• Home
  • Lifestyle
  • Tak Semua Berhati Mulia, Berikut 6 Wanita Tangguh yang Diabadikan Namanya dalam Al Qur'an

Tak Semua Berhati Mulia, Berikut 6 Wanita Tangguh yang Diabadikan Namanya dalam Al Qur'an

Mtc Sabtu, 20 April 2019 10:00 WIB
GOOGLE
Ilustrasi
MATATELINGA: Sejak zaman nabi, perempuan punya peranan besar dalam kehidupan. Mereka dijadikan panutan bagi banyak orang karena pengalaman hidupnya menyentuh.



Sejak dulu tugas perempuan juga sudah berat, tidak kalah dari kaum adam. Tak hanya baik dalam budi pekerti, perempuan di zaman nabi juga wajib dihormati derajatnya.

Bahkan perempuan oleh Allah SWT dijadikan tamsil atau contoh teladan, yang disebutkan dalam Alquran. Bukan saja teladan yang baik, mereka yang kerap bersikap buruk pun dituliskan kisahnya dalam kitab suci umat Islam tersebut.

Siapa sajakah nama-nama perempuan hebat yang kisah hidupnya disebutkan di dalam Al Qur'an ya? Ustadz Fauzan Amin membeberkannya lebih lanjut, kepada wartawan, Sabtu (20/4/2019).

1. Maryam

Perempuan yang dikenal sebagai ibunda Nabi Isa ini paling sering disebut di dalam Alquran. Bahkan menjadi nama salah satu surat dalam kitab suci, yaitu Surat Maryam.

Bukan di situ saja, kisah hidup Maryam yang bikin orang lain takjub itu juga tertulis di dalam Surat Al-Imran, Surat Al-Baqarah, An-Nisaa, Al-Ma'idah, At-Taubah, Al-Mu'minun, Al-Ahzab, Al-Hadid, As-Saff, dan Surat at-Tahrim.

Adapun ayat yang menjelaskan terkait Maryam dalam Alquran adalah:

وَمَرْيَمَ ابْنَتَ عِمْرَانَ الَّتِي أَحْصَنَتْ فَرْجَهَا فَنَفَخْنَا فِيهِ مِنْ رُوحِنَا وَصَدَّقَتْ بِكَلِمَاتِ رَبِّهَا وَكُتُبِهِ وَكَانَتْ مِنَ الْقَانِتِينَ


"(ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami. Dan Dia membenarkan kalimat Rabbnya dan kitab-kitab-Nya, dan Dia adalah Termasuk orang-orang yang taat" (QS At-Tahrim: 12)



2. Zulaikha

Zulaikha sering menjadi ikon asmara dalam kisah-kisah cinta. Misalnya kisah asmaranya dengan Nabi Yusuf yang ganteng. Alquran menceritakan bahwa cinta adalah anugerah Allah. Tetapi agama mengatur cara bercinta yang sesuai tuntunan, yaitu melalui akad nikah yang sah.

Berikut cuplikan ayat tentang kisah Zulaikha:

فَلَمَّا سَمِعَتْ بِمَكْرِهِنَّ أَرْسَلَتْ إِلَيْهِنَّ وَأَعْتَدَتْ لَهُنَّ مُتَّكَـًٔا وَءَاتَتْ كُلَّ وَٰحِدَةٍ مِّنْهُنَّ سِكِّينًا وَقَالَتِ ٱخْرُجْ عَلَيْهِنَّ ۖ فَلَمَّا رَأَيْنَهُۥٓ أَكْبَرْنَهُۥ وَقَطَّعْنَ أَيْدِيَهُنَّ وَقُلْنَ حَٰشَ لِلَّهِ مَا هَٰذَا بَشَرًا إِنْ هَٰذَآ إِلَّا مَلَكٌ كَرِيمٌ

Maka tatkala wanita itu (Zulaikha) mendengar cercaan mereka, diundangnyalah wanita-wanita itu dan disediakannya bagi mereka tempat duduk. Dan diberikannya kepada masing-masing mereka sebuah pisau (untuk memotong jamuan). Kemudian dia berkata (kepada Yusuf): "Keluarlah (nampakkanlah dirimu) kepada mereka".

Maka tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum kepada (keelokan rupanya). Dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata: "Maha sempurna Allah SWT, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia". (Yusuf 12:31)

3. Ratu Bilqis

Ratu Bilqie adalah seorang ratu cantik jelita di Negeri Saba', akan tetapi berhasil ditaklukkan oleh Nabi Sure, lalu masuk Islam.

قَالَتْ يَا أَيُّهَا الْمَلأ إِنِّي أُلْقِيَ إِلَيَّ كِتَابٌ كَرِيمٌ (29)


Berkata ia (Balqis) "Hai pembesar-pembesar, sesungguhnya telah dijatuhkan kepadaku sebuah surat yang mulia.



4. Para istri Nabi Muhammad

Beberapa gambaran soal istri Nabi Muhammad SAW juga tertuang di dalam ayat-ayat suci Alquran. Seperti apa bunyi ayat tersebut?

يَٰنِسَآءَ ٱلنَّبِىِّ لَسْتُنَّ كَأَحَدٍ مِّنَ ٱلنِّسَآءِ ۚ إِنِ ٱتَّقَيْتُنَّ فَلَا تَخْضَعْنَ بِٱلْقَوْلِ فَيَطْمَعَ ٱلَّذِى فِى قَلْبِهِۦ مَرَضٌ وَقُلْنَ قَوْلًا مَّعْرُوفًا


"Hai istri-istri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti perempuan yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara, sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya, lalu ucapkanlah perkataan yang baik. (QS Al-Ahzab 33:32)

Selanjutnya,

جَعَلَ اللَّهُ لِرَجُلٍ مِّن قَلْبَيْنِ فِي جَوْفِهِ وَمَا جَعَلَ أَزْوَاجَكُمُ اللَّائِي تُظَاهِرُونَ مِنْهُنَّ أُمَّهَاتِكُمْ وَمَا جَعَلَ أَدْعِيَاءكُمْ أَبْنَاءكُمْ ذَلِكُمْ قَوْلُكُم بِأَفْوَاهِكُمْ وَاللَّهُ يَقُولُ الْحَقَّ وَهُوَ يَهْدِي السَّبِيلَ

"Allah SWT sekali-kali tidak menjadikan bagi seseorang dua buah kalbu dalam rongganya. Dan Dia tidak menjadikan istri-istrimu yang kamu zhihar itu sebagai ibumu. Dan Dia tidak menjadikan anak-anak angkatmu sebagai anak kandungmu (sendiri). Yang demikian itu, hanyalah perkataanmu di mulutmu saja. Dan Allah mengatakan yang sebenarnya dan Dia menunjukkan jalan (yang benar)." (QS Al-Ahzab, 4)



5. Asiyah

Asiyah binti Muzahim, istri raja Fir'aun yang berkuasa di masa Nabi Musa As. Bahkan, Allah SWT menjadikan Asiyah perumpamaan bagi orang-orang beriman. Asiyah adalah contoh perempuan yg teguh iman & tidak tergoda sedikitpun oleh kenikmatan kekuasaan dan harta.

Allah SWT menyebutkan kisahnya dalam Alquran:

وَضَرَبَ اللهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا امْرَأَتَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ


"Dan Allah membuat istri Fir'aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: "Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir'aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim. (QS at-Tahrim ayat 11).

Kedua:

وَقَالَتِ امْرَأَتُ فِرْعَوْنَ قُرَّتُ عَيْنٍ لِي وَلَكَ ۖ لَا تَقْتُلُوهُ عَسَىٰ أَنْ يَنْفَعَنَا أَوْ نَتَّخِذَهُ وَلَدًا وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ


"Dan berkatalah istri Fir'aun: "(Ia) adalah penyejuk mata hati bagiku dan bagimu. Janganlah kamu membunuhnya, mudah-mudahan ia bermanfaat kepada kita atau kita ambil ia menjadi anak", sedang mereka tiada menyadar. (Qs Al- Qashas: 9)



6. Istri Nuh dan istri Luth

Dalam Alquran tidak hanya contoh yang baik2 saja yg di sampaikan. Contoh perempuan beraklak buruk juga ada. Berikut ada dua perempuan istri nabi yg tetap ingkar kepada Allah:

Al Quran menceritakan;

ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ كَفَرُوا امْرَأَتَ نُوحٍ وَامْرَأَتَ لُوطٍ ۖ كَانَتَا تَحْتَ عَبْدَيْنِ مِنْ عِبَادِنَا صَالِحَيْنِ فَخَانَتَاهُمَا فَلَمْ يُغْنِيَا عَنْهُمَا مِنَ اللَّهِ شَيْئًا وَقِيلَ ادْخُلَا النَّارَ مَعَ الدَّاخِلِينَ


"Allah membuat istri Nuh dan istri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami.

Lalu kedua isteri itu berkhianat kepada suaminya (masing-masing), maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah SWT, dan dikatakan (kepada keduanya): "Masuklah ke dalam jahanam bersama orang-orang yang masuk (jahanam)".

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:blibligaya hidupMatatelingaTerkini
Komentar
Sabtu, 17 Agu 2019 19:39Berita Sumut

Warga Jalan Karya Pasar IV Marindal -1 Siap Dukung Polri Berantas Narkoba

Masyarakat Jalan Karya Pasar IV Marindal-1 Kecamatan Patumbak Deli Serdang menyatakan siap mendukung Polri.khususnya Polsek Patumbak dalam hal pemberantasan narkoba. Hal itu terbukti ada bebera spanduk yang terpasang dengan tulisan "Warga Jalan Kary

Sabtu, 17 Agu 2019 19:13Berita Sumut

Upacara HUT ke-74 RI di Kota Binjai

Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74 berlangsung khidmat dan lancar, ratusan masyarakat terlihat memadati Lapangan Merdeka Binjai untuk menyaksikan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Sabtu (17/8)

Sabtu, 17 Agu 2019 18:45Berita Sumut

Ini Kemeriahan Perayaan HUT RI di POS Medan

Setiap kali memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus selalu ditunggu-tunggu di lingkungan sekolah PrimeOne School Medan, karena akan ada beberapa perlombaan yang digelar untuk memeriahkan

Sabtu, 17 Agu 2019 18:25Internasional

Hadang Demonstran, Militer China Berlatih Menggunakan Garpu Listrik

Militer China terlihat berlatih menggunakan perangkat garpu raksasa yang bertujuan untuk mengendalikan unjuk rasa yang berujung rusuh. Mengutip Mirror, Sabtu (17/8/2019) senjata tersebut diyakini bisa melancarkan listrik dalam upaya untuk meredam segala a

Sabtu, 17 Agu 2019 17:45Lifestyle

Ternyata, Zodiak Ini Merasa Lebih Bahagia saat Jomblo!

Saat usia muda, banyak orang berharap memiliki seorang atau sesosok pasangan. Mereka membutuhkannya karena beragam alasan, bisa karena mereka membutuhkan perhatian dari orang lain alias haus kasih sayang sehingga tak betah jadi jomblo.

Sabtu, 17 Agu 2019 17:38Berita Sumut

Irup HUT Kemerdekaan RI, Manajer Kebun Bukit Lima Apresiasi Pemanen

Dalam rangka pelaksanaan HUT ke 74 Kemerdekaan RI yang mengusung tema SDM Unggul Indonesia Maju, Unit Usaha Kebun Bukit Lima Kecamatan Bosar maligas, Simalungun sabtu (17/08) juga menggelar berbagai kegiatan perlombaan di lapangan bola kaki kebun,

Sabtu, 17 Agu 2019 17:23Berita Sumut

Peserta Upacara HUT Kemerdekaan ke 74 RI di Kabupaten Simalungun Kenakan Pakaian Adat

Pemerintah Kabupaten Simalungun menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia dengan memakai pakaian adat dari daerah asal masing-masing. Upacara dilaksanakan di Lapangan SLTP Negeri 1 Pamatang Raya, Kecamatan Raya, Si

Sabtu, 17 Agu 2019 17:08Berita Sumut

Ini Rangkaian Peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI di Kabupaten Sergai

Plh. Bupati Sergai H Darma Wijaya memimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT ke-74 RI Tahun 2019 di Lapangan Bola Kaki Desa Firdaus Kec Sei Rampah, Sabtu (17/8). Peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih di Kabupaten Serdang Be

Sabtu, 17 Agu 2019 16:49Berita Sumut

Dolok Panjaitan Sumbang Rp 15 Juta Untuk Olahraga SIlaen

Dolok M Panjaitan menyumbang 15 juta rupiah untuk pembinaan sepakbola Kecamatan Silaen Kabupaten Toba Samosir. Sumbangan ini diberikan untuk membantu para pemain agar lebih bersemangat dalam permainan sepakbola.

Sabtu, 17 Agu 2019 15:44Berita Sumut

Meriahkan HUT RI, PTPN IV Kebun Gunung Bayu Gelar Berbagai Perlombaan

Manajemen PTPN IV Unit Usaha Kebun Gunung Bayu Kecamatan Bosar Maligas, Simalungun bersama PKS menggelar berbagai jenis perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 Kemerdekaan RI, Sabtu,(17/08).

Sabtu, 17 Agu 2019 15:29Berita Sumut

Ini Pasar Terbersih dan Terjorok Versi PD Pasar Medan

Perayaan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar Perusahaan Daerah (PD) Pasar di halaman kantor PD Pasar Lantai 3 Pasar Petisah Medan berlangsung meriah, Sabtu (17/8). Selain melaksanakan upacara bendera, acara juga diisi dengan serangkaian

Sabtu, 17 Agu 2019 15:14Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Upacara Peringati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI

Pemko Medan menggelar upacara penaikan bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Benteng, Medan, Sabtu (17/8). Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bertindak sebagai inspektur upacara, sedang

Sabtu, 17 Agu 2019 14:56Berita Sumut

Irup HUT ke 74 Kemerdekaan RI, Plt Bupati Asahan Apresiasi Regu Paskibra

Pemerintah Kabupaten Asahan memperingati HUT Kemerdekaan ke 74 RI di alun-alun kota Kisaran, Sabtu 17 Agustus 2019. Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Plt.Bupati Asahan H.Surya sementara pasukan pengibar bendera dipimpin Letda (Inf) S.Manalu yang

Sabtu, 17 Agu 2019 14:40Berita Sumut

Semarak HUT Kemerdekaan ke 74 RI di Kebun Mayang

Seluruh karyawan dan Karpim, PTPN IV Unit Usaha Kebun Mayang, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun memeriahkan HUT Kemerdekaan ke 74 RI dengan menggelar jalan santai, Sabtu (17/8). Selain itu, acara tersebut juga dimeriahkan dengan berbagai perlo

Sabtu, 17 Agu 2019 14:28Nasional

AJI Jakarta Kecam Kekerasan dan Intimidasi Polisi terhadap Jurnalis

Sejumlah jurnalis mengalami kekerasan dan intimidasi oleh aparat kepolisian saat meliput massa pengunjuk rasa di sekitar Gedung DPR/MPR Jakarta, Jumat (16/8/2019). Sedikitnya enam jurnalis mengalami kekerasan.

Sabtu, 17 Agu 2019 14:16Nasional

Ini Mahar Roger Danuarta Untuk Cut Meyriska

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Medan Selayang, Drs H.Turino yang menjadi tuan kadi pernikahan Roger Danuarta- Cut Ratu Meyriska menyebutkan Roger memberikan mahar pernikahan berupa emas seberat 150 gram kepada sang istri.