• Home
  • Lifestyle
  • Urusan Makan, Tak Ada Kata Kenyang Sebelum Makan Nasi

Urusan Makan, Tak Ada Kata Kenyang Sebelum Makan Nasi

Mtc/James Rabu, 21 Februari 2018 15:03 WIB
Internet
Nasi Putih
MATATELINGA : Banyak orang mengakui, kalau pola makan orang Indonesia belum mengenal kata kenyang sebelum makan nasi. Fakta ini tak terbantahkan karena banyak yang mengamininya. Berdasar data, Indonesia tecatat sebagai konsumen beras tertinggi di dunia, yakni sekitar 114 kilogram per kapita per tahun.

Ini artinya, mayoritas masyarakat Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Jadi, jangan heran jika banyak orang Indonesia yang memiliki pola pikir "belum kenyang kalau belum makan nasi". Lantas, apa penyebab seseorang bisa merasa belum kenyang kalau belum makan nasi?


Nasi putih merupakan salah satu makanan yang tinggi akan kandungan indeks glikemik. Indeks glikemik sendiri merupakan nilai yang menggambarkan seberapa cepat karbohidrat yang terdapat dalam makanan diubah menjadi gula oleh tubuh manusia.

Jadi, yang membuat kita merasa ada yang kurang jika belum mengonsumsi nasi sebenarnya datang dari dalam otak.

Pasalnya, makanan tinggi glikemik mampu memicu respon ketagihan di dalam otak yang membuat kita ingin makan nasi terus.


Karena sudah kebiasaan, otak akan terus "meminta" untuk makan nasi, meskipun kita sudah kenyang dari sumber makanan yang lain.

Selain nasi, ternyata ada beberapa jenis makanan lain yang masuk dalam kriteria makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti roti, kentang, dan gula konsentrat.

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia terbiasa makan nasi putih sebanyak tiga kali sehari, dalam jumlah yang sangat banyak pula. Sayangnya, mengonsumsi makanan yang itu-itu saja setiap hari ternyata tidak baik untuk kesehatan.

Nasi putih merupakan makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi. Hal ini membuat nasi berperan besar terhadap kenaikan kadar gula darah dalam tubuh yang pada akhirnya bisa meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2.


Bukan berarti lalu tidak boleh makan nasi agar terhindar dari diabetes. Kita boleh saja mengonsumsi nasi, asalkan memperhatikan porsinya.

Nasi memang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang utama, tapi nasi bukan merupakan satu-satunya sumber karbohidrat.

Masih banyak sumber karbohidrat lain yang bisa memenuhi asupan karbohidrat harian kita. Contohnya kentang, oat, gandum, pasta, mi, ubi, jagung, dan sebagainya.


Tidak hanya itu, gula, tepung, buah, serta sayuran juga bisa menjadi tambahan asupan karbohidrat. Jangan lupa, imbangi asupan makanan dengan gizi seimbang seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Meskipun tak mudah bagi masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi karbohidrat selain nasi, penting bagi kita untuk memerhatikan asupan makanan sehari-hari demi menjaga kesehatan tubuh secara kesuluruhan.

Pasalnya, bila setiap hari kita hanya makan nasi tanpa menyelingi makanan pokok lainnya, kita bisa kekurangan atau kelebihan zat gizi tertentu. Nah, hal tersebutlah yang bisa meningkatkan risiko mengidap penyakit tertentu dalam jangka panjang.

Mtc/kcm
Editor: James P Pardede

T#g:KenyangMakan NasiPola Makan
Komentar
Senin, 17 Des 2018 22:17Nasional

Satu Orang Hilang Terbawa Arus, Banjir Jambi Memakan Korban

Hujan deras yang terjadi dari Minggu malam hingga Senin (17/12/2018) dini hari menelan korban jiwa. Dua warga Kelurahan Paal V, Kota Jambi bernama Munir (16) dan Ilham (16) terbawa arus sungai yang berada di RT 31, Kelurahan Paal V.

Senin, 17 Des 2018 22:08Berita Sumut

Diusia 113 Tahun PDAM Tirtanadi Lounching SMS Gateway Bagi Pelanggan

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara lounching SMS Gateway bagi masyarakat pelanggan, pada puncak acara family chatring dalam rangka perayaan HUT ke-113 tahun perusahaan daerah air minum tersebut, Minggu (16/12/2018) di hal

Senin, 17 Des 2018 22:03Berita Sumut

Bela KY, KORSUB akan Geruduk PN Medan Besok

Koalisi Rakyat SumAtera Utara Bersih (KORSUB) akan menggelar unjuk rasa damai di depan Pengadilan Negeri Medan, Selasa (18/12/2018). Seratusan massa akan berunjuk rasa mereka akan menyuarakan soal dugaan kriminalisasi terhadap Komisi Yudisial.

Senin, 17 Des 2018 21:55Bola

Babak 16 Besar liga Champions 2018-2019 Akan Segera Dimulai, ini Jadwal laganya

Pertarungan klub-klub papan atas Eropa di Liga Champions 2018-2019 sudah memasuki babak 16 besar. Setelah memperlihatkan pertandingan-pertandingan yang menarik di fase grup, kini 16 klub tersebut kembali akan bersaing untuk memperebutkan tempat di perempa

Senin, 17 Des 2018 21:40Berita Sumut

Wali Kota : Inovasi Jadi Syarat Utama Kemajuan Wilayah

Perkembangan teknologi yang begitu cepat dan penuh daya saing membuat inovasi menjadi syarat utama untuk terus menciptakan produk-produk baru ataupun meningkatkan hasil dari produk-produk yang sudah ada sebelumnya. Inovasi ini diperlukan untuk memajukan s

Senin, 17 Des 2018 21:25Berita Sumut

Wali Kota Medan: Kompetisi Global Butuhkan Keterampilan Berbahasa Asing

Kompetisi Global membutuhkan keterampilan berbagai aspek, salah satunya aspek penting yang harus dikuasai adalah penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya.

Senin, 17 Des 2018 19:06Berita Sumut

Kapolsek Medan Timur Rakor Bahas Pemilu dengan Panwascam

Kapolsek Medan Timur Kompol M. Arifin mengadakan rapat koordinasi (Rakor) dengan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Medan Timur dan Medan Perjuangan Pemilu Tahun 2019 di Mapolsek Medan Timur Senin (17/12).

Senin, 17 Des 2018 18:38Berita Sumut

HMI Sumut : Uyghur, Persoalan Kemanusiaan

Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara menyayangkan sikap yang dilakukan pemerintahan Cina menyikapi persoalan muslim Uyghur. HMI Sumut menganggap persoalan Uyghur adalah persoalan besar kemanusiaan, banyak terjadi pelanggaran HAM

Senin, 17 Des 2018 18:19Berita Sumut

Musda ITMI Diharapkan Makin Berikan Ruang Penyandang Disabilitas

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH berharap Musyawarah Daerah (MUSDA) Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Kota Medan 2018 diharapkan, mampu memberikan ruang bagi para penyandang disabilitas untuk bekerja dan berkarya demi kepentingan ba

Senin, 17 Des 2018 17:00Berita Sumut

Peringatan HMPI, Pemkab Sergai Tanam Ratusan Batang Pohon dan Bunga

Dalam memperingati ari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Dalam Rangka Hari Bhakti PUPR ke-73 Tahun 2018, Pemkab Sergai menanam ratusan batang pohon dan sungai di Bendungan Sei Ular Dusun I Desa Pulo Tagor Kecamatan Serbajadi, Senin (17/12).

Senin, 17 Des 2018 16:26Berita Sumut

PGRI Kota Medan Gelar Porseni 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Kota Medan Ir Wirya Alrahman MM membuka Pekan Olaharag dan Seni (Porseni) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Medan 2018 di Lapangan SMU Angkasa Jalan Polonia Medan, Senin (17/12).

Senin, 17 Des 2018 16:03Berita Sumut

Gara-Gara Balap Liar, 4 Pemuda di Medan Labuhan Keroyok Rekannya Hingga Tewas

Petugas Unit Reskrim Polsek Medan Labuha berhasil meringkus empat orang pelaku pengeroyokan terhadap seorang penonton balap liar di Jalan Button KIM II, Desa Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan pada Minggu (16/12/2018) dinihari kemarin.

Senin, 17 Des 2018 15:33Berita Sumut

Di DeliSerdang, Bocah 4 Tahun Tertidur Selama 22 Hari

Gilang Tama Alfarizi, bocah berusia 4 tahun warga Jalan Masjid II Gang Rukun, Desa Sekip Lubuk Pakam ini sudah tertidur hingga 22 hari lamanya. Anehnya, putra pertama pasangan Sandi Syahputra (25) Prili Mahdania (24) ini dinyatakan sehat oleh tim medis.

Senin, 17 Des 2018 15:07Berita Sumut

Mobil Avanza Hantam Pulau Jalan Usai Tabrak Sepeda Motor

Mobil Avanza putih BK 1835 IP menghantam pulau jalan usai menabrak sepeda motor Beat di kawasan Jalan Brigjen Katamsos Kelurahan Sei Mati, Minggu (16/12) malam. Akibat kecelakaan ini, baik pengemudi mobil maupun sepeda motor mengalami luka dan dirujuk ke

Senin, 17 Des 2018 14:25Berita Sumut

Parpol Ditenggat 16 Hari Lagi Untuk Serahkan LPSDK

Partai politik dan tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pemilu wajib menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) paling lama Rabu, 2 Januari 2019 pukul 18.00 WIB. Hal ini diungkap dalam Sosialisasikan

Senin, 17 Des 2018 13:57Nasional

Oesman Sapta Lantik Tujuh Anggota MPR RI Hasil PAW

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta melantik dan mengambil sumpah tujuh orang anggota MPR pengganti antar waktu (PAW) di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/12/2018). Dari tujuh anggota MPR PAW yang dilantik, enam di antaranya berasal dari Frak