• Home
  • Lifestyle
  • Malas Ngantor Sehabis Liburan Panjang? Kamu Bisa Mengatasinya Dengan Cara Ini

Malas Ngantor Sehabis Liburan Panjang? Kamu Bisa Mengatasinya Dengan Cara Ini

Fidel W Rabu, 20 Juni 2018 11:05 WIB
kerja / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta:  Libur panjang hampir berakhir, saatnya orang harus kembali ke rutinitas kerja. Sebagian orang merasa malas apalagi membayangkan setumpuk pekerjaan plus kemacetan lalu lintas kota.


Atmosfer liburan memang terasa menyenangkan tapi ini bukan alasan Anda tak bisa move on dari liburan.

Akan lebih baik jika 'energi liburan' dapat dialihkan menjadi energi untuk kembali bekerja. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips yang bisa dicoba agar tetap bersemangat.

1. Meditasi

Istilah 'jet lag' kerap dipakai banyak orang ketika harus kembali bekerja setelah libur panjang. Linda Smith, psikolog klinis yang berbasis di New York, AS mengatakan meditasi dapat memberikan energi baru.

"Yoga (napas yang mempengaruhi energi) 'ditemukan' sebelum psikologi," kata Linda dikutip dari Entrepeneur.

Jika merasa kehabisan energi, ambil jeda lima menit untuk menarik napas dan membuang napas dalam-dalam atau coba berjalan keluar. Banyak studi menunjukkan bernapas di luar dengan udara segar dapat membantu mengendurkan sistem saraf dan memberikan energi pada otak. Hal ini dapat meningkatkan fokus dan kreatifitas sehingga memulai kerja pun tak lagi lemas.

2. Rapikan meja kerja

Langkah awal sebelum mulai bekerja adalah merapikan meja kerja atau ruang kerja. Rasa malas bakal semakin menjadi jika didukung dengan keberadaan setumpuk kertas dan puluhan surat elektronik (email) yang berlum terbuka.

Daripada menghabiskan waktu untuk 'mengutuk' tumpukan pekerjaan lebih baik beri waktu untuk merapikan dan menata kembali dokumen-dokumen dan email.

3. Buat daftar aktivitas

Selain meja yang berantakan, rasa malas dan lemas akan menyebabkan sulit fokus. Untuk tetap fokus, Linda menyarankan untuk membuat daftar aktivitas.

Hanya saja, ia mengingatkan untuk tidak membuat daftar kegiatan di malam hari sebelum bekerja pagi. Hal ini justru dapat membuat orang sulit tidur.

"Kurang tidur akan mempengaruhi apa yang dirasakan dan performa di keesokan harinya," kata Linda.

Daftar aktivitas akan membuat orang fokus dan tidak kewalahan saat masuk kerja.

4. Pajang foto baru

Sebaiknya manfaatkan liburan sebagai pemicu semangat. Caranya? pajang foto baru di meja kerja. Foto diambil dari foto liburan terbaru bersama pasangan atau keluarga. Foto dapat jadi sumber energi positif dan meningkatkan energi.

"Perasaan dan energi punya relasi yang kuat. Saat perasaan positif meningkatkan energi, perasaan negatif mengosongkan energi, hal ini menjelaskan mengapa kita cepat marah saat lelah," papar Linda.

Ia menjelaskan mengingat kembali kenangan indah sat melihat foto bisa menimbulkan pemikiran positif. Kemudian hal ini dapat menjadi relaksan bagi otot dan napas. Bahkan dapat mengubah tingkah laku misalnya orang jadi sering tersenyum.

5. Nikmati minggu pertama kerja

Kembali bekerja bukan berarti orang tak bisa bersenang-senang. merencanakan makan siang bersama teman sekantor bisa membuat minggu pertama kerja jadi agak santai di tengah perjuangan adaptasi dengan ritme kerja.

Beri diri sendiri sesuatu yang dianggap istimewa saat istirahat siang semisal membeli minuman atau makanan ringan favorit.

6. Marah? Jauhkan diri dari ponsel

Rasa frustasi, stres atau marah kadang tak bisa dihindari. Namun semua ini dapat direspons tanpa merusak ritme kerja yang sudah dibangun. Octavius Black, pendiri Mind Gym sekaligus penulis menyarankan untuk menjauhkan diri dari ponsel saat marah.

"Jika Anda marah atau kecewa dengan kantor, jangan menelepon, menulis email apapun ke siapapun. Email atau panggilan emosional hanya akan membuat anda sibuk meperbaiki pekerjaan atau relasi yang rusak," katanya dikutip dari Telegraph.

Ia menyarankan untuk meninggalkan lingkungan kantor, lakukan sesuatu yang menyenangkan sampai ada perasaan tenang dan lega.

7. Tinggalkan kantor tepat waktu

Tak perlu bekerja hingga larut setelah liburan. Bukan karena setelah liburan, orang mengizinkan diri untuk bekerja hingga melewati batas waktu. Bekerja sesuai ketentuan dan pulang tepat waktu. Daripada bekerja hingga larut, lebih baik manfaatkan waktu untuk istirahat, menyiapkan energi untuk hari esok.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:cutiKerjalebaranLiburanngantor
Komentar
Selasa, 19 Mar 2019 12:57Berita Sumut

Elakan Longsoran, Mobil Siregar Terjun ke Danau Toba

Mobil Suzuki Escudo yang dikemudikan Bukti Siregar (70) terjun ke Perairan Danau Toba, Senin (18/3) malam. Hingga siang ini, tim SAR Gabungan masih berupaya mencari korban.

Selasa, 19 Mar 2019 12:10Berita Sumut

Jasad Bayi Perempuan Dalam Kantong Plastik Hebohkan Petugas Kebersihan Polonia

Sesosok jasad bayi berjenis kelamin perempuan menghebohkan para petugas kebersihan yang bekerja di kawasan Jalan Padang Golf, Kelurahan Sari Rejo, Medan Polonia, Selasa (19/3). Jasad bayi itu ditemukan terbungkus dalam plastik hitam diantar tumpukan sampa

Selasa, 19 Mar 2019 11:55Berita Sumut

BNN Ringkus IRT Kurir 9 Kg Sabu

Badan Narkotika Nasional (BNN) RI meringkus 6 orang komplotan pengedar sabu jaringan Malaysia-Indonesia di Jalan Sudirman Kota Dumai Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Minggu (17/3). Salah seorang yang berhasil ditangkap yaitu Syam yang merupa

Selasa, 19 Mar 2019 11:35Berita Sumut

Gerebek Transaksi Narkoba di Percut Seituan, Polsek Medan Baru Tembak Dua Pengedar Ganja

Dua orang pengedar narkoba jenis ganja dilumpuhkan tim Pegasus Polsek Medan Baru di kawasan Jalan Selamat Ketaren Ujung, Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan, Selasa (19/3/2019). Dari kedua tersangka, polisi menyita 15 kg ganja.

Selasa, 19 Mar 2019 08:30Berita Sumut

Ustadz Abdul Somad : Terimakasih Polisi dan Semua Pihak Yang Sudah Membantu

Sebelum jenazah almarhumah Rohana Binti Nuruddin, ibunda dari Ustadz Abdul Somad di salatkan, ahlil bait keluarga yang diwakili oleh Ustad Somad mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Wakapolda Brigjen Pol Mardiaz Kusin D s

Selasa, 19 Mar 2019 08:15Bola

Maurichio Pochettino Latih Barcelona?

Pelatih Tottenham Hotspur, Maurichio Pochettino, mengatakan dirinya masih menyimpan harapan

Selasa, 19 Mar 2019 08:00Nasional

Kepala SPKKL Aceh Bakamla Temui Komandan Kapal India Coast Guard Di Sabang

Kapal Indian Coast Guard Vijit melakukan kunjungan ke Sabang. Untuk menyambut kedatangannya, Bakamla mengirimkan perwakilannya yakni Kepala Stasiun Pemantauan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Aceh Mayor Bakamla Dony Nova R., S.Kom. M.Si (Han), dalam pertemuan

Selasa, 19 Mar 2019 07:45Ekonomi

Gaji Polisi Naik, Yuk Intip Berapa Besarannya

Dengan pertimbangan dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil guna serta kesejahteraan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)

Selasa, 19 Mar 2019 07:30Berita Sumut

Wakil Bupati Asahan Bersama Unsur OPD Turut Menyambut Kedatangan Jenasah Ibunda UAS

Wakil bupati Asahan H.Surya.BSc bersama Sekdakab Asahan serta beberapa OPD Pemerintah Kabupaten Asahan menyambut kedatangan jenasah almarhumah Hj.Rohana binti Lobayudin orang tua dari Ustadz kondang Abdul Somad , putra asli asal desa Silo Lama kecamatan S

Selasa, 19 Mar 2019 07:15Berita Sumut

Walikota Buka Pelatihan Peningkatan Produktivitas Bagi Pelaku UKM

Walikota Binjai HM Idaham membuka pelatihan peningkatan produktivitas dalam rangka meningkatkan ekonomi, produktivitas dan daya saing perusahaan, yang diselenggarakan oleh Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Kementerian Ketenagakerjaan Republik

Selasa, 19 Mar 2019 07:00Ekonomi

BUMN Buka Lowongan Pekerjaan

PT Indra Karya membuka lowongan kerja bagi putra putri untuk bergabung dan berkarya bersama dalam membangun Negeri Indonesia. PT Indra Karya (Persero)

Selasa, 19 Mar 2019 06:45Berita Sumut

Kapolda Sumatera Utara Bersama Ribuan Masyarakat Antarkan Ibunda UAS ke Pemakaman

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol.Agus Andrianto bersama perwira tinggi Polda Sumatera Utara serta Kapolres Asahan AKBP.Faisal Florentinus Napitupulu dan seluruh jajaran Polres Asahan menghantarkan jenasah almarhumah ibunda Al Ustadz Abdul Somad (UAS) Hj.R

Selasa, 19 Mar 2019 06:30Lifestyle

Netizen Jodoh-Jodohkan Aril Noah, Sontak Viral

Hal menarik terjadi dalam panggung Rising Star Indonesia 2018 pada Senin (18/3/2019), di mana Ariel NOAH

Selasa, 19 Mar 2019 06:15Lifestyle

Haru nan Pilu, Cuitan Aprilia Nur Azizah, 20 Hidup dengan Satu Mata di Medsos Sontak Viral

Nama saya Aprilia Nur Azizah, 20tahun, dari Pangandaran, Jawa Barat.

Selasa, 19 Mar 2019 06:00Bola

Pasukan Ole Gunnar Solskjaer Alami Dua Kali Kekalahan Beruntun, Juan Mata: Kami Akan Segera Bangkit

Manchester United tengah berada dalam kondisi kurang baik musim ini.

Senin, 18 Mar 2019 22:33Berita Sumut

Kapolda Sumut: Alfatihah Untuk Almarhum Ibunda Abdul Samad

Seribuan jama'ah berkumpul dikediaman almarhumah Rohana Binti Nuruddin ibunda tercinta dari Ustadz Abdul Somad