• Home
  • Lifestyle
  • Malas Ngantor Sehabis Liburan Panjang? Kamu Bisa Mengatasinya Dengan Cara Ini

Malas Ngantor Sehabis Liburan Panjang? Kamu Bisa Mengatasinya Dengan Cara Ini

Fidel W Rabu, 20 Juni 2018 11:05 WIB
kerja / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta:  Libur panjang hampir berakhir, saatnya orang harus kembali ke rutinitas kerja. Sebagian orang merasa malas apalagi membayangkan setumpuk pekerjaan plus kemacetan lalu lintas kota.


Atmosfer liburan memang terasa menyenangkan tapi ini bukan alasan Anda tak bisa move on dari liburan.

Akan lebih baik jika 'energi liburan' dapat dialihkan menjadi energi untuk kembali bekerja. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips yang bisa dicoba agar tetap bersemangat.

1. Meditasi

Istilah 'jet lag' kerap dipakai banyak orang ketika harus kembali bekerja setelah libur panjang. Linda Smith, psikolog klinis yang berbasis di New York, AS mengatakan meditasi dapat memberikan energi baru.

"Yoga (napas yang mempengaruhi energi) 'ditemukan' sebelum psikologi," kata Linda dikutip dari Entrepeneur.

Jika merasa kehabisan energi, ambil jeda lima menit untuk menarik napas dan membuang napas dalam-dalam atau coba berjalan keluar. Banyak studi menunjukkan bernapas di luar dengan udara segar dapat membantu mengendurkan sistem saraf dan memberikan energi pada otak. Hal ini dapat meningkatkan fokus dan kreatifitas sehingga memulai kerja pun tak lagi lemas.

2. Rapikan meja kerja

Langkah awal sebelum mulai bekerja adalah merapikan meja kerja atau ruang kerja. Rasa malas bakal semakin menjadi jika didukung dengan keberadaan setumpuk kertas dan puluhan surat elektronik (email) yang berlum terbuka.

Daripada menghabiskan waktu untuk 'mengutuk' tumpukan pekerjaan lebih baik beri waktu untuk merapikan dan menata kembali dokumen-dokumen dan email.

3. Buat daftar aktivitas

Selain meja yang berantakan, rasa malas dan lemas akan menyebabkan sulit fokus. Untuk tetap fokus, Linda menyarankan untuk membuat daftar aktivitas.

Hanya saja, ia mengingatkan untuk tidak membuat daftar kegiatan di malam hari sebelum bekerja pagi. Hal ini justru dapat membuat orang sulit tidur.

"Kurang tidur akan mempengaruhi apa yang dirasakan dan performa di keesokan harinya," kata Linda.

Daftar aktivitas akan membuat orang fokus dan tidak kewalahan saat masuk kerja.

4. Pajang foto baru

Sebaiknya manfaatkan liburan sebagai pemicu semangat. Caranya? pajang foto baru di meja kerja. Foto diambil dari foto liburan terbaru bersama pasangan atau keluarga. Foto dapat jadi sumber energi positif dan meningkatkan energi.

"Perasaan dan energi punya relasi yang kuat. Saat perasaan positif meningkatkan energi, perasaan negatif mengosongkan energi, hal ini menjelaskan mengapa kita cepat marah saat lelah," papar Linda.

Ia menjelaskan mengingat kembali kenangan indah sat melihat foto bisa menimbulkan pemikiran positif. Kemudian hal ini dapat menjadi relaksan bagi otot dan napas. Bahkan dapat mengubah tingkah laku misalnya orang jadi sering tersenyum.

5. Nikmati minggu pertama kerja

Kembali bekerja bukan berarti orang tak bisa bersenang-senang. merencanakan makan siang bersama teman sekantor bisa membuat minggu pertama kerja jadi agak santai di tengah perjuangan adaptasi dengan ritme kerja.

Beri diri sendiri sesuatu yang dianggap istimewa saat istirahat siang semisal membeli minuman atau makanan ringan favorit.

6. Marah? Jauhkan diri dari ponsel

Rasa frustasi, stres atau marah kadang tak bisa dihindari. Namun semua ini dapat direspons tanpa merusak ritme kerja yang sudah dibangun. Octavius Black, pendiri Mind Gym sekaligus penulis menyarankan untuk menjauhkan diri dari ponsel saat marah.

"Jika Anda marah atau kecewa dengan kantor, jangan menelepon, menulis email apapun ke siapapun. Email atau panggilan emosional hanya akan membuat anda sibuk meperbaiki pekerjaan atau relasi yang rusak," katanya dikutip dari Telegraph.

Ia menyarankan untuk meninggalkan lingkungan kantor, lakukan sesuatu yang menyenangkan sampai ada perasaan tenang dan lega.

7. Tinggalkan kantor tepat waktu

Tak perlu bekerja hingga larut setelah liburan. Bukan karena setelah liburan, orang mengizinkan diri untuk bekerja hingga melewati batas waktu. Bekerja sesuai ketentuan dan pulang tepat waktu. Daripada bekerja hingga larut, lebih baik manfaatkan waktu untuk istirahat, menyiapkan energi untuk hari esok.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:cutiKerjalebaranLiburanngantor
Komentar
Minggu, 22 Jul 2018 16:09Berita Sumut

Neno Warisman: Ganti Presiden Akan Perbaiki Indonesia

Neno Warisman, salah seorang aktifis #2019GantiPresiden menyebutkan pergantian presiden sebagai sebuah hal yang harus diperjuangkan mengingat pemimpin yang ada saat ini dinilai telah gagal dalam memberikan kesejahteraan kepada umat.

Minggu, 22 Jul 2018 15:29Berita Sumut

Setahun Buron, Terpidana Proyek Alat Tangkap Ikan Diringkus di Rumah Kontrakan

Darmawan (45), terpidana kasus proyek alat penangkap ikan Pemkot Medan diringkus tim intelijen Kejati Sumut, Minggu (22/7/2018). Dia diringkus dari rumah kontrakannya di kawasan jalan Seroja Gang Lentera, Sei Sikambing B, Medan Sunggal, Kota Medan.

Minggu, 22 Jul 2018 13:48Berita Sumut

Kejatisu Gelar Dzikir Kebangsaan Bertajuk Doa dan Asa untuk Indonesia

Masih dalam rangkaian memperingati Hari Bakti Adhyaksa (HBA) yang ke-58, Kejaksaan Agung menggelar doa bersama Pengurus Besar Majelis Dzikir Habbul Wathon (PB MDHW) Jumat (20/7) dan digelar serentak di seluruh Indonesia.

Minggu, 22 Jul 2018 12:53Berita Sumut

Persiapan Pemberangkatan Jemaah Haji Asal Kabupaten Asahan

Kabupaten Asahan hari ini, Minggu (22/7/2018) akan memberangkatkan calon jemaah haji sebanyak 385 calon jemaah haji

Minggu, 22 Jul 2018 12:50Berita Sumut

Pembangunan Infrastruktur Jadi Patokan Dukung Dua Periode

Massa aksi #2019TETAPJOKOWI menganggap presiden Joko Widodo adalah sosok yang rendah hati. Jokowi juga dianggap sudah banyak berbuat untuk Indonesia.

Minggu, 22 Jul 2018 12:14Berita Sumut

Dengar Lantunan Suara Ngaji, Massa #2019TETAPJOKOWI Bubar dengar Tertib

Massa #2019TETAPJOKOWI membubarkan aksinya dengan tertib usai mendengar lantunan ayat Alqur'an yang dikumandangkan dari Mesjid Raya Al Mahshun Medan, tempat dimana aksi berlangsung, Minggu (22/7/2018).

Minggu, 22 Jul 2018 12:01Berita Sumut

Bambang Sugeng Rukmono : Kita Harus Berbuat yang Terbaik

Ziarah ke makam pahlawan adalah salah satu wujud kepedulian dan introspeksi diri sudah sejauh mana kita berbuat kepada bangsa dan negara

Minggu, 22 Jul 2018 11:46Berita Sumut

Jadi Buronan Jaksa, Dirut CV Aida Nyamar Jadi Supir Hotel

Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) meringkus Dody Asmara, Direktur Utama CV Aida Cahya Lestari yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat mesin ketik dan buku di Dinas Pendidikan Kota Binjai, Minggu (22/7/2018)

Minggu, 22 Jul 2018 10:24Berita Sumut

Massa Pro Jokowi dan Ganti Presiden 2019 Mulai Memadi Lokasi

Jajaran kepolisian Polrestabes Medan sejak pagi sudah berada dilapangan dengan dua kelompok masyarakat menggelar aksi di dua ruas jalan yang ada di kawasan ikon Kota Medan itu. Ruas Jalan di kawasan Masjid Raya Al Mashun di tutup

Minggu, 22 Jul 2018 10:01Berita Sumut

Massa #2019TETAPJOKOWI Siapkan Tim Pemungut Sampah

Guna menjaga kebersihan selama aksi, massa #2019TETAPJOKOWI juga telah menyiapkan tim yang bekerja khusus memungut sampah di lokasi aksi di kawasan depan Taman Sri Deli, Kota Medan, Minggu (22/7).

Minggu, 22 Jul 2018 09:40Berita Sumut

Deklarasi 2 Periode, Massa #2019TETAPJOKOWI Pilih Berzikir

Massa deklarasi Jokowi 2 Periode menggelar aksi di depan Taman Sri Deli, Kota Medan, Minggu (22/7). Tak jauh dari lokasi itu, massa #2019GANTIPRESIDEN juga menggelar aksi serupa.

Minggu, 22 Jul 2018 07:05Nasional

Para Koruptor Saat Menjabat Senang, Dalam Lapas Juga Senang, Kenapa ya...?

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang mengatakan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) merupakan satu rangkaian kesatuan penegakan hukum pidana. Dimana, lapas merupakan bagian akhir dalam sistem pemidanaan tata peradilan pidana

Minggu, 22 Jul 2018 06:30Berita Sumut

Pelaku Ujaran Kebencian Melalui Medsos di Tangkap

Ditreskrimsus Polda Sumut akhirnya meringkus FA alias Bombay, pelaku ujaran kebencian terhadap Suku Batak di kediaman mertuanya komplek PTPN 2 Tanjung Morawa, Desa Buntu Bedimbar, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang

Minggu, 22 Jul 2018 06:15Nasional

Panglima TNI : Sinergitas TNI dan Wartawan Perlu Dibina

Sinergitas antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan rekan-rekan wartawan perlu dibina. Untuk itu, pemberitaan yang baik harus sesuai dengan kondisi real di lapangan. Yang jelas, hubungan antara Prajurit TNI dan rekan-rekan wartawan harus kompak sep

Minggu, 22 Jul 2018 05:04Berita Sumut

Terlibat Parpol, Anggota Panwas Palas Disidang DKPP

Terlibat sebagai pengurus Partai Persatuan Pembangunan ( PPP) anggota Panwaslih Padanglawas

Minggu, 22 Jul 2018 04:56Bola

Pertandingan Bola Sesi Kedua PT. TPL dan Dishut Disertai Gelak Tawa

Pertandingan bola sesi kedua antara PT.TPL dan Dishut yang berlangsung di Sosor Ladang Porsea Tobasa pada