Tanpa Disadari, ini Lah 5 Kesalah saat Berwudhu

Mtc Rabu, 16 Oktober 2019 07:45 WIB
Hand Over
Ilustrasi
MATATELINGA: Berwudhu dilakukan untuk membersihkan diri dari berbagai hadas kecil dan ini lah hal pertama yang dilakukan saat kita hendak shalat.




[adx]

Namun orang berwudhu tak hanya saat mau shalat saja. Terkadang sebelum tidur kita juga dianjurkan berwudhu agar tidur dalam keadaan suci.

Meski demikian, masih banyak orang yang tanpa sadar melakukan kesalahan saat berwudhu. Berikut ini terdapat 5 kesalahan dalam berwudhu yang jarang diketahui orang:

1. Membaca basmalah di kamar kecil

Setiap hal baik disunnahkan membaca basmalah sebelum melakukannya. Oleh karena itu, basmalah juga disunnahkan membacanya sebelum berwudhu. Kerap kali umat muslim melakukan wudhu di kamar kecil atau kamar mandi yang menyebabkan basmalah tidak disunnahkan diucapkan. Biasanya bagi mereka yang tidak menemukan tempat khusus untuk wudhu.

Seperti dilansir dari website Pondok Pesantren Tebu Ireng, pada umumnya orang yang terbiasa melafalkan basmalah, masih membaca basmalah saat di kamar kecil karena lupa. Padahal hal ini tidak diperbolehkan, karena di dalam basmalah terkandung nama Allah. Hal ini juga terkait dengan adab di dalam kamar mandi, yakni tidak diperbolehkan bicara dan bersuara. Untuk itu, basmalah hanya dibatin dalam hati dan tidak perlu diucapkan dalam lisan. (Hasyiyah asy-Syibramalsi Nihayatul Muhtaj, juz I, hal 55)




[adx]

2. Kaki tidak terangkat saat dibasuh

Dalam sebuah hadis dijelaskan, "Sempurnakanlah wudhu." (HR. Muslim)

Rukun wudhu kelima adalah membasuh kedua kaki sampai mata kaki. Basuhan air harus merata sampai ke sela-sela jari dan telapak kaki. Kasus terjadi ketika seorang berwudhu menggunakan bak, bukan pancuran. Ketika membasuh kaki, orang tersebut tidak mengangkat kakinya yang masih menempel di lantai. Akibatnya, bagian telapak kaki tidak terbasuh, padahal wajib. Ia merasa kakinya sudah basah dan mengira bahwa basuhan sudah merata. Padahal basah tersebut adalah karena lantainya yang sudah basah, bukan hasil dari basuhan. (al-Hawi fi Fiqhis Syafi'I, juz I, hal 363) Seri Tradisi Pesantren (2) Identitas Keilmuan Pesantren

3. Hitungan satu kali

Rasulullah berwudhu tiga-tiga, lalu bersabda, "Beginilah wudhu. Barangsiapa yang menambah atau mengurangi, maka ia telah mencacat wudhunya dan dzalim." (HR. Abu Dawud)

Di dalam wudhu disunnah juga tatslits (melakukan tiga kali) dalam mengusap dan membasuh. Sebagaimana hadis di atas, menambah dan menguranginya hukumnya makruh. Jika seseorang membasuh tangan tiga kali, air baru merata, maka itu belum disebut tastslits. Akan tetapi, hitungan satu kali basuhan ialah ketika air sudah merata di seluruh permukaan tangan. Baru kemudian basuhan kedua juga merata, dan basuhan ketiga. (Asnal Mathalib, juz I, hal 206)




[adx]

4. Kuku yang kotor

Memotong kuku merupakan anjuran Nabi terlebih ketika Hari Jumat. Namun banyak orang yang masih memanjangkan kukunya. Kalau orang membiarkan kotoran hitam bersarang di bawah kukunya, lalu apakah wajib membersihkan kuku sebelum berwudhu?

Hal yang diwajibkan dalam wudhu adalah meratakan air ke seluruh permukaan kulit yang wajib dibasuh. Orang yang berwudhu wajib menghilangkan hal-hal yang menghalangi masuknya air, seperti lem, lilin dan sejenisnya. Begitu pula dalam masalah kotoran kuku, harus dibersihkan jika itu menghalangi masuknya air ke bawah kuku. Apalagi kalau kotoran tersebut termasuk benda najis, maka sudah tentu wajib dihilangkan. (Mughnil Muhtaj, juz I, hal 240)




[adx]

5. Tidak mencelupkan kaki

Ini adalah fenomena yang terjadi pada banyak orang, terutama yang tidak menyadari keberadaan najis di telapak kakinya. Banyak masjid menjadi korban ketidaktahuan mereka, khususnya pada masjid yang tempat wudhunya berdampingan dengan tempat kencing. Orang seringkali saat hendak masuk ke masjid tidak mencelupkan kakinya dulu ke dalam bak atau kolam yang telah disediakan. Padahal bak tersebut nantinya bisa menghilangkan keraguan suci tidaknya kaki.

Bahkan ada orang yang sengaja melompati dan melewatkan bak tersebut. Ini berakibat najis yang dibawanya tersebar ke mana-mana. Oleh karena itu, setiap ada bak cuci atau kolam hendaknya mutawadhi' (orang yang wudhu) mencelupkan kaki di bak tersebut.

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:Berita IslamiblibliMatatelingaTerkinimatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Jumat, 03 Jul 2020 23:45Lifestyle

Hubungan Asmara Cita Citata dengan Roy Geurts, Kenapa..?

Sebelumnya diberitakan, Cita Citata mengumumkan bahwa hubungan asmaranya dengan Roy Geurts sudah berakhir.

Jumat, 03 Jul 2020 23:30Berita Sumut

Diduga Pelaku Kerusuhan Mompang Julu, 11 Orang Diamankan Polres Madina

Sebanyak 11 orang diduga pelaku kerusuhan di Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Madina, diamankan. Hal tersebut dikatakan Dikabarkan Kapolres Mandailing Natal (Madina) AKBP Horas Tua Silalahi.

Jumat, 03 Jul 2020 23:15Bola

Kabar Buruk Menimpa Lazio, Jelang Laga Lazio vs Milan

jelang laga kontra AC Milan pada pekan 30 Liga Italia 2019-2020, Minggu 5 Juli dini hari WIB, kabar buruk menimpa Lazio

Jumat, 03 Jul 2020 23:00Nasional

Diduga Kasus Suap Proyek, Bupati Kutai Timur dan Istrinya Tersangka

Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur, ISM, dan istrinya yang merupakan Bupati Kutai Timur, EU ditetapkan KPK sebagai tersangka suap terkait proyek pekerjaan infrastruktur tahun anggaran 2019 sampai 2020

Jumat, 03 Jul 2020 22:07Internasional

Insiden Tanha Longsor dikabarkan 162 Orang Meninggal

Dalam insiden tanah longsor di sebuah pertambangan batu giok di Myanmar sebelah utara meninggal meningkat sedikitnya 162, dan dikhawatirkan lebih banyak lagi yang tewas, kata pihak berwenang.

Jumat, 03 Jul 2020 21:00Berita Sumut

Angkutan Kota Ludes Terbakar, Penumpang Selamat

Para pengguna jalan raya matanya tertuju pada Angkutan kota jurusan Terminal Sambo-Tanjung Morawa padat penumpang. Pasalnya, angkutan Kota terbakar di kawasan Jalan Sisingamangaraja Medan

Jumat, 03 Jul 2020 20:53Berita Sumut

Hilang Kendali Truk Bermuatan Kayu Nyaris Timpa Rumah Warga

Satu unit Truk Colt Diesel BK 9441 YK berwarna kuning bermuatan kayu terbalik di Jalan Medan Km 6, Kelurahan Tanjung Tongah, Kecamatan Siantar Martoba Pematangsiantar

Jumat, 03 Jul 2020 19:50Berita Sumut

Mantan Polisi Serang Polisi, Terkapar di Terjang Timah Panas

Personil Reskrim Polsek Medan Timur terpaksa menembak seorang pelaku narkoba di Jalan Bukit Barisan Gang Pandan Kelurahan Glugur Darat II Kecamatan Medan Timur

Jumat, 03 Jul 2020 19:35Berita Sumut

Karyawan Mini Market Di Tebing Tinggi Positif Covid-19

Seorang karyawan mini market menambah daftar warga Tebing Tinggi yang terpapar covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab.

Jumat, 03 Jul 2020 19:20Berita Sumut

Dua Puluh Tahanan Polres Tebing Tinggi Jalani Rapid Test

Sebanyak 20 orang tahanan Polres Tebing Tinggi menjalani rapid test COVID-19, Jumat (3/7/2020), di Mapolres Tebing Tinggi

Jumat, 03 Jul 2020 19:05Berita Sumut

Mendagri Tito Karnavian Turun Langsung Koordinasikan Kesiapan Pilkada di Wilayah Sumut

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian turun langsung untuk mengkoordinasikan kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Sumatera Utara.

Jumat, 03 Jul 2020 18:50Berita Sumut

Ketua Bhayangkari Sumut Serahkan Paket Bansos Bagi Tim Medis

Ketua Bhayangkari Polda Sumut, Ny Risma Martuani Sormin, menyerahkan bantuan sosial (bansos-red) kepada para tim medis

Jumat, 03 Jul 2020 18:35Nasional

Pangdam I/BB Kunjungan Kerja Ke Polda Riau

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA. MSc., melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Mapolda Riau dan disambut langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si. beserta PJU Polda Riau

Jumat, 03 Jul 2020 18:20Berita Sumut

Pangdam I/BB : Laksanakan Tugas Secara Profesional, Tingkatkan Soliditas antara TNI-Polri

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA., MSc., Melaksanakan kunjungan perdananya ke satuan wilayah jajaran Kodam I/BB yaitu Korem 031/WB Pekanbaru Prov. Riau dan disambut langsung oleh Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI M. Syech Ismed, S.E, M.Han serta Pra

Jumat, 03 Jul 2020 18:05Internasional

Pembunuhan Jurnalis Jamal Khasoggi di Tahun 2018 Mulia di Sidangkan

Persidangan terhadap 20 pejabat Arab Saudi atas pembunuhan jurnalis Jamal Khasoggi di tahun 2018, akan mulai disidangkan pengadilanTurki

Jumat, 03 Jul 2020 17:50Nasional

Satgas Yonif 125/Simbisa Dampingi Guru Saat Pendaftaran Siswa Baru

Salah satu tujuan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana yang tertuang di dalam Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.