• Home
  • Lifestyle
  • Sangat Fantastis, Ini Jumlah Korban Eksploitasi Seksual Anak Selama Setahun di Indonesia

Sangat Fantastis, Ini Jumlah Korban Eksploitasi Seksual Anak Selama Setahun di Indonesia

Mtc Sabtu, 12 Januari 2019 14:30 WIB
google
Kasus kekerasan pada anak memang sangat memprihatinkan. Banyak sekali laporan tentang para anak korban kekerasan yang diterima oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Sangat miris memang melihat banyak anak Indonesia yang seharusnya mendapatkan pe
MATATELINGA: Kasus kekerasan pada anak memang sangat memprihatinkan. Banyak sekali laporan tentang para anak korban kekerasan yang diterima oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Sangat miris memang melihat banyak anak Indonesia yang seharusnya mendapatkan perhatian, justru malah tersakiti karena berbagai sebab.



Berdasarkan data yang diperoleh dari KPAI, terdapat sekiranya 10 kategori kekerasan pada anak. Diantaranya adalah Sosial dan anak dalam situasi darurat, keluarga dan pengasuhan alternatif, agama dan budaya, hak sipil dan partisipasi, Kesehatan dan napza, Pendidikan, Pornografi dan cyber crime, Anak Berhadapan Hukum (ABH), Trafficking dan eksploitasi, serta Kasus perlindungan anak lainnya.

Sepanjang 2018, setidaknya ada 4.885 kasus kekerasan yang berhasil diterima oleh KPAI. Dari 10 aspek tersebut, kategori ABH lah yang menempati posisi paling tinggi dengan 956 kasus terhitung hingga 3 September 2018. Komisioner Bidang Kesehatan dan Napza (KPAI), Sitti Hikmawatty, menegaskan bahwa kasus ABH memang selalu menempati puncak dalam kategori.

"Dari tahun ke tahun, yang paling banyak itu adalah kasus berhadapan dengan hukum. Karena hampir semua ketika mentok, jalurnya akan masuk ke hukum. Misalnya di bidang kesehatan, seorang mendapatkan pengobatan yang salah atau malpraktek, jika tidak bisa dilakukan mediasi, maka akan dilemparkan ke ABH," terang Hikmahwatty, saat dikunjungi Okezone di kantor KPAI, Menteng, kemarin.



Tak hanya ABH saja yang mendominasi angka kekerasan pada anak, faktor keluarga dan pengasuhan alternatif juga menempati urutan tertinggi kedua setelah ABH yakni dengan 641 terhitung hingga 3 September 2018. Tingginya angka dalam kategori keluarga dan pengasuhan alternatif disebabkan oleh tingginya kasus perceraian dan ekonomi keluarga.

"Banyak hal yang merugikan orangtua dari kasus keluarga dan pengasuhan. Contohnya korban perebutan hak asuh hingga pelarangan akses untuk beremu dengan orang tua yang telah bercerai. Ada pula orangtua yang tidak bercerai namun menelantarkan anaknya begitu saja karena masalah ekonomi," lanjutnya.

Lebih miris lagi dari data yang diperoleh hingga September 2018, jumlah kekerasan pada anak tertinggi ketiga berada dalam dunia pendidikan. Tentunya ini menjadi sebuah ironi dimana seharusnya setiap anak menuntut ilmu, namun justru harus mengalami kekerasan dalam hidupnya baik yang dilakukan oleh guru ataupun teman sebayanya.



"Berdasarkan survey pada 2016, 88 persen pelajar mengaku menjadi korban bullying. Entah itu bullying yang dilakukan oleh guru, maupun oleh teman-teman mereka. Kami telah melakukan tindakan tegas kepada pelaku kekerasan di sekolah. Efek jera itu jelas ada, tapi individu yang melakukan juga tetap ada," sambungnya.

(Mtc/Okz)
Editor: Fjr

Sumber: Okezone

T#g:blibliEksploitasikpaiMatatelingaSeksual AnakTerkini
Komentar
Senin, 22 Apr 2019 15:52Berita Sumut

Tinjau Rekapitulasi Kecamatan, Wakapoldasu : Keseluruhan Berjalan Lancar

Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Mardiaz meninjau penghitungan suara di tingkat PPK Kecamatan. Mardiaz,menegaskan sampai saat ini proses Pemilihan Umum (Pemilu) aman dan lancar.

Senin, 22 Apr 2019 15:30Berita Sumut

Sebar Hoax Bom Surabaya Pengalihan Isu, Oknum Dosen USU Dituntut 1 Tahun Penjara

Dosen USU Himma Dewiyana Lubis (45) dituntut setahun penjara akibat postingannya di media sosial yang dianggap melanggar UU ITE. Dia juga dituntut membayar denda sebesar Rp10 juta subsider 3 bulan kurungan.

Senin, 22 Apr 2019 14:54Berita Sumut

HUT Ke-55 Dharma Pertiwi, Momentum Eratkan Persaudaraan, Kesejahteraan dan Kemajuan Organisasi

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Dharma Pertiwi Tahun 2019, diharapkan menjadi momentum untuk lebih mengeratkan ikatan persaudaraan untuk kesejahateraan anggota dan kemajuan organisasi.

Senin, 22 Apr 2019 14:32Berita Sumut

Ketua DPRD Madina Sebut Presiden Tolak Pengunduran Diri Bupati Lewat Bobby

Permohonan pengunduran diri Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution ditolak Presiden Jokowi. Penolakan itu disampaikan Presiden langsung via telepon menantu Jokowi, Bobby Nasution.

Senin, 22 Apr 2019 13:53Berita Sumut

Kawal Kotak Suara, Aiptu Martin Sembiring Kritis Alami Laka Lantas

Kapolda Sumatera Utara Irjen pol Agus Andrianto menjenguk Aiptu Martin Sembiring, anggota Babinkamtibmas Polres Padangsidimpuan yang kondisinya kritis dan tak sadarkan diri, pasca mengalami kecelakaan lalu lintas saat menjalankan tugas mengawal kotak suar

Senin, 22 Apr 2019 13:24Berita Sumut

Usai Pemilu, Eldin Berharap Istilah Cebong dan Kampret Dihilangkan

Walikota Medan Dzulmi Eldin berharap masyarakat menghilangkan istilah Cebong dan Kampret usai Pemilu. Kedua istilah ini dinilai sangat negatif dan telah mengkotak-kotakan masyarakat.

Senin, 22 Apr 2019 13:09Berita Sumut

Usai Bunuh Adik Ipar, Pria Sepuh Ini Serahkan Diri ke Polisi

Seorang pria tua berusia 76 tahun berinisial PS warga Dusun Bertungen Jehe I Desa Sukandebi Kecamatan Tigalingga, Dairi menyerahkan diri ke Kantor Polsek Tigalingga usai membunuh adik iparnya, Tiurmina Br Ginting (70) pada Minggu (22/4/2019).

Senin, 22 Apr 2019 12:46Berita Sumut

Ini Tanggapan Gubsu Soal Soal Surat Pengunduran Diri Bupati Madina

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi hingga saat ini mengaku belum menerima surat pengunduran ‎diri Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution secara resmi. Sejauh ini dia hanya mengaku mendengar dari berita.

Senin, 22 Apr 2019 10:00Lifestyle

Deddy Corbuzier Peluk Lucinta Luna

Lucinta Luna terlibat adu argumen dengan Deddy Corbuzier yang terlihat melalui Instagram Live milik pelantun Jom Jom Manjalita itu, Minggu (21/4/2019)

Senin, 22 Apr 2019 09:45Internasional

Akui Kekalahan, Presiden Pertahana Ukraina Turun Tahta

Presiden Ukraina Petro Poroshenko menerima kekalahannya dalam pemilu presiden

Senin, 22 Apr 2019 09:30Ekonomi

Bergerak 2 Arah Rupiah Pagi Ini ke Rp14.062/USD

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak dua arah (mixed) pada pembukaan perdagangan pagi ini

Senin, 22 Apr 2019 09:15Ekonomi

Usai Long Weekend, IHSG Menguat Tipis ke Level 6.511

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penguatan pada perdagangan pagi ini pasca-libur panjang

Senin, 22 Apr 2019 09:00Bola

Jadi Pahlawan, Zidane: Benzema Striker Terbaik Dunia

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengaku sangat terpukau dengan aksi Karim Benzema ketika timnya mengalahkan Athletic Bilbao

Minggu, 21 Apr 2019 23:45Lifestyle

Begini Reaksi Deddy Corbuzier, Usai Ditantang Lucinta Luna

Lucinta Luna tiba-tiba saja murka di Insta Story dengan mentag akun Instagram milik Deddy Corbuzier.

Minggu, 21 Apr 2019 23:30Bola

Hantam 4-0, Everton Permalukan Manchester United

Everton memetik kemenangan telak dengan skor 4-0 kala menjamu Manchester United di Goodison Park dalam laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019

Minggu, 21 Apr 2019 23:15Nasional

Gelar Coblos Ulang, Prabowo-Sandi Tetap Menang

Memiliki jumlah suara terbanyak di Banten pada hitungan versi quick count, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno