• Home
  • Lifestyle
  • WOW...! "Guguk" ini Diajarin Doa Loh Sama Majikannya Sebelum Makan, Gimana Caranya

WOW...! "Guguk" ini Diajarin Doa Loh Sama Majikannya Sebelum Makan, Gimana Caranya

Mtc Sabtu, 12 Januari 2019 14:00 WIB
google
Mengucap doa sebelum makan memang sudah seharusnya dilakukan oleh manusia. Sebagai orang yang beriman, mengucap syukur atas berkat dan rejeki yang diberikan Tuhan memang harus dilakukan sepenuh hati.
MATATELINGA: Mengucap doa sebelum makan memang sudah seharusnya dilakukan oleh manusia. Sebagai orang yang beriman, mengucap syukur atas berkat dan rejeki yang diberikan Tuhan memang harus dilakukan sepenuh hati.



Mungkin melihat orang berdoa sebelum makan telah menjadi pemandangan umum yang sering kita jumpai. Namun, bagaimana halnya dengan seekor anjing? Tentunya agak sedikit aneh ketika melihat seekor anjing berdoa sebelum memulai makan.

Biasanya anjing dengan lahap memakan aneka kudapan yang ada di hadapnnya tanpa memperhatikan kondisi di sekelilingnya. Namun berbeda halnya dengan tiga anjing pintar yang ada dalam video ini. Dengan sabar ketiga anjing tersebut menunggu hingga tiba saatnya makan. Bahkan anjing tersebut terlihat serius saat doa sedang dipanjatkan.

Adalah Romo Surya Purnawan, ya di tangan beliau, anjing-anjing ini terlihat patuh dan terlatih untuk berdoa dan mengucap syukur. Tentu ini bukan hal yang aneh, pasalnya Romo Surya adalah seorang pencinta anjing dan telah merawat mereka sejak kecil. Ia mengaku telah mempelajari cara merawat anjing dengan baik dari media sosial.



"Dari situ saya menyadari anjing adalah hewan yang paling setia. Selain itu ketika sudah dipelihara dengan baik, mereka kembali mencintai semua orang. Dari kecil saya sudah mengajari anjing-anjing ini untuk duduk dulu sebelum makan," tutur Romo Surya, saat diwawancarai Okezone, Sabtu (12/1/2019).

Romo Surya juga mengaku mengajari para anjingnya dengan kasih sayang. Ia sama sekali tidak mengajari anjing-anjing tersebut dengan kekerasan. Hal tersebutlah yang membuat anjing-anjing tersebut terbiasa dan selalu melakukan hal tersebut hingga saat ini.

"Perlu dicatat anjing jangan diajari dengan kekerasan, saya hanya menyuruhnya duduk sebelum makan. Tiap hari saya melakukan hal tersebut dan lama kelamaan menjadi prilaku yang berulang (kebiasaan)," sambungnya.



Romo Surya mengatakan sebagai makhluk hidup sudah sebaiknya untuk bersyukur terhadap semua berkat yang telah diberikan oleh tuhan. Sebagai seorang pemuka agama, ia pun ingin menyalurkan energi positifnya kepada makhluk hidup yang paling dekat dengannya.

"Mereka juga seekor makhluk hidup yang harus bersyukur akan berkat Tuhan. Lalu saya selipkan kebiasaan berdoa hingga sekarang untuk mensyukuri anugerah tuhan. Saya sebagai imam, tetunya ingin mengajari mereka semua untuk mensyukuri semua yang tuhan berikan," ujarnya.

Lebih lanjut, percayakah anjing yang dimiliki Romo Surya bisa belajar dengan cukup cepat? Romo Surya mengatakan hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu untuk membiasakan peliharaan kesayangannya tersebut berdoa sebelum makan



"Saya mengajari mereka cukup cepat, kurang lebih dalam waktu satu minggu, mereka sudah mulai memiliki kebiasaan itu. Ketika saya mengetahui mereka tidak langsung makan ketika piring sudah disajikan, maka dari situ saya berpikir bahwa mengajak mereka bersyukur adalah cara yang baik," terang Romo Surya.

Dalam video yang diambil pada Senin 7 Januari 2019 tersebut, Romo Surya terlihat melambaikan tangannya untuk mengucap doa makan. Setelah selesai, ia baru memberikan aba-aba kepada ketiga anjingnya agar bisa menyantap hidangan yang ada di hadapannya.

"Jadi langkah pertamanya itu saya suruh mereka duduk terlebih dahulu, kemudian doa sebelum makan. Setelah berdoa maka saya akan memberikan aba-aba supaya mereka bisa memulai makan," sambungnya.



Tentu saja melatih anjing untuk menjadi sepintar ini memiliki kesulitan dan tantangan tersendiri. Romo Surya mengaku bahwa anjing mudah sekali terdistraksi. Alhasil ia harus kembali memanggil namanya agar tetap fokus supaya bisa melanjutkan doa sebelum makan.

"Tentunya ada kesulitan tersendiri saat mengajari anjing untuk bisa seperti ini. Salah satunya adalah anjing mudah terdistraksi, teralihkan perhatiannya dan terpecah kosentrasinya. Namun, saya rutin terus melakukan hal ini hingga dua tahun lamanya," lanjutnya.

Romo Surya mengatakan bahwa inti dari semua yang ia ajarkan kepada hewan peliharaannya adalah kasih sayang. Dengan kasih sayang, maka hewan akan kembali mengasihi manusia. Ia juga tak pernah mendidik anjingnya agar nurut dengan tindakan kekerasan.



"Kuncinya adalah saya memperlakukan hewan dengan kasih sayang. Ketika mereka sakit, maka saya menemaninya, setiap seminggu saya mandikan dan tidak diperlakukan dengan kasar karena mereka memiliki perasaan," tandasnya.

(Mtc/Okz)
Editor: Fjr

Sumber: Okezone

T#g:Anjing Peliharaanblibligaya hidupMatatelingaMelatih AnjingTerkini
Komentar
Selasa, 12 Nov 2019 21:30Berita Sumut

Verifikasi Calon Penerima Penghargaan Gemar Ikan Tingkat Nasional 2019

Pemerintah kabupaten Asahan menggelar acara verifikasi calon penerima penghargaan Gemar Ikan tingkat Nasional tahun 2019, kegiatan tersebut dilaksanakan di kantor Dinas Perikanan Kabupaten Asahan,

Selasa, 12 Nov 2019 21:30Berita Sumut

Jadikan Maulid Rasulullah Perkuat Ukuwah Islamiyah

Ribuan umat Muslim menghadiri peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1441 H yang diselenggarakan Pemko Medan di Lapangan Porta Jalan Perjuangan, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur,

Selasa, 12 Nov 2019 21:15Berita Sumut

Diduga Hamburkan Anggaran, Bimtek Nasional Pemkab Palas Sepi

Aksi kucing-kucingan dilakukan petugas penyelenggara bimbingan teknis (Bimtek) Kabupaten Padanglawas yang berlangsung di Hotel Soechi, Jalan Cirebon, Medan, Minggu (10/11/2019) sampai Selasa (12/11/2019).

Selasa, 12 Nov 2019 21:00Nasional

Kapolri Melaksanakan Silaturahmi dengan Ketua Umum PBNU dan Pengurus Pusat PBNU

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si tiba di Kantor Pusat PBNU Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat,Selasa (12/11/2019). Kehadiran Kapolri di Kantor Pusat PBNU dalam rangka melaksanakan silaturahmi dengan Ketua Umum PBNU Prof. Dr. K.H. Said Aqil Siroj

Selasa, 12 Nov 2019 20:45Berita Sumut

Merasa Tak di Perhatikan, FHI Temui Wakil Ketua DPRD Medan

Perwakilan Forum Honorer Indonesia (FHI) Kota Medan menemui Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritongan di ruang kerjanya di Jalan Kapten Maulana Lubis Medan

Selasa, 12 Nov 2019 20:30Berita Sumut

Pemprov Harapkan INKINDO Bersinergi Membangun Sumut

Untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di Sumatera Utara (Sumut) dibutuhkan peran para konsultan, terutama konsultan konstruksi. Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut mengharapkan Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) dapat

Selasa, 12 Nov 2019 20:15Berita Sumut

Hadiri Ulos Fest 2019, Gubernur Edy Dukung Ulos Jadi Warisan Dunia

Ulos merupakan salah satu hasil tenun yang indah dan buah pikir atau budaya yang tinggi dari suatu peradaban. Ada sejak ribuan tahun yang lalu di tengah masyarakat Batak merupakan fakta yang patut dibanggakan, artinya para leluhur di masa lalu telah memil

Selasa, 12 Nov 2019 20:00Berita Sumut

Relawan PEN Hibur Puluhan Anak Penderita Kanker

Pertamina Energi Negeri (PEN) hadir menghibur anak-anak penderita kanker di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan

Selasa, 12 Nov 2019 19:45Berita Sumut

Jumlah "Desa Hantu" Tak Berpenghuni Bertambah Dapat Dana Desa

Ombudsman RI Perwakilan Sumut terus menerima informasi penambahan jumlah desa tidak berpenghuni yang menerima kucuran dana desa ratusan juta hingga miliaran rupiah di Kecamatan Sirombu, Nias Barat. Ini setelah Ombudsman Sumut sebelumnya membuka keberadaan

Selasa, 12 Nov 2019 19:30Berita Sumut

BNN RI Dapat Penghargaan Keberhasilan Pembrantasan Narkoba

Upaya BNN RI dalam menanggulangi narkotika di wilayah Tebing Tinggi, Provinsi Sumatera Utara, mendaptkan apresiasi positif dari walikota Tebing Tinggi Ir. H. UMAR ZUNAIDI HASIBUAN, MM dengan memberikan penghargaan kepada BNN RI

Selasa, 12 Nov 2019 19:15Berita Sumut

Sabrina Kagumi Hasil Inovasi Pertanian Kutagadung Berastagi

Dalam kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Karo, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Sabrina menyempatkan untuk berkunjung dan meninjau UPTD Benih Induk Hortikultura, Jalan Djamin Ginting Km 67, Kutagadung, Berastagi, Kabupaten Karo, Senin

Selasa, 12 Nov 2019 19:00Berita Sumut

Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi Pelatihan Kalangan/Kantor Sendiri

Untuk meningkatkan pemahaman penyusunan program kerja pengawasan tahunan (PKPT), Pemkab Sergai menggelar sosialisasi pelatihan kalangan/kantor sendiri, di Hotel Sibayak, Selasa (12/11/2019).

Selasa, 12 Nov 2019 18:53Berita Sumut

Dandim 0201/BS dan Kapolrestabes Patroli Pembuangan Bangkai Babi

Sebagai wujud atas kepedulian terhadap kesehatan masyarakat dan ekosistem lingkungan sungai, Komandan Kodim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga S.Sos bersama Kapoltabes Medan Kombes Pol Dr. H. Dadang Hartanto SH,. S.I.K M.Si, melaksanakan patroli pemb

Selasa, 12 Nov 2019 18:38Berita Sumut

Praktisi Hukum Dukung Polisi Tangkap Pelaku Pembuangan Bangkai Babi Ke Sungai

Terkait pembungan ratusan bangkai babi, disejumlah Sungai dan kawasan Danau Siombak Medan., Praktisi hukum, Dr Drs H. Mhd Syafi'i, SH, MH, M.Si mendukung penuh upaya pihak kepolisian menangkap pelaku dan kini sedang sedang dikejar polisi.

Selasa, 12 Nov 2019 18:23Internasional

WNI Dihimbau Waspada Dengan kebakaran di Australia

Warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Australia dihimbau Kementerian Luar Negeri, untuk meningkatkan kewaspadaan terkait kebakaran hutan yang melanda negara itu.

Selasa, 12 Nov 2019 18:08Berita Sumut

Pemko Medan Optimis SPAM Mebidang Segera Terealisasi

Pemko Medan mendukung dan optimistis operasional Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Medan, Binjai, Deli Serdang (Mebidang) dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dilakukan guna menyediakan Air Minum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, agar masyar