HUT ke 8 Matatelinga.com - Hanura
  • Home
  • Lifestyle
  • Saksikan Event Samosir Music International dengan Menghadirkan Musisi orkestra dari Austria

Saksikan Event Samosir Music International dengan Menghadirkan Musisi orkestra dari Austria

Rilis Minggu, 29 Juli 2018 20:25 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Samosir:  Event Samosir Music International  tahun 2018 ini merupakan edisi yang ke-4, sejak awal dimulainya event ini,yaitu tahun 2014 dengan menghadirkan 90an musisi orkestra dari Austria ke Samosir, atas inisiative Hermann Delago sebagai pimpinan orkestra, dan Henry Manik yang berdomisili di Belanda , sebagai eksekutor terhadap ide ini sejak dari awal.

"Kali ini Konser yang mereka akan tampil pada 25 Agustus 2018 di Samosir", para pecinta lagu lagu daerah bisa hadir nantinya.

Adanya dukungan Dispar Samosir terhadap event ini sejak tahun 2014,menjadikan event ini menjadi bagian dari agenda event tahunan Horas Samosir Fiesta . Dari tahun ke tahun, pengunjung event ini sangat banyak, bahkan menjadi salah satu event terbesar  disekitar Danau Toba, yang pengunjungnya terbanyak.

Tentu ini adalah salah satu pencapaian yang sangat baik dan sebuah terobosan baru untuk sebuah event yang bertaraf internasional di Samosir,yang mana imbas positivenya bisa dirasakan langsung oleh Samosir -Danau Toba sebagai daerah pariwisata yang sedang digalakkan.

Terutama sejak Pemerintah Pusat memasukkan daerah ini ke dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Pemerintah pusat giat melakukan pembenahan dibidang instrastruktur. Dengan adanya pembenahan ini, maka event seperti ini sangat dibutuhkan, sebagai penarik pengunjung ke daerah ini. Oleh karena itulah, Pemda Samosir melihat ini suatu event yang strategis, yang mampu mendatangkan banyak orang sehingga diagendakan menjadi event tahunan dan tetap  menjalin kerjasama yang baik dengan Henry Manik putra Samosir.

Festival musik ini menjadi berbeda dari semua  festival musik yang sudah ada selama ini, baik di dalam maupun diluar negeri,alasannya  karena  setiap artis/musisi yang terlibat baik yang dari Eropa maupun Indonesia wajib harus bisa membawakan lagu lagu daerah Batak. Sehingga setiap orang yang terlibat butuh persiapan lama, khusus dalam mempelajari lagu lagu Batak.  Keunikan konsep ini merupakan salah satu nilai tarik buat banyak orang untuk hadir menyaksikan aksi panggung para artis ini.

Secara tidak langsung, dengan konsep event yang seperti itu, nilai Habatakon, terangkat dan lebih diperkenalkan kedunia yang lebih luas  lewat jalur musik. Kita ingin menunjukkan, bahwa lagu Batak itu sangat indah dan flexible , bisa digubah kesegala genre musik yang ada. Tentu, nilai promosi akan daerah sangat terkandung juga didalamnya.Event ini memberi dampak positive kebanyak hal.

Hermann Delago sebagai pencetus ide ini mulai dari awal, akan selalu dilibatkan selama event ini digelar dan selama beliau bersedia. Walaupun nanti dikedepannya hanya sekedar menyapa pengunjung dari panggung. Hal ini bagi Henry Manik yang bertindak sebagai Projek Manager merupakan bentuk appresiasi dan rasa hormat atas apa yang dilakukan Hermann Delago terhadap musik Batak baik di Austria sendiri.

Penampilan Nadine Beiler tahun lalu di Samosir, sangat dikagumi seluruh pengunjung. Karakter vokalnya yang tinggi dan indah, dan mampu mengeluarkan ucapan kata kata terhadap lirik lagu lagu Batak  dengan begitu kental  persis seperti orang Batak sendiri.

Tidak mudah untuk bisa melibatkan artis Eropa se level Nadine Beiler, dan bisa diarakahkan untuk membawakan lagu daerah.Secara umum,untuk mendapatkan Artis dari mana saja,ketika ada suatu kewajiban lagu yang harus dibawakan pasti tidak mudah.Henry Manik memiliki cara khusus untuk mencari dan melakukan pendekatan yang baik terhadap artis artis selama ini.  Keindahan Samosir , keramahan orang daerah serta keunikan musik dan Budaya Batak,serta keprofesionalan semua tim panitia yang mengurusi event menjadi daya tarik utama Nadine untuk ingin kembali tampil di Samosir tahun ini, dengan membawakan beberapa lagu Batak yang baru, yang harus dipelajarinya selama ini.

Demikian juga Band pengiring band dari Austria JB'S Band. Sebuah band anak muda, yang semuanya berlatar belakang pendidikan musik dari Conservatorium, dan sudah memiliki banyak aksi panggung di Eropa. Keinginan memberi sedikit warna dengan tambahan flute/sulim di arrangement musik mereka nanti, kali ini salah satu Flute Player dari Vienna ikut dilibatkan.

Kento Friesacher keturunan Jepang -Austria yang biasanya meniup suling India, atau suling klassik nantinya akan memainkan suling Batak walau cara memainkannya cukup beda. Untuk memenuhi itu,Henry Manik memberi satu set seruling Batak untuk dipelajari .Demikian juga pemain drum dari JB band, akan memainkan gondang Batak, yang beberap bulan ini sudah dilatih, dengan gondang batak yang Henry sudah kirimkan ke Austria. Nantinya mereka ini juga akan berkolaborasi dengan artis dan pencipta lagu Batak, Tongam Sirait.

Pemenang kontest lagu klassik Belanda , Bernadeta Astari juga akan kembali ikut meramaikan event di Samosir nanti. Kali ini Bernadeta mengajak musisi Violist nya dari Swiss, bernama Ken Lila Ashanty .Ken lila adalah kelahiran Jakarta, dan telah berhasil mendapatkan Master musik nya di Swiss, dengan Cum Laude. Banyak prestasi yang sudah diraih baik di Asia maupuna di Eropa, dan juga banyak  terlibat di konser musik klassik yang tergolong besar, baik di Indonesia maupun di Eropa. Mereka nanti akan tampil Trio, bersama Pianist dari Jakarta Yoshephine Madju, yang tahun lalu juga ikut terjun ke Samosir.Mereka nanti akan menerapkan jenis musik klasik terhadap lagu Batak dan juga lagu lagu klasik lainnya.

Viky Sianipar yang sudah sangat dikenal dengan arrangement musiknya yang jenius, dan sangat concern terhadap pengembangan musik lagu Batak , akan turut hadir di Samosir bersama Bandnya dan juga Alsant Nababan sebagai Vokalisnya. Untuk lebih meramikan lagi, Louis Sitanggang yang merupakan vokalis dari Deredia,juga akan turut hadir.

Sebagai musisi daerah yang tinggal di Tuk Tuk , Jajabi Band akan selalu hadir dan ikut ambil bagian di event ini.

Persiapan akan event ini sudah tergolong rampug, hanya masih terus mencari dukungan ke banyak pihak, mengingat masih minimnya pendanaan yang bisa dikelola. Besar harapan event ini bisa mendapat perhatian yang lebih serius terutama dari pemerintah Propinsi dan Pusat, agar nantinya event ini bisa tetap digelar dan bisa semakin dikembangkan. Karena event ini sudah tiga kali membuktikan keberhasilannya untuk mendatangkan pengunjung ke Samosir dengan jumlah yang sangat banyak, sebut Herman.

Setiap tahunnya sebelum dan sesudah event,Menteri Pariwisata Arief Yahya selalu menyampaikan rasa appresiasinya lewat semua media ,atas adanya event seperti ini.Namun sebagai pelaksana event Henry Manik,lebih membutuhkan dukungan yang nyata dibanding hanya dengan ucapan appresiasi.Apalagi daerah ini telah menjadi salah satu daerah prioritas dari pusat,sehingga sangatlah wajar jika event seperti ini bisa mendapat perhatian yang benar dan serius agar bisa selalu berkelanjutan.

Mengingat musibah kapal dan banyaknya korban di Danau Toba, disaat pagelaran event ini akan diadakan moment tertentu untuk mengingat sekilas kejadian tersebut, sebagai bentuk penghormatan kepada semua korban. Dengan harapan, renungan ini nantinya bisa lebih menyadarkan semua pihak , untuk tetap sadar atas perlunya kenyamanan dan keselamatan semua orang, baik di danau, darat atau dimanapun.

Semoga pariwisata Samosir, makin maju, aman ,nyaman dan makin populer keseluruh dunia.  Samosir Music International memiliki visi misi untuk membawa nama Samosir ke dunia yang lebih luas dengan menjadikan event ini, menjadi salah satu event bergengsi yang harus di ikuti oleh artis artis baik dalam maupun luar negeri .

Dulu Hermann melakukan perjalanan keliling dunia,kebanyak negara,termasuk Indonesia,Bali dan selanjutnya ke Samosir.Dan di Bali dia mendgrkan bbrapa lagu batak ,Bute,sinaggar tullo toleh pengamen.dan lgsg menyukai lagu itu.Ahirnya dia kesamosir.Disana dia makin mendalami musik dan budaya Batak,yg cenderung di tiap kede tuak,ada lagu2 batak dinyanyikan

Ketertarikannya semakin mendalam hinga dijiwai.Dia jatuh cinta di tanah batak.J uga alamnya mirip dgn Tirol -Zams kampungnya di Austria,yg bergunung.
Editor: Amrizal

T#g:Musik BatakMusisi orkestra dari AustriaSamosirTerkini
Komentar
Kamis, 17 Okt 2019 16:45Berita Sumut

Terima Audiensi Tim SSQ XVII Tingkat Kabupaten Sergai, Bupati Sampaikan Hal Ini

Bupati Soekirman menerima audiensi Tim Seleksi Seni Qasidah (SSQ) XVII Tingkat Provsu Tahun 2019 dan Sergai yang Meraih Juara Umum Tingkat Provsu. Mereka diterima di Ruang Rapat Bupati Komplek Kantor Bupati Sergai, Kamis (17/10).

Kamis, 17 Okt 2019 16:40Advertorial

Membangun Sinergitas Penanganan Kebakaran dan Pembakaran Melalui Penguatan Antar Pemangku Kepentingan di Wilayah Hukum Polda Sumut

Terjadinya sebuah peristiwa kebakaran/pembakaran, biasanya akan membutuhkan waktu untuk melakukan penyelidikannya (investigasinya). Yang seringkali terjadi kendala dalam penanganan kasus pengungkapan tindak pidana kebakaran/pembakaran ini disebabkan karen

Kamis, 17 Okt 2019 16:27Berita Sumut

Pemkab Simalungun Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Untuk Masyarakat

Tingkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemkab Simalungun memprogramkan pelayanan Kesehatan, KB dan Dokumen Kependudukan untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang secara rutin dilakukan ke setiap Nagori di 32 Kecamatan Simalungun.

Kamis, 17 Okt 2019 15:58Berita Sumut

Sergai Gelar Deklarasi Sekolah Peternakan Rakyat

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai mendeklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR). Deklarasi digelar pada Kamis, 17 Oktober 2019 di Aula Theme Park Resort Kec Pantai Cermin.

Kamis, 17 Okt 2019 15:26Berita Sumut

DPRD Sahkan APBD Sergai TA 2020

DPRD mengesahkan APBD TA 2020 Sergai. Pengesahan dilakukan melalui Rapat Paripurna Pengesahan Ranperda Tentang R-APBD TA 2020 di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Desa Firdaus Kec Sei Rampah, Kamis (17/10).

Kamis, 17 Okt 2019 15:11Berita Sumut

IRT Babak Belur Dianiaya Perampok di Kawasan Jalan Thamrin

Seorang ibu rumah tangga bernama Jafline babak belur usai dianiaya pria yang berusaha merampoknya di kawasan Jalan Thamrin Kelurahan Panda Hulu Kec. M. Area, Kamis (17/10). Korban mengalami luka di bagian wajah, paha, tangan dan kaki.

Kamis, 17 Okt 2019 14:48Berita Sumut

HUT Kuad ke-74 Kudam I/BB Anjangsana ke Panti Sosial

Keuangan Kodam I/BB (Kudam I/BB) melaksanakan kegiatan anjangsana ke panti sosial Tresna Werdha Abdi Binjai Jl. Perintis Kemerdekaan Binjai, dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Keuangan Angkatan Darat, Kamis (17/10/2019).

Kamis, 17 Okt 2019 14:33Berita Sumut

Bea Cukai Kualanamu Gagalkan Penyeludupan Sabu 46 Gram dalam Anus

Personil Bea Cukai Bandara Kualanamu berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu dari Malaysia, Sabtu (13/10). Tidak seperti biasanya, penyeludupakn itu dilakukan pelaku berinisial AM dalam anus. Total ada 46,5 gram sabu-sabu dari tersa

Kamis, 17 Okt 2019 14:18Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Rapat Bahas Konektivitas Drainase

Sebagai upaya mengatasi genangan air maupun banjir di sejumlah kecamatan di Kota Medan, Pemko Medan menggelar Rapat Koordinasi Pembahasan Konektivitas Drainase Yang Berhubungan Dengan Jalan & Lintasan Rel Kereta Api (KA) di Balai Kota Medan, Kamis (1

Kamis, 17 Okt 2019 14:03Berita Sumut

Pemko Medan Bantu Cari Pegawai yang Jadi Buronan KPK

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Wirya Al Rahman menegaskan pihaknya akan membantu untuk mencari tahu keberadan AND, pegawai yang menjadi buronan KPK. AND yang merupakan staf Subbagian Protokoler Pemko Medan itu berhasil kabur dan nyaris menabrak mo

Kamis, 17 Okt 2019 13:47Berita Sumut

Pemkab Sergai Gelar Kegiatan Evaluasi dan Pengembangan Tata Kelola BUM Desa

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdangbedagai menggelar kegiatan Evaluasi dan Pengembangan Tata Kelola BUM Desa di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis (17/10).

Kamis, 17 Okt 2019 13:32Nasional

Marwah dan Nama Baik NKRI Dipertaruhkan Dalam Pelantikan Presiden RI

Marwah dan nama baik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dipertaruhkan dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Dengan demikian, seluruh komponen bangsa harus turut serta dalam menjamin keberhasilan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden ter

Kamis, 17 Okt 2019 13:17Berita Sumut

Pemko Medan Siapkan Bantuan Hukum untuk Eldin

Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan menyiapkan bantuan hukum untuk Wali Kota Dzulmi Eldin yang saat ini tengah berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Saat ini, Pemko tengah berusaha berkomunikasi dengan Dzulmi Eldin yang saat ini sudah bersta

Kamis, 17 Okt 2019 13:02Berita Sumut

Bupati Asahan Apresiasi Kegiatan KTNA di Rawang Panca Arga

Bupati Asahan H.Surya.BSc memberikan apresiasi atas terselenggaranya Temu Karya Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) kabupaten Asahan di dusun IX desa Rawang Lama kecamatan Rawang Panca Arga , Rabu (16/10/2019).

Kamis, 17 Okt 2019 12:48Berita Sumut

BPJS Ketenagakerjaan Raih 2 Penghargaan Tertinggi "Certificate of Excellence"

BPJS Ketenagakerjaan meraih dua penghargaan tertinggi dari ISSA dalam hal pengembangan dan pemanfaatan Sistem Teknologi Informasi (TI) dan pelaksanaan program Return to Work dalam pertemuan institusi jaminan sosial sedunia (World Social Security Forum /WS

Kamis, 17 Okt 2019 10:30Nasional

Foto Resmi Presiden dan Wapres Terpilih 2019-2024 Akhirnya Diliris Istana

Dirilis oleh situs www.setneg.go.id. Pihak Istana resmi merilis foto resmi presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024