• Home
  • Lifestyle
  • WOW...! "Guguk" ini Diajarin Doa Loh Sama Majikannya Sebelum Makan, Gimana Caranya

WOW...! "Guguk" ini Diajarin Doa Loh Sama Majikannya Sebelum Makan, Gimana Caranya

Mtc Sabtu, 12 Januari 2019 14:00 WIB
google
Mengucap doa sebelum makan memang sudah seharusnya dilakukan oleh manusia. Sebagai orang yang beriman, mengucap syukur atas berkat dan rejeki yang diberikan Tuhan memang harus dilakukan sepenuh hati.
MATATELINGA: Mengucap doa sebelum makan memang sudah seharusnya dilakukan oleh manusia. Sebagai orang yang beriman, mengucap syukur atas berkat dan rejeki yang diberikan Tuhan memang harus dilakukan sepenuh hati.



Mungkin melihat orang berdoa sebelum makan telah menjadi pemandangan umum yang sering kita jumpai. Namun, bagaimana halnya dengan seekor anjing? Tentunya agak sedikit aneh ketika melihat seekor anjing berdoa sebelum memulai makan.

Biasanya anjing dengan lahap memakan aneka kudapan yang ada di hadapnnya tanpa memperhatikan kondisi di sekelilingnya. Namun berbeda halnya dengan tiga anjing pintar yang ada dalam video ini. Dengan sabar ketiga anjing tersebut menunggu hingga tiba saatnya makan. Bahkan anjing tersebut terlihat serius saat doa sedang dipanjatkan.

Adalah Romo Surya Purnawan, ya di tangan beliau, anjing-anjing ini terlihat patuh dan terlatih untuk berdoa dan mengucap syukur. Tentu ini bukan hal yang aneh, pasalnya Romo Surya adalah seorang pencinta anjing dan telah merawat mereka sejak kecil. Ia mengaku telah mempelajari cara merawat anjing dengan baik dari media sosial.



"Dari situ saya menyadari anjing adalah hewan yang paling setia. Selain itu ketika sudah dipelihara dengan baik, mereka kembali mencintai semua orang. Dari kecil saya sudah mengajari anjing-anjing ini untuk duduk dulu sebelum makan," tutur Romo Surya, saat diwawancarai Okezone, Sabtu (12/1/2019).

Romo Surya juga mengaku mengajari para anjingnya dengan kasih sayang. Ia sama sekali tidak mengajari anjing-anjing tersebut dengan kekerasan. Hal tersebutlah yang membuat anjing-anjing tersebut terbiasa dan selalu melakukan hal tersebut hingga saat ini.

"Perlu dicatat anjing jangan diajari dengan kekerasan, saya hanya menyuruhnya duduk sebelum makan. Tiap hari saya melakukan hal tersebut dan lama kelamaan menjadi prilaku yang berulang (kebiasaan)," sambungnya.



Romo Surya mengatakan sebagai makhluk hidup sudah sebaiknya untuk bersyukur terhadap semua berkat yang telah diberikan oleh tuhan. Sebagai seorang pemuka agama, ia pun ingin menyalurkan energi positifnya kepada makhluk hidup yang paling dekat dengannya.

"Mereka juga seekor makhluk hidup yang harus bersyukur akan berkat Tuhan. Lalu saya selipkan kebiasaan berdoa hingga sekarang untuk mensyukuri anugerah tuhan. Saya sebagai imam, tetunya ingin mengajari mereka semua untuk mensyukuri semua yang tuhan berikan," ujarnya.

Lebih lanjut, percayakah anjing yang dimiliki Romo Surya bisa belajar dengan cukup cepat? Romo Surya mengatakan hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu untuk membiasakan peliharaan kesayangannya tersebut berdoa sebelum makan



"Saya mengajari mereka cukup cepat, kurang lebih dalam waktu satu minggu, mereka sudah mulai memiliki kebiasaan itu. Ketika saya mengetahui mereka tidak langsung makan ketika piring sudah disajikan, maka dari situ saya berpikir bahwa mengajak mereka bersyukur adalah cara yang baik," terang Romo Surya.

Dalam video yang diambil pada Senin 7 Januari 2019 tersebut, Romo Surya terlihat melambaikan tangannya untuk mengucap doa makan. Setelah selesai, ia baru memberikan aba-aba kepada ketiga anjingnya agar bisa menyantap hidangan yang ada di hadapannya.

"Jadi langkah pertamanya itu saya suruh mereka duduk terlebih dahulu, kemudian doa sebelum makan. Setelah berdoa maka saya akan memberikan aba-aba supaya mereka bisa memulai makan," sambungnya.



Tentu saja melatih anjing untuk menjadi sepintar ini memiliki kesulitan dan tantangan tersendiri. Romo Surya mengaku bahwa anjing mudah sekali terdistraksi. Alhasil ia harus kembali memanggil namanya agar tetap fokus supaya bisa melanjutkan doa sebelum makan.

"Tentunya ada kesulitan tersendiri saat mengajari anjing untuk bisa seperti ini. Salah satunya adalah anjing mudah terdistraksi, teralihkan perhatiannya dan terpecah kosentrasinya. Namun, saya rutin terus melakukan hal ini hingga dua tahun lamanya," lanjutnya.

Romo Surya mengatakan bahwa inti dari semua yang ia ajarkan kepada hewan peliharaannya adalah kasih sayang. Dengan kasih sayang, maka hewan akan kembali mengasihi manusia. Ia juga tak pernah mendidik anjingnya agar nurut dengan tindakan kekerasan.



"Kuncinya adalah saya memperlakukan hewan dengan kasih sayang. Ketika mereka sakit, maka saya menemaninya, setiap seminggu saya mandikan dan tidak diperlakukan dengan kasar karena mereka memiliki perasaan," tandasnya.

(Mtc/Okz)
Editor: Fjr

Sumber: Okezone

T#g:Anjing Peliharaanblibligaya hidupMatatelingaMelatih AnjingTerkini
Komentar
Senin, 16 Sep 2019 09:00Bola

Liga Italia 2019-2020, Minggu 15 September 2019, ini Hasil Laganya

Laga lanjutan pekan ketiga Liga Italia 2019-2020, sejumlah pertandingan yang seru dan menarik terjadi semalam

Senin, 16 Sep 2019 08:45Bola

Liga Spanyol 2019-2020, Minggu 15 September 2019, ini Hasil Laganya

Pekan keempat Liga Spanyol 2019-2020, laga-laga ketat mewarnai yang dihelat Minggu 15 September malam WIB hingga Minggu

Senin, 16 Sep 2019 08:30Bola

Liga Inggris 2019-2020, Minggu 15 September 2019, ini Hasil laganya

Pekan kelima Liga Inggris 2019-2020, sebanyak dua pertandingan usai digelar, Minggu 15 September malam hingga Senin

Senin, 16 Sep 2019 08:15Lifestyle

Kenali Ramuan Tongkat Madura yang Bikin Miss V Jadi Rapat, ini Dokter

Tidak jarang, banyak yang mengambil jalan pintas dan menggunakan produk perapat Miss V yang dijual di pasaran. Salah satu yang sudah menjadi hits sejak dulu adalah tongkat Madura

Senin, 16 Sep 2019 08:00Bola

Maurizio Sarri dan Antonio Conte "Perang"

Pada pekan ketujuh Liga Italia 2019-2020 perjumpaan antara Juventus dan Inter Milan baru akan terjadi

Senin, 16 Sep 2019 07:45Lifestyle

Ingin Amal Ibadah Diterima Allah, ini Doanya

Setiap selepas shalat pasti Anda berdoa agar diterima segala amal dan ibadah, serta memohon ampun atas segala dosa-dosa

Senin, 16 Sep 2019 07:30Ekonomi

Dua Kilang Minyak Saudi Aramco Diserang

Arab Saudi memangkas produksi minyak dan gas menyusul serangan pesawat tanpa awak atau drone, serangan tersebut telah mengurangi produksi minyak mentah sebesar 5,7 juta barel per hari

Senin, 16 Sep 2019 07:15Berita Sumut

Dua Tersangka Pengedar Narkoba Diamankan Sat.Res.Narkoba Polres Sibolga

Dua tersangka pelaku tindak kejahatan narkotika berhasil diamankan opsnal Sat.Res.Narkoba Polres Sibolga, kedua tersangka masing masing tersangka “WH”,24, warga Jalan Kolonel EE Sigalingging Kelurahanan A.Parombunan Sibolga dan tersangka “DMS” ,25, warga

Senin, 16 Sep 2019 07:15Lifestyle

Ingin Bangun Subuh Tepat Waktu, ini Caranya

Tapi tidak semua orang bisa melaksanakan shalat Subuh tepat waktu karena bisa jadi orang tersebut bangun menjelang matahari terbit, atau bahkan saat matahari sudah terbit

Senin, 16 Sep 2019 07:00Nasional

Lagi, Driver Taksi Online Dibegal Penumpang

Ketika mengantar penumpangnya ke Jalan Bintaro Raya, Sektor IIIA, depan Ruko Graha Marcela, Pondok Karya, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel)

Senin, 16 Sep 2019 06:45Bola

Inter Milan Memuncaki Klasemen Sementara Liga Italia 2019-2020

Performa cemerlang yang ditampilkan Inter di awal musim ini sejatinya membuat tim berjuluk Nerazzurri itu difavoritkan menjadi penantang terkuat dalam perburuan gelar juara Liga Italia. Meski demikian, menurut Manolas masih terlalu dini untuk membicarakan

Senin, 16 Sep 2019 06:30Nasional

Hanya Uang Rp 14 Ribu, Nenek di Bacok dan di Bakar Oleh Pelaku , Coba Kelabui Polisi

Karena sudah kerjaan kepolisian setiap penanganan kasus tindak pidana.Terbukti, Polisi berhasil mengungkap kasus pembunuhan seorang nenek bernama Iyah ,60, warga Desa Jayabakti, Kabupaten Garut, ditemukan tewas terbakar di sebuah gubuk, di Kampung Lebak

Senin, 16 Sep 2019 06:15Berita Sumut

Seratusan Prajurit Yonif 123/RW Dikirim ke Riau Bantu Atasi Karhutla

Seratusan Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 123/Rajawali dikirim ke Provinsi Riau untuk membantu penanganan bencana kabut asap akibat Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan), Minggu (15/9/2019).

Senin, 16 Sep 2019 06:00Bola

Laga Berjalan Seru Sejak Awal, Kedua Timnas

Kedua tim saling jual beli serangan. Hellas Verona memetik peluang menit dua lewat sundulan Valerio Verre yang masih melambung, sementara AC Milan lewat tembakan keras Krzysztof Piatek dua menit kemudian. Laga berjalan seru sejak awal.

Minggu, 15 Sep 2019 22:30Berita Sumut

Tercapainya Kesepakatan BODT Dan Masyarakat Sigapiton

Seusai rapat mediasi BODT antara masyarakat Motung dan Sigapiton, tercapai kesepakatan dikedua belah pihak

Minggu, 15 Sep 2019 22:00Nasional

Kapusjaspermildas Saksikan Kejurnas Karate Panglima TNI Ke-VII

Kepala Pusat Jasmani dan Peraturan Militer Dasar (Kapusjaspermildas) TNI, Brigjen TNI Sapriadi, S.I.P. selaku Wakil Ketua Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI) menyaksikan langsung pertandingan Kejurnas Karate Piala Panglima TNI ke-VII tahun 2019 di GO