• Home
  • Lifestyle
  • Mau Anak Cerdas, Bagi Ibu Hamil Lakukan Olah Raga dan Empat Program

Mau Anak Cerdas, Bagi Ibu Hamil Lakukan Olah Raga dan Empat Program

Amr/Okz/Net Minggu, 10 September 2017 18:26 WIB
Google
MATATELINGA, Jakarta:  Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya lahir sempurna dan menjadi anak yang cerdas. Namun, tahukah Anda bahwa potensi bayi cerdas sudah terbentuk sejak ia masih dalam kandungan?

Gen orangtua yang diwariskan memainkan peran penting dalam menentukan kecerdasan dan kepribadian seorang anak, tapi pilihan gaya hidup yang tepat dapat membantu memastikan gen tersebut diprogram di dalam rahim.

Menurut dr. Lana Asprey, penulis The Better Baby Book, "Peneliti sekarang memperkirakan bahwa hanya 50 persen IQ yang diturukan melalui gen, selebihnya dipengaruhi oleh lingkungan."

Interaksi antara calon ayah dan ibu dengan bayi dalam kandungan, juga berperan dalam membentuk otak bayi yang sedang tumbuh.

Berikut tips-tips yang bisa dilakukan calon orangtua untuk melatih kecerdasan bayi sejak dalam kandungan.

1. Hindari zat yang dapat membahayakan kehamilan

Kecerdasan terbentuk sejak awal pembuahan janin. Bila proses ini terganggu oleh adanya zat-zat berbahaya seperti alkohol, rokok, dan narkotika, tentu saja hasilnya tidak akan baik. Karena itulah ahli nutrisi dan perilaku, Stephen J. Schoenthaler, PhD, menyarankan agar calon ayah dan ibu menghindari alkohol, rokok, narkotika, dan kafein.

Sel-sel saraf berkomunikasi dengan satu sama lain menggunakan sinyal kimiawi. Bila ada zat kimia asing yang mengganggu persinyalan ini, tentu perkembangan otak bayi akan terganggu.

Selain itu hindari juga zat berbahaya lainnya, seperti merkuri, timbal, dan pestisida yang bisa didapat dari makanan laut, polusi udara, dan bahan makanan lainnya.

2. Berolahraga dan aktif bergerak

Olahraga sebelum melahirkan akan menambah stamina Anda yang dibutuhkan selama persalinan. Olahraga juga dapat menambah kekuatan otak bayi Anda.

Sebuah studi yang dilaporkan dalam Journal of American College of Sports Medicine menyatakan bahwa anak dari ibu yang berolahraga secara teratur selama kehamilan, memiliki skor jauh lebih tinggi pada tes kecerdasan dan kemampuan bahasa dibanding anak dari ibu yang tidak berolahraga selama kehamilan.

Hal ini karena hormon kortisol dalam batas wajar yang diproduksi pada tubuh ibu hamil saat berolahraga merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak janin dan organ lainnya.

3. Pastikan Anda bebas dari penyakit ini

Infeksi TORCH, yaitu toksoplasma, other (lainnya yaitu sifilis, cacar air, dan parvovirus B19), rubella, sitomegalovirus (CMV), dan herpes adalah infeksi selama kehamilan yang bisa mengakibatkan kelainan bawaan pada bayi, termasuk pada otak.

Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk memeriksakan kesehatan secara rutin. Ini supaya Anda bisa memastikan Anda bebas dari salah satu infeksi TORCH tersebut.

Pastikan juga bahwa sang ibu tidak memiliki gangguan fungsi kelenjar tiroid. Ibu dengan hormon tiroid yang rendah memiliki kecenderungan untuk memiliki bayi dengan IQ yang rendah. Untuk memastikan apakah Anda memiliki kadar hormon tiroid yang normal atau tidak, Anda hanya perlu melakukan pemeriksaan darah saja.

Agar kelenjar tiroid dapat berfungsi dengan baik, sebaiknya Anda konsumsi yodium sebanyak 220 mikrogram per hari dengan mengonsumsi garam beryodium, yogurt, atau susu.

4. Mengelus perut dan mengobrol dengan si kecil

Mengelus lembut perut sambil berbicara kepada janin mampu menenangkan sistem saraf dan merangsang perkembangan otak janin. Sekitar minggu ke-20 masa kehamilan, bayi biasanya bisa membedakan antara sentuhan seorang ibu dan ayah.

Bercakap-cakaplah dengan bayi di dalam kadungan pada saat tertentu. Misalnya di pagi hari dan sore hari. Bayi dalam kandungan sudah bisa menerima sinyal pembicaraan dari orangtuanya sejak berumur di atas empat bulan karena semua koneksi dari telinga ke otak sudah ada. Semakin sering Anda mengobrol dengannya, semakin besar peluang bayi cerdas ketika lahir.

5. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi lengkap

Selama masa kehamilan, penting untuk seorang ibu menjaga nutrisi yang dimakan. Makanan yang Anda makan selama kehamilan mempengaruhi perkembangan fisik dan mental anak Anda.

Mengonsumsi makanan penguat otak tertentu selama kehamilan hingga menyusui dapat meningkatkan IQ, keterampilan, dan daya ingat bayi Anda sampai dewasa. Nutrisi yang harus dikonsumsi agar bayi cerdas antara lain minyak ikan, telur, buah, dan sayuran.

Selain itu, pastikan Anda mencukupi kebutuhan asam folat saat hamil. Asam folat adalah salah satu nutrisi yang penting dalam masa awal perkembangan otak bayi. Dilansir dari Journal of American Medical Association (JAMA), ibu yang mengonsumsi asam folat sejak empat minggu sebelum pembuahan hingga minggu kedelapan kehamilan memiliki risiko yang 40 persen lebih kecil untuk memiliki anak dengan autisme.

Karena itu, biasanya dokter dan bidan akan memberikan suplemen asam folat sejak awal kehamilan. Anda juga bisa mengonsumsi susu khusus ibu hamil dan sayuran hijau seperti bayam dan kangkung selama mempersiapkan kehamilan Anda.

Nutrisi lainnya yang tidak kalah penting supaya bisa melahirkan bayi cerdas adalah asam lemak omega-3, terutama DHA. Senyawa ini penting untuk pembentukan sel saraf otak. Anda dapat mendapatkannya dari konsumsi ikan laut, kacang-kacangan, dan telur yang telah diperkaya dengan asam lemak

(Mtc/Okz)
Editor: Amrizal

T#g:anak cerdasdalam kandunganibul hamilMataMatatelinga
Komentar
Selasa, 23 Jan 2018 09:30Berita Sumut

Gondrong Kribo, Si Pengedar Narkoba Diringkus Polisi

Riki Richardo (23) alias Si Gondrong Kribo, warga Jalan Paitan Gang Dame Lingkungan III kelurahan Sidomukti Asahan, harsu nurut saat digelandang Kapolsek Kota Kisaran Iptu Rianto,SH, Senin (22/1/2018) sekira pukul 17.30 wib.

Selasa, 23 Jan 2018 08:05Nasional

Panglima TNI : Prajurit Mengemban Tugas Menjaga Kehormatan Bangsa

Tugas prajurit TNI yang tergabung di Satgas Kontingen Garuda memiliki misi-misi kebangsaan meliputi aspek politik, diplomasi dan budaya, dalam mengemban tugas menjaga kehormatan bangsa dan negara.

Selasa, 23 Jan 2018 07:50Berita Sumut

Puluhan Penderita Kusta Datangi Polsek Belawan

Puluhan penghuni Rumah Sakit Kusta Kelurahan Belawan Si Canang Kecamatan Medan Belawan mengadu ke Polsek Medan Belawan pada Senin(22/1/2018) sore sekitar pukul 17.00 wib karena tabungan impaknya hilang dicuri.

Selasa, 23 Jan 2018 07:35Nasional

Satgas Yonkomposit TNI Ikuti Latihan ORC bersama di Sudan

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yonkomposit TNI Konga XXXV-C/Unamid (United Nations Mission In Darfur) di bawah pimpinan Letkol Inf Syamsul Alam, S.E. sebagai Dansatgas, mengikuti Latihan Kesiapan Pengecekan Operasional bersama

Selasa, 23 Jan 2018 07:17Berita Sumut

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman : Jaga Persaudaraan dan Selalu Kompak Meski Kita Beda Pilihan

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Wabup darma Wijaya menghadiri acara penepung tawaran sekaligus doa bersama bagi calon jamaah Umrah bersama Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) DR. Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si bertempat di rumah pen

Selasa, 23 Jan 2018 07:02Nasional

Prajurit TNI Gelar Kegiatan Cimic dengan Anak-Anak Sekolah di Lebanon

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) atau Indonesian Battalion (Indobatt)

Selasa, 23 Jan 2018 06:50Nasional

Satgas Kesehatan TNI Evakuasi Pasien Ke RSUD Agats

Personel Tim Gabungan Satgas Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB) terus melaksanakan pengobatan terhadap anak-anak yang terkena campak dan gizi buruk. Mereka dirawat di Puskemas yang tersebar di beberapa Distrik Kabupaten Asmat. Sementara itu, pasien

Selasa, 23 Jan 2018 06:35Berita Sumut

Polsek Helvet Bekuk 8 Tersangka Sindikat Jaringan Peredaran Ekstasi

Bermula dari gelar razia di Jalan T. Amir Hamzah Medan, Personel reskrim Polsek Medan Helvetia mengungkap kasus peredaran pil ekstasi

Selasa, 23 Jan 2018 06:20Berita Sumut

MTQ Ke 51 di Masjid Taqwa Sukses, FOSMAT Membawa Kecamatan Medan Polonia Yang Terbaik

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ) ke-51 Tingkat Kecamatan Medan Polonia, berlangsung sukses di halaman depan Masjid Taqwa Polonia, Lingkungan I Kelurahan Polonia

Selasa, 23 Jan 2018 06:05Berita Sumut

Beredar, Kapolres Simalungun Bakal Kena Sanksi

Terkait sikap arogan Kapolres Simalungun AKBP M. Liberty Panjaitan, terhadap masyarakat beredar bakal terkena sanksi disiplin

Senin, 22 Jan 2018 18:00Berita Sumut

Bupati Karo Resmikan Kantor Camat Brastagi

i: Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH resmikan gedung baru Kantor Kecamatan Berastagi, pada Senin (22/01) di komplek perumahan Korpri Desa Guru Singa. Peresmian kantor camat Berastagi ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Karo Terkelin Brahman

Senin, 22 Jan 2018 17:36Berita Sumut

Sumut Siap Laksanakan Pilkada Serentak 2018

Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara menyatakan siap melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, demikian kata sambutan Gubsu yang dibacakan Asisten Administrasi Pemerintahan Setdaprovsu Jumsadi Damanik pada rapat kunjungan kerja komisi

Senin, 22 Jan 2018 17:00Berita Sumut

Jalan di Kawasan Habornas Butuh Perhatian Pemerintah

MATATELINGA, Tobasa: Warga Habornas, Kabupaten Toa Samosir diminta hati-hati jika melintasi jalan sepanjang Silaen menuju Habornas atau sebaliknya. Hal ini terkait banyaknya bahu jalan yang longsor tergerus air dan juga karena bahu jalan mengalami perge

Senin, 22 Jan 2018 16:55Ekonomi

Mentan Optimis Harga Beras Segera Stabil

Menteri Pertanian Amran Sulaiman optimistis harga beras di Tanah Air akan stabil, meskipun ada panen dengan luas tanam sekitar 2 juta hektare selama sebulan tujuh hari.

Senin, 22 Jan 2018 16:45Berita Sumut

Di Balige, Kades Buka Jalan di Kawasan Hutan Lindung Pakai Dana Desa

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya Bakar diminta untuk menindak tegas para pelaku perusak hutan lindung Siboruon yang berada di Desa Siboruan Kecamatan Balige Toba Samosir. Hal ini dikatakan ketua NGO Topan-AD Ir. Rinaldi H. saat

Senin, 22 Jan 2018 16:42Internasional

Swalayan Bebas Kasir Hanya Ada di Amazon Go

Tren cara belanja baru tanpa harus direpotkan dengan pembayaran di kasir atau diikuti oleh penjaga swalayan, Amazon.com Inc segera meluncurkan pasar swalayan bebas kasir pada Senin, (22/01/2018) setelah diuji coba selama lebih dari setahun.