• Home
  • Lifestyle
  • Sangat Fantastis, Ini Jumlah Korban Eksploitasi Seksual Anak Selama Setahun di Indonesia

Sangat Fantastis, Ini Jumlah Korban Eksploitasi Seksual Anak Selama Setahun di Indonesia

Mtc Sabtu, 12 Januari 2019 14:30 WIB
google
Kasus kekerasan pada anak memang sangat memprihatinkan. Banyak sekali laporan tentang para anak korban kekerasan yang diterima oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Sangat miris memang melihat banyak anak Indonesia yang seharusnya mendapatkan pe
MATATELINGA: Kasus kekerasan pada anak memang sangat memprihatinkan. Banyak sekali laporan tentang para anak korban kekerasan yang diterima oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Sangat miris memang melihat banyak anak Indonesia yang seharusnya mendapatkan perhatian, justru malah tersakiti karena berbagai sebab.



Berdasarkan data yang diperoleh dari KPAI, terdapat sekiranya 10 kategori kekerasan pada anak. Diantaranya adalah Sosial dan anak dalam situasi darurat, keluarga dan pengasuhan alternatif, agama dan budaya, hak sipil dan partisipasi, Kesehatan dan napza, Pendidikan, Pornografi dan cyber crime, Anak Berhadapan Hukum (ABH), Trafficking dan eksploitasi, serta Kasus perlindungan anak lainnya.

Sepanjang 2018, setidaknya ada 4.885 kasus kekerasan yang berhasil diterima oleh KPAI. Dari 10 aspek tersebut, kategori ABH lah yang menempati posisi paling tinggi dengan 956 kasus terhitung hingga 3 September 2018. Komisioner Bidang Kesehatan dan Napza (KPAI), Sitti Hikmawatty, menegaskan bahwa kasus ABH memang selalu menempati puncak dalam kategori.

"Dari tahun ke tahun, yang paling banyak itu adalah kasus berhadapan dengan hukum. Karena hampir semua ketika mentok, jalurnya akan masuk ke hukum. Misalnya di bidang kesehatan, seorang mendapatkan pengobatan yang salah atau malpraktek, jika tidak bisa dilakukan mediasi, maka akan dilemparkan ke ABH," terang Hikmahwatty, saat dikunjungi Okezone di kantor KPAI, Menteng, kemarin.



Tak hanya ABH saja yang mendominasi angka kekerasan pada anak, faktor keluarga dan pengasuhan alternatif juga menempati urutan tertinggi kedua setelah ABH yakni dengan 641 terhitung hingga 3 September 2018. Tingginya angka dalam kategori keluarga dan pengasuhan alternatif disebabkan oleh tingginya kasus perceraian dan ekonomi keluarga.

"Banyak hal yang merugikan orangtua dari kasus keluarga dan pengasuhan. Contohnya korban perebutan hak asuh hingga pelarangan akses untuk beremu dengan orang tua yang telah bercerai. Ada pula orangtua yang tidak bercerai namun menelantarkan anaknya begitu saja karena masalah ekonomi," lanjutnya.

Lebih miris lagi dari data yang diperoleh hingga September 2018, jumlah kekerasan pada anak tertinggi ketiga berada dalam dunia pendidikan. Tentunya ini menjadi sebuah ironi dimana seharusnya setiap anak menuntut ilmu, namun justru harus mengalami kekerasan dalam hidupnya baik yang dilakukan oleh guru ataupun teman sebayanya.



"Berdasarkan survey pada 2016, 88 persen pelajar mengaku menjadi korban bullying. Entah itu bullying yang dilakukan oleh guru, maupun oleh teman-teman mereka. Kami telah melakukan tindakan tegas kepada pelaku kekerasan di sekolah. Efek jera itu jelas ada, tapi individu yang melakukan juga tetap ada," sambungnya.

(Mtc/Okz)
Editor: Fjr

Sumber: Okezone

T#g:blibliEksploitasikpaiMatatelingaSeksual AnakTerkini
Komentar
Jumat, 06 Des 2019 15:15Berita Sumut

Marching Band SD Muhammadiyah 02 Medan Dapat Harumkan Kota Medan

Halaman Masjid Taqwa Kampung Dadap Jalan Mustafa No 1 Medan pada Kamis (5/12) sore tampak berbeda dari biasanya. Puluhan siswa berpakaian hitam biru berada di halaman Masjid tersebut. Para siswa tersebut merupakan para personil Marching Band yang akan men

Jumat, 06 Des 2019 15:00Berita Sumut

Irjen Agus Andrianto Jabat Kabaharkam, Kapolda Sumut Dijabat Irjen Martuani Sormin

Jabatan Kapolda Sumatera Utara akan diemban Irjen Pol Martuani Sormin. Sedangkan Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto dipromosikan menjabat sebagai Kepala adan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Jumat, 06 Des 2019 14:30Berita Sumut

Soekirman Narasumber Seminar Road to Youth Agripreneur Festival 2019

Bupati Sergai Soekirman memperoleh kehormatan menjadi narasumber Seminar Road to Youth Agripreneur Festival 2019 menuju Agrosociopreneur sukses di Era 4.0 di aula Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, Kamis (5/12). Hadir juga dalam k

Jumat, 06 Des 2019 14:28Ekonomi

Garda Mall, Solusi Terbaik Bagi Pemilik Kendaraan

Memasuki usianya yang ke-63 tahun, Asuransi Astra mempersembahkan fitur terbaru dalam layanan aplikasi Garda Mobile Otocare, Garda Mall. Dengan kehadiran Garda Mall, aplikasi yang diperkenalkan sejak tahun 2015, kini sudah mampu memenuhi semua kebutuhan

Jumat, 06 Des 2019 14:00Berita Sumut

Prajurit Kodam I/BB Praka Welman Pasaribu Finish Ke-4 Full Marathon Sea Games 2019

Kerja keras, komitmen dan dukungan doa dari seluruh Prajurit Kodam I/Bukit Barisan sukses mengantarkan Praka Welman Pasaribu finish ke-4 di lomba lari Full Marathon (42 Km) Sea Games Filipina 2019, Jumat (6/12/2019) waktu setempat.

Jumat, 06 Des 2019 12:40Berita Sumut

Astaga !! Pria di Pancur Batu Ini Bayar Hutang dan Beli Baju dari Uang Hasil Jual Motor Curian

Akibat keteledoran korban, pelaku yang berinisial AVK (39) warga Jl Pembanguna, Desa Baru, Pancur Batu yang saat itu usai sarapan pagi disalah satu warung di sekitar pajak Pancur Batu tersebut melihat sepeda motor tersebut yang masih dilengkapi kunci kont

Jumat, 06 Des 2019 12:20Berita Sumut

Bupati Sergai Hadiri Pertunjukan Rakyat HUT ke 13 Rumah Datuk Pengembara

Bupati Sergai Ir H Soekirman menghadiri pertunjukan rakyat dalam rangka HUT ke 13 Rumah Datuk Pengembara di Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (5/12). Hadir dalam acara itu Dandim 0204/DS Letkol (Inf) Syamsul Arifin, anggota DPRD Maryanto dan S

Jumat, 06 Des 2019 12:00Berita Sumut

Bupati Asahan Berikan Apresiasi Pemutaran Film Sang Prawira

Bupati Asahan H.Surya memberikan apresiasi atas pemutaran film edukasi berjudul "Sang Prawira" yang diperankan oleh anggota Kepolisian R.I di gedung XXI Irian Market Kisaran hingga beberapa hari. Bahkan dia menilai warga masyarakat Asahan begit

Jumat, 06 Des 2019 08:00Nasional

Gara Harley Davidson, Direktur Utama Garuda Indoensia Terseret Kasus

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara terseret kasus penyuludpan Harley Davidson secara ilegal., sehingga PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) kembali terseret kasus.

Jumat, 06 Des 2019 07:45Lifestyle

Video Obrolan Nakal Berbau Mesum Tersebar, di Medsos

Oboral nakal Kekasih Rahmawati Kekeyi, Rio Ramadhan dengan seorang perempuan, kembali terciduk. Percakapan itu dilakukan melalui video dan tersebar di media sosial.

Jumat, 06 Des 2019 07:30Nasional

Presiden Jokowi di Nobatkan Tokoh Asian of The Year Media Cetak Singpura

Jokowi dinobatkan sebagai tokoh Asian of The Year oleh media cetak asal Singapura

Jumat, 06 Des 2019 07:15Ekonomi

Sentimen ini Membuat Kurs Rupiah Menguat

Analis Asia Tradepoint Futures Deddy Yusuf mengatakan, penguatan rupiah didominasi sentimen eksternal.

Jumat, 06 Des 2019 07:00Nasional

Papua di Guncang Gempa Warga Terjaga

Warga Ambon yang sedang tertidur dengan nyenyak sempat terjaga dengan Gempa bumi magnitudo 2,9 mengguncang wilayah Ambon, Maluku, pada Jumat (6/12/2019) dini hari.

Jumat, 06 Des 2019 06:45Bola

Sheffield United Harus Mengakui Keunggulan Newcastle

Bermain di Bramall Lane, Inggris, Jumat (6/12/2019) dini hari WIB, Sheffield menyerah dengan skor akhir 0-2. Sheffield United harus mengakui keunggulan Newcastle pada pekan ke-15 Liga Inggris 2019-2020.

Jumat, 06 Des 2019 06:30Berita Sumut

Peringati HUT ke-58, Korps Kowad Kodam I/BB gelar Donor Darah

Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) wilayah Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan, melakukan donor darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan, Jalan Perintis Kemerdekaan No 35 Medan

Jumat, 06 Des 2019 06:15Berita Sumut

Pelepasan Peserta Binjai Off Road Expedition One 2019

Puluhan peserta Binjai Off Road Expedition One 2019 dilepas oleh perwakilan pengurus IOF cabang kota Binjai, bertempat di pendopo Umar Bakie Binjai, Jalan Veteran Kel. Tangsi, Kec. Binjai Kota