Mengharapkan Wafat di Tanah Suci, ini Hukumnya

Mtc Jumat, 09 Agustus 2019 07:45 WIB
Hand Over
Makam di Tanah Suci
MATATELINGA: Tugas manusia di dunia hanyalah mempersiapkan amalan sebagai bekal kematian. Kita harus banyak beramal saleh untuk mempersiapkan bekal di akhirat.




Bukan berputus asa dengan mengharapkan kematian. Sebab kematian itu pasti datang meski tak diharapkan sekalipun.

Baca Juga: Kisah Tak Terduga di Khalifah Umar bin Khattab

Nabi Muhammad SAW melarang umatnya mengharapkan kematian karena musibah yang menimpa. Nabi mengajarkan untuk berdoa agar diberikan hal yang terbaik, mati atau hidup, bukan dengan mengharapkan kematian.

Nabi SAW bersabda:

لا يتمنين أحدكم الموت لضر أصابه فإن كان لا بد فاعلا فليقل اللهم أحيني ما كانت الحياة خيرا لي وتوفني إذا كانت الوفاة خيرا لي

Artinya, "Sungguh janganlah kalian berharap kematian karena bahaya yang menimpa. Bila tidak bisa menghindar, maka berdoalah, ya Allah hidupkanlah aku bila kehidupan lebih baik bagiku, matikanlah aku bila kematian lebih baik bagiku," (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Dalam penjelasannya atas hadits tersebut, Syekh Muhammad bin Abdil Hadi As-Sindi berkata:

قوله : (لا يتمنينّ أحدكم الخ) أي : لأنه كالتبرّي عن قضاء الله في أمر ينفعه في آخرته

Artinya, "Sabda Nabi, sungguh janganlah kalian mengharapkan kematian, karena sesungguhnya hal tersebut seperti terbebas dari kepastian Allah dalam perkara yang bermanfaat untuk akhiratnya," (Lihat Syekh Muhammad bin Abdil Hadi As-Sindi, Hasyiyah As-Sindi 'alal Bukhari, juz IV, halaman 50).

Dari keterangan hadits tersebut, para pakar fiqih merumuskan bahwa mengharapkan kematian karena musibah yang menimpa hukumnya makruh.

Seperti dilansir oleh wartawan, saat terkena cobaan, manusia tidak sepantasnya untuk berburuk sangka kepada Allah atau berputus asa, bisa jadi musibah yang menimpa merupakan sesuatu yang terbaik untuk dunia dan urusan akhiratnya. Bahkan bisa menghapus dosa-dosa yang lalu dan mensucikan kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat.




Saat Nabi menyambangi laki-laki berusia senja yang tengah mengalami sakit panas, ia bersabda, "thahurun, insya Allah" (tidak apa-apa, insya Allah sakit ini mensucikan kesalahan-kesalahan).

Namun demikian, tidak selamanya berharap kematian merupakan hal yang buruk. Mengharapkan kematian hukumnya bisa menjadi sunah apabila karena tujuan yang baik, misalkan berharap mati syahid di jalan Allah, berharap mati di tiga kota suci (Makkah, Madinah dan Baitul Maqdis) atau karena khawatir terfitnah agamanya.

Disamakan dengan anjuran berharap mati di tiga kota suci, berharap mati di tempatnya orang-orang saleh.

Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami menegaskan:

وفي المجموع يسن تمنيه ببلد شريف أي مكة أو المدينة أو بيت المقدس وينبغي أن يلحق بها محال الصالحين

Artinya, "Di dalam Kitab Al-Majmu', sunah mengharapkan kematian di tempat mulia, yaitu Makkah, Madinah dan Baitul Maqdis, seyogianya disamakan juga dengan tiga tempat tersebut, tempatnya orang-orang saleh," (Lihat Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami, Tuhfatul Muhtaj, juz III, halaman 182).

Ada perbedaan istilah apakah berharap syahid atau mati di tempat suci termasuk mengharapkan kematian atau bukan. Menurut Syekh Sayyid Al-Bashri, mengharapkan kematian di tempat yang mulia sebenarnya bukan termasuk mengharapkan kematian, namun mengharapkan sifat atau kondisi tertentu saat kematian tiba.





Syekh Ali Syibramalisi dan Syekh Abdul Hamid Al-Syarwani tidak menyetujui kemutlakan pendapat Syekh Sayyid Al-Bashri di atas, namun harus diperinci. Bila harapan tersebut dikhususkan dengan perjalanan atau tahun tertentu, semisal saat berihram haji atau umrah berharap mati di tanah suci dan tidak kembali ke tanah air, maka termasuk berharap kematian.

Bila harapannya dimutlakan, maka bukan termasuk berharap kematian, namun mengharapkan kondisi tertentu saat kematian tiba, seperti berdoa menjadi syahid atau berada di tanah suci saat ajal menjemput.

Dalam titik harapan yang dimutlakan ini, pada hakikatnya seperti doa-doa pada umumnya, yaitu berdoa diberi kondisi yang terbaik saat meninggal dunia. Seakan-akan ia berdoa "Bila engkau mematikanku, matikanlah aku sebagai syahid atau di Kota Makkah."

Sebagaimana doa yang diteladankan Nabi Yusuf "Matikanlah aku dalam keadaan Muslim dan susulah aku dengan orang-orang saleh."

Meski demikian, ulama-ulama tersebut sepakat bahwa berharap mati di tanah suci hukumnya sunah, mereka hanya berbeda sudut pandang dalam sebuah istilah "harapan kematian." Namun sepakat secara hukum, yaitu sunah.

Penjelasan demikian sebagaimana keterangan referensi di bawah ini:

قوله )يسن تمنيه ببلد إلخ) بالتأمل الصادق يظهر أن تمني الشهادة وتمني الموت بمحل شريف ليس من تمني الموت بل تمني صفة أو لازم له عند عروضه بصري أقول وهذا فيما إذا تمنى ذلك وأطلق وأما إذا تمنى ما ذكر وقيده بنحو سفر أو عام مخصوص فظاهر أنه من تمني الموت

Artinya, "Ucapan Syekh Ibnu Hajar, sunah berharap kematian di tempat mulia, dengan pemikiran yang benar, tampak jelas bahwa sesungguhnya berharap mati syahid dan mati di tempat mulia bukan termasuk mengharapkan kematian, tetapi mengharapkan sifat atau kondisi yang menetapi kematian saat ia tiba, keterangan dari Syekh Sayyid Al-Bashri. Aku (Syekh Syarwani) berkomentar, yang demikian ini bila berharap kematian dan memutlakannya. Adapun bila berharap mati sebagaimana demikian dan dibatasi dengan perjalanan atau tahun tertentu, maka jelas bahwa hal tersebut termasuk berharap kematian. Keterengan dari Syekh Ali Syibramalisi."

عبارة ع ش ولا يتأتى أن ذلك من تمني الموت إلا إذا تمناه حالا أو في وقت معين أما بدون ذلك فيمكن حمله على أن المعنى إذا توفيتني فتوفني شهيدا أو في مكة إلخ كما قيل به في الجواب عن قول سيدنا يوسف صلى الله وسلم على نبينا وعليه { توفني مسلما وألحقني بالصالحين } ا هـ .





Artinya, "Teks lengkap pernyataan Syekh Ali Syibramalisi, hal yang demikian tidak dapat masuk kategori berharap kematian kecuali berharap mati saat itu atau pada waktu tertentu. Bila tidak demikian, maka mungkin diarahkan bahwa arti dari harapan tersebut adalah, bila engkau matikan aku, maka matikanlah sebagai syahid atau di kota Mekah, dan lain-lain, seperti diucapkan dalam jawaban doanya Sayyidina Yusuf, ya Allah, matikanlah aku sebagai muslim dan susulah aku dengan orang-orang saleh," (Lihat Syekh Abdul Hamid As-Syarwani,Hasyiyatus Syarwani 'ala Tuhfatil Muhtaj, juz III, halaman 182).

Demikian penjelasan mengenai hukum mengharapkan mati di kota suci. Pada kesimpulannya hukumnya sunah, namun tetap harus disertai dengan semangat untuk menjaga kualitas hidup menjadi lebih baik, bukan malah bersikap putus asa.

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:Berita IslamiblibliMatatelingaTanah SuciTerkiniTravelokawafatmatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Minggu, 22 Sep 2019 21:36Berita Sumut

Warga Medan Mulai Resah, Asap Mulai Menyelimuti Kota Medan

Kabut Asap tebal Jambi mulai diselimuti Kota Medan. Sejumlah warga mengeluh, lantaran mengalami mata perih, hidung sakit dan tenggorokan terasa kering

Minggu, 22 Sep 2019 21:04Berita Sumut

Gempa Bumi "Gegerkan" Warga Deliserdang dan Kota Medan

Warga Kota Medan dan Deliserdang dikejutkan dengan terjadinya gempa bumi tektonik, Minggu (22/9/2019) pada pukul 17.05:44 WIB. Dari hasil analisis Balai Besar Meteorologi Klimatologi Geofisika (BBMKG), kekuatan gempa yakni magnitudo 2,8

Minggu, 22 Sep 2019 20:40Berita Sumut

Seorang Pria Terseret "Benda Keras dan Panjang" Sampai 200 Meter

Seorang pria tanpa identitas (Mr X) tewas ditabrak kereta api, di perlintasan rel di Jalan Thamrin, Kecamatan Medan Area, Sabtu (21/9/2019) malam

Minggu, 22 Sep 2019 20:18Nasional

Warga Kota Jambi Tak Tembus Pandang Matahari, Sedang Penerbangan Kualanamu Cancel dan Delay

Akibat kabut Asap melanda Kota Jambi, Masyarakat Kota jambi sepanjang hari ini, tidak melihat sinar matahari karena terhalang kabut asap yang kian pekat. Sejumlah warga menyebut kabut asap kali ini melebihi fenomena kabut asap 2015

Minggu, 22 Sep 2019 20:03Berita Sumut

Pengcab FORKI Medan Gelar Latihan Gabungan Perdana

Pengcab FORKI Kota Medan menggelar latihan gabungan antar semua perguruan yang digelar di Perguruan Inkanas di Komplek Perumahan Puri Tanjung Sari Jalan Tanjung Sari Pasar 1 Medan, Minggu (22/9/2019).

Minggu, 22 Sep 2019 19:48Bola

Conte: Lukaku Masih Bisa Tampil Lebih Tajam Dibandingkan Saat Ini

Sebagaimana diketahui, Lukaku sendiri memang resmi bergabung dengan Inter pada jendela transfer musim panas 2019. Manajemen I Nerazzurri - julukan Inter - memboyong Lukaku dari Manchester United dengan mahar mencapai 65 juta euro atau sekira Rp1 triliun

Minggu, 22 Sep 2019 19:33Berita Sumut

Wakil Wali Kota Lepas Fun Bike I-Radio & Indomaret

Sebanyak 4000 peserta kurang lebih mengikuti fun bike di Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso Medan

Minggu, 22 Sep 2019 19:18Berita Sumut

Lebih 1.000 Orang Warga Medan Jadi Pendonor Darah Setiap Bulannya

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Administrasi Umum Renward Parapat menghadiri HUT Palang Merah Indonesia (PMI) Ke-74 di markas PMI Provinsi Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan No. 37 Medan

Minggu, 22 Sep 2019 19:02Berita Sumut

Memiliki Narkoba, Dua Warga Medan Berurusan dengan Polisi Polda

Dikabarkan Subdit III, Unit 4 Ditnarkoba Polda Sumut mengamankan dua pria pengedar narkotika jenis sabu.

Minggu, 22 Sep 2019 18:48Berita Sumut

Selama 3 Hari Transaksi Penjualan FKKM 2019 Tembus Rp. 1 Miliar Lebih

Seribuan pengunjung menghadiri penutupan Festival Kuliner Kota Medan (FKKM) di Lapangan Merdeka Medan

Minggu, 22 Sep 2019 17:39Berita Sumut

Syaiful: Sepanjang Sungai Deli Banyak Berdiri Bangunan Megah

Surat Dinas Perumahan Kawasan Pemukikan Penataan Ruang (PKPPR) Pemerintah Kota Medan yang berisi memerintahkan masyarakat yang bermukim di pinggiran Sungai Deli

Minggu, 22 Sep 2019 16:23Berita Sumut

Muspika Razia, Cafe Hiburan Malam, Kos -Kosan

Tim gabungan Muspika Medan Selayang, selama dua hari Sabtu, hingga Minggu (22/9/2019) dinihari melakukan razia sejumlah lokasi hiburan malam. Selain lokasi hiburan malam, petugas juga merazia beberapa kos-kosan yang ada di wilayah hukum Polsek Sunggal

Minggu, 22 Sep 2019 15:54Berita Sumut

Revitalisasi Alur Sungai di Medan Jangan Sampai Menghilangkan Kebudayaannya

Program Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk merevitalisasi alur sungai yang kini mendapatkan dukungan penuh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yakni Sungai Babura, Sungai Bederah dan Sungai Deli dipastikan akan memunculkan fenomena sosial yan

Minggu, 22 Sep 2019 14:50Berita Sumut

Priscilla Hertati Lumban Gaol Tertantang Raih Emas di Filipina

Segudang pengalaman bertanding dalam pertarungan berbagai seni beladiri menjadi modal bagi atlet kick boxing putri Indonesia, Priscilla Hertati Lumban Gaol untuk meraih prestasi pada ajang SEA Games XXX yang akan digelar Filipina, 31 Nopember hingga 12 De

Minggu, 22 Sep 2019 13:28Berita Sumut

Jurtul Judi Kim Diamankan Polsek Tanah Jawa

Satuan unit reskrim Polsek Tanah Jawa mengamankan diduga seorang penulis judi jenis kim di Mahasar dusun IV Tanjung Pasir kec Tanah Jawa Kab.Simalungun, Sabtu (21/09/2019) sekira pukul 21.15 wib.

Minggu, 22 Sep 2019 13:13Berita Sumut

Wali Kota: Harhubnas Momentum Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas Tertib & Patuh

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH melepas peserta Fun Walk (jalan santai) di Jalan Pulau Pinang Medan