• Home
  • Lifestyle
  • WOW...! "Guguk" ini Diajarin Doa Loh Sama Majikannya Sebelum Makan, Gimana Caranya

WOW...! "Guguk" ini Diajarin Doa Loh Sama Majikannya Sebelum Makan, Gimana Caranya

Mtc Sabtu, 12 Januari 2019 14:00 WIB
google
Mengucap doa sebelum makan memang sudah seharusnya dilakukan oleh manusia. Sebagai orang yang beriman, mengucap syukur atas berkat dan rejeki yang diberikan Tuhan memang harus dilakukan sepenuh hati.
MATATELINGA: Mengucap doa sebelum makan memang sudah seharusnya dilakukan oleh manusia. Sebagai orang yang beriman, mengucap syukur atas berkat dan rejeki yang diberikan Tuhan memang harus dilakukan sepenuh hati.



Mungkin melihat orang berdoa sebelum makan telah menjadi pemandangan umum yang sering kita jumpai. Namun, bagaimana halnya dengan seekor anjing? Tentunya agak sedikit aneh ketika melihat seekor anjing berdoa sebelum memulai makan.

Biasanya anjing dengan lahap memakan aneka kudapan yang ada di hadapnnya tanpa memperhatikan kondisi di sekelilingnya. Namun berbeda halnya dengan tiga anjing pintar yang ada dalam video ini. Dengan sabar ketiga anjing tersebut menunggu hingga tiba saatnya makan. Bahkan anjing tersebut terlihat serius saat doa sedang dipanjatkan.

Adalah Romo Surya Purnawan, ya di tangan beliau, anjing-anjing ini terlihat patuh dan terlatih untuk berdoa dan mengucap syukur. Tentu ini bukan hal yang aneh, pasalnya Romo Surya adalah seorang pencinta anjing dan telah merawat mereka sejak kecil. Ia mengaku telah mempelajari cara merawat anjing dengan baik dari media sosial.



"Dari situ saya menyadari anjing adalah hewan yang paling setia. Selain itu ketika sudah dipelihara dengan baik, mereka kembali mencintai semua orang. Dari kecil saya sudah mengajari anjing-anjing ini untuk duduk dulu sebelum makan," tutur Romo Surya, saat diwawancarai Okezone, Sabtu (12/1/2019).

Romo Surya juga mengaku mengajari para anjingnya dengan kasih sayang. Ia sama sekali tidak mengajari anjing-anjing tersebut dengan kekerasan. Hal tersebutlah yang membuat anjing-anjing tersebut terbiasa dan selalu melakukan hal tersebut hingga saat ini.

"Perlu dicatat anjing jangan diajari dengan kekerasan, saya hanya menyuruhnya duduk sebelum makan. Tiap hari saya melakukan hal tersebut dan lama kelamaan menjadi prilaku yang berulang (kebiasaan)," sambungnya.



Romo Surya mengatakan sebagai makhluk hidup sudah sebaiknya untuk bersyukur terhadap semua berkat yang telah diberikan oleh tuhan. Sebagai seorang pemuka agama, ia pun ingin menyalurkan energi positifnya kepada makhluk hidup yang paling dekat dengannya.

"Mereka juga seekor makhluk hidup yang harus bersyukur akan berkat Tuhan. Lalu saya selipkan kebiasaan berdoa hingga sekarang untuk mensyukuri anugerah tuhan. Saya sebagai imam, tetunya ingin mengajari mereka semua untuk mensyukuri semua yang tuhan berikan," ujarnya.

Lebih lanjut, percayakah anjing yang dimiliki Romo Surya bisa belajar dengan cukup cepat? Romo Surya mengatakan hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu untuk membiasakan peliharaan kesayangannya tersebut berdoa sebelum makan



"Saya mengajari mereka cukup cepat, kurang lebih dalam waktu satu minggu, mereka sudah mulai memiliki kebiasaan itu. Ketika saya mengetahui mereka tidak langsung makan ketika piring sudah disajikan, maka dari situ saya berpikir bahwa mengajak mereka bersyukur adalah cara yang baik," terang Romo Surya.

Dalam video yang diambil pada Senin 7 Januari 2019 tersebut, Romo Surya terlihat melambaikan tangannya untuk mengucap doa makan. Setelah selesai, ia baru memberikan aba-aba kepada ketiga anjingnya agar bisa menyantap hidangan yang ada di hadapannya.

"Jadi langkah pertamanya itu saya suruh mereka duduk terlebih dahulu, kemudian doa sebelum makan. Setelah berdoa maka saya akan memberikan aba-aba supaya mereka bisa memulai makan," sambungnya.



Tentu saja melatih anjing untuk menjadi sepintar ini memiliki kesulitan dan tantangan tersendiri. Romo Surya mengaku bahwa anjing mudah sekali terdistraksi. Alhasil ia harus kembali memanggil namanya agar tetap fokus supaya bisa melanjutkan doa sebelum makan.

"Tentunya ada kesulitan tersendiri saat mengajari anjing untuk bisa seperti ini. Salah satunya adalah anjing mudah terdistraksi, teralihkan perhatiannya dan terpecah kosentrasinya. Namun, saya rutin terus melakukan hal ini hingga dua tahun lamanya," lanjutnya.

Romo Surya mengatakan bahwa inti dari semua yang ia ajarkan kepada hewan peliharaannya adalah kasih sayang. Dengan kasih sayang, maka hewan akan kembali mengasihi manusia. Ia juga tak pernah mendidik anjingnya agar nurut dengan tindakan kekerasan.



"Kuncinya adalah saya memperlakukan hewan dengan kasih sayang. Ketika mereka sakit, maka saya menemaninya, setiap seminggu saya mandikan dan tidak diperlakukan dengan kasar karena mereka memiliki perasaan," tandasnya.

(Mtc/Okz)
Editor: Fjr

Sumber: Okezone

T#g:Anjing Peliharaanblibligaya hidupMatatelingaMelatih AnjingTerkini
Komentar
Sabtu, 25 Jan 2020 02:10Berita Sumut

Kenapa Pemilik Gudang Menganiaya Anak ?, Sampai Dapat Perawatan

Dua anak dibawah umur sekarat usai dihajar pemilik gudang di Lingkungan VI, Kelurahan Sei Berombang, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Diduga tertangkap tangan mencuri bahan bakar jenis solar.

Sabtu, 25 Jan 2020 01:00Berita Sumut

Apa di Permasalahkan Dua Kelompok Masyarakat di Perumnas Mandala, Hingga Saling Serang...?

Dua kelompok saling serang Jalan Rajawali 1 dan Belibis Perumnas Mandala terjadi, pada Jumat (24/1/2020) malam. Ratusan warga dari kedua pihak saling lempar batu.

Jumat, 24 Jan 2020 22:25Berita Sumut

Pesan Akhyar Nasution, Kebersihan Mesjid, Jangan Didebat, Tapi Dikerjakan

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution menyerahkan bantuan pembangunan untuk Masjid Al Ikhlasiyah di Jalan Jermal XV gang Masjid Kecamatan Medan Denai, Jumat (24/1) siang. Dirinya berpesan agar soal kebaikan khususnya kebersihan tidak

Jumat, 24 Jan 2020 21:45Bola

Polresta Deli Serdang Target Juara di Inalum Cup 2020

Tim sepakbola Polresta Deli Serdang tak mau sekadar numpang lewat dalam turnamen sepakbola Piala Inalum. Bergabung di grup D, tim binaan Kapolresta Kombes Jemi Mandagi Sik dikepung oleh dua tim tuan rumah, Inalum FC dan Inalum FC Paritohan.

Jumat, 24 Jan 2020 21:30Berita Sumut

Akhyar Berwefie Ria di Seni Mural Medan Johor

Setelah menghadiri open house tahun baru Imlek di Jalan Ladang, Kelurahan Kedai Durian, Medan Johor dan beranjak pulang, Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution seketika turun dari mobil dinasnya saat melintas di Jalan Besar Delitua/Brigjend Zein Hamid untu

Jumat, 24 Jan 2020 21:15Berita Sumut

Sahabat Kodam I/BB Rayakan Imlek Tahun 2020

Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah bersama Kasdam, Brigjen TNI Untung Budiharto dan para PJU Kodam I/BB lainnya, menghadiri acara open house Sahabat Kodam I/BB yang merayakan Imlek 2571 Tahun 2020, Jumat (24/1/2020) malam.

Jumat, 24 Jan 2020 21:00Berita Sumut

Edy Rahmayadi Minta Pengurus IKAL SMANSA Medan Segera Bentuk Program Kerja

Pengurus Ikatan Alumni Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (IKAL SMANSA) Medan diminta segera membentuk program kerja. Sehingga roda organisasi dapat berjalan dengan semestinya dan bermanfaat bagi masyarakat dan para alumni.

Jumat, 24 Jan 2020 20:45Berita Sumut

78 Kasus HIV di Sumut Ditemui pada Anak

Data yang dihimpun Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut), dari 2.473 kasus HIV yang ditemukan di Sumut sejak Januari hingga Desember 2019, sekitar 78 kasusnya ditemukan pada anak.

Jumat, 24 Jan 2020 20:30Internasional

Serena Williams Angkat Koper dari Australia Open 2020

Beda nasib dialami kedua petenis favorit di babak ketiga Australia Open 2020 yang berlangsung di Melbourne Park, Jumat (24/1/2020) pagi WIB. Unggulan pertama yakni Ashleigh Barty berhasil melaju ke 16 besar, sementara petenis senior, Serena Williams harus

Jumat, 24 Jan 2020 20:15Internasional

Gara-gara Corona, China Batalkan Puncak Acara Tahun Baru Imlek

Info ini sedikit mengejutkan, karena pemerintah Kota Beijing, China mengumumkan bahwa puncak acara perayaan Tahun Baru China atau Imlek dibatalkan demi mengendalikan penyebaran virus korona jenis baru.

Jumat, 24 Jan 2020 19:09Nasional

Selain Hasto Kristiyanto, KPK Juga Periksa 2 Komisioner KPU

Selain Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga memeriksa dua Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Evi Novida Ginting dan Hasyim Asyari, Jumat (24/1/2020). Ketiganya diperiksa sebagai saksi terkai

Jumat, 24 Jan 2020 18:19Berita Sumut

2.473 Personel Dikerahkan untuk Amankan Imlek di Sumatera Utara

Sebanyak 2.473 personel dikerahkan untuk pengamanan Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di Sumatera Utara.

Jumat, 24 Jan 2020 17:27Berita Sumut

Kajati Sumut Amir Yanto Apresiasi Kunjungan HIPMA Al-Wasliyah

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Dr. Amir Yanto SH, MM, MH didampingi Koordinator pada bidang Intelijen Adung Sutranggon SH.MH, dan Kasi Penkum Kejati Sumut Sumanggar Siagian SH, MH, menerima kunjungan dan silaturahmi dari Himpunan Mahasiswa Al-Wasl

Jumat, 24 Jan 2020 17:23Berita Sumut

Usai Shalat Jum'at di Masjid Alhurriyah, Kapolda Sumut Sampaikan Pesan Kamtibmas

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengunjungi Masjid Alhurriyah, Jalan M Yakub, Medan Perjuangan, Jumat (24/1/2020). Usai jamaah melaksanakan Sholat Jum'at, Kapoldasu menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas didampingi Wakapolda Sumut Brigjen Mardiaz

Jumat, 24 Jan 2020 17:05Berita Sumut

IMT-GT Bakal Tingkatkan Perekonomian Sumut

Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand atau yang dikenal dengan Indonesia– Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) bakal meningkatkan perekonomian Sumatera Utara (Sumut). Kerja sama tiga negara Asia Tenggara ini diyakini akan berpengaru

Jumat, 24 Jan 2020 16:49Berita Sumut

Personil Polsek Medan Baru Bersama Muspika Laksanakan Penertiban Pedagang Kaki Lima

Personil Polsek Medan Baru bersama pihak Muspika Kecamatan Medan Baru laksanakan penertiban para pedagang kaki lima (PK5, red) yang berada di wilayah badan hukum Polsek Medan Baru, Jumat (24/01/2020) sekira jam 10.00 WIB.