• Home
  • Lifestyle
  • WOW...! "Guguk" ini Diajarin Doa Loh Sama Majikannya Sebelum Makan, Gimana Caranya

WOW...! "Guguk" ini Diajarin Doa Loh Sama Majikannya Sebelum Makan, Gimana Caranya

Mtc Sabtu, 12 Januari 2019 14:00 WIB
google
Mengucap doa sebelum makan memang sudah seharusnya dilakukan oleh manusia. Sebagai orang yang beriman, mengucap syukur atas berkat dan rejeki yang diberikan Tuhan memang harus dilakukan sepenuh hati.
MATATELINGA: Mengucap doa sebelum makan memang sudah seharusnya dilakukan oleh manusia. Sebagai orang yang beriman, mengucap syukur atas berkat dan rejeki yang diberikan Tuhan memang harus dilakukan sepenuh hati.



Mungkin melihat orang berdoa sebelum makan telah menjadi pemandangan umum yang sering kita jumpai. Namun, bagaimana halnya dengan seekor anjing? Tentunya agak sedikit aneh ketika melihat seekor anjing berdoa sebelum memulai makan.

Biasanya anjing dengan lahap memakan aneka kudapan yang ada di hadapnnya tanpa memperhatikan kondisi di sekelilingnya. Namun berbeda halnya dengan tiga anjing pintar yang ada dalam video ini. Dengan sabar ketiga anjing tersebut menunggu hingga tiba saatnya makan. Bahkan anjing tersebut terlihat serius saat doa sedang dipanjatkan.

Adalah Romo Surya Purnawan, ya di tangan beliau, anjing-anjing ini terlihat patuh dan terlatih untuk berdoa dan mengucap syukur. Tentu ini bukan hal yang aneh, pasalnya Romo Surya adalah seorang pencinta anjing dan telah merawat mereka sejak kecil. Ia mengaku telah mempelajari cara merawat anjing dengan baik dari media sosial.



"Dari situ saya menyadari anjing adalah hewan yang paling setia. Selain itu ketika sudah dipelihara dengan baik, mereka kembali mencintai semua orang. Dari kecil saya sudah mengajari anjing-anjing ini untuk duduk dulu sebelum makan," tutur Romo Surya, saat diwawancarai Okezone, Sabtu (12/1/2019).

Romo Surya juga mengaku mengajari para anjingnya dengan kasih sayang. Ia sama sekali tidak mengajari anjing-anjing tersebut dengan kekerasan. Hal tersebutlah yang membuat anjing-anjing tersebut terbiasa dan selalu melakukan hal tersebut hingga saat ini.

"Perlu dicatat anjing jangan diajari dengan kekerasan, saya hanya menyuruhnya duduk sebelum makan. Tiap hari saya melakukan hal tersebut dan lama kelamaan menjadi prilaku yang berulang (kebiasaan)," sambungnya.



Romo Surya mengatakan sebagai makhluk hidup sudah sebaiknya untuk bersyukur terhadap semua berkat yang telah diberikan oleh tuhan. Sebagai seorang pemuka agama, ia pun ingin menyalurkan energi positifnya kepada makhluk hidup yang paling dekat dengannya.

"Mereka juga seekor makhluk hidup yang harus bersyukur akan berkat Tuhan. Lalu saya selipkan kebiasaan berdoa hingga sekarang untuk mensyukuri anugerah tuhan. Saya sebagai imam, tetunya ingin mengajari mereka semua untuk mensyukuri semua yang tuhan berikan," ujarnya.

Lebih lanjut, percayakah anjing yang dimiliki Romo Surya bisa belajar dengan cukup cepat? Romo Surya mengatakan hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu untuk membiasakan peliharaan kesayangannya tersebut berdoa sebelum makan



"Saya mengajari mereka cukup cepat, kurang lebih dalam waktu satu minggu, mereka sudah mulai memiliki kebiasaan itu. Ketika saya mengetahui mereka tidak langsung makan ketika piring sudah disajikan, maka dari situ saya berpikir bahwa mengajak mereka bersyukur adalah cara yang baik," terang Romo Surya.

Dalam video yang diambil pada Senin 7 Januari 2019 tersebut, Romo Surya terlihat melambaikan tangannya untuk mengucap doa makan. Setelah selesai, ia baru memberikan aba-aba kepada ketiga anjingnya agar bisa menyantap hidangan yang ada di hadapannya.

"Jadi langkah pertamanya itu saya suruh mereka duduk terlebih dahulu, kemudian doa sebelum makan. Setelah berdoa maka saya akan memberikan aba-aba supaya mereka bisa memulai makan," sambungnya.



Tentu saja melatih anjing untuk menjadi sepintar ini memiliki kesulitan dan tantangan tersendiri. Romo Surya mengaku bahwa anjing mudah sekali terdistraksi. Alhasil ia harus kembali memanggil namanya agar tetap fokus supaya bisa melanjutkan doa sebelum makan.

"Tentunya ada kesulitan tersendiri saat mengajari anjing untuk bisa seperti ini. Salah satunya adalah anjing mudah terdistraksi, teralihkan perhatiannya dan terpecah kosentrasinya. Namun, saya rutin terus melakukan hal ini hingga dua tahun lamanya," lanjutnya.

Romo Surya mengatakan bahwa inti dari semua yang ia ajarkan kepada hewan peliharaannya adalah kasih sayang. Dengan kasih sayang, maka hewan akan kembali mengasihi manusia. Ia juga tak pernah mendidik anjingnya agar nurut dengan tindakan kekerasan.



"Kuncinya adalah saya memperlakukan hewan dengan kasih sayang. Ketika mereka sakit, maka saya menemaninya, setiap seminggu saya mandikan dan tidak diperlakukan dengan kasar karena mereka memiliki perasaan," tandasnya.

(Mtc/Okz)
Editor: Fjr

Sumber: Okezone

T#g:Anjing Peliharaanblibligaya hidupMatatelingaMelatih AnjingTerkini
Komentar
Jumat, 23 Agu 2019 17:58Berita Sumut

Syukuran 30 Tahun Mengabdi di Kepolisian, Kapoldasu Silaturahmi dengan Warga Medan

Sebagai wujud rasa syukur atas pengabdian dalam dunia kepolisian selama 30 tahun, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menggelar silaturahmi dan ramah tamah dengan ribuan warga Kota Medan di Lapangan Merdeka Medan, Jumat (23/8). Silaturahmi dilakukan Ka

Jumat, 23 Agu 2019 17:44Berita Sumut

Kejatisu Gelar Penerangan dan Penyuluhan Hukum di Kecamatan Sunggal

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) kembali menggelar acara penerangan dan penyuluhan hukum di Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang yang dipusatkan di Desa Muliorejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (23/8/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 17:43Berita Sumut

Soal Program Medan Bebas Banjir, Dandim 0201/BS Turun Langsung Komunikasi ke Warga

Komandan Kodim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos turun langsung melakukan sosialisasi dan komunikasi persuasif kepada warga yang pemukimannya terkena proyek pelebaran parit untuk antisipasi banjir Kota Medan.

Jumat, 23 Agu 2019 17:28Berita Sumut

Gubsu Minta Sarasehan Kesehatan Digalakkan

Kegiatan pertemuan ilmiah dan sarasehan bersama para dokter dan praktisi kesehatan diharapkan dapat terus digalakkan. Sebab bidang ini menjadi satu prioritas dalam visi misi Sumut Bermartabat.

Jumat, 23 Agu 2019 17:13Berita Sumut

Polres Pelabuhan Belawan 'Tatar' Omak-Omak, Parbetor dan Ojek Bahaya Narkoba

Ratusan omak-omak, parbetor serta pengemudi ojek di Medan Utara ditatar tentang bahaya narkoba oleh Polres Pelabuhan Belawan,Jum'at (23/08/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 16:56Nasional

Kapolri Ikut Tinjau Penanganan Karhutla di Kalteng

Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., tiba di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (23/8/2019) pukul 09.15 WIB dengan pesawat Boeing 737 TNI AU.

Jumat, 23 Agu 2019 16:12Berita Sumut

Pejambret yang Seret IRT Dekat Polsek Helvetia Diringkus

Polisi tak lama meringkus pelaku jambret yang menyeret korbannya di dekat Mapolsek Helvetia. Ada dua orang pelaku yang ternyata sudah berulang kali melakukan penjambretan. Pelaku yang tertangkap yakni AS (20) dan FA. Keduanya warga Jalan Setia Luhur, Dwik

Jumat, 23 Agu 2019 15:56Berita Sumut

Polsek Kisaran Kota Ringkus Tiga Pengedar Narkoba, Dua Diantaranya Pasutri

Tiga orang tersangka pengedar narkotika jenis sabhu diantaranya merupakan pasutri dibekuk opsnal Reskrim Polsek Kota Kisaran yang dipimpin Ipda Arbin Rambe, Kamis (22/8/2019) sekira pukul 22.30 Wib dari dua tempat yang berbeda.

Jumat, 23 Agu 2019 14:40Berita Sumut

Kapoldasu Lantik Kombes Pol Kemas Ahmad Yani Sebagai Dirlantas Polda Sumut

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto resmi melantik Kombes Pol Kemas Ahmad Yani menjadi Direktur Lalulintas Polda Sumut di Aula Tribarata Polda Sumut

Jumat, 23 Agu 2019 14:25Berita Sumut

TPL Targetkan Pembibitan 2,8 Juta Eucalyptus

Eucalyptus merupakan bahan baku utama produksi pulp (bubur kertas) bagi PT Toba Pulp Lestari (TPL), Tbk. Batang pohon Eucalyptus diolah menjadi bubur kertas yang hasilnya diekspor ke dalam hingga luar negeri.

Jumat, 23 Agu 2019 14:02Berita Sumut

Polisi Grebek Rumah Pengoplosan Kecap Asin di Sidimpuan

Sebuah rumah yang dijadikan tempat pengoplosan kecap asin di i Jalan Sutoyo, Kelurahan Bincar, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan digrebek polisi, Selasa (20/8/2019) kemarin. Polisi mendapatkan 400 botol kosong yang diduga akan dijadik

Jumat, 23 Agu 2019 13:38Berita Sumut

Pemred Matatelinga.com Ketua Forum Wartawan PDAM Tirtanadi

Kepengurusan wartawan yang bertugas di PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara periode 2019-2021 secara resmi telah terbentuk. Amrizal dari matatelinga.com terpilih memimpin forum wartawan yang diberinama Forum Wartawan PDAM Tirtanadi(Forwadi) tersebut.

Jumat, 23 Agu 2019 12:37Berita Sumut

Kaki Dua Pengedar Narkoba di Asahan Dibedil Polisi

Dua pengedar narkotika jenis sabhu masing masing "MR alias Ridho" (26) dan "GAS alias Gilang" (19) keduanya warga jalan HM Yamin gang Kueni kelurahan Kisaran Naga Kecamatan Kota Kisaran Timur Asahan terpaksa dilumpuhkan opsnal Sat.Res.

Jumat, 23 Agu 2019 12:22Berita Sumut

Polisi dan BKSDA Sita Tiga Ekor Binturong dari Warga di Medan

Personil Unit 3 Subdit IV Tipiter Ditkrimsus Polda Sumatera Utara (Poldasu) bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) berhasil menyita tiga ekor Binturong dari seorang warga di Jalan HM. Joni Gang Aman I Teladan, Kecama

Jumat, 23 Agu 2019 11:57Berita Sumut

Kloter VII Embarkasi Medan Ziarah ke Taif

Dengan dikoordinir Ketua Kloter H. Syarif Husin, TPIHI H.Drs.Sarifuddin Daulay, dan Karom 1 H. Jairan,S.Sos.I dan Karom 2 H.Naim Lubis, Karom 8 H. Alfi Sahrin Srg, H. Kamlan Karom 6 jemaah Kloter MES 7 (Sergai, T.Tinggi) melakukan ziarah ke Taif, sekitar

Jumat, 23 Agu 2019 11:03Berita Sumut

Selidiki Kawasan Hutan Negara yang Dijadikan Jalan di Habinsaran, Tim Gakkum Tidak Dikawal Polres Tobasa

Tim gabungan Gakkum, BKSDA, Koramil-15 Habinsaran dan KPH-IV Balige yang terjun ke lokasi pembukaan jalan yang berada di Desa Pararungan Kecamatan Habinsaran tidak didampingi personil Polres Tobasa.