• Home
  • Lifestyle
  • Pasang Tato yang Jarang Diketahui Berefek Kesehatan, Bener Gak Ya...

Pasang Tato yang Jarang Diketahui Berefek Kesehatan, Bener Gak Ya...

Mtc Sabtu, 13 April 2019 18:45 WIB
GOOGLE
Ilustrasi
MATATELINGA: Saat ini Anda akan dapat dengan mudah menemukan seseorang yang memiliki tato pada bagian tubuhnya. Seni melukis tubuh yang satu ini memang telah menjadi populer di kalangan milenial zaman sekarang. Ya, tato tak hanya menjadi karya seni, melainkan telah menjadi gaya hidup masyarakat di kota-kota besar.



Meski demikian, tato ternyata memiliki beragam jenis. Setiap jenis bahkan memiliki arti tersendiri yang tersirat di dalamnya. Ada yang bertujuan untuk mengekspresikan diri, namun ada juga pertimbangan dari sisi medis yakni untuk menutupi bekas luka.

Tentu Anda penasaran bukan dengan berbagai macam jenis tato yang ada di dunia? Merangkum dari Webmd, wartawan akan membahasnya satu per satu. Yuk disimak!

1.Tato Budaya

Awal mula tato terjadi karena budaya yang dimiliki oleh setiap daerah. Setiap budaya atau suku tertentu pasti memiliki jenis tato yang berbeda pula. Sebagian besar dari daerah menggunakan tato sebagai ritual atau dilakukan sebagai tanda kecantikan.

2. Tato Medis

Sesuai dengan namanya, beberapa orang memang membuat tato untuk menutupi bekas luka yang ada pada tubuhnya. Contohnya tato yang digunakan oleh para penderita diabetes kronis atau seseorang yang habis melakukan operasi untuk menutupi bekas luka yang ada pada bagian tubuhnya.



3.Tato Kosmetik

Zaman sekarang tato juga kerap digunakan sebagai kosmetik. Biasanya seseorang akan mentato beberapa bagian di wajahnya secara permamen untuk memudahkannya dalam merias wajah. Tak aneh jika Anda kerap mendengar istilah sulam bibir, sulam alis atau membuat rambut palsu.

4.Tato Profesional

Tato jenis ini yang paling sering digunakan oleh generasi milenial. Mereka akan datang ke seniman tato profesional dan meminta beberapa gambar sesuai dengan keinginannya. Biasanya pekerja tato profesional akan menggunakan alat modern bernama tattoo gun.

5.Tato Amatir

Jika tato profesional menggunakan alat yang biasa disebut dengan tattoo gun, maka tato amatir hanya menggunakan tinta dan dan jarum untuk membuat gambar yang diinginkan. Mereka akan menusukkan tinta dengan jarum ke dalam kulit untuk membentuk gambar yang dilukis. Tato ini kerap dilakukan dalam kondisi tidak steril dan memiliki risiko infeksi yang sangat tinggi.

Meski hasilnya terlihat sangat keren, namun ada banyak masalah yang mungkin Anda alami setelah memutuskan untuk menggunakan tato. Berikut empat bahaya yang bisa saja mengintai para pengguna tato.



1. Alergi tinta

Beberapa orang memang alergi terhadap tinta tato, meski demikian mereka tidak mengetahui hal tersebut hingga waktunya terlambat. Setelah tinta masuk ke kulit, Anda mungkin menemukan bahwa ada reaksi yang tidak enak terhadapnya.

Reaksinya bisa ringan, tetapi dalam beberapa kasus, itu bisa sangat serius. Ada laporan dari beberapa orang sengaja menghapus tatonya setelah mengalami reaksi alergi terhadap tinta tato.

2. Menyamarkan kanker kulit

Kejadian ini kerap terjadi pada orang-orang uang mentato sekujur lengan dan kaki. Masalah terbesar dalam hal ini adalah mencakup tambalan besar kulit. Tinta tato dapat menyembunyikan tahi lalat, tanda lahir atau kulit yang telah terjangkit melanoma. Dokter mengatakan siapa saja yang menginginkan tato harus membuatnya di daerah tanpa tahi lalat atau tanda lahir.



3. Mengubah cara tubuh berkeringat

Tato bisa mencegah tubuh untuk mengeluarkan keringat secara alami. Kulit bertato melepaskan 50 persen lebih sedikit keringat dibandingkan kulit yang tidak bertato. Orang dengan tato besar di tubuh mereka dapat menahan panas daripada orang normal. Tato membuat tubuh sulit mendinginkan diri setelah berolahraga.

4. Infeksi kulit

Infeksi dapat terjadi selama atau setelah menggunakan tato. Studio tato yang tidak higienis dapat menyebabkan Anda mengalami infeksi kulit serius. Jika infeksi tidak diobati dengan baik dan benar, maka bisa menyebabkan kematian. Tato yang tidak menerima perawatan yang benar juga bisa menjadi terinfeksi dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.
 
(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:blibliEfek Tatogaya hidupMatatelingatatoTerkini
Komentar
Senin, 22 Jul 2019 23:00Nasional

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Rektor Asing Bakal Ngajar di Indonesia

Pemerintah serius akan mendatangkan rektor dari luar negeri untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air

Senin, 22 Jul 2019 22:45Internasional

Jamaah Haji Jangan Paksakan Diri Cium Hajar Aswad

Jamaah haji Indonesia diimbau tidak memaksakan diri untuk mencium hajar aswad.

Senin, 22 Jul 2019 21:32Berita Sumut

DPRD Terima LPJ APBD Kota Medan T.A 2108

DPRD Kota Medan menyetujui Ranperda Kota Medan tentang Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pelaksananaan APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2018 dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis

Senin, 22 Jul 2019 21:27Berita Sumut

Aspidum Edyward Kaban Terima Satyalancana Karya Satya 30 Tahun

Asisten Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Edyward Kaban, SH, MH menerima tanda penghargaan Satyalancana Karya Satya yang telah berbakti sebgai pegawai negeri sipil selama 30 tahun secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapa

Senin, 22 Jul 2019 21:05Berita Sumut

Kanimsus Medan Luncurkan Immigration Corner di KNIA

Kantor Imigrasi Klas 1 Khusus (Kanimsus) TPI Medan meluncurkan inovasi terbaru untuk melayani para warga negara asing (WNA) yang datang melalui Bandara Internasional Kualanamu . Inovasi yang dimaksud adalah dengan mendirikan Immigration Corner.

Senin, 22 Jul 2019 20:40Berita Sumut

Hanyut di Sungai Seruwai, Pemancing Ini Ditemukan Tewas

Seorang pria bernama Awi ,59, yang dilaporkan hanyut saat memancing di atas sampan di Sungai Seruwai pada Minggu (21/7) kemarin akhirnya ditemukan. Pria tua itu ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Senin (22/7/2019) sore.

Senin, 22 Jul 2019 20:14Berita Sumut

Jaksa Rayakan HUT Adhyaksa, PN Medan Sepi Persidangan

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Adyaksa ke-59, Senin (22/7/2019) kembali mengakibatkan sepinya aktivitas persidangan di PN Medan. Pemandangan ini juga terjadi Senin pekan lalu berkaitan dengan acara pembukaan Pekan Olahraga (POr) yang diikuti ke

Senin, 22 Jul 2019 19:51Berita Sumut

Akhyar Jadi Narasumber KKLDN

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi memaparkan berbagai hal terkait Kota Medan dihadapan para Perwira Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) di Markas Kodim 0201/BS, Jalan Pengadilan

Senin, 22 Jul 2019 19:36Nasional

UNSW Australia Kunjungi Mabes Bakamla RI/IDNCG

Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R. menerima kunjungan delegasi University of New South Wales (UNSW) Australia, di Markas Besar Bakamla RI/IDNCG, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No.56, Jakarta Pusat,

Senin, 22 Jul 2019 19:21Berita Sumut

Wali Kota Medan Terima Penghargaan Indonesia Creative Leader

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima kunjungan jajaran redaksi Sindo Media di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman Medan, Senin (22/7). Selain bersilaturahmi, kedatangan tersebut dalam rangka menyerahkan langsung penghargaan Government

Senin, 22 Jul 2019 18:47Berita Sumut

Sudah Dinonaktifkan, Eks Kades di Tapteng Ini Harus Meringkuk di Penjara

Seorang eks kepala desa (Kades) di Kabupaten Tapanuli Tengah ditangkap polisi lantaran melakukan tindak pidana korupsi. Tersangka berinisial RS alias Roi ,34, disangka mengorupsi dana desa lebih dari Rp 280 juta saat menjabat Kades Ra

Senin, 22 Jul 2019 18:24Berita Sumut

Polsek Sunggal Ungkap Perdagangan Anak Dibawah Umur yang Libatkan Keluarga

Polsek Sunggal mengungkap kasus perdagangan perempuan di bawah umur yang melibatkan keluarga. Dalam kasus ini, polisi mengamankan dua orang pelaku.

Senin, 22 Jul 2019 18:00Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Bimtek PBMD

Pemko Medan melalui Badan Pengelolaan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Barang Milik Daerah (PBMD) di lingkungan Pemko Medan Tahun Anggaran 2019 di Hotel Polonia, Jalan Sudirman Medan, Senin (22/7).

Senin, 22 Jul 2019 17:41Berita Sumut

Pangdam Lepas Keberangkatan 73 Orang Calon Haji KBIH Kodam I/BB

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah melepas keberangkatan jama'ah calon haji KBIH Kodam I/BB ke Asrama Haji, pada Senin 22 Juli 2019 di Masjid At Taqwa Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan.

Senin, 22 Jul 2019 17:26Berita Sumut

57 Pati TNI Sandang Pangkat Baru

Sebanyak 57 prajurit Perwira Tinggi (Pati) TNI menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula. Kenaikan pangkat ini berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1720/VII/2019 tanggal 19 Juli 2019.

Senin, 22 Jul 2019 17:08Berita Sumut

Aneh, Wartawan Dilarang Liput Rapat Pansus DPRD Medan

Rapat tertutup mulai membudaya di DPRD Medan. Jika sebelumnya rapat tertutup saat pembahasan LPj Walikota terhadap penggunaan APBD TA 2018 diberlakukan. Kali ini rapat tertutup terulang saat pembahasan Pansus Ranperda Perusahaan Umum Daerah Pasar Pemko Me