• Home
  • Lifestyle
  • Rahasia Luar Biasa Dibalik Mengucap "Alhamdulillah"

Rahasia Luar Biasa Dibalik Mengucap "Alhamdulillah"

Mtc Senin, 19 Agustus 2019 08:00 WIB
Hand Over
Ilustrasi
MATATELINGA: Pahala mengucap pujian kepada Allah SWT ini tak sanggup dicatat malaikat saking luar biasanya.






Dalam hidup ini, kita sebagai umat Muslim selalu berharap bisa mengumpulkan pahala sebanyak mungkin. Hal ini dengan maksud, Allah SWT memberikan kebaikan kita baik di dunia mau pun di akhirat.

Kita tahu setiap tindakan kita akan dicatat para malaikat dan itu semua akan dipertanggungjawabkan di hari akhir. Setiap catatan itu akan bersaksi dan oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk selalu berlaku terpuji.

Namun, tahukah Anda kalau ada amalan pahala yang tak sanggup dicatat malaikat saking luar biasanya hal tersebut?

Seperti yang dijelaskan Ustadz Mahfud Said, dalam surah Al Fatihah ayat kedua yang berbunyi,

'Alhamdulillahirobbil'alamiin'.

Diterangkan Ustadz Mahfud, begitu banyak hikmah yang memberikan penjelasan tentang kalimat Alhamdulillah tersebut.

"Bahkan, bisa mengucapkan kalimat Alhamdulillah saja lebih mulia dibanding nikmat apabila bumi dan seisinya dijadikan satu," terang Ustadz Mahfud pada wartawan melalui pesan singkat, Senin (19/8/2019).

Lebih lanjut, diketahui Rasulullah pernah menceritakan, ada seorang hamba yang apabila mengucapkan kalimat 'Alhamdulillah' maka dua malaikat tak sanggup mencatat pahalanya, yaitu hadis yang diriwayatkan Ibnu Umar, Rasululullah SAW berkata:





Ada seorang hamba Allah mengucapkan doa, "Wahai Tuhanku, bagi Engkau segala puji sebagaimana yang layak bagi keagungan zat-Mu dan kebesaran kekuasaan-Mu." Maka kedua malaikatnya merasa kesulitan, keduanya tidak mengetahui bagaimana mencatat (pahala)nya.

Lalu, kedua malaikat itu naik melapor kepada Allah dan berkata, "Wahai Tuhan kami, sesungguhnya ada seorang hamba mengucapkan suatu kalimat (doa) yang kami tidak mengetahui bagaimana mencatatnya."

Allah SWT berfirman, "Apakah yang telah diucapkan oleh hamba-Ku itu?"

Lalu, kedua malaikat itu menjawab, "Wahai Tuhanku, sesungguhnya dia telah mengatakan, 'Bagi Engkau segala puji, wahai Tuhanku, sebagaimana yang layak bagi keagungan zat-Mu dan kebesaran kekuasaan-Mu."

Setelah itu, Allah kembali berfirman kepada kedua malaikat itu,

"Catatlah olehmu berdua seperti apa yang diucapkan oleh hamba-Ku hingga dia bersua dengan-Ku, maka Aku akan membalas pahalanya secara langsung."

(HR. Ibnu Majah)

Dari hadist itu, kita kemudian terbiasa sebelum berdoa diajarkan para guru untuk melafadkan kalimat:

يَا رَبِّ لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيمِ سُلْطَانِكَ

"Betapa besar pahala yang kita terima, bahkan kedua malaikat pun tidak bisa menulis pahalanya, jadi benar kalau nikmat dunia adalah fana, dan pahala mengucapkan Alhamdulillah adalah kekal sampai akhirat kelak," terang Ustadz Mahfud.





Dia melanjutkan, bahkan Allah SWT menjelaskan, harta benda dan anak keturunan hanyalah hisab dunia belaka dan amalan yang terbaik adalah amalan-amalan soleh adalah lebih kekal dan menjadi harapan yang terbaik.

Allah berfirman:

"Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia, tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan." (Al-Kahfi: 46).

Firman tersebut menunjukan, dalam lafaz Alhamdulillah terdapat tauhid, yaitu keyakinan segalanya adalah dari Allah SWT dan juga terdapat syukur sebagai wujud syukur atas segala nikmat.

"Kita bisa melaksanakan ibadah kita, maka tidak boleh sombong dari orang yang tidak bisa melaksanakan ibadah. Sebab, kita bisa beribadah dikarenakan nikmat dari Allah SWT," tambah Ustadz Mahfud.

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:Berita IslamiblibliMatatelingaTerkinimatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Rabu, 19 Feb 2020 07:00Nasional

Direktur Strategi Bakamla RI Berkunjung ke Kantor Bea Cukai dan Kemenkominfo

Direktur Strategi Bakamla RI Laksma Bakamla Sandy M. Latief melaksanakan kunjungan ke Kantor Bea Cukai serta Kementerian Komunikasi dan Informatika, beberapa hari lalu.

Rabu, 19 Feb 2020 06:45Berita Sumut

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 pada 18 Sekolah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), yang dilaksanakan di SD Negeri 101956 Sukaramai, Dusun IX Sukaramai Desa Celawan Kec. Pantai Cermin

Rabu, 19 Feb 2020 06:15Nasional

Panglima TNI : 11 Pucuk Senjata Kecelakaan Mi-17 Kemungkinan Diamankan Masyarakat

Sejumlah 11 pucuk Senjata milik Prajurit TNI AD yang gugur dalam kecelakaan pesawat Heli Mi-17 beberapa bulan yang lalu di Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, kemungkinan masih diamankan oleh masyarakat. Aparat TNI dan Polri masih melakukan pendekatan kep

Rabu, 19 Feb 2020 06:00Berita Sumut

Gelar Pertandingan Bulu Tangkis Antar Satker

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-74 TNI Angkatan Udara tahun 2020, TNI AU Di Medan Gelar berbagai Pertandingan, diantaranya pertandingan Bulu Tangkis Antar Satker bertempat dilapangan bulu tangkis Melky Way Lanud Soewondo

Selasa, 18 Feb 2020 22:34Nasional

Presiden Ingin Dana Desa Secepatnya Dikirimkan Ke Desa

Dana Desa yang jumlahnya mencapai 72 triliun rupiah harus secepatnya diterima oleh desa. Oleh karena itu, Pemerintah memutuskan mekanisme pencairannya kini langsung ke desa. Langsung ke rekening desa. Perubahan pencairan Dana Desa ini agar tidak ada lagi

Selasa, 18 Feb 2020 22:15Berita Sumut

Berkas Para Tersangka Pembunuh Jamaluddin Dilimpahkan Ke Kejari Medan

Penyidik Sat Reskrim Polrestabes Medan akhirnya merampungkan berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kasus pembunuhan terhadap Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jamaluddin (55).

Selasa, 18 Feb 2020 20:05Berita Sumut

Putu: Polres Tanjungbalai Tak henti Hentinya Membrantas Jaringan Narkoba

Tim gabungan Polres Tanjungbalai yang terdiri dari Polsek, dalam lebih kurang sepekan mengungkap tiga kasus Narkoba dengan meringkus 4 orang tersangkanya dari lokasi yang berbeda.

Selasa, 18 Feb 2020 18:25Berita Sumut

Musda Partai Beringin, Ijeck Mampu Jadikan Golkar Sumut Bermartabat

Ketua Kosgoro Sumut Riza Fakhrumi Tahir menilai hanya sosok H. Musa Rajekshah (Ijeck) yang mampu membuat Golkar Sumut menjadi Golkar yang Bermartabat. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, Golkar butuh Ijeck untuk membenahi partai. Hal itu disampaikan

Selasa, 18 Feb 2020 18:10Berita Sumut

Edy Rahmayadi Ingatkan Satpol PP Tidak Hanya ‘Anggar’ Otot

Selain melakukan penertiban dan menegakkan Peraturan Daerah (Perda), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga bertugas memelihara ketentraman, ketertiban umum dan memberikan rasa aman pada masyarakat. Karena itu dalam bertugas Satpol PP tidak bisa hany

Selasa, 18 Feb 2020 17:40Nasional

Panglima TNI : Evakuasi Korban Heli Mi-17 Butuh Profesional dan Skill

Pelaksanaan evakuasi korban Heli Mi-17 di pegunungan Bintang tidak mudah karena berada pada ketinggian lebih dari 12.000 ft dengan kemiringan sampai dengan 90 derajat, butuh suatu profesional, skil dan tekad untuk melaksanakan evakuasi.

Selasa, 18 Feb 2020 17:20Nasional

Panglima TNI Hadiri Upacara Militer Pelepasan Jenazah Kecelakaan Helikopter Mi-17

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menghadiri upacara penyerahan dan pelepasan jenazah empat prajurit TNI AD korban musibah kecelakaan Helikopter Mi-17, di Pegunungan Mandala, Distrik Oksob, Kab. Pegunungan Bintang, Provinsi Papua

Selasa, 18 Feb 2020 17:02Berita Sumut

Pemko Medan & Forkopimda Susur dan Bersih Bersih Sungai Deli

Pelaksana tugas Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring bersama Kapolrestabes Medan Kombes Jhonny Edizon Isir beserta unsur Forkopimda Kota Medan lainnya menggelar sus

Selasa, 18 Feb 2020 16:45Berita Sumut

Kompol Muhammad Firdaus Dipromosikan Jabat Kasat Reskrim Polresta Deliserdang

Kompol Muhammad Firdaus dipromosikan menjabat sebagai Kasat Reskrim Polresta Deliserdang. Promosi jabatan ini sebagaimana tertuang dalam Surat Telegram (ST) tertanggal 17 Februari 2020 yang dikeluarkan Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin.

Selasa, 18 Feb 2020 16:30Berita Sumut

Bupati Asahan Lantik 45 Kades Terpilih

Sebanyak 45 kepala desa hasil Pilkades serentak Tahun 2019 resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati Asahan H.Surya, Selasa (18/2/2020) di Gedung Serba Guna Kisaran. Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Asahan nomor 20 s/d 20.44- Pemasdes-T