• Home
  • Lifestyle
  • Ternyata Bedong Bayi Bisa Sebabkan Resiko Fatal Ini

Ternyata Bedong Bayi Bisa Sebabkan Resiko Fatal Ini

Fidel W Rabu, 08 Agustus 2018 12:08 WIB
bedong bayi / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta:  Bedong adalah salah satu cara tradisional yang dilakukan orang tua pada bayi yang baru lahir. Aktivitas membedong atau membungkus bayi dengan kain kerap dilakukan rumah tangga untuk menjaga bayi tetap hangat.

Di samping itu membedong juga dianggap dapat mencegah kelainan pertumbuhan tulang khususnya kaki pada anak.

Akan tetapi dokter spesialis bedah ortopedi Faisal Miraj menampik anggapan ini. Dokter yang sehari-hari berpraktik di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya ini mengatakan bahwa membedong bayi dapat mengakibatkan dislokasi panggul.

"Orang membedong anggapannya biar kaki enggak bengkok, padahal ini berbahaya," katanya saat diskusi media di The Hook, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (7/8).

Faisal menjelaskan bayi memiliki sendi panggul yang lentur. Kebiasaan membedong membuat posisi kaki bayi lurus dan rapat. Sendi panggul yang lentur ini kemudian tertarik masuk. Namun saat bedong dilepas, sendi panggul akan kembali keluar.

Kebiasaan pasang bedong dan lepas bedong berulang justru akan menyebabkan sendi panggul lama-kelamaan keluar.

Lebih lanjut lagi ia menambahkan membedong dapat membuat pertumbuhan tulang anak terganggu. Panjang tungkai berbeda dan anak dapat berdiri atau berjalan miring.

"Di sini seharusnya mangkok sendi bagus, bonggol panggul berada pada tempatnya, tapi terjadi dislokasi panggul," imbuhnya.

Dislokasi panggul ini akan juga berisiko menyebabkan kepincangan karena panjang kaki yang berbeda.

Sendi panggul yang abnormal ini terlihat dari jumlah lipatan pada kulit paha belakang. Saat bayi pada posisi tengkurap, perhatikan lipatan pada kulitnya. Jika jumlahnya berbeda antara kedua sisinya, kata dia, maka ada sesuatu yang salah pada sendi panggul.

Faisal pun mengingatkan orang tua untuk tidak lagi membedong bayinya. Sebaiknya bayi dibiarkan pada posisi natural yakni agak mengangkang. Pada posisi ini, bonggol panggul berada pada mangkoknya sehingga pertumbuhan tulang anak normal. Orang tua pun tak perlu khawatir kaki anak bakal bengkok.

Di sisi lain, orang tua perlu memperhatikan penggunaan baby walker atau sejenis mainan yang dapat merangsang motorik anak untuk berjalan. Faisal berkata salah satu penyebab kelainan ortopedi anak ialah early walker atau fase berjalan anak yang terlalu awal.

Baby walker, lanjut Faisal, memang merangsang anak untuk berjalan tetapi terlalu awal. Akibatnya, kaki anak dapat berbentuk O tetap. Kondisi ini semakin diperparah jika anak punya bawaan atau bakat kaki O sehingga mempercepat kerusakan bentuk kaki.

Menurutnya, pertumbuhan motorik tiap anak berbeda. Jika belum waktunya, sebaiknya orang tua tidak memaksa anak berjalan.

"Anak usia 9-10 bulan dia mulai berdiri. Berdiri mantap di usia setahun, lalu jalan. Sebelum setahun sebaiknya jangan dikasih baby walker," katanya.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:bayibedongbedong bayikain bedong
Komentar
Sabtu, 15 Des 2018 06:35Nasional

Gempa 5,2 SR Guncang Gorontalo

Gempa berkekuatan 5,2 skala Richter mengguncang Provinsi Gorontalo, Sabtu (15/12/2018) pukul 02.27 WIB. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Sabtu, 15 Des 2018 06:20Bola

Bertandang Markas Liverpool, Man United Andalkan Semangat Bertarung

Manajer Manchester United, Jose Mourinho, berjanji untuk menurunkan tim terbaik saat menyambangi markas Liverpool, Stadion Anfield, pada Minggu 16 Desember 2018 malam WIB. Ia yakin skuad yang akan diturunkan memiliki keinginan serta ambisi untuk menang di

Sabtu, 15 Des 2018 06:05Nasional

Kecelakaan di Depan Kampus Seorang Pengendara Sepeda Motor Tewas

Seorang pemotor yang belum diketahui identitasnya tewas di tempat setelah kecelakaan ‎di dekat Kampus Budi Mulia, Jalan Lodan Raya, Pademangan, Jakarta Utara. Peristiwa itu terjadi, Sabtu (15/12/018) sekira pukul 02.28 WIB.

Jumat, 14 Des 2018 23:45Lifestyle

7 Fakta Mengagetkan Tentang Kopi yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Kopi adalah minuman yang digemari oleh jutaan orang di segala kalangan usia. Bahkan Thomas Jefferson menyebutnya minuman ini, "minuman favorit dari dunia yang beradap”.

Jumat, 14 Des 2018 23:30Berita Sumut

Wakil Wali Kota Medan Buka Turnamen Sepak Bola Antar Klub SSB

Wakil Wali Kota Medan Ir. H Akhyar Nasution,MSi mengapresiasi digelarnya Turnamen Sepak Bola antar Klub Sekolah Sepak Bola (SSB) se-Kota Medan. Apalagi turnamen ini dikhususkan bagi pemain mulai usia dini hingga remaja. Untuk itu Diharapkan kegiatan ini m

Jumat, 14 Des 2018 23:15Berita Sumut

Sinergi Diperlukan tuk Perkuat Ketahanan Ekonomi

Pjs. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Hilman Tisnawan mengungkapkan kondisi perekonomian global yang masih tidak menentu semakin mempertegas perlunya sinergi untuk memperkuat ketahanan dalam menghadapi dampak rambatan glo

Jumat, 14 Des 2018 23:00Aceh

Presiden Jowowi Resmikan Lajur Tol Aceh

Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli sebagai upaya memudahkan mobilitas masyarakat dan barang di daerah untuk pertumbuhan ekonomi.

Jumat, 14 Des 2018 22:45Nasional

Kementrian LHK Punya Cara Jitu Mengatasai Kerusakan Ekosistem Laut Dunia

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan, lingkungan pesisir dan laut dengan keragaman, keunikan ekosistem menghadapi ancaman pencemaran dan kerusakan lingkungan

Jumat, 14 Des 2018 22:30Nasional

Jembatan Lajur Padang Menuju Bukittinggi Ambruk

Pemerintah melakukan pemasangan jembatan sementara sepanjang 36 meter menyusul robohnya jembatan di jalur Padang-Bukittinggi, Senin 10 Desember 2018. Pemasangan dilakukan dalam tempo 48 setelah informasi robohnya diterima Kementerian PUPR.

Jumat, 14 Des 2018 22:15Berita Sumut

Bupati Asahan Serahkan Bantuan Kendaraan Dinas Ke Polres Asahan

Pemerintah Kabupaten Asahan menyerahkan bantuan kendaraaan dinas kepada Kepolisian Resor Asahan, penyarahan kendaraan dinas dimaksud bertujuan untuk melancarkan tugas keseharian Kepolisian resor Asahan dalam menjaga keamanan di wilayah hukum Asahan, kenda

Jumat, 14 Des 2018 21:43Berita Sumut

Longsor Kembali Menerjang Tobasa, Satu Pengendara Sepeda Motor Tewas

Bencana longsor kembali menerjang Kabupaten Tobasa. Kali ini longsor itu terjadi di Jalan Umum, Kecamatan Nassau menuju Labuhanbatu, tepatnya di Dusun Hasang, Desa Cinta Dame, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Jumat (14/12/2018) sekitar p

Jumat, 14 Des 2018 21:25Aceh

Presiden Serahkan 320 Sertifikat Wakaf di Banda Aceh

Presiden Joko Widodo menyerahkan 320 sertifikat hak atas tanah wakaf kepada masyarakat di Provinsi Aceh, dalam rangkaian kunjungan kerjanya hari ini, Jumat, 14 Desember 2018. Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan usai melaksanakan ibadah salat Jumat di

Jumat, 14 Des 2018 19:53Berita Sumut

FTIK UNPRI Gelar MECnIT 2018

Fakultas Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan menggelar event International Conference on Mechanical, Electronics, Computer, and Industrial Technology (MECnIT) 2018, (13/12/2018).

Jumat, 14 Des 2018 19:00Berita Sumut

Forlispar Prioritaskan Aspek Ekonomi untuk Publikasikan Danau Toba

Para pekerja media yang tergabung dalam Forum Jurnalis Pariwisata (Forlispar) akan menjadikan aspek ekonomi sebagai salah satu perspektif yang akan dikedepankan dalam publikasi-publikasi terkait dengan Danau Toba.

Jumat, 14 Des 2018 18:45Berita Sumut

Dua Pegawai BPK Dianiaya Kontraktor saat Bertugas di Nias

Dua pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menjadi korban pemukulan saat memeriksa proyek pembangunan di Nias Utara. Aksi pemukulan terhadap dua pejabat negara itu dilakukan sejumlah orang, termasuk kontraktor yang menjadi rekanan proyek.

Jumat, 14 Des 2018 18:30Berita Sumut

Pemkab Sergai Terima DIPA 2019 Sebesar Rp 1,3 T

Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2019. DIPA langsung diserahkan Gubsu Edy Rahmayadi kepada Bupati Sergai Soekirman di Aula Raja Inal Siregar, Komplek Kantor Gubsu di Medan, Jumat (14/12/2018).