• Home
  • Lifestyle
  • Mau Anak Cerdas, Bagi Ibu Hamil Lakukan Olah Raga dan Empat Program

Mau Anak Cerdas, Bagi Ibu Hamil Lakukan Olah Raga dan Empat Program

Amr/Okz/Net Minggu, 10 September 2017 18:26 WIB
Google
MATATELINGA, Jakarta:  Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya lahir sempurna dan menjadi anak yang cerdas. Namun, tahukah Anda bahwa potensi bayi cerdas sudah terbentuk sejak ia masih dalam kandungan?

Gen orangtua yang diwariskan memainkan peran penting dalam menentukan kecerdasan dan kepribadian seorang anak, tapi pilihan gaya hidup yang tepat dapat membantu memastikan gen tersebut diprogram di dalam rahim.

Menurut dr. Lana Asprey, penulis The Better Baby Book, "Peneliti sekarang memperkirakan bahwa hanya 50 persen IQ yang diturukan melalui gen, selebihnya dipengaruhi oleh lingkungan."

Interaksi antara calon ayah dan ibu dengan bayi dalam kandungan, juga berperan dalam membentuk otak bayi yang sedang tumbuh.

Berikut tips-tips yang bisa dilakukan calon orangtua untuk melatih kecerdasan bayi sejak dalam kandungan.

1. Hindari zat yang dapat membahayakan kehamilan

Kecerdasan terbentuk sejak awal pembuahan janin. Bila proses ini terganggu oleh adanya zat-zat berbahaya seperti alkohol, rokok, dan narkotika, tentu saja hasilnya tidak akan baik. Karena itulah ahli nutrisi dan perilaku, Stephen J. Schoenthaler, PhD, menyarankan agar calon ayah dan ibu menghindari alkohol, rokok, narkotika, dan kafein.

Sel-sel saraf berkomunikasi dengan satu sama lain menggunakan sinyal kimiawi. Bila ada zat kimia asing yang mengganggu persinyalan ini, tentu perkembangan otak bayi akan terganggu.

Selain itu hindari juga zat berbahaya lainnya, seperti merkuri, timbal, dan pestisida yang bisa didapat dari makanan laut, polusi udara, dan bahan makanan lainnya.

2. Berolahraga dan aktif bergerak

Olahraga sebelum melahirkan akan menambah stamina Anda yang dibutuhkan selama persalinan. Olahraga juga dapat menambah kekuatan otak bayi Anda.

Sebuah studi yang dilaporkan dalam Journal of American College of Sports Medicine menyatakan bahwa anak dari ibu yang berolahraga secara teratur selama kehamilan, memiliki skor jauh lebih tinggi pada tes kecerdasan dan kemampuan bahasa dibanding anak dari ibu yang tidak berolahraga selama kehamilan.

Hal ini karena hormon kortisol dalam batas wajar yang diproduksi pada tubuh ibu hamil saat berolahraga merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak janin dan organ lainnya.

3. Pastikan Anda bebas dari penyakit ini

Infeksi TORCH, yaitu toksoplasma, other (lainnya yaitu sifilis, cacar air, dan parvovirus B19), rubella, sitomegalovirus (CMV), dan herpes adalah infeksi selama kehamilan yang bisa mengakibatkan kelainan bawaan pada bayi, termasuk pada otak.

Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk memeriksakan kesehatan secara rutin. Ini supaya Anda bisa memastikan Anda bebas dari salah satu infeksi TORCH tersebut.

Pastikan juga bahwa sang ibu tidak memiliki gangguan fungsi kelenjar tiroid. Ibu dengan hormon tiroid yang rendah memiliki kecenderungan untuk memiliki bayi dengan IQ yang rendah. Untuk memastikan apakah Anda memiliki kadar hormon tiroid yang normal atau tidak, Anda hanya perlu melakukan pemeriksaan darah saja.

Agar kelenjar tiroid dapat berfungsi dengan baik, sebaiknya Anda konsumsi yodium sebanyak 220 mikrogram per hari dengan mengonsumsi garam beryodium, yogurt, atau susu.

4. Mengelus perut dan mengobrol dengan si kecil

Mengelus lembut perut sambil berbicara kepada janin mampu menenangkan sistem saraf dan merangsang perkembangan otak janin. Sekitar minggu ke-20 masa kehamilan, bayi biasanya bisa membedakan antara sentuhan seorang ibu dan ayah.

Bercakap-cakaplah dengan bayi di dalam kadungan pada saat tertentu. Misalnya di pagi hari dan sore hari. Bayi dalam kandungan sudah bisa menerima sinyal pembicaraan dari orangtuanya sejak berumur di atas empat bulan karena semua koneksi dari telinga ke otak sudah ada. Semakin sering Anda mengobrol dengannya, semakin besar peluang bayi cerdas ketika lahir.

5. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi lengkap

Selama masa kehamilan, penting untuk seorang ibu menjaga nutrisi yang dimakan. Makanan yang Anda makan selama kehamilan mempengaruhi perkembangan fisik dan mental anak Anda.

Mengonsumsi makanan penguat otak tertentu selama kehamilan hingga menyusui dapat meningkatkan IQ, keterampilan, dan daya ingat bayi Anda sampai dewasa. Nutrisi yang harus dikonsumsi agar bayi cerdas antara lain minyak ikan, telur, buah, dan sayuran.

Selain itu, pastikan Anda mencukupi kebutuhan asam folat saat hamil. Asam folat adalah salah satu nutrisi yang penting dalam masa awal perkembangan otak bayi. Dilansir dari Journal of American Medical Association (JAMA), ibu yang mengonsumsi asam folat sejak empat minggu sebelum pembuahan hingga minggu kedelapan kehamilan memiliki risiko yang 40 persen lebih kecil untuk memiliki anak dengan autisme.

Karena itu, biasanya dokter dan bidan akan memberikan suplemen asam folat sejak awal kehamilan. Anda juga bisa mengonsumsi susu khusus ibu hamil dan sayuran hijau seperti bayam dan kangkung selama mempersiapkan kehamilan Anda.

Nutrisi lainnya yang tidak kalah penting supaya bisa melahirkan bayi cerdas adalah asam lemak omega-3, terutama DHA. Senyawa ini penting untuk pembentukan sel saraf otak. Anda dapat mendapatkannya dari konsumsi ikan laut, kacang-kacangan, dan telur yang telah diperkaya dengan asam lemak

(Mtc/Okz)
Editor: Amrizal

T#g:anak cerdasdalam kandunganibul hamilMataMatatelinga
Komentar
Jumat, 17 Nov 2017 23:07Berita Sumut

Rapat Kordinasi Pemuthakiran Data Pemilih tahun 2018 Se Sumut

KPUD Sumut menggelar kegiatan rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih tahun 2018 se-Sumut

Jumat, 17 Nov 2017 22:49Berita Sumut

Pendekatan Persuasif, Tim Terpadu Tertibkan PK5 di Medan Petisah

Dengan menggunakan pendekatan persuasif, Tim Terpadu Penertiban PK 5 Pemko Medan yang dibantu dengan unsur TNI Polri berhasil melakukan Operasi Penertiban Pedagang Kaki Lima (PK 5) yang ada di Kecamatan Medan Petisah,

Jumat, 17 Nov 2017 22:33Opini

TNI Meredam OPM Dengan Humanis Dan Budaya

Dalam sepekan ini, aksi kekerasan di Papua kembali meningkat 1.300 warga Papua di Desa Kimbely dan Desa Banti, Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua disandra oleh kelompok Bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Jumat, 17 Nov 2017 22:17Berita Sumut

DPRD Nilai "Andar Gagal Pimpin Kota Padangsidimpuan"

PRD Kota Padangsidimpuan gelar rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir masa jabatan Walikota Padangsidimpuan, Andar Amin Harahap tahun 2013 - 2017,

Jumat, 17 Nov 2017 22:11Berita Sumut

Satres Narkoba Polrestabes Medan Ringkus 2 Pengedar Sabu dan Ganja

Satres Narkoba Polrestabes Medan meringkus 2 tersangka pengedar narkoba jenis sabu dan ganja berinisial BKL (44) dan S (45), keduanya warga Jalan Besar Delitua Gang Melur, Medan, belum lama ini

Jumat, 17 Nov 2017 22:05Berita Sumut

Dinas PU Terus Perbaiki Jalan Rusak

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan terus melakukan perbaikan jalan rusak di Kota Medan

Jumat, 17 Nov 2017 22:00Berita Sumut

Ketua Tim Penyelamat Mesjid Taqwa Polonia : Zulkarnain Bongkar Akte Ikrar Wakaf Palsu

Ketua Tim Pembela Masjid Taqwa Polonia, Zulkarnain, S.S, dalam konferensi pers

Jumat, 17 Nov 2017 21:54Berita Sumut

Polsek Petumbak Amankan Pengguna Narkoba

Menindaklanjuti keresahan warga masyarakat tentang maraknya peredaran narkona, personel reskrim Polsek Patumbak mengamankan seorang pengguna narkoba dari salah satu rumah di kawasan Jalan Pertahanan, Gang Harmoni, Patumbak

Jumat, 17 Nov 2017 21:46Berita Sumut

Kapolri Mutasi Kapolrestabes dan Kasat Reskrim

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) mengeluarkan Telegram Rahasia (TR) mutasi pejabat menegah sejajaran Polda Sumut

Jumat, 17 Nov 2017 21:43Berita Sumut

Diduga Terkejut Melihat Patroli Polisi Honda Mobili Tabrak Kios Sepatu

Masyarakat desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli kamis (16/11/2017) malam di kejutkan oleh suara benturan keras.

Jumat, 17 Nov 2017 21:29Nasional

Bakamla RI Bersama Pemkab Sambas Fasilitasi Forkom Kamkesla

Dalam rangka memfasilitasi pembentukan Forum Komunikasi Keamanan dan Keselamatan Laut (Forkom Kamkesla), Bakamla RI bekerjasama dengan Pemkab Sambas menggelar rapat koordinasi di Hotel Sambas Indah, Kab. Sambas, Kalimantan Barat

Jumat, 17 Nov 2017 21:24Berita Sumut

Bupati Sergai Lepas Peserta Jalan Santai dan Senam Sehat Tahun 2017

Berolahraga merupakan aktivitas untuk melatih tubuh agar badan menjadi sehat, bugar dan kuat baik secara jasmani maupun rohani. Dengan berolahraga juga akan mempengaruhi dan meningkatkan metabolisme serta fungsi kelenjar di dalam tubuh untuk memproduksi s

Jumat, 17 Nov 2017 21:20Berita Sumut

Bupati Asahan Segera Lantik Empat Pimpinan Tinggi Pratama Yang Tertunda

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Sinatupsng,MAP akan segera mrlantik empat pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan yang akan menduduki jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di empat Instansi Pemerintah.

Jumat, 17 Nov 2017 21:08Berita Sumut

Perampok Merintih Kesakitan di Polsek sunggal

Keberingasan pelaku bernama BS alias Budi, 34, satu dari tiga pembobol Smile Karaoke tak terlihat lagi diwajahnya. Dia menjerit tak karuan saat digiring petugas Polsek Sunggal. Pasalnya, kedua kakinya membengkak setelah ditembus timah panas petugas dan

Jumat, 17 Nov 2017 20:50Berita Sumut

Sepmor Pintar Polsek Perdagangan Kunjungi SD Alwasliyah

Siswa/i SD Alwasliyah Nagori Pematang Kerasaan Kecamatan Bandar,Kabupaten Simalungun, Jumat (17/17) sangat antusias menyambut Kunjungan Sepeda Motor Pintar (Sepmop)

Jumat, 17 Nov 2017 20:45Berita Sumut

Banjir di Asahan Terkendali

Banjir yang melanda beberapa kawasan di Asahan sudah dikendalikan.