• Home
  • Lifestyle
  • WOW! Durian Tembus Pasar Internasional, ini Faktanya

WOW! Durian Tembus Pasar Internasional, ini Faktanya

Mtc Jumat, 18 Januari 2019 23:10 WIB
GOOGLE
Selama ini banyak wisatawan mancanegara yang tidak mengetahui bahwa produk es krim durian yang mereka temukan saat melancong ke Singapura, Korea Selatan, Australia, atau Jepang, ternyata diekspor dari Medan, Sumatera Utara.
MATATELINGA: Selama ini banyak wisatawan mancanegara yang tidak mengetahui bahwa produk es krim durian yang mereka temukan saat melancong ke Singapura, Korea Selatan, Australia, atau Jepang, ternyata diekspor dari Medan, Sumatera Utara.



Hal tersebut dibenarkan oleh Yusfahri selaku Kepala subdivisi program Dinas Pertanian dan Hortikulutra Sumatera Utara. Setidaknya terdapat 10 negara seperti Jepang, Korea Selatan, China, Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura, Filipina, Australia, dan Brasil yang secara rutin mengimpor durian dari Provinsi Sumatera Utara. Aktivitas perdagangan ini bahkan telah berlangsung berlangsung sejak tahun 2012.

Nah, dari 10 negara tersebut, Malaysia menjadi negara pengimpor durian terbesar diikuti Jepang, Vietnam, Brasil, dan Thailand. Berdasarkan data yang dikeluarkan pada tahun 2017, Malaysia mengimpor sekitar 901,21 kilogram durian, Jepang mengimpor 480,17 kg, Vietnam 371,90 kg, Brasil 284,20 kg, dan Thailand 240,60 kg.

Yusfahri mengatakan, durian yang diekspor itu sudah diproses karena sebagian besar akan dibuat menjadi olahan es krim. Dia mengatakan, sejumlah negara Asia dan Amerika Selatan juga telah menunjukkan minat mereka untuk mengimpor durian dari Sumatera Utara.



Namun mengingat ketersediaannya yang tebatas, sejauh ini Sumatera Utara hanya dapat memenuhi permintaan dari 10 negara tersebut.

"Kami kewalahan menerima pesanan. Masalahnya adalah stok yang kami miliki, sebagian besar juga dipasarkan di dalam negeri," kata Yusfahri, sebagaimana dikutip Okezone dari AsiaOne, Jumat (18/1/2019).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, durian dari Sumatera Utara memang memiliki rasa yang khas dibandingkan durian dari daerah lain. Berkat aroma dan rasanya yang lebih lebih kuat, tak heran jika durian asal Sumatera Utara lebih populer di kalangan pencinta durian.

Perlu diketahui bahwa musim panen durian di Sumatera Utara berlangsung dua kali setahun yakni, pada awal dan pertengahan tahun. Badan tanaman provinsi mencatat, Sumatera Utara memproduksi sekitar 64.659 ton durian pada tahun 2017. Pada kuartal ketiga tahun lalu, mereka berhasil memproduksi sekitar 17.961 ton durian.



Saat ini, Sumatera Utara berada di peringkat kelima dalam hal produksi di Indonesia setelah Jawa Timur dengan total 227.952 ton, Jawa Tengah 91.385 ton, Sumatera Barat 74.540 ton, dan Jawa Barat 66.314 ton. Jika dijumlahkan, total produksi durian Indonesia pada 2017 mencapai angka 795.204 ton.

Menurut Yusfahri, pemerintah telah berusaha keras meningkatkan produksi durian di Sumatera Utara dengan mendisbitrusikan bibit durian ke sejumlah daerah.

Tahun lalu, misalnya, Dinas Pertanian dan Hortikultura Suamtera Utara telah mendistribusikan 3.000 bibit durian ke Kabupaten Padang Lawas, Asahan, dan Tapanuli Selatan. Pemerintah pusat juga mendanai distribusi 14.000 bibit di Kabupaten Langkat.



Sekretaris administrasi Kabupaten Dairi, Sebastianus Tinambuan mengatakan, daerahnya memang menjadi salah satu produsen durian terbesar di kawasan Sumatera Utara. Jumlahnya bisa mencapai 166.900 kwintal. Angka tersebut didapatkan dari hasil panen di 81.600 pohon durian yang tersebar di seluruh kabupaten. Masing-masing pohon diklaim dapat menghasilkan rata-rata 204.53 kg durian per musim.

Lukman, salah seorang pedagang durian asal Medan, ,mengatakan bahwa sebagian besar pelanggan setianya berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, bahkan ada juga yang berasal dari luar negeri. Saking tingginya permintaan konsumen, dalam sehari ia bisa menjual hingga 300 buah durian.

"Kadang-kadang, saya tidak bisa memenuhi semua permintaan pelanggan, terutama saat memasuki akhir pekan," kata Lukman yang menjajakan dagangannya di daerah Helvetia.

Setiap durian berkualitas terbaik dibanderol dengan harga berkisar antara Rp10.000 Rp25.000 (selama masa panen). Sementara di luar masa panen, Lukman menjualnya seharga Rp50.000 Rp70.000.



"Di sini harga tidak jadi masalah, asalkan rasanya enak," tutup Lukman.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:blibliDurianMatatelingaPasar InternasionalTerkini
Komentar
Rabu, 26 Jun 2019 21:40Berita Sumut

Kapolda Sumut Motivasi Anak Pengungsi Gunung Sinabung

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto menyambangi anak anak korban erupsi Gunung Sinabung, di Jambur Desa Sukatepu, Kecamatan Namanteran, Tanah Karo. Jenderal bintang dua tersebut memberikan semangat agar mereka tetap bersekolah dan menggapai mi

Rabu, 26 Jun 2019 20:50Berita Sumut

Wanita Mengidap HIV Bawa Sabu, ditangkap Petugas Bea Cukai

Petugas Bes Cukai Jawa Barat menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu sabu seberat 1,5 Kg yang disembunyikan di pakaian dalam oleh wanita, warga negara asing dari Afrika Selatan yang berinisial CN ,42, .

Rabu, 26 Jun 2019 20:41Berita Sumut

Naibaho: Meski PAD Meningkat, Pencapaian Tegolong Rendah

Meski ada peningkatan (PAD) dari tahun sebelumnya, namun pencapaian itu tergolong rendah karena masih jauh dari yang ditargetkan. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan tahun 2018 dinilai belum maksimal.

Rabu, 26 Jun 2019 20:27Berita Sumut

DPRD Medan, Minta Dinas Perindustrian Melakukan Pendataan Industri Tak Memiliki Izin

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan meminta Dinas Perindustrian melakukan pendataan perusahaan-perusahaan industri tak berizin yang beroperasi di Medan. Pasalnya, Ketua Komisi IV DPRD Medan Abdul Rani, tak ingin terjadi kebakaran pabrik seperti di

Rabu, 26 Jun 2019 20:15Internasional

Pria Berat Badan 90 Kg, Menimpa Pria usia 60 Hingga Tewas

Seorang pria dengan berat lebih dari 90 kg secara tidak sengaja jatuh dari lantai tiga sebuah gedung, hingga menimpa pria berusia 60 tahun tewas ditempat, di Koloni Lalita, Sarai Rohilla, Delhi, India.

Rabu, 26 Jun 2019 19:55Lifestyle

Vanessa Angel, Akan Menghirup Udara Segar

Pengadilan Negeri (PN) Surabaya memvonis lima bulan penjara diterima oleh Artis FTV Vanessa Angel, terkait kasus pelanggaran Undang-Undang ITE mengenai penyebaran konten asusila di , Rabu (26/6/2019).

Rabu, 26 Jun 2019 18:45Berita Sumut

Pemko Medan Terus Lakukan Normalisasi Drainase

Normalisasi drainase terus dilakukan Pemko Medan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir terjadinya genangan air

Rabu, 26 Jun 2019 18:30Nasional

Kapolri Hadiri Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional

Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. menghadiri peringatan Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2019 di The Opus Ballroom Tribrata Jakarta Selatan.

Rabu, 26 Jun 2019 18:15Berita Sumut

Akses Internet Diharapkan Jangkau Seluruh Daerah di Sumut

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Tahun 2019 di Hotel Santi

Rabu, 26 Jun 2019 18:00Berita Sumut

BPBD Temukan 1 dari 2 Korban Hilang Mobil Masuk Jurang di Madina

Tim gabungan menemukan satu dari dua korban yang hilang dalam kecelakaan minibus travel yang terjun di Sungai Batang Natal, Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Selasa (22/6/2019) kemarin.

Rabu, 26 Jun 2019 17:55Berita Sumut

Mencuri Senjata Polisi, Terkapar di Terjang Timah Panas

Satu pelaku pencurian senjata api milik anggota Polri yang bertugas di Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Binjai, dilumpuhkan dengan timah panas oleh satuan Reserse Kriminal Pidum Polres Binjai bersama Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut. Sedang

Rabu, 26 Jun 2019 17:43Berita Sumut

Peringatan HANI 2019, Gubsu Sebut Sinergisme dan Keimanan Kunci Lawan Narkoba

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyebut sinergisme dari semua kelompok serta kekuatan iman menjadi kunci utama dalam melawan dan memberantas narkoba. Hal ini disampaikannya usai menghadiri Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI)

Rabu, 26 Jun 2019 17:28Berita Sumut

Reforma Agraria Diharapkan Dapat Selesaikan Masalah Pertanahan di Sumut

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka sekaligus memberi arahan pada rapat koordinasi penyelenggaraan gugus tugas reforma agraria Provinsi Sumut di Hotel Adimulia, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Rabu (26/6). Diharapkan, pelaksanaan refor

Rabu, 26 Jun 2019 17:13Berita Sumut

Jelang Putusan MK, Polisi dan TNI Gelar Patroli Gabungan di Wilayah Pelabuhan Belawan

Menjelang sidang putusan Sengketa Hasil Pilpres di Mahkamah Konsitusi (MK) pada hari Kamis 28 Juni 2019, Polres Pelabuhan Belawan dan Jajaran serta TNI melakukan patroli skala besar di wilayah Hukum Polres Pelabuhan Belawan, Rabu (26/6/2019) sekitar Pukul

Rabu, 26 Jun 2019 17:08Internasional

Menuju ke Istana, Raja Malaysia Lihat Insiden Kecelakaan Langsung Turun

Sang Sultan sedang dalam perjalanan ke Istana Melawati untuk menghadiri pertemuan pra-kabinet dengan Perdana Menteri Dr Mahathir Mohamad ketika iring-iringan mobilnya menemukan sebuah insiden kecelakaan.

Rabu, 26 Jun 2019 16:53Nasional

Panglima TNI Hadiri Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional Tahun 2019

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Pol Prof H.M. Tito Karnavian, Ph.D., menghadiri acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2019, yang bertemakan "Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Ind