• Home
  • Lifestyle
  • Tips dari Psikolog Untuk Peserta CPNS 2018 Menjalani Tes Psikotes

Tips dari Psikolog Untuk Peserta CPNS 2018 Menjalani Tes Psikotes

Mtc Selasa, 04 Desember 2018 21:53 WIB
google
ilustrasi
MATATELINGA: Para peserta yang lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tes dalam Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 saat ini tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti tes selanjutnya. Tes yang harus diikuti adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). SKB terdiri dari psikotes, wawancara user, praktik kerja komputer (untuk formasi tertentu), serta tes substansi dan jabatan khusus.

Banyak peserta yang memfokuskan diri pada psikotest lantaran merasa takut tidak lolos di tes tersebut. Padahal sebenarnya psikotes bukan sesuatu yang menyeramkan.



"Sebenarnya, psikotest itu untuk assessment potensi yang dimiliki seseorang, sesuai atau tidak dengan yang dibutuhkan perusahaan. Kalau tidak lolos jangan berkecil hati, bukan berarti orang tersebut bermasalah atau gimana," ungkap psikolog klinis dewasa, Arrundina Puspita Dewi, M.Psi saat dihubungi Okezone melalui pesan singkat, Selasa (4/12/2018).

Arrundina menuturkan bila setiap orang memiliki potensi masing-masing. Potensi itu dapat terlihat dari jawaban yang diberikan melalui psikotest. Apabila hasil tes dinyatakan tidak lolos maka sebenarnya potensi itu tidak sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh instansi maupun lembaga. Singkat kata, masih ada tempat lain untuk menyalurkan potensi tersebut.



Sementara itu, berbicara mengenai soal-soal yang keluar saat psikotest, Arrundina mengatakan bila itu berkaitan dengan keperluan instansi maupun lembaga. "Kalau rekrutmen dan seleksi gitu pasti ada tes kecerdasan untuk tahu potensi kecerdasan kandidatnya bagaimana. Terus juga ada tes kepribadian yang bentuknya macam-macam, tergantung kebutuhan. Ada yang tes jawab pertanyaan atau menggambar," tambahnya.

Pada akhirnya, peserta tes CPNS harus yakin dengan kemampuan dirinya sendiri saat mengerjakan soal psikotest. "Itu yang paling penting, karena kembali lagi, kita semua punya potensi masing-masing kok. Tinggal cari di mana tempat untuk bisa menyalurkan potensi itu," jelas Arrundina.



Selain itu, dirinya juga menyarankan agar peserta mempersiapkan diri dengan baik sebelum menjalani tes. Mulai dari istirahat yang cukup di malam hari sebelum tes hingga sarapan pagi agar tidak blank saat mengerjakan tes. Sebab biasanya psikotest terdiri dari rangkaian tes.

"Saya tidak menyarankan baca buku-buku psikotest dan lainnya. Hal itu justru lebih banyak sesatnya daripada benarnya karena dapat memengaruhi cara peserta menjawab soal. Jadi ikuti saja instruksi yang dikasih tester pada saat tes," pungkas Arrundina.

(Mtc/Okz)
Editor: fjr

Sumber: Okezone

T#g:CPNS 2018MatatelingaTerkinibliblites psikotestip psikolog
Komentar
Jumat, 23 Agu 2019 19:54Nasional

Pansel KPK Pastikan Tak Ada Konflik Kepentingan

Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK), Yenti Ganarsih menegaskan bahwa tak ada konflik kepentingan dalam meloloskan 20 nama Capim KPK ke tahapan seleksi profil asessment.

Jumat, 23 Agu 2019 19:19Berita Sumut

Kapolrestabes Medan Dampingi Kapoldasu Bersilaturahmi Dengan Warga Medan

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi dampingi Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH saat bersilaturahmi dan tatap muka dengan warga Kota Medan yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Medan, Jum'at ( 23/8/2019

Jumat, 23 Agu 2019 18:44Berita Sumut

Bayi Kembar Siam Asal Taput Akan Dipulangkan Senin

Direncanakan, bayi kembar siam dempet perut yang telah menjalani operasi pemisahan tubuh, Adam dan Malik akan segera dipulangkan ke Tapanuli Utara (Taput), ke tempat tinggalnya pada Senin 26 Agustus 2019.

Jumat, 23 Agu 2019 18:29Berita Sumut

Kejurnas Tinju Junior-Youth 2019 Digelar di Medan

Diperkirakan, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tinju Amatir Junior - Youth 2019 akan diikuti sekitar 200 orang petinju terbaik berpredikat nasional, berbakat dan terbaik yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia memperebutkan Piala Kepala Kejaksaan Tinggi S

Jumat, 23 Agu 2019 18:13Berita Sumut

Pemko Medan dan PT KAI Bahas Persiapan Pengoperasian Sky Bridge

Pemko Medan bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumut menggelar Rapat Koordinasi Pembahasan Nota Kesepahaman terkait pemanfaatan dan pengoperasian sky bridge yang berada di Jalan Stasiun Kereta Api. Tujuannya, agar sky bridge y

Jumat, 23 Agu 2019 17:58Berita Sumut

Syukuran 30 Tahun Mengabdi di Kepolisian, Kapoldasu Silaturahmi dengan Warga Medan

Sebagai wujud rasa syukur atas pengabdian dalam dunia kepolisian selama 30 tahun, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menggelar silaturahmi dan ramah tamah dengan ribuan warga Kota Medan di Lapangan Merdeka Medan, Jumat (23/8). Silaturahmi dilakukan Ka

Jumat, 23 Agu 2019 17:44Berita Sumut

Kejatisu Gelar Penerangan dan Penyuluhan Hukum di Kecamatan Sunggal

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) kembali menggelar acara penerangan dan penyuluhan hukum di Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang yang dipusatkan di Desa Muliorejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (23/8/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 17:43Berita Sumut

Soal Program Medan Bebas Banjir, Dandim 0201/BS Turun Langsung Komunikasi ke Warga

Komandan Kodim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos turun langsung melakukan sosialisasi dan komunikasi persuasif kepada warga yang pemukimannya terkena proyek pelebaran parit untuk antisipasi banjir Kota Medan.

Jumat, 23 Agu 2019 17:28Berita Sumut

Gubsu Minta Sarasehan Kesehatan Digalakkan

Kegiatan pertemuan ilmiah dan sarasehan bersama para dokter dan praktisi kesehatan diharapkan dapat terus digalakkan. Sebab bidang ini menjadi satu prioritas dalam visi misi Sumut Bermartabat.

Jumat, 23 Agu 2019 17:13Berita Sumut

Polres Pelabuhan Belawan 'Tatar' Omak-Omak, Parbetor dan Ojek Bahaya Narkoba

Ratusan omak-omak, parbetor serta pengemudi ojek di Medan Utara ditatar tentang bahaya narkoba oleh Polres Pelabuhan Belawan,Jum'at (23/08/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 16:56Nasional

Kapolri Ikut Tinjau Penanganan Karhutla di Kalteng

Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., tiba di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (23/8/2019) pukul 09.15 WIB dengan pesawat Boeing 737 TNI AU.

Jumat, 23 Agu 2019 16:12Berita Sumut

Pejambret yang Seret IRT Dekat Polsek Helvetia Diringkus

Polisi tak lama meringkus pelaku jambret yang menyeret korbannya di dekat Mapolsek Helvetia. Ada dua orang pelaku yang ternyata sudah berulang kali melakukan penjambretan. Pelaku yang tertangkap yakni AS (20) dan FA. Keduanya warga Jalan Setia Luhur, Dwik

Jumat, 23 Agu 2019 15:56Berita Sumut

Polsek Kisaran Kota Ringkus Tiga Pengedar Narkoba, Dua Diantaranya Pasutri

Tiga orang tersangka pengedar narkotika jenis sabhu diantaranya merupakan pasutri dibekuk opsnal Reskrim Polsek Kota Kisaran yang dipimpin Ipda Arbin Rambe, Kamis (22/8/2019) sekira pukul 22.30 Wib dari dua tempat yang berbeda.

Jumat, 23 Agu 2019 14:40Berita Sumut

Kapoldasu Lantik Kombes Pol Kemas Ahmad Yani Sebagai Dirlantas Polda Sumut

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto resmi melantik Kombes Pol Kemas Ahmad Yani menjadi Direktur Lalulintas Polda Sumut di Aula Tribarata Polda Sumut

Jumat, 23 Agu 2019 14:25Berita Sumut

TPL Targetkan Pembibitan 2,8 Juta Eucalyptus

Eucalyptus merupakan bahan baku utama produksi pulp (bubur kertas) bagi PT Toba Pulp Lestari (TPL), Tbk. Batang pohon Eucalyptus diolah menjadi bubur kertas yang hasilnya diekspor ke dalam hingga luar negeri.

Jumat, 23 Agu 2019 14:02Berita Sumut

Polisi Grebek Rumah Pengoplosan Kecap Asin di Sidimpuan

Sebuah rumah yang dijadikan tempat pengoplosan kecap asin di i Jalan Sutoyo, Kelurahan Bincar, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan digrebek polisi, Selasa (20/8/2019) kemarin. Polisi mendapatkan 400 botol kosong yang diduga akan dijadik