• Home
  • Lifestyle
  • Saat Berpuasa, Ini yang Terjadi pada Lambung dan Kerongkongan

Saat Berpuasa, Ini yang Terjadi pada Lambung dan Kerongkongan

Mtc Senin, 27 Mei 2019 06:45 WIB
GOOGLE
Ilustrasi
MATATELINGA: Berpuasa Ramadan sebulan lamanya akan membawa pengaruh besar pada kondisi tubuh manusia. Jika dilakukan dengan benar, banyak ilmu medis membenarkan kalau puasa ini akan membuat tubuh jauh lebih sehat.



Tapi, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan selama puasa. Khususnya dalam hal pemilihan makanan dan minuman saat berbuka dan sahur. Anda juga harus tahu kalau saat berpuasa, dua organ tubuh ini mengalami kondisi yang tak biasa.

Seperti yang dikatakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, saat berpuasa, terjadi peningkatan asam lambung yang dapat menyebabkan gejala gangguan maag. Keadaan ini biasanya berlangsung hanya pada satu pekan puasa pertama dan gejala ini kemungkinan tidak dirasakan lagi pada minggu-minggu berikutnya. Itu karena tubuh mulai menyesuaikan dengan perubahan.

Pada orang yang sehat, keadaan ini dapat diatasi dengan pilihan makanan yang tepat pada saat berbuka dan sahur, serta kegiatan yang tidak menyebabkan terjadinya peningkatan udara di dalam lambung, serta peningkatan asam lambung.

"Adapun pada orang yang memang terdapat gangguan lambung sebelumnya, puasa akan memperberat kondisi sakit lambungnya jika tidak diobati dengan tepat. Namun, jika sakit lambungnya diobati, mereka yang mempunyai sakit lambung tadi dapat melakukan ibadah puasa seperti orang normal umumnya," kata dokter Ari pada Okezone melalui pesan singkat belum lama ini.

Selama berpuasa, asupan makanan dan minuman juga harus menjadi perhatian, terutama pada penderita pencernaan sebelumnya. Mereka yang memiliki kondisi ini sebaiknya menghindarkan diri dari makanan yang menyebabkan atau memperberat gejala sakit maag.

Makanan tersebut antara lain: makanan yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, seperti sawi, kol; buah-buahan tertentu misal nangka, pisang ambon; dan makanan berserat tertentu seperti kedondong atau buah yang dikeringkan.



"Minuman yang mengandung gas seperti minuman bersoda juga mesti dihindari. Lalu, hindari minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain kopi, sari buah sitrus, atau susu full cream," jelasnya.

Tidak hanya itu, Anda juga disarankan untuk menghindari makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung.

Makanan tersebut antara lain makanan berlemak, kue tar, coklat, dan keju. Selama Ramadan Anda juga disarakan untuk menghindari makanan yang secara langsung merusak dinding lambung, yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica, dan bumbu yang merangsang.

Dokter Ari menambahkan, makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan juga mesti dihindari. Makanan ini seperti alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.

Selain makanan dan minuman di atas, ada beberapa sumber karbohidrat yang harus dihindari bagi penderita sakit maag saat puasa, antara lain beras ketan, mi, bihun, bulgur, jagung, ubi, singkong, tales, dan dodol.



Aktivitas fisik dan makanan harus diperhatikan

Bukan hanya makanan yang mesti diperhatikan, tapi juga aktivitas fisik. Kegiatan yang meningkatkan gas di dalam lambung juga harus dihindarkan, antara lain makan permen khususnya permen karet dan rokok. Rokok sudah terbukti dapat menyebabkan pelemahan klep bawah kerongkongan dan memperlambat pengosongan lambung serta memperburuk luka yang terjadi pada lambung.

Selain itu yang perlu diperhatikan, sambung dokter Ari, saat berbuka cukup dengan minuman yang manis dan 3-5 buah kurma setelah salat Maghrib dan setelah salat bisa mengonsumsi makanan besar dengan tetap memberhatikan jumlah makanan dan macam makanan yang dikonsumsi.

"Kita musti ingat, puasa membuat asupan makanan dibatasi dan ini terbukti malah membuat tubuh jauh lebih sehat," tegasnya.

Oleh karena itu, jumlah makan malam mesti tetap sama seperti kita makan malam dan bukan menggeser jumlah makan siang dikonsumi saat malam saat setelah kita berbuka puasa. Begitu pula saat sahur hindari makanan yang sulit dicerna dan yang terpenting juga kualitas makanan yang dikonsumsi saat sahur.

"Kadang kala, karena terburu-buru, kita hanya menghangatkan makanan saat berbuka tanpa memperhatikan kualitas makanan tersebut. Ini yang bakal menjadi salah satu pencetus masalah kesehatan selama puasa," pungkasnya.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:blibliDampak BerpuasaHikma BerpuasaMatatelingaTerkini
Komentar
Rabu, 20 Nov 2019 20:49Berita Sumut

Gubernur Ingatkan Tetap Junjung Tinggi Nilai-nilai Agama

Sebanyak 86 siswa dan siswi dari berbagai sekolah, yang berhasil mengharumkan nama Sumatera Utara

Rabu, 20 Nov 2019 20:34Berita Sumut

Lomba Masak Serba Ikan, Nawal Ingatkan Peran Penting Ibu Penuhi Gizi Keluarga

Kaum ibu memiliki peran yang sangat penting dalam pemenuhan gizi keluarga. Semakin baik pengetahuan sang ibu mengenai nutrisi, tentunya akan berdampak pula pada pemilihan menu makanan keluarga. Tidak boleh asal-asalan, karena akan mempengaruhi kualitas pe

Rabu, 20 Nov 2019 20:19Berita Sumut

Plt Wali Kota Silaturahmi Ke Polrestabes Medan

Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi melakukan kunjungan ke Polrestabes Medan Jalan HM Said No 1 Kecamatan Medan Timur,

Rabu, 20 Nov 2019 20:04Berita Sumut

Sabrina : Diharapkan Bisa Mengubah Cara Berpikir

Revolusi mental diharapkan dapat memberikan perubahan mendasar dalam cara berpikir dan cara merasa, yang diterjemahkan dalam perilaku dan tindakan nyata kehidupan sehari-hari, dalam berbagai aspek, baik perilaku politik, perilaku ekonomi, perilaku pendidi

Rabu, 20 Nov 2019 19:49Berita Sumut

Plt. Wali Kota Medan Ajak Jama'ah Maulid Nabi Muhammad SAW Jaga Kelestarian Lingkungan

Bagi-bagi tumbler hiasi peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Kecamatan Medan Timur di D'Cruise Jl. Yos Sudarso Medan

Rabu, 20 Nov 2019 19:34Berita Sumut

Edy Rahmayadi: Target Tahun Ini Harus Selesai Masterplan

Program Pengembangan Jaringan Jalan Metropolitan Medan, Binjai, Deliserdang dan Karo (Mebidangro) diharapkan segera terealisasi. Untuk itu, rencana induk (masterplan) proyek tersebut ditargetkan sudah rampung pada akhir tahun ini.

Rabu, 20 Nov 2019 19:19Nasional

Kapal Bakamla RI/IDNCG Tangkap Kapal Diduga Muat BBM Ilegal Di Perairan Cilegon

Kapal patroli Bakamla RI/IDNCG bernama KN Belut Laut - 406 menangkap sebuah kapal SPOB (self propeller oil barge) yang diduga memuat bahan bakar minyak (BBM) ilegal jenis high speed diesel (HSD) di perairan Cilegon, Banten, kemarin.

Rabu, 20 Nov 2019 18:38Berita Sumut

Pemko Medan Terima DIPA Tahun 2020

Plt Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi menerima dokumen Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2020. Dokumen DIPA itu diserahkan langsung Gubernur Sumut Edy Rahmayadi kepada Plt Wali Kota Medan di Kantor Gubernur Sumut, Selasa (19/11/2019).

Rabu, 20 Nov 2019 18:10Nasional

PWI dan MPR Kerjasama Sosialisasi Amandemen UU 45 & Kode Perilaku Wartawan

Amandemen UUD 45 akan disosialisasikan ke 514 kabupaten dan kota di Indonesia agar mendapat masukan dari berbagai lapisan masyarakat, civitas akademika, dan wartawan.

Rabu, 20 Nov 2019 17:00Nasional

Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Kegiatan di Sekolah Perbatasan

Dalam rangka memperingati Internasional Children Day atau Hari Anak Sedunia yang jatuh setiap tanggal 20 November, Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad menggelar serangkaian kegiatan di tiga Sekolah Dasar (SD)

Rabu, 20 Nov 2019 16:35Berita Sumut

Sambut Nataru, Pemko Medan Akan Gelar 53 Titik Pasar Murah

Pemko Medan akan membuka pasar murah di 53 titik di Kota Medan dalam rangka menyambut Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Pasar murah yang dilaksanakan Dinas Perdagangan Kota Medan ini akan dibuka selama 10 hari mulai 10 hingga 20 Desember 2019. Direncan

Rabu, 20 Nov 2019 16:20Berita Sumut

Perda KTR Segera Diterapkan, Sanksi Tegas Siap Menanti

Pemko Medan menurunkan tim yang terdiri dari unsur Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kota Medan untuk melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) No.3/2014 tanggal 17 Juli 2014, tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Peraturan Wali Kota

Rabu, 20 Nov 2019 16:05Berita Sumut

75 Pelaku Ekonomi Kreatif Kota Medan Peroleh Penyuluhan HAKI

Pelanggaran terhadap kekayaan intelektual yang dimiliki perorangan atau kelompok sama saja melanggar hak dari pemilik intelektual tersebut. Namun, di era serba mudah seperti sekarang ini sangat memungkinkan pencaplokan, pembajakan dan plagiat karya intele

Rabu, 20 Nov 2019 15:43Berita Sumut

Pelajar SMK dan SMN Negeri se Sergai Hadiri Sosialisasi Revolusi Mental

Wabup H Darma Wijaya menghadiri acara Sosialisasi Revolusi Mental bagi pelajar SMA dan SMK Negeri di wilayah Kabupaten Sergai dan anggota Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental Provinsi Sumut. Kegiatan ini ini digelar di Pantai Woong Rame Kecamata

Rabu, 20 Nov 2019 15:15Berita Sumut

Korem 023/KS Gelar Latihan Drill Teknis dan Taktis Gulbencal

Korem 023/Kawal Samudera menggelar latihan drill teknis dan taktis penanggulangan bencana alam (Gulbencal) di Pelabuhan Lama Kota Sibolga, Rabu (20/11/2019). Latihan bertujuan untuk mengurangi risiko bencana khususnya di saat musim penghujan yang dapat m

Rabu, 20 Nov 2019 15:00Nasional

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M di Mabes TNI

Mabes TNI memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW 1441 H/2019 Masehi, yang dikuti ratusan Prajurit dan PNS TNI serta Ibu-ibu IKKT Pragati Wira Anggini, di Masjid Panglima Soedirman Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Rabu (20/11/2019).