Warning: Use of undefined constant kat - assumed 'kat' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 617

    Warning: Use of undefined constant title - assumed 'title' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 621

    Warning: Use of undefined constant alias - assumed 'alias' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 625

    Warning: Use of undefined constant Kategori - assumed 'Kategori' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 625

    Warning: Use of undefined constant Judul - assumed 'Judul' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 625
  • Home
  • Lifestyle
  • WOW, Ternyata Gigi Tikus Lebih Kuat daripada Besi!

WOW, Ternyata Gigi Tikus Lebih Kuat daripada Besi!

Mtc Minggu, 21 Juli 2019 08:15 WIB
Hand Over
Ternyata gigi tikus lebih kuat daripada besi
MATATELINGA: Jika Anda selama ini mengira tikus hanya hewan pengerat yang jorok tanpa punya keunggulan apa-apa, Anda salah besar! Sebab, fakta menjelaskan kalau gigi tikus ternyata lebih kuat dari besi.



Fakta ini bisa dibuktikan dari kebiasaan tikus yang mampu menggerogoti kayu sampai rusak. Padahal, mungkin kayu yang dihancurkan sangat tebal dan berkualitas baik.

Hal tersebut pun dijelaskan dalam laman Steemit, di mana di sana dijelaskan kalau salah satu hewan pengerat dari ordo Rodentia ini sangat kuat dan terbilang kebal juga.

Bahkan, laman tersebut menjelaskan kalau tikus hewan yang tidak mudah mati. Ini dibuktikan dengan fakta saat tikus terjatuh dari bangunan yang sangat tinggi, tubuhnya tidak akan ancur atau cedera. Malah, semuanya baik-baik saja dan tikus bisa kembali berlari menjauh dari lokasi dia terjatuh.

Selain dua fakta itu, tikus juga diketahui tersebar luas dan hampir merata di seluruh dunial. Hal ini berkat kemampuan tubuhnya dalam beradaptasi dengan lingkungan. Sistem kekebalan tubuhnya terbukti luar biasa.

Jumlah yang banyak itu membuat tikus dikatakan sebagai kelompok mamalia terbanyak kedua setelah manusia. Kemudian, tikus juga disebut sebagai makhluk yang cerdas dengan tingkat komunikasi kompleks yang baik dalam hal vokal.

Bicara mengenai karakter, tikus adalah hewan penjelajah. Tikus dapat menemukan berbagai cara kreatif untuk masuk melalui celah sempit. Ini juga berkat tubuhnya yang bisa mengikuti bentuk ruang.

Setelah itu, Anda juga mesti tahu kalau kumis tikus itu punya fungsi yang luar biasa penting. Ya, kumis yang biasanya sangat panjang itu dimanfaatkan tikus untuk merasakan perubahan suhu dan merasakan benda yang halus dan kasar.

Tikus juga memiliki keseimbangan sempurna. Ini ditunjukkan dari kebiasaan tikus yang bisa berjalan di sepanjang kawat tipis. Selain cerdas, tikus juga dikatakan sebagai hewan yang pandai, sehingga sulit untuk ditangkap dan jatuh ke dalam perangkap yang dibuat.



Bedanya Gigi Tikus dengan Manusia

Gigi adalah sesuatu yang dimiliki hampir semua binatang, reptil, mamalia, manusia dan makhluk hidup lainnya. Bayangkan seorang dokter gigi membersihkan gigi tikus. Itu hampir mustahil. Gigi tikus jauh lebih kecil daripada manusia. Ukuran bukan satu-satunya perbedaan di antara keduanya dalam hal gigi.

Dijelaskan dalam laman Summer lea Dental, salah satu perbedaan utama antara gigi tikus dan manusia adalah gigi tikus terus tumbuh. Sedangkan manusia dilahirkan dengan seperangkat gigi bayi yang akhirnya hilang.

Ketika manusia kehilangan gigi bayinya, mereka tumbuh menjadi gigi dewasa. Gigi dewasa ini adalah satu-satunya gigi yang dimiliki manusia selamanya.

Selanjutnya, tidak seperti manusia, gigi tikus tidak rontok. Mereka selalu tumbuh. Ini berarti tikus harus melihat gigi mereka turun sehingga mereka tidak terlalu lama. Inilah sebabnya mengapa Anda selalu melihat tikus menggerogoti atau menggigit segalanya. Mereka berusaha mencukur giginya.

Dalam hal jumlah gigi, tikus memiliki dua belas gigi geraham dan empat gigi depan yang tajam. Lebih lanjut, konstruksi rahangnya juga berbeda. Tulang rahang manusia padat. Rahang tikus terpisah. Gigi tikus hanya disatukan oleh sepotong kecil ligamen. Inilah sebabnya mengapa tikus memiliki rahang yang lebih fleksibel.

Rahang tikus juga sangat kuat. Diketahui mampu mengunyah batu bata dan beberapa logam. Kebanyakan manusia tidak mampu melakukan itu.



Mirip dengan manusia, tikus juga omnivora. Ini berarti mereka memiliki gigi yang digunakan untuk alasan yang sama. Tikus memiliki "gigi pipi" yang dikenal sebagai geraham. Geraham ini menyerupai geraham yang sama yang ditemukan di mulut manusia. Tikus memiliki lebih banyak geraham daripada manusia.

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:besiblibligaya hidupGigiKuatLebihMatatelingaTerkiniTikusmatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Senin, 09 Des 2019 13:45Berita Sumut

Aspers Kasdam I/BB Pimpin Acara Tradisi Masuk Satuan Kodam I/BB

Aspers Kasdam I/BB Kolonel Inf Djonne Ricky Lumintang, S.Sos. memimpin Acara Tradisi Masuk Satuan Kodam I/BB Guna menumbuhkan kebanggaan satuan dan membangkitkan semangat serta memberikan gambaran umum tentang tuntutan tugas kepada Prajurit baru yang masu

Senin, 09 Des 2019 13:30Berita Sumut

IRT di Binjai Ini Kehilangan Sepeda Motor yang Baru Ditinggal dari Teras Rumah

Seorang ibu rumah tangga bernama Sofianidar Siregar (35) warga Jalan Gunung Jaya Wijaya No 147 Lk X, Kelurahan Binjai Estate, Kecamatan Binjai Selatan kehilangan sepeda motor yang baru diparkirnya di teras rumah Jumat (6/12/2019) malam. Tenaga pengajar

Senin, 09 Des 2019 13:15Berita Sumut

KPU Medan dan KPU Muna Berbagi Strategi Sukseskan Pilkada

Mensukseskan Pilkada Serentak 2020, Komisioner KPU Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar kunjungan ke kantor KPU Kota Medan, Jalan Kejaksaan, Medan, Senin (9/12/2019). Kunjungan ini mereka gelar dalam agenda melakukan Kajian Antar Daerah d

Senin, 09 Des 2019 13:00Berita Sumut

Soal Tersangka Pembunuh Hakim Jamal, Polisi Masih Kekurangan Alat Bukti

Polisi mengaku masih kekurangan alat bukti untuk menetapkan tersangka dalam kasus pembunuhan hakim Jamaluddin pada Jumat (29/11) lalu. Hingga saat ini, sudah 25 orang saksi yang diperiksa dalam kasus itu.

Senin, 09 Des 2019 12:41Nasional

Satgas Pamrahwan Yonif 754/ENK/20/3 Kostrad Melestarikan Adat Suku Kamoro

Personel Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Yonif 754/ENK/20/3 Kostrad bersama masyarakat Kampung Kamoro Suku Iwaka, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua, melaksanakan pesta adat yang menjadi warisan leluhur masyarakat Suku Kamoro.

Senin, 09 Des 2019 12:26Berita Sumut

Nelayan Tradisional Belawan : Kapal Pukat Trawl Masih Beroperasi di Belawan

Nelayan kecil yang berada di kawasan Medan Utara dan sekitarnya menolak beroperasinya pukat trawl dan pukat cantrang. Karena hingga saat ini kedua alat tangkap yang dilarang pemerintah tersebut bebas beroperasi di Pelabuhan Perikanan Samudera Gabion Bela

Senin, 09 Des 2019 12:11Berita Sumut

Miliki 0,14 Gram Sabu, Buruh Bangunan di Panyabungan Diciduk Polisi

Seorang buruh bangunan berinisial MS (33) warga Kel. Dalan Lidang, Kec. Panyabungan Kab Madina diringkus polisi lantaran menyimpan narkotika jenis sabu seberat 0,14 Gram. Buruh bangunan itu diringkus dari Jalan Lintas Timur Kelurahan Pidoli Dolok Kec. Pan

Senin, 09 Des 2019 09:56Berita Sumut

Kejati Sumut Siap Membangun Kejujuran

Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional tahun 2019, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menggelar upacara di halaman Kantor Kejati Sumut Jalan AH Nasution No 1-C Medan, Senin, (9/12/2019).

Senin, 09 Des 2019 08:10Berita Sumut

PB AMCI dan PWI Sumut Adakan UKW Angkatan ke-30

Untuk memberikan dan meningkatkan profesional kepada para jurnalis, Pengurus Besar (PB) Aliansi Media Cyber Indonesia (AMCI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara akan mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-30 pada tanggal 20

Senin, 09 Des 2019 07:45Internasional

PBB Melarang Korut Luncurkan Satelit, Korut "uji coba sangat penting"

PBB melarang Korea Utara meluncurkan satelit karena itu dianggap sebagai teknologi rudal jangka panjang yang dilarang.

Senin, 09 Des 2019 07:30Lifestyle

Ada Yang Membuat Bercinta Menyebalkan Oleh Pasangan Wanita, Apa tu....?

Bagi pasangan yang melakukan hubungan seks adalah salah satu kebutuhan kegiatan yang kerap dilakukan, selain karena menyenangkan berhubungan seks juga menambah kedekatan pasangan.

Senin, 09 Des 2019 07:15Ekonomi

Harga Saham Gabungan Sudah Memulai Fase Window Dressing.

Belakangan, semua indeks konstituen, tak terkecuali indeks Kompas100 juga kompak menguat. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sudah memulai fase window dressing.

Senin, 09 Des 2019 07:00Nasional

Dalam Waktu Dekat, Nama Direktur Garuda Baru Muncul

Direktur Garuda dipecat Ari Akhsara serta juga memberhentikan sementara tiga direksi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) yang diduga terlibat dalam kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton, oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (B

Senin, 09 Des 2019 06:45Bola

Laga Valencia vs Madrid, Posisi Bale di Percaya Pelatih Fullback Kiri

Dengan tidak adanya banyak opsi yang tersedia, sebenarnya Zidane bisa saja memainkan Gareth Bale di fullback kiri. Apalagi sebelumnya Bale memang sempat bermain di posisi tersebut.

Senin, 09 Des 2019 06:30Internasional

Aksi Demo di Hongkong Guna Baju Serba Hitam, Apa Tujuannya...?

Sejak Juni, Hong Kong telah menyaksikan lebih dari 900 demonstrasi, prosesi, dan pertemuan publik, banyak yang berakhir dengan konfrontasi dengan kekerasan. Hampir 6.000 orang telah ditangkap.

Senin, 09 Des 2019 06:15Berita Sumut

Kasdam I/BB Menghadiri Acara Tari Sajojo dan Gerak Jalan Sehat

Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto menghadiri acara Tari Sajojo dan gerak jalan sehat dalam rangka menyambut Peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019, dilaksanakan di Lapangan Merdeka Medan