• Home
  • Lifestyle
  • RUU Permusikan Tengah Hangat Dibicarakan, Ucie Sucita Angkat Bicara

RUU Permusikan Tengah Hangat Dibicarakan, Ucie Sucita Angkat Bicara

Mtc Senin, 04 Februari 2019 09:52 WIB
GOOGLE
Belakangan ini masyarakat dan kalangan musisi tengah diramaikan dengan isu soal RUU Permusikan. Hal tersebut semakin dibuat panas dengan konfrontasi antara Jerinx dengan Ashanty di media sosial.
MATATELINGA, Jakarta: Belakangan ini masyarakat dan kalangan musisi tengah diramaikan dengan isu soal RUU Permusikan. Hal tersebut semakin dibuat panas dengan konfrontasi antara Jerinx dengan Ashanty di media sosial.



Sebagai penyanyi, Ucie Sucita pun turut angkat suara soal RUU Permusikan yang saat ini tengah hangat dibicarakan.

Salah satu point yang ingin diangkat Ucie terkait RUU Permusikan adalah mengenai royalti yang dianggap belum memiliki sistem yang kuat sehingga kerap merugikan musisi tanah air.

"Selama ini kan masalah yang sering dihadapi musisi itu soal royalti, hak cipta dan sebagainya. Dalam hal ini, pemerintah memang harus ambil bagian untuk melindungi musisi," ujar Ucie Sucita.

Meskipun begitu, Ucie Sucita tidak mau sepenuhnya menyalahkan pemerintah soal RUU Permusikan. Menurutnya, pemerintah pasti memiliki alasan membuat RUU seperti itu.



"Yang aku baca sih memang ada yang membatasi kreatifitas musisi, tapi aku juga tidak mau ikut menyalahkan Pemerintah. Karena pasti ada alasan Pemerintah membuat RUU itu," tutur Ucie.

Ucie Sucita berharap baik pemerintah ataupun kalangan musisi bisa duduk bersama dalam membahas soal RUU Permusikan dan menemukan solusi yang baik serta berpihak pada musisi agar lebih baik lagi.

"Buat aku sih yang terbaik aja, musisi dan pemerintah duduk bareng menyelesaikan RUU Permusikan supaya tidak ada yang dirugikan. Semoga ada win win solution lah," tutupnya.

Seperti diketahui, draf RUU Permusikan yang dirancang 15 Agustus 2018, berisi sejumlah pasal yang membuat musisi geram. Salah satunya adalah Pasal 5.

Dalam Pasal 5, khususnya huruf f dan g, pemusik dalam proses kreasi dilarang membawa pengaruh negatif budaya asing dan merendahkan harkat dan martabat manusia. Lalu, di Pasal 32, setiap pemusik yang diakui sebagai profesi menurut tolok ukur pemerintah harus memiliki sertifikat uji kompetensi, termasuk pemusik yang bermusik secara autodidak.



Pasal tersebut terkesan membatasi pemusik dalam suatu proses kreasi. Hal itu mengingatkan pada suatu era musik "ngak-ngik-ngok" yang terjadi pada masa Demokrasi Terpimpin Presiden Sukarno.  

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:blibliMatatelingaMusisiRUU PemusikanTerkini
Komentar
Senin, 25 Mei 2020 10:00Ekonomi

Hubungan China-AS Merosot Sejak Virus Corona, Bursa Asia Naik

Hubungan China-AS merosot sejak pecahnya virus corona, dimana administrasi Presiden Donald Trump dan Presiden Xi Jinping memperdagangkan duri atas pandemi, termasuk tuduhan menutup-nutupi dan kurangnya transparansi.

Senin, 25 Mei 2020 09:30Internasional

Ibu kota Selandia Baru, Wellington diguncang gempa Magnitudo 5,8

Ibu kota Selandia Baru, Wellington diguncang gempa dengan magnitudo 5,8

Senin, 25 Mei 2020 09:15Bola

Suntikan Virus Corona Sengaja di Berikan Watford ke Pemain atau Staf

Bek Watford, Adrian Mariappa, telah mengakui bahwa dirinya merupakan salah satu dari tiga orang Watford yang positif Virus Corona.

Senin, 25 Mei 2020 09:00Bola

Leipzig Menaklukkan Lawannya 3 - 0

Tidak butuh waktu lama bagi Leipzig untuk menggandakan keunggulan mereka. Pada menit ke-23, sundulan Yussuf Poulsen yang memaksimalkan umpan silang Marcel Sabitzer, menggetarkan jala gawang Mainz

Senin, 25 Mei 2020 08:43Berita Sumut

Keluarga Binaan Lapas Rantauprapat, Gunakan Online Saat Berkunjung

Bagi keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP) untuk mencegah penyebaran COVID-19 di daerah Lembaga Permasyarakatan Klas II A Rantauprapat menerapkan kunjungan online sementara melalui sosial media.

Senin, 25 Mei 2020 08:31Internasional

Perbatasan Spanyol, Sudah di Buka bagi Turis atau Wisatawan

Kabarnya Spanyol akan membuka kembali perbatasannya untuk turis atau wisatawan pada Juli 2020.

Senin, 25 Mei 2020 08:02Nasional

Gempa Berskala Magnitudo 5,1 Guncang Wilayah Samudra

Gempa bumi tektonik berskala magnitudo 5,1 yang terjadi pada 24 Mei 2020 pukul 14.11 WIB di wilayah Samudera Hindia, selatan Pulau Jawa, tidak berpotensi menimbulkan tsunami

Senin, 25 Mei 2020 07:54Nasional

Kunci Memutus Matarantai Covid-19, Jubir Pemerintah Apresiasi Masyarakat Aeh

Kunci penyelesaian masalah Covid-19 di Bumi Serambi Makkah adalah adanya masyarakat yang patuh dengan anjuran pemerintah dan melaksanakannya dengan baik

Senin, 25 Mei 2020 07:49Berita Sumut

210 Napi Lapas Pancurbatu Terima Remisi Idul Fitri

Mementerian Hukum & HAM memberikan remisi Hari Raya Idul Fitri 1441 H/2020 M kepada narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Napi Lapas) II-A Pancurbatu sebanyak 210 orang.

Senin, 25 Mei 2020 07:38Berita Sumut

Buruh Bangunan Gantung Diri di Ruangan Kelas SD

Masyarakat Nagori Mancuk dihebohkan dengan penemuan mayat seorang laki-laki diduga buruh bangunan yang tewas gantung diri di dalam sebuah ruangan kelas SD Negeri 0941584 Dolok Sinumbah Nagori Mancuk Kecamatan Hutabayu Raja

Senin, 25 Mei 2020 07:23Nasional

Kabar Gembira, Dua Dokter Terinfeksi Virus Corona Sudah Sembuh

Dua dokter di Kota Mojokerto, Jawa Timur yang sempat dikabarkan positif terinfeksi virus corona, kini dinyatakan sembuh, setelah hasil uji swab menunjukkan hasil sudah negatif Covid-19.

Senin, 25 Mei 2020 07:08Aceh

Kenapa Warganet Mengecam Tindakan Kedua Polisi..?

Warganet mengecam tindakan kedua polisi. Dua oknum polisi menganiaya seorang pria gangguan jiwa hingga terluka di Gampong (Desa) Bagok Sa, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur.

Senin, 25 Mei 2020 06:00Internasional

Kembali dari Karantina, Dapat rezeki Nomplok 2 Kg Emas

Selama pandemi Covid-19 terkadang membosankan dan orang tua sulit membuat anak-anak terhibur, selama menjalani hari-hari dalam suasana lockdown atau karantina wilayah.

Minggu, 24 Mei 2020 19:15Internasional

Erdogan: Umat Manusia Alami Ujian Berat Krisis Corona

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyampaikan pesan Idul Fitri dan mengimbau publik untuk merayakan festival Muslim di dalam rumah, karena pandemi coronavirus COVID-19.

Minggu, 24 Mei 2020 18:30Nasional

Lebaran di Tengah Suasana Banjir dan Wabah Corona

Suasana lebaran di Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) tampak berbeda. Masyarakat setempat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah dua bencana sekaligus, wabah Covid-19 dan bencana banjir.

Minggu, 24 Mei 2020 17:30Berita Sumut

Check Point Di Jalinsum, Polres Sergai Putar Balik Lagi Ratusan Kendaraan

Polres Serdang Bedagai bersama TNI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melaksanakan Check Point di Tiga Lokasi Jalinsum Medan-Tebing Tinggi, Tepatnya di Pos Pam Perbaungan, Pos Pam Seibamban dan Pospam Dolok Masihul dalam kegiatan terse