• Home
  • Lifestyle
  • Pasang Tato yang Jarang Diketahui Berefek Kesehatan, Bener Gak Ya...

Pasang Tato yang Jarang Diketahui Berefek Kesehatan, Bener Gak Ya...

Mtc Sabtu, 13 April 2019 18:45 WIB
GOOGLE
Ilustrasi
MATATELINGA: Saat ini Anda akan dapat dengan mudah menemukan seseorang yang memiliki tato pada bagian tubuhnya. Seni melukis tubuh yang satu ini memang telah menjadi populer di kalangan milenial zaman sekarang. Ya, tato tak hanya menjadi karya seni, melainkan telah menjadi gaya hidup masyarakat di kota-kota besar.



Meski demikian, tato ternyata memiliki beragam jenis. Setiap jenis bahkan memiliki arti tersendiri yang tersirat di dalamnya. Ada yang bertujuan untuk mengekspresikan diri, namun ada juga pertimbangan dari sisi medis yakni untuk menutupi bekas luka.

Tentu Anda penasaran bukan dengan berbagai macam jenis tato yang ada di dunia? Merangkum dari Webmd, wartawan akan membahasnya satu per satu. Yuk disimak!

1.Tato Budaya

Awal mula tato terjadi karena budaya yang dimiliki oleh setiap daerah. Setiap budaya atau suku tertentu pasti memiliki jenis tato yang berbeda pula. Sebagian besar dari daerah menggunakan tato sebagai ritual atau dilakukan sebagai tanda kecantikan.

2. Tato Medis

Sesuai dengan namanya, beberapa orang memang membuat tato untuk menutupi bekas luka yang ada pada tubuhnya. Contohnya tato yang digunakan oleh para penderita diabetes kronis atau seseorang yang habis melakukan operasi untuk menutupi bekas luka yang ada pada bagian tubuhnya.



3.Tato Kosmetik

Zaman sekarang tato juga kerap digunakan sebagai kosmetik. Biasanya seseorang akan mentato beberapa bagian di wajahnya secara permamen untuk memudahkannya dalam merias wajah. Tak aneh jika Anda kerap mendengar istilah sulam bibir, sulam alis atau membuat rambut palsu.

4.Tato Profesional

Tato jenis ini yang paling sering digunakan oleh generasi milenial. Mereka akan datang ke seniman tato profesional dan meminta beberapa gambar sesuai dengan keinginannya. Biasanya pekerja tato profesional akan menggunakan alat modern bernama tattoo gun.

5.Tato Amatir

Jika tato profesional menggunakan alat yang biasa disebut dengan tattoo gun, maka tato amatir hanya menggunakan tinta dan dan jarum untuk membuat gambar yang diinginkan. Mereka akan menusukkan tinta dengan jarum ke dalam kulit untuk membentuk gambar yang dilukis. Tato ini kerap dilakukan dalam kondisi tidak steril dan memiliki risiko infeksi yang sangat tinggi.

Meski hasilnya terlihat sangat keren, namun ada banyak masalah yang mungkin Anda alami setelah memutuskan untuk menggunakan tato. Berikut empat bahaya yang bisa saja mengintai para pengguna tato.



1. Alergi tinta

Beberapa orang memang alergi terhadap tinta tato, meski demikian mereka tidak mengetahui hal tersebut hingga waktunya terlambat. Setelah tinta masuk ke kulit, Anda mungkin menemukan bahwa ada reaksi yang tidak enak terhadapnya.

Reaksinya bisa ringan, tetapi dalam beberapa kasus, itu bisa sangat serius. Ada laporan dari beberapa orang sengaja menghapus tatonya setelah mengalami reaksi alergi terhadap tinta tato.

2. Menyamarkan kanker kulit

Kejadian ini kerap terjadi pada orang-orang uang mentato sekujur lengan dan kaki. Masalah terbesar dalam hal ini adalah mencakup tambalan besar kulit. Tinta tato dapat menyembunyikan tahi lalat, tanda lahir atau kulit yang telah terjangkit melanoma. Dokter mengatakan siapa saja yang menginginkan tato harus membuatnya di daerah tanpa tahi lalat atau tanda lahir.



3. Mengubah cara tubuh berkeringat

Tato bisa mencegah tubuh untuk mengeluarkan keringat secara alami. Kulit bertato melepaskan 50 persen lebih sedikit keringat dibandingkan kulit yang tidak bertato. Orang dengan tato besar di tubuh mereka dapat menahan panas daripada orang normal. Tato membuat tubuh sulit mendinginkan diri setelah berolahraga.

4. Infeksi kulit

Infeksi dapat terjadi selama atau setelah menggunakan tato. Studio tato yang tidak higienis dapat menyebabkan Anda mengalami infeksi kulit serius. Jika infeksi tidak diobati dengan baik dan benar, maka bisa menyebabkan kematian. Tato yang tidak menerima perawatan yang benar juga bisa menjadi terinfeksi dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.
 
(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:blibliEfek Tatogaya hidupMatatelingatatoTerkini
Komentar
Jumat, 26 Apr 2019 23:22Berita Sumut

Diseutas Tali Pinggang, Nyawaku Hilang

Apriyanto (19) mengakhiri hidupnya Sangat tragis, pria yang tercatat ngekost di Jalan Sisingamangaraja

Jumat, 26 Apr 2019 20:54Berita Sumut

Ibu Mana Yang Tega Membuang Orok Bayi Dalam Parit

Puluhan warga Jalan Saudara, Kelurahan Timbang Deli, Medan Amplas berbondong bondong melihat dengan penemuan sesosok mayat orok bayi perempuan di dalam parit, Jumat (26/4/2019).

Jumat, 26 Apr 2019 20:34Berita Sumut

Eldin Harapkan Kesejahteraan Buruh Meningkat Dengan Baik

Sumatera Utara khususnya Kota Medan merupakan salah satu Provinsi yang mendapat penghargaan anugerah keselamatan dan kesehatan kerja. Ini semua merupakan buah kerja keras semua pihak yang terus bersinergi untuk menciptakan atmosfer kerja yang terbaik.

Jumat, 26 Apr 2019 20:19Berita Sumut

Pak Wakil Bupati Asahan...Sudah Bolehkah Truck Tronton Bermuatan Non Sembako Masuk Kota ?.

Peraturan Bupati Asahan yang kala itu masih di jabat oleh Almarhum Taufan Gama Simatupang, sudah melarang segala jenis kendaraan berat bermuatan non sembako memasuki inti kota Kisaran, namun peraturan yang dibuat senantiasa tidak diindahkan oleh Dinas Per

Jumat, 26 Apr 2019 20:04Berita Sumut

Tipu Mahasiswa Mau Pergi Study Banding, Indra Mendekam di Jeruji Besi

Ahmad Indra Batubara (48) warga Jalan Prona I, Kelurahan Petapahan Lubukpakam ditangkap personel Polsek Medan Baru.

Jumat, 26 Apr 2019 19:46Nasional

CPNS Bakamla Terima Wawasan Pelatihan Dasar Militer

Personel dan CPNS Bakamla yang terlihat bugar dan berkeringat, berkumpul di tribun Stadion Velodrome, Rawamangun, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Jumat, 26 Apr 2019 19:29Berita Sumut

Masyarakat Sumut Diajak Dalami Sejarah Kelahiran Provinsi

Ada yang istimewa dan berbeda pada peringatan hari jadi ke 71 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun ini. Masyarakat diajak mendalami sejarah tentang kelahiran Provinsi Sumut melalui seminar yang mengusung tema "Menimba Inspirasi Pembangunan yang Berm

Jumat, 26 Apr 2019 19:13Berita Sumut

Sumatera Barat Expo 2019 Akan Diadakan di Medan

ali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Ir Khairul Syahnan menerima kunjungan dari Provinsi Sumatera Barat di Ruang Rapat I Kantor Wali Kota Medan, Jumat (26/4). Maksud kunjungan Pemerintah Provinsi Sumat

Jumat, 26 Apr 2019 18:55Berita Sumut

Keynote Speaker Seminar Nasional Teknik, Akhyar Paparkan Hal Ini

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menjadi keynote speaker (pembicara utama) dalam Seminar Nasional Teknik di Aula Fakultas Tekhnik Universitas Islam Sumatera Utara (FT-UISU), Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (26/4/2019). Seminar Nasional T

Jumat, 26 Apr 2019 18:40Berita Sumut

Sekdako Medan : Semua Harus Tanggap Terhadap Ancaman Bencana

Selanjutnya Sekda mengungkapkan, berkaitan dengan kejadian tersebut, diperlukan kesiapsiagaan semua jajaran, baik Pemerintah Kota, TNI, Polri, swasta, relawan, dan tentu saja masyarakat dalan upaya pengurangan resiko bencana sampai pada kegiatan evakuasi

Jumat, 26 Apr 2019 18:24Berita Sumut

MIS Open 2019 Diharapkan Mampu Lahirkan Atlet Tangguh & Handal

Sebanyak 386 peserta dari 33 club sepatu roda di Indonesia di Indonesia ditambah 44 peserta dari India mengikuti kejuaraan Indonesia Roller Sport Series II Medan Inline Skate (MIS) Open 2019 di Lintasan Sepatu Roda Taman Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata

Jumat, 26 Apr 2019 18:09Berita Sumut

Jajaran Kepolisian di Sumut Siap Amankan May Day 2019

Jajaran kepolisian di Sumatera Utara siap mengamankan perayaan hari buruh sedunia (May Day) pada 1 Mei 2019 mendatang. Seluruh polres di Sumut sudah melakukan berbagai persiapan untuk pengamanan perayaan kaum buruh tersebut.

Jumat, 26 Apr 2019 17:46Berita Sumut

Nyaru Jadi Pembeli, Personil Polsek Bandar Pulau Ciduk Pengedar Narkoba

Pedagang narkotika jenis sabhu berinisial ARF alias Andre (29) warga dusun I desa Rahuning kecamatan Rahuning Asahan, ketangkul personil Reskrim Polsek Bandar Pulau Asahan. Dia tertangkap tangan setelah polisi menyaru sebagai pembeli narkotika, Kamis (25/

Jumat, 26 Apr 2019 17:15Ekonomi

Sumut Masih Berpeluang Tekan Inflasi

Melihat tren perkembangan harga selama bulan April ini, Sumatera Utara (Sumut) masih berpeluang mencetak laju tekanan inflasi. Sejumlah harga kebutuhan pokok masih mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Salah satu komoditasnya adalah bawang putih diman

Jumat, 26 Apr 2019 16:19Berita Sumut

Soal Dugaan Penyelewengan DBH PBB, Polda Sumut Periksa Bupati Labura

Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat (Dit) Reskrimsus Poldasu memeriksa Bupati Labuhan Batu Utara (Labura) Khairuddin Syah Sitorus di Mapolda Sumut, Jumat (26/4/2019). Pemeriksaan diduga sekaitan dengan dugaan penyelewengan Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak B

Jumat, 26 Apr 2019 16:00Berita Sumut

Gowes Kasdam I/BB dan Perwira Staf Mantapkan Jiwa Korsa di Antara Prajurit

Setelah cukup lama vakum karena kesibukan proses pengamanan rangkaian Pemilu 2019, Jumat (26/4/2019) pagi, kegiatan Gowes di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan kembali dihelat.