• Home
  • Lifestyle
  • Ternyata Bedong Bayi Bisa Sebabkan Resiko Fatal Ini

Ternyata Bedong Bayi Bisa Sebabkan Resiko Fatal Ini

Fidel W Rabu, 08 Agustus 2018 12:08 WIB
bedong bayi / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta:  Bedong adalah salah satu cara tradisional yang dilakukan orang tua pada bayi yang baru lahir. Aktivitas membedong atau membungkus bayi dengan kain kerap dilakukan rumah tangga untuk menjaga bayi tetap hangat.

Di samping itu membedong juga dianggap dapat mencegah kelainan pertumbuhan tulang khususnya kaki pada anak.

Akan tetapi dokter spesialis bedah ortopedi Faisal Miraj menampik anggapan ini. Dokter yang sehari-hari berpraktik di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya ini mengatakan bahwa membedong bayi dapat mengakibatkan dislokasi panggul.

"Orang membedong anggapannya biar kaki enggak bengkok, padahal ini berbahaya," katanya saat diskusi media di The Hook, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (7/8).

Faisal menjelaskan bayi memiliki sendi panggul yang lentur. Kebiasaan membedong membuat posisi kaki bayi lurus dan rapat. Sendi panggul yang lentur ini kemudian tertarik masuk. Namun saat bedong dilepas, sendi panggul akan kembali keluar.

Kebiasaan pasang bedong dan lepas bedong berulang justru akan menyebabkan sendi panggul lama-kelamaan keluar.

Lebih lanjut lagi ia menambahkan membedong dapat membuat pertumbuhan tulang anak terganggu. Panjang tungkai berbeda dan anak dapat berdiri atau berjalan miring.

"Di sini seharusnya mangkok sendi bagus, bonggol panggul berada pada tempatnya, tapi terjadi dislokasi panggul," imbuhnya.

Dislokasi panggul ini akan juga berisiko menyebabkan kepincangan karena panjang kaki yang berbeda.

Sendi panggul yang abnormal ini terlihat dari jumlah lipatan pada kulit paha belakang. Saat bayi pada posisi tengkurap, perhatikan lipatan pada kulitnya. Jika jumlahnya berbeda antara kedua sisinya, kata dia, maka ada sesuatu yang salah pada sendi panggul.

Faisal pun mengingatkan orang tua untuk tidak lagi membedong bayinya. Sebaiknya bayi dibiarkan pada posisi natural yakni agak mengangkang. Pada posisi ini, bonggol panggul berada pada mangkoknya sehingga pertumbuhan tulang anak normal. Orang tua pun tak perlu khawatir kaki anak bakal bengkok.

Di sisi lain, orang tua perlu memperhatikan penggunaan baby walker atau sejenis mainan yang dapat merangsang motorik anak untuk berjalan. Faisal berkata salah satu penyebab kelainan ortopedi anak ialah early walker atau fase berjalan anak yang terlalu awal.

Baby walker, lanjut Faisal, memang merangsang anak untuk berjalan tetapi terlalu awal. Akibatnya, kaki anak dapat berbentuk O tetap. Kondisi ini semakin diperparah jika anak punya bawaan atau bakat kaki O sehingga mempercepat kerusakan bentuk kaki.

Menurutnya, pertumbuhan motorik tiap anak berbeda. Jika belum waktunya, sebaiknya orang tua tidak memaksa anak berjalan.

"Anak usia 9-10 bulan dia mulai berdiri. Berdiri mantap di usia setahun, lalu jalan. Sebelum setahun sebaiknya jangan dikasih baby walker," katanya.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:bayibedongbedong bayikain bedong
Komentar
Rabu, 03 Jun 2020 06:00Nasional

PWI Pusat Dorong Dewan Pers Proses Secara Hukum Pembuat Sertifikat UKW Palsu

PWI Pusat mendorong Dewan Pers agar segera memproses secara hukum serta memidanakan pelaku pemalsuan sertifikat UKW beberapa waktu lalu yang mencatut nama Ketua Umum dan Sekjen PWI Pusat, serta mantan Ketua Dewan Pers, Stenly Adi Prasetyo.

Selasa, 02 Jun 2020 23:45Nasional

Menteri Perindustrian : Investasi Bakal Dongkrak Daya Saing RI

Ke depan, kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, pihaknya berupaya memastikan proses penanaman modal oleh para calon investor bisa berjalan tanpa hambatan. Dengan begitu, investasi dapat terealisasi cepat, pemerintah telah mengeluarkan sej

Selasa, 02 Jun 2020 23:30Bola

Jurgen Klopp Dinobatkan Sebagai Pelatih Terbaik di Dunia?

Penampilan Liverpool dalam tiga musim terakhir ini mencuri perhatian. Liverpool bermain atraktif dan agresif. Liverpool pun mampu menjuarai Liga Champions 2018-2019, Piala Super Eropa 2019, dan Piala Dunia Klub 2019, berkat penampilan apik tersebut.

Selasa, 02 Jun 2020 23:15Ekonomi

Pandemi Covid-19, Garuda Terpaksa PHK Pilot

PT Garuda Indonesia memutuskan untuk melakukan pemutusah hubungan kerja (PHK) pada sebagian pilotnya per tanggal 1 Juni 2020.

Selasa, 02 Jun 2020 23:00Berita Sumut

Sinergitas Pemko Medan & Polrestabes Membangun Visi Misi Kota Medan

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi minta dan mohon dukungan Polrestabes Medan untuk bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan kekondusifan Kota Medan.

Selasa, 02 Jun 2020 22:30Ekonomi

Mulai 5 Juni, Lion Air Group Untuk Sementara Waktu Tak Terbang Lagi

Perusahaan penerbangan sepertinya sangat terdampak akibat wabah corona ini. Seperti, Lion Air Group kembali akan melakukan penghentian sementara operasional penerbangan penumpang berjadwal domestik dan internasional. Rencananya penghentian itu dijadwalkan

Selasa, 02 Jun 2020 22:15Berita Sumut

Polres Sergai Gelar Pelepasan Purna Bhakti Kabag Sumda

Polres Serdang Bedagai menggelar acara pelepasan Purna Bhakti Polri AKBP (Purn) S.K Purba Kabag Sumda Polres Serdang Bedagai bertempat di Aula Patriatama Polres Serdang Bedagai, Selasa (02/06/2020) sekira Pukul 14.00 WIB.

Selasa, 02 Jun 2020 22:15Berita Sumut

KPK Periksa Sejumlah Mantan Anggota DPRD Sumut di Mapolda Sumut

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah mantan anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Mapolda Sumut, Selasa (2/5/2020).

Selasa, 02 Jun 2020 22:00Berita Sumut

Karyawan BRI Kancab Air Joman Asahan Positif Terinfeksi Corona

Karyawan BRI Kancab Air Joman Asahan dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona setelah melakukan uji Swab maupun PCR di RSU Dr.Pringadi Medan pada 20 Mei 2020.

Selasa, 02 Jun 2020 21:45Nasional

Kepala Bakamla RI Buka Long Distance Learning On Job Training

Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. membuka Long Distance Learning On Job Training (OJK) bagi Pengawak Kapal Negara, Stasiun Pengamat dan Admin PPK Bakamla RI

Selasa, 02 Jun 2020 21:30Berita Sumut

Pemko Medan Tawarkan 2 Aset Dikelola Pihak Ketiga Kembali

Dalam upaya menggeliatkan kembali perekonomian menyusul pandemo Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang menerpa, Pemko Medan membuka peluang bagi pihak ketiga yang ingin mengontrak atau memanfaatkan aset yang dimilikinya.

Selasa, 02 Jun 2020 21:15Nasional

Pemerintah Pusat dan Pemda Bersatu Atasi Banjir dari Hulu ke Hilir

Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah bersatu dalam mengatasi bencana banjir dari hulu ke hilir.

Selasa, 02 Jun 2020 21:00Berita Sumut

Tikam Polisi, Dua Butir Peluru Bersarang di Betisnya

Aksi penikaman terhadap anggota Polres Tobasa terjadi, Selasa (2/6/2020) pagi. Tersangka dihadiahi dua butir timah panas untuk menghentikan 'kekonyolannya'.

Selasa, 02 Jun 2020 20:15Berita Sumut

Polsek Batangtoru Evakuasi Mayat Korban Pembunuhan di Kebun Karet Milik Warga

Polsek Batangtoru mengevakuasi mayat seorang pria bernama Mareko Gea alias Ama Roli Gea ,40, warga Pintu Angin Kel. Rianiate Kec. Angkola Sangkunur Kab. Tapanuli Selatan ditemukan tewas dengan sejumlah luka tusukan di kebun karet milik warga ZN Lingkunga

Selasa, 02 Jun 2020 20:00Nasional

Kemendagri Tekankan Sinergitas Pusat dan Daerah dalam Menghadapi Covid-19

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menekankan pentingnya sinergitas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam menghadapi Covid-19 sebagai eksplorasi nilai-nilai Pancasila.

Selasa, 02 Jun 2020 19:30Berita Sumut

Pangdam I/BB Terima dan Serahkan Tugas, Wewenang dan Tanggung jawab Jabatan Irdam I/BB

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhillah Pimpin acara penerimaan dan penyerahan tugas, wewenang dan tanggung jawab Jabatan Irdam I/BB, acara di gelar di Serambi kehormatan Lt I Makodam I/BB