• Home
  • Lifestyle
  • Putri Merayakan Lebaran 1440 H Tanpa Kedua Orang Tuanya

Putri Merayakan Lebaran 1440 H Tanpa Kedua Orang Tuanya

Mtc Rabu, 05 Juni 2019 10:00 WIB
Hand Over
MATATELINGA, Jakarta:   Hari Raya Idul Fitri adalah kado terindah Allah SWT untuk umat Islam. Kebahagiaan yang dirasakan di Hari Raya Idul Fitri tak bisa dibayar dengan apa pun. Itu kenapa, banyak dari perantau rela kembali ke kampung halaman untuk bisa berkumpul bersama sanak saudara. Momen ini tak dapat tergantikan.


Tapi, berbeda dengan yang dialami Febriani Putri Azahra. Gadis berusia 11 tahun ini harus menerima kenyataan di mana dirinya mesti merayakan Hari Raya Lebaran 2019 tanpa kehadiran ayah di sampingnya. Di mana, sudah 6 tahun yang lalu dia merayakan Lebaran tanpa ibu.

Ya, Putri, sapaan akrabnya, akan merayakan Lebaran tahun ini tanpa kehadiran kedua orangtuanya. Status anak yatim piatu dipegangnya di usia yang masih kecil. Harapan besar bisa membahagiakan orangtua tak ada lagi di hidupnya.

Putri menjelaskan kalau dirinya akan merayakan Lebaran bersama kakak dan bibinya. "Aku tinggal bareng Bi Dian dan Lebaran ini paling sama kakak dan keluarga di sini," ungkapnya malu-malu, Sabtu  Juni 2019.


Keputusan Putri menetap bersama bibinya ternyata bukan tanpa alasan. Dian menjelaskan, kalau dia memang sudah mengurus Putri sejak usianya 3 tahun. Sampai besar pun, dia yang menngurus Putri, mulai dari masalah makan sehari-hari sampai urusan sekolah.

Dian menuturkan, Ayah Putri memberikan uang bulanan ke dia dan karena itu semua urusan Putri dia yang mengatur. Dian sudah menganggap dirinya sendiri adalah ibu buat Putri. Sebab, Putri sudah ditinggal ibunya sejak berusia 3 tahun dan di tahun ini, di akhir Ramadan, dia mesti kehilangan ayahnya.

Momen Lebaran yang biasanya diisi dengan sungkem ke orangtua tak lagi bisa dirasakan Putri. Dia mesti tabah dengan keadaan dan beruntung keluarga dia selalu ada di sampingnya.

"Ayah belum membelikan aku baju baru, tapi aku tahu alasannya. Ayah berjuang dengan penyakitnya dan aku nggak sama sekali mikirin baju baru," cerita Putri.

Malah, pada Okezone, Putri menyatakan kalau dirinya ingin memberikan sesuatu untuk ayahnya nanti di momen Hari Raya Idul Fitri. "Putri ingin datang ke makam ayah, mau bacain Alquran buat ayah sama ibu. Cuma itu yang bisa Putri lakuin," sambungnya.

Gadis kelas 5 SD Pakulonan 1 Tangerang Selatan ini melanjutkan, Bi Dian memang selalu ada di sampingnya. Dia sudah dianggap seperti ibu sendiri. Karena itu juga Putri bakal Lebaran bersama dia dan kakak lainnya.

Sedih karena tak bisa merayakan Lebaran bersama ayah sudah dia luapkan semuanya di hari meninggalnya sang ayah, Kamis 23 Mei 2019. Tangis itu pecah dan rasa sedih itu diperkuat karena Putri tidak bisa melihat ayah untuk terakhir kali di Rumah Sakit Umum Daerah Pamulang.

Harapan terbesar sang ayah diutarakan Bi Dian pada Okezone. Ayah Putri berharap kalau Putri bisa jadi orang sukses dan tetap sayang dengan keluarga lainnya. Sang ayah juga berharap Putri bisa melanjutkan kehidupan sampai akhirnya mimpi Putri tercapai.

"Ayahnya cuma berpesan supaya Putri jangan "meleng" dan terus selalu ada di dekat keluarga. Putri harus bisa meraih mimpi Putri meski tanpa ayah," ucap Bi Dian menirukan harapan ayah Putri.

Di Lebaran ini, Putri mengatakan kalau dirinya cuma punya satu kado untuk ayah dan ibu. Kado tersebut adalah doa terbaiknya supaya kedua orangtuanya bahagia di surga bersama Allah SWT.

"Doa Putri di Lebaran ini, Putri mau minta ke Allah supaya ayah dan ibu masuk surga dan Putri bisa sehat terus," ucapnya lantas menangis dalam dekapan Bi Dian.

Momen harus itu tak bisa terbendung. Gadis berusia 11 tahun mesti rela ditinggal kedua orangtuanya. Tak ada lagi orang yang bisa dia mintai wejangan dan selalu ada di semua kondisi hidup. Putri harus merasakan hal itu semua di usianya yang masih kecil.

Masa depannya ada di tangannya sendiri, kakak kandungnya, dan keluarga yang ada di sekitarnya. Tanggung jawab hidupnya sudah dia pegang sendiri dan ini tak mudah untuk siapa pun. Putri kuat dengan dirinya sendiri.

"Ibu aku meninggal dunia di Arab Saudi pas Ramadan, ayah aku meninggal dunia pas Ramadan juga. Semoga Allah mengampuni dosanya dan dimasukkan mereka ke surganya Allah. Putri cuma bisa kasih doa buat mereka," tambahnya menahan air mati.

Momen Lebaran buat Putri adalah momen kebahagiaan sekaligus kesedihan. Dia mesti mengikhlaskan diri untuk tidak merayakan Idul Fitri bersama orangtuanya. Tapi, dia bahagia kakak dan keluarganya ada di samping dia.
Editor: Amrizal

T#g:lebaranMatatelinga Matatelinga.comMatatelinga.Matatelinga.comMatatelinga.TVMatatelinga TVTerkini
Komentar
Kamis, 20 Feb 2020 00:06Berita Sumut

Forkopimda Tanjung Balai Silaturahmi Kepada 3 Pejabat Yang Beragama Hindu

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tanjung Balai bersilaturahmi ke tiga orang Kepala Kantor Instansi Pemerintahan di Kota Tanjung Balai yang merayakan Hari Raya Galungan Kuningan, Rabu (19/2/2020).

Rabu, 19 Feb 2020 22:09Berita Sumut

BBKSDA Sumut Akan Cabut LK Jika Gajah di Medan Zoo Tetap Jadi Tunggangan

Terkait dengan penyebab kematian gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis) bernama Neneng (55) di Kebun Binatang Medan

Rabu, 19 Feb 2020 21:54Berita Sumut

Nurul Akhyar Terus Ajak Kaum Ibu Bangun Karakter Bersih Generasi Muda

Seusai melakukan peninjauan di Posyandu Lestari 4 Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua TP PKK Kota Medan Hj. Nurul Khairani Akhyar, SE menghadiri acara Pengajian Akbar Kecamatan Medan Labuhan yang diselenggarakan di

Rabu, 19 Feb 2020 21:39Berita Sumut

Wali Kota Tanjungbalai Terima Audiensi Pengurus BASNAZ Tanjungbalai

Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH menerima audiensi dari pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tanjungbalai, di ruang kerja Wali Kota Tanjungbalai

Rabu, 19 Feb 2020 21:24Berita Sumut

Restorasi Orangutan Tapanuli Masih Dapat Dilakukan

Dampak atas proyek pembangkit listrik tenaga air PLTA Batangtoru yang dilakukan oleh PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) terhadap keberlangsungan hidup Orangutan Tapanuli masih dapat direstorasi.

Rabu, 19 Feb 2020 21:09Nasional

Kepala Bakamla RI Courtesy Call Ke Mabes TNI AU

Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., melakukan Courtessy Call ke Mabes TNI AU yang diterima langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., di Mabes TNI AU, Cil

Rabu, 19 Feb 2020 20:54Berita Sumut

PJU Kodam I/BB Sambut Kasdam Baru

Sejumlah Pejabat Utama (PJU) Kodam I/Bukit Barisan, Rabu (19/2/2020) Sore melakukan penyambutan kedatangan Brigjen TNI Didied Pramudito, SE, sebagai Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/Bukit Barisan yang baru.

Rabu, 19 Feb 2020 20:39Berita Sumut

Antisipasi Curas Dan Curat, Sat Sabhara Polres Tanjung Balai Patroli

Untuk mengantisipasi dengan curas dan curat, Sat Sabhara Polres Tanjung Balai Rabu (19/2/2020) pukul 14.00 Wib, melaksanakan Patroli di seputaran Kota Tanjung Balai.

Rabu, 19 Feb 2020 20:24Berita Sumut

Kapolres Labuhanbatu Terjun Lansung Pengamanan Pendaftaran Balon Bupati

Kapolres labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK MH, bersama Kabag Ops Kompol Marludin S.Ag , mendatangi kantor KPU Labuhanbatu dan terjun Lansung dalam pengamanan pendaftaran Balon Bupati Labuhanbatu Tahun 2020

Rabu, 19 Feb 2020 20:09Berita Sumut

Akhyar Apresiasi PT Telkom Dukung Pengembangan Smart City Di Kota Medan

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyapaikan apreasiasinya atas dukungan PT Telkom Wilayah Medan terkait pengembangan smart city di Kota Medan.

Rabu, 19 Feb 2020 19:54Berita Sumut

Bunuh Paman Karena Dimarahi, Zulfadly Dituntut 5 Tahun Penjara

Zulfadly (27), pemuda yang didakwa membunuh paman kandungnya, Nizam dituntut 5 tahun penjara. Warga Jalan Karang Sari, Komplek Purna Bakti, Kecamatan Medan Polonia ini, tega membunuh karena dimarahi korban.

Rabu, 19 Feb 2020 19:39Berita Sumut

Kapoldasu Besuk Aiptu Basmi Ginting Pasca Dibacok Saat Basmi Pelaku Narkoba

Kepolisian Daerah Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si didampingi Kapolres Karo AKBP Benny Remus Hutajulu membesuk seorang personel Satres Narkoba Polres Karo, Aiptu Basmi Ginting yang tengah dirawat secara medis di ruan

Rabu, 19 Feb 2020 19:24Berita Sumut

Calon Istri Temukan Calon Suami Tewas Gantung Diri

Nasib memang tidak ada yang tau, semua merupakan rahasia dari sang pencipta. Seperti yang dialami Untung Ginting yang masih berusia 32 tahun warga Desa Namoriam, Kec. Pancurbatu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara ini.

Rabu, 19 Feb 2020 19:09Berita Sumut

Akhyar Nasution: Pewarta Foto Harus Ikut Membangun Peradaban Kota

Kantor Wali Kota Medan ‘digeruduk’ para pengurus dan anggota Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Rabu (19/2) petang. Bukan karena ingin berunjuk rasa pastinya.

Rabu, 19 Feb 2020 18:28Berita Sumut

Polisi Selidiki Video Viral Pelajar Bonceng 5 di Medan

Beredar video pelajar SMA berboncengan lima dalam satu sepeda motor di Kota Medan, baru baru ini. Video itu viral di media sosial. Di video berdurasi 8 detik itu, bahkan tampak salah seorang siswa naik di atas pundak temanya agar volume kendaraan cukup d

Rabu, 19 Feb 2020 18:13Berita Sumut

PDAM Tirtanadi Sudah Layani 20.123 Pelanggan Air Limbah

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meresmikan grand Launching Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) dan Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal (L2T3) yang diselenggarakan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi, Selasa (18/2), di Gubernuran, Medan