• Home
  • Lifestyle
  • Pengaruh Stres Gairah Seksual Pada Pasangan Menurun, Apa Solusinya

Pengaruh Stres Gairah Seksual Pada Pasangan Menurun, Apa Solusinya

Mtc Senin, 17 Juni 2019 06:18 WIB
Hand Over
MATATELINGA, Jakarta:    Masalah pribadi, keluarga, atau masalah yang terjadi di tempat kerja dapat memicu stres yang tidak terkontrol. Stres yang Anda rasakan bisa berasal dari berbagai tekanan yang terjadi pada kehidupan sehari-hari.

Umumnya,stres membuat Anda tidak bersemangat hingga gairah seks menurun. Bagaimana stres dapat memengaruhi hasrat seksual Anda?

Stres memicu turunnya hasrat seksual

Saat sedang stres, tubuh Anda akan mengalami beberapa perubahan sebagai respon fisiologis. Respon ini terjadi dengan keluarnya hormon yang mempersiapkan diri Anda mempertahankan diri.

Hormon yang keluar saat itu termasuk kortisol dan epinefrin. Jika tubuh Anda tidak melakukan respon fisiologis saat Anda sedang stres, Anda dapat mengalami yang dinamakan stres kronis. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan Anda secara fisik, termasuk turunnya libido di dalam tubuh.

Saat libido turun, Anda akan kehilangan hasrat untuk berhubungan seksual dan ini dapat berpengaruh terhadap hubungan seksual Anda dengan pasangan. Oleh sebab itu, stres mempengaruhi hasrat seksual bukan suatu pertanda yang baik.

1. Pengaruh stres terhadap gairah seksual pria

Pada pria, pengaruh stress terhadap seks dapat membuatnya susah ereksi, bahkan gagal. Hal ini karena semua aktivitas seks Anda akan diatur oleh sistem saraf yang juga dipengaruhi oleh hormon stres.

Saat stres, pembuluh darah tidak membesar dan otot sphincter (otot di sekitar penis) gagal untuk mengerut. Kedua hal ini berujung pada kegagalan ereksi.

Selain itu, saat stress, ada beberapa hormon pada pria yang juga terganggu. Salah satunya, hormon endorfin, menghalangi pelepasan hormon LHRH. Penurunan hormon LHRH memicu penurunan pada hormon LH, yaitu hormon yang penting untuk produksi hormon testosteron.

Sementara itu, hormon FSH, yang menstimulasi pembentukan sperma, juga ikut menurun. Ditambah lagi, hormon kortisol, yaitu hormon yang muncul saat Anda stress membuat testis menjadi kurang responsif terhadap LH.

stres malas

Karena kegiatan seks dikontrol secara otomatis oleh sistem saraf, maka kondisi di mana stres otomatis berpengaruh terhadap hasrat seksual, lebih mudah terjadi, namun lebih susah diatasi.

Satu-satunya yang tidak terpengaruh oleh reaksi ini adalah pikiran, oleh sebab itu menjaga pikiran Anda adalah salah satu cara untuk memulihkan kondisi yang terjadi akibat stress ini.

2. Pengaruh stres terhadap gairah seksual wanita

Pada wanita, afrodisiak, atau zat yang dapat meningkatkan gairah seksual, juga diatur di dalam otak. Selain itu, wanita tidak hanya menganggap seks sebagai kegiatan fisik, namun juga melibatkan emosi atau perasaan.

Dengan begitu, saat Anda stres, Anda akan cenderung memandang seks sebagai kegiatan yang negatif dan tanpa Anda sadari, diri Anda membentuk kebiasaan yang melarang Anda menikmati kegiatan seks.

perempuan mager

Sama halnya dengan yang terjadi pada pria, hormon pada wanita juga terpengaruh saat sedang stres. Hormon endorfin menghalangi LHRH dan menyebabkan kadar LH menurun. Pada wanita, LH memicu ovulasi.

Selain itu, hormon stres atau kortisol menghalangi pelepasan kadar LH, sehingga FSH, prolaktin, estrogen, dan progesteron juga terganggu. Efeknya, wanita mengalami siklus mentruasi yang tidak teratur dan pembuahan serta implantasi sel telur ke dinding rahim lebih sulit.

Sibuk bekerja dapat meningkatkan stres

Salah satu pemicu stres yang saat ini banyak dirasakan oleh millenials adalah stres yang didapat dari terlalu sibuk bekerja. Pekerjaan yang menumpuk dan hubungan dengan teman di tempat kerja yang tidak baik dapat meningkatkan stres yang Anda rasakan.

Stres mempengaruhi hasrat seksual karena saat Anda sibuk bekerja, otak Anda juga sibuk berpikir. Hal ini membuat Anda kesulitan untuk rileks dan santai hingga tidak ada ruang untuk memikirkan seks.

Pekerjaan yang menumpuk dan tidak ada habisnya membuat Anda sibuk mengerjakannya dan mungkin tidak berhasil menemukan waktu untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan.

Kondisi ini akan lebih parah jika seks hanyalah sekedar kegiatan yang Anda masukkan ke daftar kegiatan yang harus Anda selesaikan tanpa bisa benar-benar menikmatinya. Dengan begitu, ada kemungkinan stres mempengaruhi hasrat seksual dapat membuat Anda tetap melakukan seks tanpa benar-benar merasakan kenikmatannya.

sibuk banget

4 cara mengatasi stres dan mengembalikan hasrat seksual

Jika stres sudah mempengaruhi hasrat seksual yang Anda miliki, tidak ada salahnya untuk melakukan beberapa cara mudah untuk mengatasi stres dan mengembalikan hasrat seksual demi kesehatan Anda serta hubungan dengan pasangan yang lebih baik.

1. Berkomunikasi dengan pasangan

Komunikasi hampir tidak pernah gagal menjadi solusi dari berbagai permasalahan hubungan antar manusia. Begitu juga dengan masalah yang mungkin muncul antara Anda dengan pasangan akibat stres mempengaruhi hasrat seksual Anda.

Jika dibiarkan berlarut, masalah seks ini dapat membuat Anda merasakan kesepian dan berpotensi menimbulkan permasalahan yang lebih berat dengan pasangan Anda. Tidak ada salahnya terbuka dengan pasangan dengan menceritakan stres yang sedang Anda rasakan.

Dengan membaginya, pasangan Anda akan lebih mengerti kondisi Anda. Selain itu, ia mungkin saja membantu Anda mencarikan solusi dari masalah yang membuat Anda stres tersebut. Hal ini mungkin dapat membuat Anda jauh lebih tenang dan rileks sehingga hasrat seks dapat muncul kembali.

2. Berolahraga

Orang yang rajin berolahraga tentu memiliki stamina dan kehidupan seks yang lebih baik. Hal ini didukung oleh tiga alasan. Yang pertama, berolahraga dapat menstimulasi pelepasan hormon dan memicu reaksi fisiologis yang dapat meningkatkan libido.

Kedua, kesadaran untuk meningkatkan stamina dan kualitas kesehatan tubuh melalui berolahraga menunjukkan bahwa Anda menyadari hidup sehat merupakan suatu gaya hidup yang baik, sehingga kegiatan seksual Anda juga seharusnya dalam kondisi yang baik.

Alasan ketiga, berolahraga yang dilakukan secara rutin juga dapat menstimulasi pertumbuhan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah yang secara alami juga meningkatkan aliran darah ke area genital.

jogging pagi

3. Meditasi

Meditasi bisa Anda gunakan sebagai salah satu metode untuk melepaskan stres. Dengan begitu, stres mempengaruhi hasrat seksual juga bisa diatasi. Selain bisa mengurangi stres, meditasi juga bisa digunakan untuk mengurangi tekanan yang Anda rasakan, yang mungkin juga bisa menjadi alasan timbulnya stres.

Meski hanya dilakukan dalam waktu singkat, jika Anda lakukan setiap hari, meditasi dapat memperbaiki pola pikir Anda sehingga bisa lebih rileks. Selain itu, libido Anda pun akan meningkat. Selain meditasi, kegiatan seperti yoga, tertawa atau kegiatan yang dapat merilekskan otot juga memberikan pengaruh yang sama.

4. Tidur cukup

Tidur berperan penting pada kesehatan Anda secara menyeluruh. Hal ini juga memiliki peran dalam meningkatkan gairah seks. Tidur dapat mengurangi stres dan menjaga sistem imun agar tetap dalam kondisi yang baik.

Stres mempengaruhi hormon seksual dapat diredam dengan tidur yang cukup. Waktu tidur yang ideal adalah 8 jam pada malam hari. Cobalah untuk melakukannya setiap hari untuk meningkatkan energi sekaligus libido pada tubuh Anda.
Editor: Amrizal

Sumber: Okezone

T#g:matatelinga.commatatelinga comstresTerkinihubungan inintin suami istripuaskan suamitak gairah seks
Komentar
Selasa, 04 Agu 2020 23:00Lifestyle

Tabungan Masa Pensiun Sudah di Persiapkan dengan Bangun Pesantren

Mantan Kasubbag Humas Polrestabes Semarang ini mengaku tidak bisa menargetkan kapan bangunan pesantren itu akan rampung dibangun. “Harapan kami secepatnya jadi.

Selasa, 04 Agu 2020 22:00Ekonomi

Nampaknya Terus 'Meroke't Harga Emas

Harga emas batangan yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) misalnya, telah mencapai Rp 1.028.000 per gram yang merupakan harga tertinggi sepanjang sejarah.

Selasa, 04 Agu 2020 21:46Ekonomi

Kompak, Rupiah di kurs Tengah Bank Indonesia

Kompak, rupiah di kurs tengah Bank Indonesia (BI) juga berhasil menutup hari ini dengan penguatan. Mata uang Garuda tercatat naik 0,11% ke level Rp 14.697 per dolar AS.

Selasa, 04 Agu 2020 21:30Internasional

Satu Keluarga Majikan,Diduga Aniaya Pembantu IRT Asal Indonesia

Tiga anggota keluarga yang dicurigai menganiaya pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia di sebuah rumah Pantai Remis, dekat Manjung, Perak, Malaysia, telah ditahan Polisi Malaysia.

Selasa, 04 Agu 2020 21:15Berita Sumut

WBC Serang Padi di 5 Kecamatan di Serdang Bedagai, 1,6 Hektare Puso

Kabupaten Serdang Bedagai merupakan salah satu sentra produksi padi di Sumatera Utara (Sumut). Ada 5 kecamatan yang saat ini terdapat serangan wereng batang coklat (WBC) namun masih di bawah ambang kendali.

Selasa, 04 Agu 2020 21:00Berita Sumut

Pangdam I/BB Terima Audiensi PT. Kereta Api Indonesia Vice President Divisi Regional I Sumut

Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah, MA.,MSc., menerima Audiensi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Vice President Divisi Regional I Sumut, Bapak Daniel Johanes Hutabarat Selaku Vice President Divisi Regional I Sumut

Selasa, 04 Agu 2020 20:45Nasional

Perlindungan: Data Pribadi Perlu Dipertimbangkan

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta mengatakan, persoalan perlindungan data pribadi adalah yang perlu dipertimbangkan, apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berkali-kali bicara soal pentingnya data.

Selasa, 04 Agu 2020 20:30Berita Sumut

Pangdam I/BB Terima Audiensi Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumut

Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah, MA.,MSc., menerima Audiensi Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumut, El Adrian Shah, S.E Selaku Ketua

Selasa, 04 Agu 2020 20:15Berita Sumut

PDAM Tirtanadi Sumut Perbaiki Pompa dan Pipa Suction IPA Limau Manis

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan perbaikan pompa dan pipa suction di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Limau Manis guna peningkatan pelayanan.

Selasa, 04 Agu 2020 20:00Berita Sumut

Polsek Patumbak Terus Menyentuh Warga Kurang Mampu

Polsek Patumbak terus menyentuh warga kurang mampu yang terdampak wabah Covid-19.

Selasa, 04 Agu 2020 19:45Ekonomi

Stok Elpiji 3 Kg Aman, H Mahmuzar Apresiasi Pertamina

Gas Elpiji ukuran 3 kilogram bersubsidi, untuk kebutuhan masyarakat terbilang aman.Distribusinya selama pandemi covid 19 terbilang berjalan lancar. Karena itu, masyarakat jangan khawatir soal ketersedian gas elpiji bersubsidi ukuran 3 kilogram.

Selasa, 04 Agu 2020 19:30Nasional

Kasetukpa Lemdiklat Polri Melaksanakan Kunjungan ke Yasayan PASIM

Kasetukpa Lemdiklat Polri melaksanakan kunjungan ke Yasayan PASIM (Pengembangan Sistem Informasi dan Manajemen) Jalan Prana no 8A. Kecamatan cikole, kelurahan cikole kota sukabumi.

Selasa, 04 Agu 2020 19:15Berita Sumut

Pemko Medan Dukung Pemprovsu Lakukan Pendisiplinan Masyarakat Atasi Covid 19

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring menghadiri Rapat Evaluasi Penerapan Tatanan Baru Produktif dan Aman Covid-19 di Kota Medan.

Selasa, 04 Agu 2020 19:00Berita Sumut

Mari Sukseskan Pilkada Kota Medan 2020

Jelang Pilkada Kota Medan 2020, Pemko Medan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh unsur terkait.

Selasa, 04 Agu 2020 18:30Nasional

Kabaharkam Polri: Pekerjaan Polisi Sesungguhnya Adalah Sholat

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, mengibaratkan tugas Polri yang utama itu seperti fungsi sholat dalam agama Islam.

Selasa, 04 Agu 2020 18:02Berita Sumut

Polsek Medan Kota Ringkus Kaek Bawa 1 Kg Ganja

Tim Tekab Unit Reskrim Polsek Medan Kota berhasil menangkap seorang pria karena diduga kepemilikan ganja seberat 1 kilogram (Kg).