• Home
  • Lifestyle
  • Saksikan Event Samosir Music International dengan Menghadirkan Musisi orkestra dari Austria

Saksikan Event Samosir Music International dengan Menghadirkan Musisi orkestra dari Austria

Rilis Minggu, 29 Juli 2018 20:25 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Samosir:  Event Samosir Music International  tahun 2018 ini merupakan edisi yang ke-4, sejak awal dimulainya event ini,yaitu tahun 2014 dengan menghadirkan 90an musisi orkestra dari Austria ke Samosir, atas inisiative Hermann Delago sebagai pimpinan orkestra, dan Henry Manik yang berdomisili di Belanda , sebagai eksekutor terhadap ide ini sejak dari awal.

"Kali ini Konser yang mereka akan tampil pada 25 Agustus 2018 di Samosir", para pecinta lagu lagu daerah bisa hadir nantinya.

Adanya dukungan Dispar Samosir terhadap event ini sejak tahun 2014,menjadikan event ini menjadi bagian dari agenda event tahunan Horas Samosir Fiesta . Dari tahun ke tahun, pengunjung event ini sangat banyak, bahkan menjadi salah satu event terbesar  disekitar Danau Toba, yang pengunjungnya terbanyak.

Tentu ini adalah salah satu pencapaian yang sangat baik dan sebuah terobosan baru untuk sebuah event yang bertaraf internasional di Samosir,yang mana imbas positivenya bisa dirasakan langsung oleh Samosir -Danau Toba sebagai daerah pariwisata yang sedang digalakkan.

Terutama sejak Pemerintah Pusat memasukkan daerah ini ke dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Pemerintah pusat giat melakukan pembenahan dibidang instrastruktur. Dengan adanya pembenahan ini, maka event seperti ini sangat dibutuhkan, sebagai penarik pengunjung ke daerah ini. Oleh karena itulah, Pemda Samosir melihat ini suatu event yang strategis, yang mampu mendatangkan banyak orang sehingga diagendakan menjadi event tahunan dan tetap  menjalin kerjasama yang baik dengan Henry Manik putra Samosir.

Festival musik ini menjadi berbeda dari semua  festival musik yang sudah ada selama ini, baik di dalam maupun diluar negeri,alasannya  karena  setiap artis/musisi yang terlibat baik yang dari Eropa maupun Indonesia wajib harus bisa membawakan lagu lagu daerah Batak. Sehingga setiap orang yang terlibat butuh persiapan lama, khusus dalam mempelajari lagu lagu Batak.  Keunikan konsep ini merupakan salah satu nilai tarik buat banyak orang untuk hadir menyaksikan aksi panggung para artis ini.

Secara tidak langsung, dengan konsep event yang seperti itu, nilai Habatakon, terangkat dan lebih diperkenalkan kedunia yang lebih luas  lewat jalur musik. Kita ingin menunjukkan, bahwa lagu Batak itu sangat indah dan flexible , bisa digubah kesegala genre musik yang ada. Tentu, nilai promosi akan daerah sangat terkandung juga didalamnya.Event ini memberi dampak positive kebanyak hal.

Hermann Delago sebagai pencetus ide ini mulai dari awal, akan selalu dilibatkan selama event ini digelar dan selama beliau bersedia. Walaupun nanti dikedepannya hanya sekedar menyapa pengunjung dari panggung. Hal ini bagi Henry Manik yang bertindak sebagai Projek Manager merupakan bentuk appresiasi dan rasa hormat atas apa yang dilakukan Hermann Delago terhadap musik Batak baik di Austria sendiri.

Penampilan Nadine Beiler tahun lalu di Samosir, sangat dikagumi seluruh pengunjung. Karakter vokalnya yang tinggi dan indah, dan mampu mengeluarkan ucapan kata kata terhadap lirik lagu lagu Batak  dengan begitu kental  persis seperti orang Batak sendiri.

Tidak mudah untuk bisa melibatkan artis Eropa se level Nadine Beiler, dan bisa diarakahkan untuk membawakan lagu daerah.Secara umum,untuk mendapatkan Artis dari mana saja,ketika ada suatu kewajiban lagu yang harus dibawakan pasti tidak mudah.Henry Manik memiliki cara khusus untuk mencari dan melakukan pendekatan yang baik terhadap artis artis selama ini.  Keindahan Samosir , keramahan orang daerah serta keunikan musik dan Budaya Batak,serta keprofesionalan semua tim panitia yang mengurusi event menjadi daya tarik utama Nadine untuk ingin kembali tampil di Samosir tahun ini, dengan membawakan beberapa lagu Batak yang baru, yang harus dipelajarinya selama ini.

Demikian juga Band pengiring band dari Austria JB'S Band. Sebuah band anak muda, yang semuanya berlatar belakang pendidikan musik dari Conservatorium, dan sudah memiliki banyak aksi panggung di Eropa. Keinginan memberi sedikit warna dengan tambahan flute/sulim di arrangement musik mereka nanti, kali ini salah satu Flute Player dari Vienna ikut dilibatkan.

Kento Friesacher keturunan Jepang -Austria yang biasanya meniup suling India, atau suling klassik nantinya akan memainkan suling Batak walau cara memainkannya cukup beda. Untuk memenuhi itu,Henry Manik memberi satu set seruling Batak untuk dipelajari .Demikian juga pemain drum dari JB band, akan memainkan gondang Batak, yang beberap bulan ini sudah dilatih, dengan gondang batak yang Henry sudah kirimkan ke Austria. Nantinya mereka ini juga akan berkolaborasi dengan artis dan pencipta lagu Batak, Tongam Sirait.

Pemenang kontest lagu klassik Belanda , Bernadeta Astari juga akan kembali ikut meramaikan event di Samosir nanti. Kali ini Bernadeta mengajak musisi Violist nya dari Swiss, bernama Ken Lila Ashanty .Ken lila adalah kelahiran Jakarta, dan telah berhasil mendapatkan Master musik nya di Swiss, dengan Cum Laude. Banyak prestasi yang sudah diraih baik di Asia maupuna di Eropa, dan juga banyak  terlibat di konser musik klassik yang tergolong besar, baik di Indonesia maupun di Eropa. Mereka nanti akan tampil Trio, bersama Pianist dari Jakarta Yoshephine Madju, yang tahun lalu juga ikut terjun ke Samosir.Mereka nanti akan menerapkan jenis musik klasik terhadap lagu Batak dan juga lagu lagu klasik lainnya.

Viky Sianipar yang sudah sangat dikenal dengan arrangement musiknya yang jenius, dan sangat concern terhadap pengembangan musik lagu Batak , akan turut hadir di Samosir bersama Bandnya dan juga Alsant Nababan sebagai Vokalisnya. Untuk lebih meramikan lagi, Louis Sitanggang yang merupakan vokalis dari Deredia,juga akan turut hadir.

Sebagai musisi daerah yang tinggal di Tuk Tuk , Jajabi Band akan selalu hadir dan ikut ambil bagian di event ini.

Persiapan akan event ini sudah tergolong rampug, hanya masih terus mencari dukungan ke banyak pihak, mengingat masih minimnya pendanaan yang bisa dikelola. Besar harapan event ini bisa mendapat perhatian yang lebih serius terutama dari pemerintah Propinsi dan Pusat, agar nantinya event ini bisa tetap digelar dan bisa semakin dikembangkan. Karena event ini sudah tiga kali membuktikan keberhasilannya untuk mendatangkan pengunjung ke Samosir dengan jumlah yang sangat banyak, sebut Herman.

Setiap tahunnya sebelum dan sesudah event,Menteri Pariwisata Arief Yahya selalu menyampaikan rasa appresiasinya lewat semua media ,atas adanya event seperti ini.Namun sebagai pelaksana event Henry Manik,lebih membutuhkan dukungan yang nyata dibanding hanya dengan ucapan appresiasi.Apalagi daerah ini telah menjadi salah satu daerah prioritas dari pusat,sehingga sangatlah wajar jika event seperti ini bisa mendapat perhatian yang benar dan serius agar bisa selalu berkelanjutan.

Mengingat musibah kapal dan banyaknya korban di Danau Toba, disaat pagelaran event ini akan diadakan moment tertentu untuk mengingat sekilas kejadian tersebut, sebagai bentuk penghormatan kepada semua korban. Dengan harapan, renungan ini nantinya bisa lebih menyadarkan semua pihak , untuk tetap sadar atas perlunya kenyamanan dan keselamatan semua orang, baik di danau, darat atau dimanapun.

Semoga pariwisata Samosir, makin maju, aman ,nyaman dan makin populer keseluruh dunia.  Samosir Music International memiliki visi misi untuk membawa nama Samosir ke dunia yang lebih luas dengan menjadikan event ini, menjadi salah satu event bergengsi yang harus di ikuti oleh artis artis baik dalam maupun luar negeri .

Dulu Hermann melakukan perjalanan keliling dunia,kebanyak negara,termasuk Indonesia,Bali dan selanjutnya ke Samosir.Dan di Bali dia mendgrkan bbrapa lagu batak ,Bute,sinaggar tullo toleh pengamen.dan lgsg menyukai lagu itu.Ahirnya dia kesamosir.Disana dia makin mendalami musik dan budaya Batak,yg cenderung di tiap kede tuak,ada lagu2 batak dinyanyikan

Ketertarikannya semakin mendalam hinga dijiwai.Dia jatuh cinta di tanah batak.J uga alamnya mirip dgn Tirol -Zams kampungnya di Austria,yg bergunung.
Editor: Amrizal

T#g:Musik BatakMusisi orkestra dari AustriaSamosirTerkini
Komentar
Jumat, 23 Agu 2019 20:55Lifestyle

Sutradara Film "Uncharted" Tinggalkan Proses Produksi

Sampai hari ini, Sony masih terus berupaya konsisten dengan rencananya akan membawa film "Uncharted" ke layar lebar. Tetapi, usahanya kembali mendapat hambatan karena sang sutradara meninggalkan proses produksi. Dan Trachtenberg yang sebelumnya

Jumat, 23 Agu 2019 20:46Berita Sumut

Untuk Mengurai Kemacetan, Dirlantas Polda Sumut Gandeng Polrestabes Medan

Untuk pertama kali yang akan kita lakukan adalah untuk menjalankan perintah dari Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto yang mengharapkan Dirlantas Polda Sumut bisa mengurai kemacetan di Kota Medan.

Jumat, 23 Agu 2019 20:42Berita Sumut

Karang Taruna dan Koramil Bersinergi Bangun Rumah Di Belawan

Organisani Kemasyarakatan Karang Taruna dan Koramil 09/ Medan Belawan bekerja sama membangun rumah anak yatim piatu di Kolam Susu Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan, Jumat (23/8/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 20:27Bola

Dalam Waktu Dekat, Real Madrid Gagal Rekrut Neymar

Dalam waktu dekat, Real Madrid dipastikan gagal merekrut Neymar dari Paris Saint-Germain. Dimana, dua pekan menjelang ditutupnya jendela transfer musim panas, masa depan Neymar masih penuh tanda tanya. Itu sebabnya Thomas Tuchel belum memasukkannya dalam

Jumat, 23 Agu 2019 20:17Internasional

Ini Mobil Yang Diproduksi Menggunakan Sampah Daur Ulang

Ada berbagai cara yang dilakukan oleh manusia dalam mengolah limbah sampah. Hal ini dilakukan agar mengurangi populasi sampah yang semakin banyak dan menyebabkan pencemaran. Salah satu cara yang unik dalam mengelola limbah sampah daur ulang adalah dengan

Jumat, 23 Agu 2019 19:54Nasional

Pansel KPK Pastikan Tak Ada Konflik Kepentingan

Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK), Yenti Ganarsih menegaskan bahwa tak ada konflik kepentingan dalam meloloskan 20 nama Capim KPK ke tahapan seleksi profil asessment.

Jumat, 23 Agu 2019 19:19Berita Sumut

Kapolrestabes Medan Dampingi Kapoldasu Bersilaturahmi Dengan Warga Medan

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi dampingi Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH saat bersilaturahmi dan tatap muka dengan warga Kota Medan yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Medan, Jum'at ( 23/8/2019

Jumat, 23 Agu 2019 18:44Berita Sumut

Bayi Kembar Siam Asal Taput Akan Dipulangkan Senin

Direncanakan, bayi kembar siam dempet perut yang telah menjalani operasi pemisahan tubuh, Adam dan Malik akan segera dipulangkan ke Tapanuli Utara (Taput), ke tempat tinggalnya pada Senin 26 Agustus 2019.

Jumat, 23 Agu 2019 18:29Berita Sumut

Kejurnas Tinju Junior-Youth 2019 Digelar di Medan

Diperkirakan, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tinju Amatir Junior - Youth 2019 akan diikuti sekitar 200 orang petinju terbaik berpredikat nasional, berbakat dan terbaik yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia memperebutkan Piala Kepala Kejaksaan Tinggi S

Jumat, 23 Agu 2019 18:13Berita Sumut

Pemko Medan dan PT KAI Bahas Persiapan Pengoperasian Sky Bridge

Pemko Medan bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumut menggelar Rapat Koordinasi Pembahasan Nota Kesepahaman terkait pemanfaatan dan pengoperasian sky bridge yang berada di Jalan Stasiun Kereta Api. Tujuannya, agar sky bridge y

Jumat, 23 Agu 2019 17:58Berita Sumut

Syukuran 30 Tahun Mengabdi di Kepolisian, Kapoldasu Silaturahmi dengan Warga Medan

Sebagai wujud rasa syukur atas pengabdian dalam dunia kepolisian selama 30 tahun, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menggelar silaturahmi dan ramah tamah dengan ribuan warga Kota Medan di Lapangan Merdeka Medan, Jumat (23/8). Silaturahmi dilakukan Ka

Jumat, 23 Agu 2019 17:44Berita Sumut

Kejatisu Gelar Penerangan dan Penyuluhan Hukum di Kecamatan Sunggal

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) kembali menggelar acara penerangan dan penyuluhan hukum di Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang yang dipusatkan di Desa Muliorejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (23/8/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 17:43Berita Sumut

Soal Program Medan Bebas Banjir, Dandim 0201/BS Turun Langsung Komunikasi ke Warga

Komandan Kodim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos turun langsung melakukan sosialisasi dan komunikasi persuasif kepada warga yang pemukimannya terkena proyek pelebaran parit untuk antisipasi banjir Kota Medan.

Jumat, 23 Agu 2019 17:28Berita Sumut

Gubsu Minta Sarasehan Kesehatan Digalakkan

Kegiatan pertemuan ilmiah dan sarasehan bersama para dokter dan praktisi kesehatan diharapkan dapat terus digalakkan. Sebab bidang ini menjadi satu prioritas dalam visi misi Sumut Bermartabat.

Jumat, 23 Agu 2019 17:13Berita Sumut

Polres Pelabuhan Belawan 'Tatar' Omak-Omak, Parbetor dan Ojek Bahaya Narkoba

Ratusan omak-omak, parbetor serta pengemudi ojek di Medan Utara ditatar tentang bahaya narkoba oleh Polres Pelabuhan Belawan,Jum'at (23/08/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 16:56Nasional

Kapolri Ikut Tinjau Penanganan Karhutla di Kalteng

Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., tiba di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (23/8/2019) pukul 09.15 WIB dengan pesawat Boeing 737 TNI AU.