• Home
  • Lifestyle
  • Ternyata Bedong Bayi Bisa Sebabkan Resiko Fatal Ini

Ternyata Bedong Bayi Bisa Sebabkan Resiko Fatal Ini

Fidel W Rabu, 08 Agustus 2018 12:08 WIB
bedong bayi / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta:  Bedong adalah salah satu cara tradisional yang dilakukan orang tua pada bayi yang baru lahir. Aktivitas membedong atau membungkus bayi dengan kain kerap dilakukan rumah tangga untuk menjaga bayi tetap hangat.

Di samping itu membedong juga dianggap dapat mencegah kelainan pertumbuhan tulang khususnya kaki pada anak.

Akan tetapi dokter spesialis bedah ortopedi Faisal Miraj menampik anggapan ini. Dokter yang sehari-hari berpraktik di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya ini mengatakan bahwa membedong bayi dapat mengakibatkan dislokasi panggul.

"Orang membedong anggapannya biar kaki enggak bengkok, padahal ini berbahaya," katanya saat diskusi media di The Hook, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (7/8).

Faisal menjelaskan bayi memiliki sendi panggul yang lentur. Kebiasaan membedong membuat posisi kaki bayi lurus dan rapat. Sendi panggul yang lentur ini kemudian tertarik masuk. Namun saat bedong dilepas, sendi panggul akan kembali keluar.

Kebiasaan pasang bedong dan lepas bedong berulang justru akan menyebabkan sendi panggul lama-kelamaan keluar.

Lebih lanjut lagi ia menambahkan membedong dapat membuat pertumbuhan tulang anak terganggu. Panjang tungkai berbeda dan anak dapat berdiri atau berjalan miring.

"Di sini seharusnya mangkok sendi bagus, bonggol panggul berada pada tempatnya, tapi terjadi dislokasi panggul," imbuhnya.

Dislokasi panggul ini akan juga berisiko menyebabkan kepincangan karena panjang kaki yang berbeda.

Sendi panggul yang abnormal ini terlihat dari jumlah lipatan pada kulit paha belakang. Saat bayi pada posisi tengkurap, perhatikan lipatan pada kulitnya. Jika jumlahnya berbeda antara kedua sisinya, kata dia, maka ada sesuatu yang salah pada sendi panggul.

Faisal pun mengingatkan orang tua untuk tidak lagi membedong bayinya. Sebaiknya bayi dibiarkan pada posisi natural yakni agak mengangkang. Pada posisi ini, bonggol panggul berada pada mangkoknya sehingga pertumbuhan tulang anak normal. Orang tua pun tak perlu khawatir kaki anak bakal bengkok.

Di sisi lain, orang tua perlu memperhatikan penggunaan baby walker atau sejenis mainan yang dapat merangsang motorik anak untuk berjalan. Faisal berkata salah satu penyebab kelainan ortopedi anak ialah early walker atau fase berjalan anak yang terlalu awal.

Baby walker, lanjut Faisal, memang merangsang anak untuk berjalan tetapi terlalu awal. Akibatnya, kaki anak dapat berbentuk O tetap. Kondisi ini semakin diperparah jika anak punya bawaan atau bakat kaki O sehingga mempercepat kerusakan bentuk kaki.

Menurutnya, pertumbuhan motorik tiap anak berbeda. Jika belum waktunya, sebaiknya orang tua tidak memaksa anak berjalan.

"Anak usia 9-10 bulan dia mulai berdiri. Berdiri mantap di usia setahun, lalu jalan. Sebelum setahun sebaiknya jangan dikasih baby walker," katanya.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:bayibedongbedong bayikain bedong
Komentar
Sabtu, 20 Apr 2019 18:29Berita Sumut

Kapolrestabes Medan Pantau Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto turun langsung memantau rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 untuk Tingkat Panitia pemilihan Kecamatan(PPK) Kecamatan Medan Sunggal di aula Kantor Lurah Tanjung Rejo jalan

Sabtu, 20 Apr 2019 17:45Berita Sumut

Menyusuri Sungai Babura, Gubsu Prihatin Banyak Sampah

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution dan rombongan menyusuri Sungai Babura, Sabtu (20/4). Kegiatan susur sungai yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut dan Badan Wilayah Sungai (B

Sabtu, 20 Apr 2019 17:32Berita Sumut

Wong Chun Sen Apresiasi Masyarakat yang Datang ke TPS

Ketua Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabudhi) Sumut Drs. Wong Chun  Sen, M.PdB, Sabtu (20/4/2019) menyampaikan apresiasinya kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah menyalurkan hak politiknya dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara pada tangg

Sabtu, 20 Apr 2019 17:26Berita Sumut

Bunga Bangkai Mekar di Rumah Warga Deliserdang

Bunga bangkai mekar di pekarangan rumah warga, di Jalan Sederhana, Dudun X Raya, Desa Sambirejo Timur, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Kemunculan bunga bangkai ini pun menghebohkan warga sekitar.

Sabtu, 20 Apr 2019 17:02Berita Sumut

Mobil Terbakar di Jalan S. Parman Hebohkan Pengguna Jalan

Satu unit mobil tiba-tiba terbakar di kawasan Jalan S. Parman Medan, pada Sabtu (20/4/2019) siang. Sontak, kejadian ini menghebohkan para pengendara yang saat itu melintas.

Sabtu, 20 Apr 2019 16:19Berita Sumut

Diyakini Lolos ke DPRD Sumut, Zainuddin Purba Banjir Ucapan Selamat

Meski saat ini proses penghitungan suara masih terus berlangsung di tiap tingkatan, namun banyak warga terutama warganet sudah menyampaikan ucapan selamat kepada Ketua DPRD Binjai H Zainuddin Purba SH yang diyakini bakal mulus melenggang ke DPRD Sumatera

Sabtu, 20 Apr 2019 12:49Berita Sumut

Gugur Usai PAM TPS, Aiptu Jonter Dapat Kenaikan Pangkat

Polri memberikan kenaikan pangkat luar biasa kepada Aiptu Jonter Siringoringo, anggota Satreskrim Polres Dairi yang gugur usai mengawal pemungutan suara di TPS. Upacara kenaikan pangkat rencananya akan digelar hari ini, Sabtu (20/4/2019 ) di Mapolres Da

Sabtu, 20 Apr 2019 12:26Berita Sumut

Dua Kecamatan di Medan Pinjam Gedung Simpan Kotak Surat Suara

Dua dari 21 kecamatan yang ada di Medan terpaksa meminjam gedung untuk menyimpang kotak surat suara Pemilu 2019. Langkah ini dilakukan karena aula kecamatan tidak mampu menampung kotak suara.

Sabtu, 20 Apr 2019 12:11Berita Sumut

Kodam I/BB Berlakukan Status Siaga 1 Seluruh Jajaran

Kodam I/Bukit Barisan memberlakukan status Siaga 1 kepada seluruh jajarannya yang meliputi empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kepri).

Sabtu, 20 Apr 2019 11:48Berita Sumut

Soal Banjir Rob, Warga Belawan Tagih Janji Walikota

Dulu saat berkampanye di Medan Utara khususnya di Kota Belawan H Zulmi Eldin Msi berjanji akan memasang Turap di sepanjang pantai agar air pasang ROB tidak merendam perumahan warga.

Sabtu, 20 Apr 2019 10:27Berita Sumut

Polri Berduka, Personil Satreskrim Polres Dairi Gugur Usai Kelelahan Jaga TPS

Jajaran Polri berduka kehilangan salah seorang personilnya yang bertugas mengawal TPS di Kabupaten Dairi. Aiptu Jonter Siringoringo (51) diketahui gugur setelah menjalankan tugas mengawal tempat pemungutan suara (TPS) di Tiga Baru, Kecamatan Pegagan Hil

Sabtu, 20 Apr 2019 10:00Lifestyle

Tak Semua Berhati Mulia, Berikut 6 Wanita Tangguh yang Diabadikan Namanya dalam Al Qur'an

Sejak zaman nabi, perempuan punya peranan besar dalam kehidupan. Mereka dijadikan panutan bagi banyak orang karena pengalaman hidupnya menyentuh.

Sabtu, 20 Apr 2019 09:45Lifestyle

3 Selebriti Ini Ungkap Pacaran Settingan Vicky Prasetyo

Nama Vicky Prasetyo dalam dunia hiburan selebriti memang dikenal sosok yang kontroversial, apalagi bicara soal kisah asmara dengan deretan publik figur.

Sabtu, 20 Apr 2019 09:32Berita Sumut

Pasutri Embat Tas Milik Istri Supir PT.BSP DiKepung Massa

Warga komplek PT.Bakrie Sumatera Plantitions (BSP) mendadak ramai dan berhamburan keluar rumah setelah mendengar teriakan "Maling ...maling...jambret..",Jum'at (19/4/2019).

Sabtu, 20 Apr 2019 09:30Ekonomi

Tertekan Poundsterling, Indeks Dolar AS Melemah

Indeks dolar AS menurun pada akhir perdagangan 19 April 2019. Dolar melemah di tengah pound Inggris yang lebih kuat

Sabtu, 20 Apr 2019 09:15Ekonomi

Harga Pangan Naik Bawang Putih Rp50.000/Kg Jelang Bulan Puasa

Menjelang bulan suci Ramadan, sejumlah harga bahan pokok mulai merangkak naik di pasar-pasar tradisional. Di antaranya harga bawang putih yang harganya sudah naik.