Mengharapkan Wafat di Tanah Suci, ini Hukumnya

Mtc Jumat, 09 Agustus 2019 07:45 WIB
Hand Over
Makam di Tanah Suci
MATATELINGA: Tugas manusia di dunia hanyalah mempersiapkan amalan sebagai bekal kematian. Kita harus banyak beramal saleh untuk mempersiapkan bekal di akhirat.




Bukan berputus asa dengan mengharapkan kematian. Sebab kematian itu pasti datang meski tak diharapkan sekalipun.

Baca Juga: Kisah Tak Terduga di Khalifah Umar bin Khattab

Nabi Muhammad SAW melarang umatnya mengharapkan kematian karena musibah yang menimpa. Nabi mengajarkan untuk berdoa agar diberikan hal yang terbaik, mati atau hidup, bukan dengan mengharapkan kematian.

Nabi SAW bersabda:

لا يتمنين أحدكم الموت لضر أصابه فإن كان لا بد فاعلا فليقل اللهم أحيني ما كانت الحياة خيرا لي وتوفني إذا كانت الوفاة خيرا لي

Artinya, "Sungguh janganlah kalian berharap kematian karena bahaya yang menimpa. Bila tidak bisa menghindar, maka berdoalah, ya Allah hidupkanlah aku bila kehidupan lebih baik bagiku, matikanlah aku bila kematian lebih baik bagiku," (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Dalam penjelasannya atas hadits tersebut, Syekh Muhammad bin Abdil Hadi As-Sindi berkata:

قوله : (لا يتمنينّ أحدكم الخ) أي : لأنه كالتبرّي عن قضاء الله في أمر ينفعه في آخرته

Artinya, "Sabda Nabi, sungguh janganlah kalian mengharapkan kematian, karena sesungguhnya hal tersebut seperti terbebas dari kepastian Allah dalam perkara yang bermanfaat untuk akhiratnya," (Lihat Syekh Muhammad bin Abdil Hadi As-Sindi, Hasyiyah As-Sindi 'alal Bukhari, juz IV, halaman 50).

Dari keterangan hadits tersebut, para pakar fiqih merumuskan bahwa mengharapkan kematian karena musibah yang menimpa hukumnya makruh.

Seperti dilansir oleh wartawan, saat terkena cobaan, manusia tidak sepantasnya untuk berburuk sangka kepada Allah atau berputus asa, bisa jadi musibah yang menimpa merupakan sesuatu yang terbaik untuk dunia dan urusan akhiratnya. Bahkan bisa menghapus dosa-dosa yang lalu dan mensucikan kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat.




Saat Nabi menyambangi laki-laki berusia senja yang tengah mengalami sakit panas, ia bersabda, "thahurun, insya Allah" (tidak apa-apa, insya Allah sakit ini mensucikan kesalahan-kesalahan).

Namun demikian, tidak selamanya berharap kematian merupakan hal yang buruk. Mengharapkan kematian hukumnya bisa menjadi sunah apabila karena tujuan yang baik, misalkan berharap mati syahid di jalan Allah, berharap mati di tiga kota suci (Makkah, Madinah dan Baitul Maqdis) atau karena khawatir terfitnah agamanya.

Disamakan dengan anjuran berharap mati di tiga kota suci, berharap mati di tempatnya orang-orang saleh.

Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami menegaskan:

وفي المجموع يسن تمنيه ببلد شريف أي مكة أو المدينة أو بيت المقدس وينبغي أن يلحق بها محال الصالحين

Artinya, "Di dalam Kitab Al-Majmu', sunah mengharapkan kematian di tempat mulia, yaitu Makkah, Madinah dan Baitul Maqdis, seyogianya disamakan juga dengan tiga tempat tersebut, tempatnya orang-orang saleh," (Lihat Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami, Tuhfatul Muhtaj, juz III, halaman 182).

Ada perbedaan istilah apakah berharap syahid atau mati di tempat suci termasuk mengharapkan kematian atau bukan. Menurut Syekh Sayyid Al-Bashri, mengharapkan kematian di tempat yang mulia sebenarnya bukan termasuk mengharapkan kematian, namun mengharapkan sifat atau kondisi tertentu saat kematian tiba.





Syekh Ali Syibramalisi dan Syekh Abdul Hamid Al-Syarwani tidak menyetujui kemutlakan pendapat Syekh Sayyid Al-Bashri di atas, namun harus diperinci. Bila harapan tersebut dikhususkan dengan perjalanan atau tahun tertentu, semisal saat berihram haji atau umrah berharap mati di tanah suci dan tidak kembali ke tanah air, maka termasuk berharap kematian.

Bila harapannya dimutlakan, maka bukan termasuk berharap kematian, namun mengharapkan kondisi tertentu saat kematian tiba, seperti berdoa menjadi syahid atau berada di tanah suci saat ajal menjemput.

Dalam titik harapan yang dimutlakan ini, pada hakikatnya seperti doa-doa pada umumnya, yaitu berdoa diberi kondisi yang terbaik saat meninggal dunia. Seakan-akan ia berdoa "Bila engkau mematikanku, matikanlah aku sebagai syahid atau di Kota Makkah."

Sebagaimana doa yang diteladankan Nabi Yusuf "Matikanlah aku dalam keadaan Muslim dan susulah aku dengan orang-orang saleh."

Meski demikian, ulama-ulama tersebut sepakat bahwa berharap mati di tanah suci hukumnya sunah, mereka hanya berbeda sudut pandang dalam sebuah istilah "harapan kematian." Namun sepakat secara hukum, yaitu sunah.

Penjelasan demikian sebagaimana keterangan referensi di bawah ini:

قوله )يسن تمنيه ببلد إلخ) بالتأمل الصادق يظهر أن تمني الشهادة وتمني الموت بمحل شريف ليس من تمني الموت بل تمني صفة أو لازم له عند عروضه بصري أقول وهذا فيما إذا تمنى ذلك وأطلق وأما إذا تمنى ما ذكر وقيده بنحو سفر أو عام مخصوص فظاهر أنه من تمني الموت

Artinya, "Ucapan Syekh Ibnu Hajar, sunah berharap kematian di tempat mulia, dengan pemikiran yang benar, tampak jelas bahwa sesungguhnya berharap mati syahid dan mati di tempat mulia bukan termasuk mengharapkan kematian, tetapi mengharapkan sifat atau kondisi yang menetapi kematian saat ia tiba, keterangan dari Syekh Sayyid Al-Bashri. Aku (Syekh Syarwani) berkomentar, yang demikian ini bila berharap kematian dan memutlakannya. Adapun bila berharap mati sebagaimana demikian dan dibatasi dengan perjalanan atau tahun tertentu, maka jelas bahwa hal tersebut termasuk berharap kematian. Keterengan dari Syekh Ali Syibramalisi."

عبارة ع ش ولا يتأتى أن ذلك من تمني الموت إلا إذا تمناه حالا أو في وقت معين أما بدون ذلك فيمكن حمله على أن المعنى إذا توفيتني فتوفني شهيدا أو في مكة إلخ كما قيل به في الجواب عن قول سيدنا يوسف صلى الله وسلم على نبينا وعليه { توفني مسلما وألحقني بالصالحين } ا هـ .





Artinya, "Teks lengkap pernyataan Syekh Ali Syibramalisi, hal yang demikian tidak dapat masuk kategori berharap kematian kecuali berharap mati saat itu atau pada waktu tertentu. Bila tidak demikian, maka mungkin diarahkan bahwa arti dari harapan tersebut adalah, bila engkau matikan aku, maka matikanlah sebagai syahid atau di kota Mekah, dan lain-lain, seperti diucapkan dalam jawaban doanya Sayyidina Yusuf, ya Allah, matikanlah aku sebagai muslim dan susulah aku dengan orang-orang saleh," (Lihat Syekh Abdul Hamid As-Syarwani,Hasyiyatus Syarwani 'ala Tuhfatil Muhtaj, juz III, halaman 182).

Demikian penjelasan mengenai hukum mengharapkan mati di kota suci. Pada kesimpulannya hukumnya sunah, namun tetap harus disertai dengan semangat untuk menjaga kualitas hidup menjadi lebih baik, bukan malah bersikap putus asa.

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:Berita IslamiblibliMatatelingaTanah SuciTerkiniTravelokawafatmatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Minggu, 25 Agu 2019 12:28Berita Sumut

Akademisi: Apresiasi Untuk Kapoldasu Menindak Tegas Begal

Menurut Dr. Dedi, apresiasi dari masyarakat atas kinerja Poldasu adalah karena masyarakat sangat membutuhkan rasa aman. Terutama mereka yang bekerja atau punya keperluan untuk berkendara di malam hari. Beberapa waktu belakangan ini muncul rasa was-was kar

Minggu, 25 Agu 2019 12:10Berita Sumut

Kloter VII MES Capai Gua Hira

Berbagai kegiatan dapat dilakukan untuk menambah ilmu dan pengalaman tentang sejarah Islam di Makkah. Dengan dipimpin langsung Ketua Kloter H.Syarif Husin beserta TPIHI H.Sarifuddin Daulay, dan H.Amir B Siregar serta TKIHI, tepat jam 7.30 WAS berhasil m

Minggu, 25 Agu 2019 11:41Berita Sumut

Kapoldasu Turunkan Tim Cek Kualitas Air Danau Toba

Isu soal lingkungan Danau Toba menjadi salah satu topik pembahasan dalam rapat koordinasi soal pengembengan destinasi superprioritas Danau Toba, Sabtu (24/8) yang digelar Polda Sumut di Samosir. Salah satu yang dibahas mengenai soal pencemaran yang berdam

Minggu, 25 Agu 2019 11:25Berita Sumut

Kapolda Sumut Komitmen Kawal Pembangunan di Danau Toba

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto memastikan pihaknya komitmen untuk mengawal proses pembangunan di kawasan wisata danau toba. Hal ini dilakukan supaya pembangunan yang ditarget 2020 rampung, tidak molor.

Minggu, 25 Agu 2019 09:00Lifestyle

Masalah Jodoh, Benarkah Gading Minta Tolong Carikan oleh Mantan Istri

Soal pasangan hidup, putra Roy Marten ini mengaku bahwa dirinya memiliki kriteria khusus yang harus dimiliki oleh wanita tersebut

Minggu, 25 Agu 2019 08:45Nasional

Stadion Kelas Dunia Segera Dibangun di Jakarta, Medan Kapan ?

Jakarta tak lama lagi akan memiliki fasilitas olah raga kelas dunia. Selain Gelora Bung Karno, di Jakarta International Stadium (JIS) atau dikenal Stadion BMW.

Minggu, 25 Agu 2019 08:30Nasional

Lomba Publikasi Berita Online Jajaran Kodim 0308/Prm, Koramil 02/Sungai Limau Raih Juara I

Guna meningkatkan kinerja dan mendukung tugas satuan, Kodim 0308/Pariaman Korem 032/Wbr Kodam I/BB menggelar perlombaan publikasi media online dan cetak bagi jajaran Koramil

Minggu, 25 Agu 2019 08:15Bola

Liga Spanyol 2019-2020, ini Hasil Laganya Minggu 25 Agustus 2019

Liga Spanyol 2019-2020 pada Sabtu 24 Agustus 2019 hingga Minggu (25/8/2019) dini hari WIB. Sejumlah pertandingan menarik baru saja berlangsung di pekan kedua.

Minggu, 25 Agu 2019 08:00Bola

Liga Italia 2019-2020, ini Hasil Laganya Sabtu 24 Agustus

Membuka tirai Liga Italia 2019-2020. Kebetulan, Dua tim kandidat juara bermain tandang dan mampu meraih hasil positif dari lawatan tersebut.

Minggu, 25 Agu 2019 07:45Bola

Liga Inggris 2019-2020, ini Hasil Laganya Sabtu 24 Agustus

Pekan ketiga Liga Inggris 2019-2020. Sebanyak enam pertandingan digelar pada Sabtu 24 Agustus malam WIB dan menghasilkan 21 gol

Minggu, 25 Agu 2019 07:30Nasional

Mobil Mini Bus Ludes Dilalap Sijago Merah

Interchange, Cawang, Jakarta Timur. Sebuah mobil mini bus sedan berwarna putih ludes dilalap sijago merahi pada Sabtu, 24 Agustus 2019

Minggu, 25 Agu 2019 07:15Lifestyle

Lembah Surga yang Terabaikan

Ar Rauha merupakan tempat yang sangat sarat dengan nilai sejarah Islam. Tempat ini juga sangat sakral

Minggu, 25 Agu 2019 07:00Lifestyle

Sering Terlalai, ini Hukumnya jika Pria Meninggalkan Shalat Jum'at

Kadang manusia lupa menjalankannya. Misalnya saat ibadah shalat Jum'at tiba. Kadang-kadang manusia sering lalai dalam menjalankan perintah Allah SWT.

Minggu, 25 Agu 2019 06:45Nasional

WOW! Bawa Kabur 17 Sepeda Motor, Pelaku Curanmor Berhasil Diringkus

Merupakan target operasi dari Polrestabes Bandung. Unit Reserse Kriminal Polsek Andir Kota Bandung, berhasil meringkus pelaku pencurian kendaraan motor.

Minggu, 25 Agu 2019 06:30Bola

Real Madrid Gagal Raup Poin Penuh Usai Ditahan Imbang Real Valladolid

Pekan ketiga Liga Spanyol 2019-2020. Real Madrid gagal meraih poin penuh saat tampil

Minggu, 25 Agu 2019 06:15Bola

Juventus Menang Tipis atas Parma 1-0

Pekan perdana Liga Italia 2019-2020, Minggu (25/8/2019) dini hari WIB. Juventus mengawali langkah mereka mempertahankan gelar juara