• Home
  • Lifestyle
  • Waspada! Obesitas Dapat Mengancam Siapa Saja. Cek Kadar Kolesterol dalam Tubuh Anda

Waspada! Obesitas Dapat Mengancam Siapa Saja. Cek Kadar Kolesterol dalam Tubuh Anda

Fidel W Minggu, 04 November 2018 16:23 WIB
Waspada! Obesitas Dapat Mengancam Siapa Saja. Cek Kadar Kolesterol dalam Tubuh Anda / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: Artis bertubuh gemuk Pretty Asmara meninggal dunia. Kabar duka ini dibagikan oleh salah satu akun Instagram yang mana di sana terlihat postingan sahabat Pretty yang menuliskan duka terdalamnya untuk selebriti tanah air tersebut.

Pretty Asmara terkenal sebagai selebriti yang bertubuh besar atau memiliki masalah obesitas. Gayanya yang percaya diri dan nyentrik membuatnya semakin terkenal publik, meski tubuhnya tak sekurus model-model kawakan.

Sampai berita ini dibuat, belum ada keterangan resmi terkait penyebab meninggalnya Pretty Asmara. Tapi, jika merujuk pada kondisi tubuh, obesitas yang dia alami sudah sejak lama bisa jadi sumber kematiannya.

Sebab, kita tahu bersama bahwa obesitas merupakan kondisi tubuh yang tidak sehat yang mana sangat memungkinkan orangnya memiliki riwayat penyakit kardiovaskular yang intens.

Salah satu masalah yang kerap dialami mereka yang obes adalah kolesterol. Masalah ini erat kaitannya dengan serangan jantung. Seperti paparan yang dikutip dari Science 20, dijelaskan di sana bahwa peneliti mengungkapkan bahwa benar ada kaitannya antara berat badan berlebih dengan serangan jantung.

"Kolesterol tinggi secara signifikan meningkatkan risiko serangan jantung pada beberapa orang yang mengalami obesitas," tulis peneliti.

Penelitian ini juga menemukan hasil bahwa 72% pasien dengan kolesterol tinggi memiliki serangan jantung stadium awal.

Sementara itu, dalam lama NBC, dijelaskan bahwa para ilmuwan mengatakan, orang-orang yang berbahan besar (obes) meninggal tiga tahun lebih cepat dibandingkan mereka yang bertubuh ideal.

Para dokter telah lama memperingatkan bahwa kelebihan berat badan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan termasuk penyakit jantung, stroke dan kanker, dan penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa berat badan ekstra dapat menghabiskan waktu bertahun-tahun hidup Anda.

Dalam studi baru dijelaskan bahwa para peneliti menyaring data untuk hampir 4 juta orang dewasa yang tidak merokok di 32 negara yang diterbitkan dari tahun 1970 hingga tahun lalu. Mereka membandingkan risiko kematian dengan indeks massa tubuh orang, atau BMI, ukuran lemak tubuh yang dihitung menggunakan tinggi dan berat badan.

Mereka mendefinisikan BMI dari 18,5 hingga 25 sebagai normal, 25-30 sebagai kelebihan berat badan, 30-35 sebagai obesitas sedang dan lebih dari 40 sebagai sangat obesitas. Seseorang yang memiliki tinggi badan 163 cm dianggap gemuk jika berat badannya 77 kg atau lebih.

Orang yang kelebihan berat badan kehilangan tiga tahun masa hidupnya, kata Richard Peto dari Oxford University, salah satu penulis penelitian. Sebuah penelitian sebelumnya menemukan bahwa menjadi sangat gemuk bisa memakan biaya hingga delapan tahun kehidupan.

Studi ini juga menemukan bahwa menjadi gemuk jauh lebih berbahaya bagi pria daripada bagi wanita.
Editor: Fidel W

Sumber: okz

T#g:Pretty Asmaraobesitas
Komentar
Selasa, 18 Jun 2019 12:05Berita Sumut

Disdik Binjai Diminta Persiapkan Proses PPDB secara Bersih dan Transparan

Pemerintah Kota (Pemko) Binjai rutin melaksanakan upacara Hari Kesadaran Nasional, yang dilaksanakan setiap tanggal 17 setiap bulannya. Bertindak sebagai pemimpin upacara Walikota Binjai yang diwakili Staff Ahli Pemko Binjai Drs. Afwan, Apt.MM dan turut d

Selasa, 18 Jun 2019 11:29Berita Sumut

Halal Bi Halal dengan Warga, Bupati Sergai Sampaikan Sejumlah Pesan

Bupati Serdangbedagai Soekirman menggelar halal bi halal dengan masyarakat di Kecamatan Perbaungan dan Pantai Cermin, Senin (17/6/2019). Dalam kesempatan itu, Soekirman menyampaikan banyak pesan untuk para warga dan OPD.

Selasa, 18 Jun 2019 11:14Nasional

569 Atlet Panahan Bersaing Rebut Piala Panglima TNI Open Tahun 2019

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P membuka Kejuaraan Panahan Piala Panglima TNI Open tahun 2019 di lapangan Pusjaspermildas TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (18/6/2019).

Selasa, 18 Jun 2019 11:06Berita Sumut

Apel Hari Kesadaran Nasional Kota Binjai 2019

Pemerintah Kota (Pemko) Binjai rutin melaksanakan upacara Hari Kesadaran Nasional, yang dilaksanakan setiap tanggal 17 setiap bulannya. Bertindak sebagai pemimpin upacara Walikota Binjai yang diwakili Staff Ahli Pemko Binjai Drs. Afwan, Apt.MM dan turut d

Selasa, 18 Jun 2019 10:59Berita Sumut

Tim Verifikasi Tertib Administrasi Pusat Kunjungi Binjai

Ketua TP PKK, Hj Lisa Andriani Idaham didampingi Asisten I Otto Harianto,SH , beserta pimpinan OPD, dan anggota PKK, menyambut kehadiran tim verifikasi lapangan lomba pelaksanaan terbaik tingkat nasional tertib administrasi dalam rangka Hari Kesatuan Ger

Selasa, 18 Jun 2019 10:55Berita Sumut

Puluhan Pelajar Diamankan Polsek Medan Baru

Petugas Polsek Medan yang dipimpin Kanit Reskrim Iptu Philip Purba, Antonio Purba SH MH didampingi Pawas Panit 3 Sabhara Ipda Carles BA, mengamankan puluhan pelajar dari berbagai sekolah dari salah satu rumah makan samping Power Salon Jalan Darussalam, Se

Selasa, 18 Jun 2019 10:35Nasional

34 Perwira Tinggi TNI Dipromosi Jabatan Baru

Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi

Selasa, 18 Jun 2019 10:20Berita Sumut

Berkali-kali Beraksi, 3 Orang Pelaku Perampokan Rumah di Medan Dilumpuhkan Polisi

Tim Pegasus Polrestabes Medan meringkus 3 orang kawanan pelaku perampokan rumah yang sudah beraksi berkali-kali. Ketiganya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas lantaran melawan petugas saat penangkapan.

Selasa, 18 Jun 2019 08:30Bola

Chelsea Tolak Tawaran Dua Klub Besar Dunia untuk Willian Borges

Hanya menyisakan masa kontrak selama satu tahun lagi bersama Chelsea membuat Willian Borges

Selasa, 18 Jun 2019 08:15Lifestyle

Positif Hamil, Shandy Aulia Sempat Tak Percaya Hingga Gunakan 10 Testpack

Kehamilan aktris Shandy Aulia setelah 7,5 tahun menikah, tentu menambah bahagia biduk

Selasa, 18 Jun 2019 08:00Berita Sumut

Pangdam I/BB Harapkan Satgas Yonif 132/BS Mampu Menjaga Keutuhan NKRI Di Perbatasan Timor Leste

Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI MS.Fadillah memimpin secara langsung Upacara Pembukaan Latihan Pratugas Satuan Tugas

Selasa, 18 Jun 2019 07:45Internasional

Dibalik Jeruji Besi, Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi Meninggal Dunia

Mantan Presiden Mohammed Morsi meninggal dunia pada usia 67 tahun setelah pingsan di balik

Selasa, 18 Jun 2019 07:30Nasional

Hari ini, MK Kembali Gelar Sidang Lanjutan Gugatan Sengketa Pilpres 2019, Berikut Agendanya

Sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Selasa, 18 Jun 2019 07:15Ekonomi

Syarifuddin: Tahun Depan Tukin dan Insentif Tak Dinikmati PNS lagi

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah menerima insentif tidak diperbolehkan menerima

Selasa, 18 Jun 2019 07:00Ekonomi

Menanti Pejabat Baru PLN, Menteri Rini Siapkan 5 Kandidat

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno disebut sudah menyiapkan

Selasa, 18 Jun 2019 06:45Bola

Meski Dianggap Pengkhianat Juve, Fabio Capello Tetap Bela Antonio Conte

Keputusan Antonio Conte untuk melatih Inter Milan nyatanya mendapat banyak kritik, yang utamanya