• Home
  • Lifestyle
  • Mers-CoV dan Meningitis Hantui Jamaah Indonesia Kala Berhaji dan Umroh

Mers-CoV dan Meningitis Hantui Jamaah Indonesia Kala Berhaji dan Umroh

Fidel W Kamis, 08 November 2018 13:03 WIB
Mers-CoV dan Meningitis Hantui Jamaah Indonesia Kala Berhaji dan Umroh / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: ANTUSIASME masyarakat Indonesia untuk pergi haji dan umroh sangatlah besar. Tentu saja menunaikan ibadah ke tanah suci juga memiliki risiko besar, khususnya dalam dunia kesehatan. Beberapa diantaranya adalah Mers-CoV, Meningitis dan berbagai penyakit menular berbahaya lainnya.


Tentu hal ini sangatlah berbahaya jika tidak ditindaklanjuti dengan serius, bahkan bisa menyebabkan kematian dengan cepat karena proses penularannya. Penyakit berbahaya ini diketahui berasal dari hewan yang ada di daerah timur tengah yakni unta, alhasil berbagai penyuluhan telah dilakukan agar para jamaah haji menghindari hewan mamalia yang satu ini.

Hal ini pun dibenarkan oleh, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Republik Indonesia, Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc. Ia secara detail menjelaskan lebih lanjut tentang karateristik penyakit mematikan yang berasal dari timur tengah ini.

"Mers-CoV artinya middle east respiratory syndrom corona virus artinya penyakit yang muncul dari timur tengah. Proses penularannya melalui binatang yang ada di timur tengah maka salah satu binatangnya adalah unta. Sehingga kami melakukan tindakan-tindakan pencegahan dengan tidak dekat-dekat dengan unta," tutur Dr Eka dalam acara GHSA di Nusa Dua Convention Hall, Rabu (7/11/2018).


Dr Eka juga mengatakan bahwa untuk mengetahui seorang jamaah haji tertular Mers-CoV atau tidak adalah dengan melakukan pemeriksaan laboraterium. Pasalnya penyakit ini akut dan sangat mematikan akibat penyebarannya yang sangat cepat. Oleh sebab itu diperlukan uji lab untuk mengetahui apakah seseorang positif terserang penyakit itu.

"Lebih baik mencegah daripada mengobati, kini tidak ada salah satu jamaah haji kita yang terinfeksi confirm dengan pemeriksaan laboratorium bersangkutan sakit Mers CoV. karena sakit Mers CoV itu akut penyakitnya. hari ini misalnya kena, paling tidak dua hari sudah meninggal dunia dengan sesak napas sangat berat, demam badannya, batuk terus menerus dan tidak bisa sembuh dengan obat-obatan biasa," lanjutnya.

Bukan hanya mematikan, Dr Eka memastikan bahwa penyakit ini dapat menular dengan sangat cepat dari para jamaah haji yang terinfeksi. Jadi ada baiknya untuk memeriksakan diri ke laboratorium apabila timbul gejala yang mulai aneh saat pulang dari negara di timur tengah.


"Penyakit ini sangat menular, jadi jika ada satu yang kena, maka teman-teman akan tertular dan menyebabkan penyakit yang sama, itulah yang disebut dengan wabah. Kemudian ketika mereka kembali ke tanah air, juga akan membawa virus yang sama dan juga menular dengan cepat ke keluarganya," sambungnya.

Bagi para jamaah umroh atau haji yang tertular penyakit mematikan ini saat beribadah ke tanah suci, tidak perlu khawatir. Pasalnya Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga memiliki prosedur yang baik tentang keamanan penyakit-penyakit infeksi yang berbahaya.

"Inilah yang menjadi atensi kita meminta kepada masyarakat supaya tidak dekat-dekat dengan unta karena lebih baik mencegah daripada mengobatinya. Jika kita terjangkit saat berada di tanah suci, kita perlu cepat melaporkan ke kementerian kesehatan yang ada di Arab Saudi. Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga memiliki prosedur tentang keamanan penyakit-penyakit infeksi yang berbahaya tersebut," tuntasnya.
Editor: Fidel W

Sumber: okz

T#g:ManadoMatatelingaMers-CoVMers CoVTerkiniTomohonjamaah hajipenyait menularpenyakit jamaah haji
Komentar
Jumat, 16 Nov 2018 21:11Berita Sumut

Hujan Turun, Terjadi Longsor di Sembahe

Akibat hujan yang menguyur beberapa wilayah di Sumatera Utara (Sumut) menyebabkan terjadinya longsor di daerah Deli Serdang tepat di kawasan Sembahe, Jumat (16/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 20:56Berita Sumut

Dua Pelaku Spesialis Curanmor Meringkuk Terali Besi

Tim unit Reskrim Polrestabes Medan meringkus dua pelaku kasus pencurian kenderaan bermotor roda dua ditempat kediamannya masing masing. Selain meringkus kedua pelaku, Polisi juga menyita barang buktinya.

Jumat, 16 Nov 2018 20:52Nasional

Fokuskan Keselamatan Nelayan, SPKKL Ambon Kunjungi Nelayan dan Siswa SD

Dalam rangka Bina Kreasi Maritim Bakamla, Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Ambon memfokuskan kegiatan bagi masyarakat nelayan dan pelajar melalui sosialisasi ke dua lokasi desa nelayan dan satu sekolah dasar di Kota Ambon, Maluku,

Jumat, 16 Nov 2018 20:48Berita Sumut

Pemprov Harapkan Prestasi Atlet Sumut Terus Meningkat

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) berharap prestasi olah raga atlet Sumut terus meningkat. Juga semakin banyak atlet Sumut yang mengukir prestasi yang membanggakan di tingkat nasional dan internasional

Jumat, 16 Nov 2018 20:41Berita Sumut

Poldasu Tangkap Aktivis Asal Batubara

Direktorat kriminal khusu bagian unit Cyber Cerime Polda Sumatera Utara (Sumut) dikabarkan telah melakukan penangkapan terhadap seorang aktivis asal Kabupaten Batubara, berinisial MYH ,27,.

Jumat, 16 Nov 2018 20:33Berita Sumut

Pemprov Sumut Dukung Usaha Pengolahan Sampah

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) mendukung usaha pengolahan sampah yang dilakukan oleh masyarakat secara swadaya. Apalagi, selain dapat mengatasi pencemaran lingkungan, juga bisa menjadi penghasilan tambahan

Jumat, 16 Nov 2018 20:19Berita Sumut

Rumah Toko Nyaris Ludes di Lalap Sijago Merah

Sijago Merah meluluhlantakan satu unit Rumah Toko (Ruko) di Jalan Bahagia Baypass, Medan Kota

Jumat, 16 Nov 2018 19:56Berita Sumut

Tim SAR Masih Melakukan Pencarian Jenazah Rony

Memasuki hari ke-4, melakukan jenazah Rony Rizky ,14, yang hanyut di Sungai Batang Gadis, belum juga ditemukan. Seratusan Bayo Panjala (penjaring ikan-red) diturunkan untuk mencari jasad remaja tersebut.

Jumat, 16 Nov 2018 19:50Berita Sumut

Gubsu Edy: Islam di Nias Harus Rahmatan Lil Alamin

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersilaturahmi dengan masyarakat, usai shalat Jumat di Masjid Jami' Shalehin, Desa Miga, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Jumat (16/11). Gubernur menyampaikan bahwa Islam di Nias harus rahmatan

Jumat, 16 Nov 2018 19:37Berita Sumut

Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu Tahap Final Tahun 2018

Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Propinsi Sumut, di hadapan Bupati Sergai Ir H Soekirman, Jumat (16/11/2018) di Aula Sultan Serdang Komplek Perkantoran Bupati Sergai, Sei Rampah. Kecamatan Teluk Mengkudu masuk Nominasi penilaian Kecamatan terbaik Tin

Jumat, 16 Nov 2018 19:33Nasional

1.000 PNS TNI Ikuti Olahraga Bersama HUT ke-47 Korpri

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang jatuh pada tanggal 29 November 2018 mendatang, sekitar 1.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU mengikuti olahraga bersama

Jumat, 16 Nov 2018 19:30Berita Sumut

Akhyar : Kepling Harus Berkantor

Wakil Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si tegaskan, Kepala Lingkungan (Kepling) harus lebih peka dan peduli terhadap warga. Untuk itu setiap Kepling jangan pernah berkantor di Kantor Lurah, namun harus di wilayahnya masing-masing.

Jumat, 16 Nov 2018 19:16Berita Sumut

Pemkab Sergai Gelar Gerak Jalan Beregu dan Senam Sehat

MATATELINGA, Sergei: Memperingati  ulang tahun (Hut) Korpri  ke- 47 tahun di kantor Pemerintahan Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) diakana perlombaan  jalan beregu sebanyak 54 grup. L

Jumat, 16 Nov 2018 19:00Berita Sumut

KN Bintang Laut Bakamla RI Tangkap Dua Kapal Vietnam Berbendera Malaysia

Kapal patroli Bakamla RI KN Bintang Laut 4801 yang dikomandani oleh Margono Eko melakukan adhoc terhadap dua kapal Vietnam berbendera Malaysia yang diduga melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah perairan Indonesia, untuk selanjutnya di kawal m

Jumat, 16 Nov 2018 18:45Berita Sumut

Braakk.. 10 Unit Papan Reklame Bermasalah Kembali Ditumbangkan

Papan reklame bermasalah terus jatuh bertumbangan menyusul kian gencarnya Tim Gabungan Pemko Medan melakukan penertiban di seluruh ruas jalan di Kota Medan. Kali ini penertiban dilakukan di empat ruas jalan, sebanyak 10 papan reklame bermasalah kembali di

Jumat, 16 Nov 2018 18:35Berita Sumut

Aptikom Puji Komitmen Pemko Binjai Kembangkan Konsep Smart City

Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) Wilayah I Sumatera-Aceh, untuk pertama kalinya melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Binjai, yang dipimpin oleh Prof Dr Opim Salim Sitompul, beserta rombongan, dan disambut Sekretaris Daerah Ko