambi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kegiatan kunjungan kerjanya di Jambi dengan menyerahkan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial di Taman Hutan Pinus Kenali, Kota Jambi.

Minggu, 16 Des 2018 23:15Bola

Man United Optimis Raih Poin Penuh Kala Berhadapan Dengan Liverpool

Striker Manchester United, Marcus Rashford, memastikan penampilan terbaik bakal disuguhkan timnya kala berhadapan dengan Liverpool dalam laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019, Minggu (16/12/2018) mulai pukul 23.00 WIB. Hal ini dilakukan karena Rashford ing

Minggu, 16 Des 2018 23:00Nasional

Presiden Jokowi: Bangsa ini akan Terlihat Hebat Apabila TNI-Polri Solid

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini kekuatan dari bangsa Indonesia dapat dilihat dari kekompakan seluruh aparatnya, khususnya TNI-Polri. Menurutnya, rakyat akan merasa aman apabila TNI-Polri kompak dan solid dalam menjaga keamanan dan ketertiban negara

Minggu, 16 Des 2018 22:45Nasional

Lagi, Papua Diguncang Gempa 6,1 SR, ini Pernyataan BMKG

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah melaporkan gempa dengan magnitudo 6,1 dengan pusat gempa di darat, 52 km barat daya Keerom Provinsi Papua dengan kedalaman 106 km pada pukul 16.42 WIB, Minggu (16/12/2018). Gempa tidak berpotensi ts

Minggu, 16 Des 2018 22:35Bola

Mourinho: Mohamed Salah Menjadi Senjata Nuklir Liverpool Saat Akan Bertanding Lawan Manchester United Minggu Malam

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho, mengakui ketangguhan winger Liverpool, Mohamed Salah. Menurutnya, Salah adalah pemain yang begitu tangguh sehingga bisa menjadi senjata nuklir bagi Liverpool.

Minggu, 16 Des 2018 22:30Internasional

Kenapa Donal Trump Copot Menteri Dalam Negeri AS...?

Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa Menteri Dalam Negeri, Ryan Zinke, yang diselimuti skandal akan meninggalkan pemerintahannya pada akhir tahun.

Minggu, 16 Des 2018 22:18Bola

Spalletti: Meski Menang, Anak asuhnya Masih Banyak Kesalah

Meski Inter memastikan diri meraih poin penuh karena laga berakhir dengan skor 1-0, sang pelatih, Luciano Spalletti, tetap belum merasa puas dengan performa pada pemainnya. Hasil manis berhasil diraih Inter Milan kala menjamu Udinese dalam pekan ke-16 Lig

Minggu, 16 Des 2018 22:15Nasional

Persiden Jokowi: Himbau Para Petani Sawit Untuk Tidak Hanya Menanam Sawit Saja, Kenapa ?

Presiden Joko Widodo meminta masyarakat tidak terus menanam kelapa sawit di lahan-lahan perkebunan. "Jangan semua mau menanam sawit. Mana tadi yang mau nanam sawit? Yang lain kan banyak bisa ditanami," kata Presiden Joko Widodo dikutip dari Anta

Minggu, 16 Des 2018 22:01Berita Sumut

DPO Polres Belawan, terkapar di terjang timah Panas

Satuan unit reskrim Polres Pelabuhan Belawan meringkus tersangka DSG ,27, warga Jalan Sejahtera Komplek Panggon Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan. Polisi terpaksa melumpuhkan dengan timpah panas.Pasalnya memberikan perlawanan saat ditangkap

Minggu, 16 Des 2018 21:59Berita Sumut

Sopir Jurusan Padang Sidempuan Sekarat di tikam Penumpang

Sopir jurusan Padangsidimpuan-Sibolga bernama Amiruddin Harahap, yang menjadi korban penikaman penumpang. istri Asli Tanjung ,26, sempat melihat suaminya melintas dari depan rumah.

Minggu, 16 Des 2018 21:43Berita Sumut

Peresmian Kampung Budaya Melayu Desa Pekan Tanjung Beringin

Wabup Sergai H Darma Wijaya, melakukan peresmian Kampung Budaya Melayu Desa Pekan Tanjung Beringin di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin yang berlangsung selama dua hari yaknipada tanggal (15-16/12/2018)

Minggu, 16 Des 2018 20:58Berita Sumut

Plt Bupati Labuhanbatu Hadiri Peringatan Hari Juang Kartika Kodim 0209/LB

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Hasibuan, menghadiri Peringatan Hari Juang Kartika (HJK) KODIM 0209 Labuhanbatu di Lapangan Bola Kaki Makod

Minggu, 16 Des 2018 20:54Berita Sumut

Plt. Bupati Labuhanbatu Turut Evakuasi Warga Akibat Banjir dan Jembatan Rambin Roboh

Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT bersama Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang, S.IK dan BPBD, Jum’at (14/12/2018) turut berjibaku mengevakuasi warga akibat banjir dan robohnya jembatan rambin yang menghubungkan Dusun Tebing