• Home
  • Lifestyle
  • Pengangguran Pun Bahagia di Negara Ini, Yuk Intip Negara Mana Itu Ya....

Pengangguran Pun Bahagia di Negara Ini, Yuk Intip Negara Mana Itu Ya....

Mtc Senin, 11 Februari 2019 15:45 WIB
GOOGLE
Jika ada pertanyaan siapa negara paling bahagia? Maka Finlandia adalah jawabannya. Kenapa? Karena tidak bekerja pun dibayar 560 euro (Rp8,8 juta) per bulan.
MATATELINGA: Jika ada pertanyaan siapa negara paling bahagia? Maka Finlandia adalah jawabannya. Kenapa? Karena tidak bekerja pun dibayar 560 euro (Rp8,8 juta) per bulan.



Namun, itu masih dalam tahap eksperimen yang dijalankan sejak Januari 2017 hingga Desember 2018 untuk 2.000 pengangguran. Sebenarnya dana yang diberikan itu digunakan untuk membayar uang sewa apartemen.

Tujuan pemerintah sebenarnya bertujuan agar para pengangguran mencari pekerjaan. Tapi, bagaimana faktanya? Banyak pengangguran justru tidak mengalami perbaikan. Banyak partisipan yang mendapatkan tunjangan justru merasa lebih bahagia dan tidak stres dengan tunjangan tersebut.

Itu dijalankan oleh Social Insurance Institution (Kela), lembaga pemerintah Finlandia yang memiliki 2.000 pengangguran secara acak untuk mendapatkan tunjangan. Ketika skema diluncurkan pada 2017, Finlandia menjadi negara Eropa pertama yang menguji pemikiran upah dasar tanpa syarat. Program tersebut menarik perhatian dunia, tetapi kini justru menjadi polemik.

Para pendukung upah dasar seringkali percaya bahwa jaring keamanan tanpa syarat dapat membantu orang keluar dari kemiskinan. Itu dianggap sebagai solusi untuk mendorong orang untuk mencari pekerjaan dan belajar keahlian baru.

Peneliti di Kela, Miska Simanainen mengungkapkan, program tersebut yang ingin diuji pemerintah untuk melihat apakah ini akan menjadi cara untuk memperbaiki sistem keamanan sosial. "Sebagian orang mendapatkan pekerjaan, kemungkinan bahwa mereka melakukan ini sama dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan uang," katanya kepada BBC.



Tetapi, bagi banyak orang, tujuan pendahuluan percobaan untuk membuat orang bekerja memang sudah cacat sejak permulaan. Jika saja tujuannya untuk membuat orang secara umum menjadi lebih bahagia, skema ini dapat dipandang sebagai suatu keberhasilan.

Para peneliti Kela sekarang sedang sibuk menganalisis hasil penelitian untuk mengetahui berbagai hal lain yang dapat diketahui terkait dengan penerapan upah dasar dan keterbatasannya. "Ini bukanlah kegagalan atau keberhasilan. Ini adalah sebuah kenyataan dan informasi baru yang tidak kita miliki sebelumnya," kata Simanainen.

Dia mengungkapkan, laporan akhir mengenai skema itu akan dipublikasikan pada 2020. Menurut salah satu partisipan skema bantuan dana, mantan editor koran Tuomas mengaku senang dengan skema tersebut. "Saya masih berstatus pengangguran," katanya.

Dia mengungkapkan, dirinya tidak bisa mengatakan upah dasar itu bisa mengubah kehidupannya. "Secara psikologis ya , tetapi secara finansial tidak juga," paparnya.

Konsep pendapatan dasar universal atau universal basic income (UBI) berarti semua orang mendapatkan gaji bulanan. Mereka juga mendapatkan bantuan pendidikan, kesehatan, dan transportasi. Namun, Finlandia menerapkan dengan konsep berbeda dengan memberikannya kepada para pengangguran.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:Bahagiablibligaya hiduppengangguranTerkiniMatatelinga
Komentar
Jumat, 19 Apr 2019 21:56Berita Sumut

Beredar Lagi Video Kecurangan Pemilu di Tapteng, Bawaslu akan Hitung Ulang Suara

Setelah beredarnya video kecurangan proses Pemilihan Umum di Kabupaten Tapanuli Tengah, warganet kembali dihebohkan dengan video lainnya yang terjadi di kecamatan yang berbeda.

Jumat, 19 Apr 2019 21:15Nasional

Jokowi-Ma'ruf 54,99% dan Prabowo-Sandi 45,01% di Real Count KPU 3%

Situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus memperbaharui perolehan suara Pilpres 2019. Setidaknya, hingga pukul 19.45 WIB

Jumat, 19 Apr 2019 21:00Nasional

Pasca Keluarkan "Surat Cinta" BPN Tepis Isu Perpecahan Dengan SBY

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade

Jumat, 19 Apr 2019 20:45Berita Sumut

Ikut Amankan Pemilu 2019, Kapolres Binjai Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat

Kapolres Binjai, AKBP Nugroho Tri Nuryanto mengucapkan terimakasih kepada masyarakat

Jumat, 19 Apr 2019 20:30Nasional

Diperiksa Tim Dokter, Begini Kondisi Sandiga Uno

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiga Uno memeriksa kondisi kesehatannya

Jumat, 19 Apr 2019 20:15Bola

Kepindahan Eden Hazard Tinggal Menghitung Hari

Real Madrid tampaknya sebentar lagi bakal mengumumkan kedatangan satu pemain bintang di bursa transfer musim panas 2019 nanti

Jumat, 19 Apr 2019 20:00Internasional

Siswi Bangladesh Dibakar Hidup-Hidup Usai Laporkan Pelecehan Seksual

Nusrat Jahan Rafi, seorang remaja berusia 19 tahun tewas pada 10 April, lima hari setelah dia disiram bensin

Jumat, 19 Apr 2019 18:50Berita Sumut

Kodam I/BB Apresiasi Serka Nur Habibah Lubis Sebagai Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/Wbr

Kodam I/Bukit Barisan memberikan apresiasinya kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis yang merupakan Bintara Pembina Desa (Bibinsa)

Jumat, 19 Apr 2019 17:35Berita Sumut

Kapolda: Terimakasih Warga Sumatera Utara

Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada 17 April kemarin, telah berlangsung dengan damai dan kondusif. Bahkan, antusias masyarakat untuk mengikuti pesta demokrasi tersebut, juga terbilang begitu tinggi.

Jumat, 19 Apr 2019 17:30Nasional

Prabowo Subianto Dapat Hadiah dari Para Habaib & Kiyai

Dalam acara sujud syukur kemenangan terdapat sebuah ucapan yang menarik dari calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto

Jumat, 19 Apr 2019 17:26Berita Sumut

Berkumpul di Mesjid Al-Jihad, Ribuan Warga Sumut Gelar Syukuran Kemenangan Prabowo-Sandi

Ribuan warga Sumatera Utara memadati Mesjid Al-Jihad Jalan Abdullah Lubis Medan seusai menggelar Ibadah Shalat Jumat, (19/4/2019). Mereka berkumpul dalam rangka syukuran atas kemenangan Prabowo-Sandi.

Jumat, 19 Apr 2019 17:15Nasional

Jokowi Ingin Bertemu Prabowo!

PDI Perjuangan (PDIP) mengapresiasi langkah calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)

Jumat, 19 Apr 2019 17:00Nasional

Tabung Gas 3 Kg Kembali Meledak, 4 Tukang Bakso Jadi Korbannya

Empat orang menjadi korban gas melon berukuran tiga kilogram, yang alami kebocoran di salah satu rumah kontrakan di Jalan Cigelereng, Kota Bandung, pada Jum'at (19/4/2019).

Jumat, 19 Apr 2019 16:45Ekonomi

5 Blok Migas di Lelang

Pemerintah melelang lima wilayah kerja (WK) migas konvensional tahap I 2019. Sejak dibuka tanggal 21 Februari 2019 lalu

Jumat, 19 Apr 2019 16:30Internasional

Pria ini Rela Potong Jarinya Usai Salah Pilih Partai

Seorang peserta pemilihan umum di India mengatakan bahwa dia telah memotong jari telunjuknya setelah menyadari dia telah memberikan suaranya kepada partai politik yang salah.

Jumat, 19 Apr 2019 16:15Nasional

Real Count Hanya untuk Publikasi, Bukan Hasil Pemilu, Tegas KPU!

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menegaskan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) atau real count KPU