Setan Bocorkan Kedasyatan Ayat Kursi

Mtc Sabtu, 24 Agustus 2019 06:30 WIB
Hand Over
Ilustrasi
MATATELINGA: Alkisah sudah banyak cerita perjumpaan manusia dan setan, baik dalam wujud asli maupun menyerupai makhluk lain. Di antaranya kisah Abu Hurairah yang terangkum dalam sebuah hadits. Dalam kisah ini diceritakan tentang perjumpaan Abu Hurairah dengan setan selama tiga malam berturut-turut. Dari cerita ini pula akhirnya Abu Hurairah mendapat bocoran dari setan tentang kedahsyatan Ayat Kursi.





Setan merupakan musuh utama manusia. Mereka akan senantiasa menggoda manusia agar lalai dari menjalankan perintah Allah SWT dan melanggar aturan-aturan-Nya. Hanya Allah SWT yang dapat memberikan perlindungan dari godaan setan yang terkutuk.

Dikutip dari buku Fenomena Kejiwaan Manusia Dalam Perspektif Al-Quran dan Sains pada terbitan lajnah pentashihan mushaf Al-Quran Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI, dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menugasiku untuk mengawasi zakat Ramadhan (zakat fitrah yang sudah terkumpul). Tiba-tiba datang seseorang pria mencuri sejumlah (bahan) makanan dari zakat tersebut. Aku pun menangkapnya, "Aku pasti akan melaporkanmu pada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam." begitulah aku mengancamnya.

Dia menjawab, "Aku sangat butuh. Aku mempunyai keluarga dan aku memiliki keperluan yang sangat mendesak." Aku lalu melepaskannya.

Ketika pagi tiba, Rasulullah berkata padaku: "Wahai Abu Hurairah, apa yang dilakukan oleh tawananmu semalam?" Aku pun menjawab, "Wahai Rasulullah, dia mengaku punya keperluan yang sangat mendesak dan tanggungan keluarga." Aku merasa begitu kasihan padanya lalu aku melepaskannya. Rasulullah bersabda, "Ketahuilah, sungguh dia telah membohongimu. Dia pasti akan kembali lagi." Aku yakin pria itu akan kembali lagi karena rasulullah berkata demikian.

Saat malam tiba aku lalu mengawasi dengan seksama dan menunggu kedatangannya. Tidak lama datanglah pria itu untuk mencuri sejumlah bahan makanan. Aku menangkapnya kembali. "Aku pasti akan melaporkanmu kepada Rasulullah" ancamku kepadanya. Dia memelas "lepaskanlah aku, aku sangat membutuhkannya dan aku mempunyai keluarga. Aku tidak akan kembali lagi" Aku merasa iba lalu membiarkannya pergi.

Ketika pagi tiba Rasulullah bertanya, "Wahai Abu Hurairah, apa yang diperbuat oleh tawananmu?semalam?" Aku menjawab, "Wahai Rasulullah, dia mengaku punya keperluan yang sangat mendesak dan tanggungan keluarga, aku merasa kasihan padanya lalu aku membiarkannya pergi"





Rasulullah bersabda, "Ketahuilah, sungguh dia telah membohongimu. Dia pasti akan kembali lagi."

Pada malam ketiga aku dengan seksama menunggu kedatangannya. Tidak lama datanglah dia untuk mencari bahan makanan. Aku menangkapnya kembali. Aku mengancamnya, "Aku pasti akan melaporkanmu kepada Rasulullah. Ini sudah ketiga kalinya. Engkau sudah berjanji tidak akan kembali, tetapi kamu kembali juga.

"Pria itu berkata "Lepaskan aku, jika engkau melepaskanku, aku akan mengajarimu kata-kata yang sangat berguna bagimu disisi Allah." Aku bertanya, "Kata-kata apakah itu?".

Pria itu menjawab "Bila engkau hendak tidur, bacalah ayat kursi. Bacalah hingga selesai, bila engkau mengamalkannya pasti engkau akan selalu dijaga oleh malaikat Allah. Setan pun tidak akan bisa mendekatimu hingga pagi hari." Akupun melepaskannya.

Keesokan harinya aku menghadap Rasulullah. Beliau bertanya, "Dia mengaku hendak mengajariku kata-kata yang sangat berguna bagiku disisi Allah. Lalu aku melepaskannya," "Kata-kata apakah itu?" tanya Rasulullah.

Aku menjawab, "Dia berkata, Bila engkau hendak tidur, hendaklah membaca ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan 'Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum'."

Dia juga berkata, "Bila engkau mengamalkannya pasti engkau akan selalu dijaga oleh malaikat Allah. Setan pun tidak akan bisa mendekatimu hingga pagi hari."

Para sahabat sangat tertarik pada kebaikan kecil sekalipun, sehingga mereka pasti tertarik pada hal-hal seperti ini.






Nabi bersabda "Ketahuilah, ia telah berkata jujur kepadamu, padahal ia sejatinya adalah seorang pendusta. Tahukah engkau siapa lelaki yang kau ajak bicara selama 3 malam ini Wahai Abu Hurairah?"

Lalu Abu Hurairah pun menjawab, "Tidak, wahai Rasulullah," Rasulullah bersabda, "Lelaki itu adalah setan."

Ayat Kursi tak lain adalah ayat ke-255 surah Al-Baqarah. Dalam Ayat Kursi terdapat 3 macam ajaran tauhid, yakni tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, serta tauhid nama dan sifat Allah. Berikut bacaan Ayat Kursi.

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

"Allah adalah Tuhan. Tidak ada tuhan selain Allah. Allah Maha Hidup lagi Maha Pengatur. Allah tidak tersentuh oleh kantuk dan tidak pula tidur, sehingga tidak pernah lengah. Semua yang ada di langit dan di bumi hanyalah milik Allah. Siapakah yang dapat memberikan pembelaan di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui semua perbuatan manusia ketika masih hidup serta pengaruh yang ditinggalkan sesudah mereka mati. Manusia sama sekali tidak mengetahui sedikit pun tentang ilmu Allah. Manusia hanya mengetahui ilmu yang Allah kehendaki diberikan kepadanya. Singgahsana Allah luas meliputi semua langit dan bumi. Allah tidak sulit untuk memeliharanya. Allah Maha Tinggi kekuasaan-Nya lagi Maha Agung kedudukan-Nya." (QS. Al Baqarah: 255).

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:Berita IslamiblibliMatatelingaTerkinimatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Sabtu, 22 Feb 2020 19:29Berita Sumut

MTQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2020 Resmi Dibuka

Bupati Soekirman resmi membuka MTQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2020 di Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Jum'at (21/2) malam. MTQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2020 akan berlangsung selama 21- 25

Sabtu, 22 Feb 2020 18:15Berita Sumut

Akhyar : Pramuka Mampu Lahirkan Manusia Yang Berkarakter

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kota Medan bertindak sebagai Pembina Upacara pada Peringatan Hut Gudep 07.027-07.028 UPT SMP Negeri 22 Medan sekaligus Giat Pramuka Prestasi I

Sabtu, 22 Feb 2020 18:00Berita Sumut

Gubernur Edy Pastikan Pelayanan Kesehatan Sampai ke Pelosok Desa

Di sela-sela kunjungan kerjanya di Mandailing Natal (Madina), Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyempatkan diri mengunjungi acara Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis yang dilaksanakan di Halaman UPT Puskesmas Ulu Pungkut Kelurahan Huta Godang

Sabtu, 22 Feb 2020 17:00Berita Sumut

Buka Musda Tapak Suci, Akhyar Gelorakan Semangat Medan Jadi Kota Atlet

Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution secara resmi membuka musyawarah daerah (Musda) Pimpinan Daerah 018 Tapak Suci Kota Medan, Sabtu (22/2/2020) di Ballroom Istana Koki Jalan Teuku Cik Ditiro.

Sabtu, 22 Feb 2020 16:45Aceh

Hadiri Kenduri Kebangsaan, Presiden: Mari Bersama Hadapi Tantangan Bangsa

Presiden Joko Widodo hadir dalam acara Kenduri Kebangsaan yang digelar oleh Yayasan Sukma Bangsa dan Forum Bersama (Forbes) anggota DPR dan DPD RI asal Aceh. Acara yang hendak membangun semangat keacehan, keislaman, dan keindonesiaan dalam satu bagian tak

Sabtu, 22 Feb 2020 16:30Berita Sumut

Gubsu Harapkan SMK Negeri 1 Ulu Pungkut Jadi Sekolah Unggulan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ulu Pungkut di Desa Huta Padang Kecamatan Ulu Pungkut Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sabtu (22/2). Unit sekolah baru (USB) ini diharapkan dapat menjadi

Sabtu, 22 Feb 2020 16:15Aceh

Presiden Jokowi Harapkan Penggunaan Anggaran Provinsi Aceh Bermanfaat untuk Rakyat

Aceh merupakan salah satu provinsi penerima anggaran terbesar di Indonesia. Selain APBD yang ada di provinsi, kabupaten, dan kota, Aceh juga memperoleh dana otonomi khusus yang untuk tahun 2020 ini ditetapkan sebesar kurang lebih Rp8,3 triliun di mana ham

Sabtu, 22 Feb 2020 16:00Berita Sumut

Polisi Ungkap Identitas Jasad Wanita yang Ditemukan Membusuk di Asahan

Tim Inafis Polres Simalungun membantu personil Polsek Mandoge mengungkap identitas sesosok mayat wanita Mrs. X dengan bersama-sama mendatangi Rumah Sakit Umum Djasamen Saragih pada Sabtu (22/02/2020) sekira pukul 09.00 wib.

Sabtu, 22 Feb 2020 14:37Berita Sumut

Resmikan Ruang Fitnes, Pangdam Harapkan SDM Rindam I/BB Kian Unggul

Resimen Induk Kodam I/Bukit Barisan (Rindam I/BB) merupakan kawah candradimuka pembentukan Prajurit TNI yang memiliki keunggulan fisik dan tangguh daya juangnya.

Sabtu, 22 Feb 2020 14:14Berita Sumut

Pangdam I/BB Tutup Pendidikan Pertama Bintara PK Tahun 2019

Pada Penutupan Pendidikan Pertama Bintara PK tahun 2019 Pangdam I/BB dalam amanatnya menyampaikan, selamat dan sukses kepada para Bintara remaja atas keberhasilan yang telah kalian capai dan mampu menyelesaikan pendidikan pertama Bintara TNI AD tahun angg

Sabtu, 22 Feb 2020 13:57Nasional

Sergap Kapal Penyelundup Narkoba di Riau, TNI AL Sita 11 Kg Sabu dan 63 Ribu Butir Ekstasi

Personil Fleet One Quick Response (F1QR) Lanal Dumai Pangkalan TNI Angkatan Laut Satu (Lantamal I) Belawan, menyergap kapal penyelundup narkoba di Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Jum’at, (21/2). Dalam penyergapan ini, petugas TNI AL meringkus 2 or

Sabtu, 22 Feb 2020 12:45Berita Sumut

Satnarkoba Polres Sergai Kembali Sisir Desa Nagur

Untuk yang ketiga kalinya, tim Satnarkoba Polres Serdang Bedagai menyisir kembali kampung narkoba di Dusun I, Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Jumat (21/2/2020).

Sabtu, 22 Feb 2020 12:30Berita Sumut

Ini Jumlah Peserta SKD CPNS Kejaksaan RI di Kejati Sumut yang Melewati Ambang Batas

Pelaksanaan Kegiatan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kejaksaan RI Formasi Tahun 2019 Wilayah Kejati Sumut berjalan dengan baik. Pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Hotel Garuda Plaza Medan, Jalan Sisingamangar

Sabtu, 22 Feb 2020 12:15Berita Sumut

Turnamen Daihatsu Astec Open Kembali Hadir di Medan

Setelah sukses digelar tahun lalu, turnamen bulutangkis Daihatsu Astec Open (DAO), akan kembali hadir di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Dijadwalkan DAO 2020 akan dihelat di Gedung PBSI Sumut, Jalan William Iskandar, Medan, pada 25-29 Februari 2020.

Sabtu, 22 Feb 2020 12:00Berita Sumut

Pengcab Forki Medan Gelar Raker

Pengurus Cabang (Pengcab) Federasi Olah Raga Karate Indonesia (FORKI) Kota Medan periode 2019-2023, menggelar rapat kerja (Raker) terbatas pengurus di Aula Medan Club Jalan RA Kartini Medan, Jumat (21/2). Raker ini diharapkan dapat membuat program pembina

Sabtu, 22 Feb 2020 11:45Berita Sumut

FSMI Akan Tetap Monitor Kasus Mega Korupsi di Negeri Ini

Banyaknya kasus-kasus besar terkait korupsi di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara masih banyak yang belum dituntaskan dan terkesan supremasi penegakan hukum masih tebang pilih dalam memberantas korupsi di Negeri ini. Banyaknya misteri-misteri hukum ya