Redaksi Matatelinga Selamat hari Raya Idulfitri 1439 H

AHY: Tunggu Tanggal Mainnya

Fidel W Selasa, 22 Mei 2018 10:41 WIB
AHY / Photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) enggan berspekulasi terkait peluangnya diusung maju sebagai bakal calon wakil presiden pada pemilihan presiden 2019.

Menurut dia, soal maju atau tidak di Pilpres 2019 tinggal menunggu 'tanggal main'.

Dalam survei Charta Politika, AHY menempati posisi pertama sebagai sosok yang berpotensi mendampingi Presiden Joko Widodo dan berada di urutan kedua bakal cawapres Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Kalau [Demokrat] mengusung tergantung capresnya, mengajak siapa, mengusung siapa, menunjuk siapa, saya enggan memantaskan diri," kata AHY usai menghadiri diskusi Refleksi 20 Tahun Kebangsaan di Jakarta, Senin (21/5).

AHY bersyukur jika hasil survei menunjukkan hal yang positif. Namun, saat ini dia mengaku sedang fokus berkomunikasi dengan seluruh elemen masyarakat.

Menurut AHY, pencalonan sebagai cawapres juga tergantung dari kecocokan visi dan misi dengan capres. Saat ini, dia menyebut sedang mempersiapkan semuanya.

"Karena ketika dibutuhkan oleh negara ini, dan siapapun yang membutuhkan saya sebagai alternatif tentunya harus mempersiapkan dari sekarang. Tunggu tanggal mainnya," katanya.

Terkait tagar #2019pemimpinmuda yang digaungkan kader Partai Demokrat, AHY menilai hal itu wujud kebebasan berekspresi dan menyuarakan harapan.

"Di antaranya berharap ke depan ada pemimpin muda, ada alternatif dan sebagainya, tentu itu alternatif dari masing-masing kader Demokrat tetapi sekali lagi secara institusi secara kelembagaan, itu Partai Demokrat punya mekanisme yang ditentukan oleh majelis tinggi partai," ujarnya.

Partai Demokrat, kata AHY, tidak akan terburu-buru mengambil keputusan. Dia yakin Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan majelis tinggi akan mengambil keputusan seusai dengan suara hati kader dan masyarakat luas.

Terlebih, untuk mencalonkan bakal calon presiden di pilpres 2019 dibutuhkan syarat ambang batas presiden sebesar 20 persen, atau harus berkoalisi dengan partai politik lain.

"Walau sekarang semakin pendek waktunya, tapi tetap akan dilakukan kerja politik. Dan saya punya dugaan nanti akan last minute semuanya untuk menentukan pasangannya, capres dan cawapres juga koalisi itu sendiri," ujarnya.

Lembaga survei Charta Politika merilis nama-nama yang berpotensi untuk bertarung di pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan ada tiga nama calon wakil presiden yang stagnan dipilih masyarakat dalam survei yang dilakukan Charta Politika.

Tiga nama yang selalu muncul saat ditanyakan siapa nama wakil Presiden Joko Widodo adalah Agus Harimurti, Gatot Nurmantyo dan Anies Baswedan.

"Nama AHY, Gatot atau Anies yang kita tahu kemudian sering dianggap sebagian pihak punya sisi politik berbeda dengan Jokowi tapi tiga nama itu paling di atas untuk wakil presiden Jokowi," kata Yunarto.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:Agus Harimurti YudhoyonoKomando Satuan Tugas BersamaPartai Demokrat
Komentar
Rabu, 20 Jun 2018 12:20Nasional

Laporan Dugaan Diskriminasi, Ombudsman Tinjau Bandara Soetta

Ombudsman Republik Indonesia (ORI) mendapati dugaan diskriminasi pelayanan di Bandara Soekarno Hatta. Diskriminasi pelayanan tersebut ditemukan dalam proses pemeriksaan badan pada penumpang di Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta.

Rabu, 20 Jun 2018 12:05Lifestyle

Putri Kedua Zara Tindall Jadi Anggota Baru Keluarga Kerajaan Inggris

Zara Tindall, cucu Ratu Elizabeth dan anak Putri Anne, melahirkan putri kedua bersama suaminya, Mike Tindall pada Senin (18/6). Hal itu dikonfirmasi oleh Istana Buckingham.

Rabu, 20 Jun 2018 11:45Berita Sumut

Ini Dia Daftar Korban KM Sinar Bangun, Pencarian Hari Ketiga Sudah 2 Korban Ditemukan

Hari ketiga pasca tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Tim gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan instansi lainnya tetap berusaha untuk menemukan korban yang hilang dari ratusan korban ya

Rabu, 20 Jun 2018 11:20Lifestyle

Duet Steven Spielberg dan Sam Mendes Bakal Hasilkan Film Perang Dunia I

Sineas kondang Steven Spielberg menggandeng sutradara Sam Mendes untuk menggarap film drama soal Perang Dunia I, 1917.

Rabu, 20 Jun 2018 11:05Lifestyle

Malas Ngantor Sehabis Liburan Panjang? Kamu Bisa Mengatasinya Dengan Cara Ini

Libur panjang hampir berakhir, saatnya orang harus kembali ke rutinitas kerja.

Rabu, 20 Jun 2018 10:50Internasional

Buntut Kebijakan Trump, Anak Imigran Menangis Karena Dipisahkan dari Orangtua

Rekaman suara tangisan putus asa dari 10 anak-anak Amerika Tengah, terpisah dari orang tua mereka beredar luas, viral di media sosial, Senin (18/6). Rekaman tersebut diduga berasal dari dalam otoritas imigrasi di perbatasan Amerika Serikat. Ratapan anak-a

Rabu, 20 Jun 2018 10:35Berita Sumut

Dikunjungi Tamu Berlebaran, Pariono Gantung Diri

Warga bermukim di Jl. Citra Indah, Desa Cinta Rakyat, Kec. Percut Sei Tuan pada Selasa (19/6/20118) sekira pukul 14.30 wib mendadak heboh. Pasalnya, salah seorang warga bernama Pariono ,30,) ditemukan tewas gantung diri di rumahnya.

Rabu, 20 Jun 2018 10:20Berita Sumut

Hari Ketiga Pencarian, Tim Gabungan Evakuasi Satu Jenajah Kapal Karam Sinar Bangun

Tim gabungan dari TNI/Polri, SAR, Basarnas dan BPBD pada Rabu (20/6/2018) pagi menemukan satu jenazah di perairan Danau Toba. KUat dugaan, jenajah itu merupakan bagian dari penumpang KM Sinar Bangun yang karam di perairan Danau Toba pada Senin kemarin.

Rabu, 20 Jun 2018 10:05Internasional

Tantang Erdogan, Meral Aksener Lahirkan Revolusi Yemeni

Menurut tradisi Turki, perkelahian antar pria berakhir saat perempuan melemparkan kerudungnya ke tanah. Karena itulah, kandidat Presiden Meral Aksener, mengunjungi satu kota ke kota lainnya, mengumpulkan kerudung warna-warni yang di Turki dikenal sebagai

Rabu, 20 Jun 2018 09:50Berita Sumut

Pelaku Jambret Pelajar Nyaris Tewas di Hajar Massa

Pelaku jambret yang beraksi di Jalan Sriwijaya Medan berhasil diamankan Unit Reskrim Polsek Medan Baru yang sedang melakukan patroli keliling di seputaran Jalan Sriwijaya Medan, Selasa malam (19 Juni 2018).

Rabu, 20 Jun 2018 09:35Internasional

Gagal Buat Dewan HAM PBB Bertekuk Lutut, AS Pilih Keluar

Amerika Serikat menyatakan keluar dari keanggotaan dari Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dianggap munafik pada Selasa (19/6).

Rabu, 20 Jun 2018 09:20Ekonomi

BI Siap Naikkan Suku Bunga Acuan Dalam Waktu Dekat

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkuat sinyal bahwa lembaganya akan kembali menaikkan suku bunga acuan, 7 Day Reverse Repo Rate pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang akan dilaksanakan 27-28 Juni mendatang.

Rabu, 20 Jun 2018 09:05Ekonomi

Jadi Pilihan Pemudik, Pertamax Meningkat 17 Persen

Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018 PT Pertamina (Persero) mencatat, per Selasa (19/6) atau H+4 Lebaran, penjualan Pertamax menembus 18 ribu kiloliter (kl) atau melonjak 17 persen dari penyaluran normal, 15 ribu kl. Jika dibandingkan

Rabu, 20 Jun 2018 08:50Ekonomi

Peningkatan Produksi Minyak Rusia Khawatirkan Negara OPEC

Usulan Rusia untuk meningkatkan produksi minyak melalui forum pertemuan OPEC+ diproyeksi akan memberikan tekanan secara signifikan terhadap harga minyak.

Rabu, 20 Jun 2018 08:35Bola

Samurai Biru Taklukkan Kolombia 2-1

Samurai Biru julukan Timnas Jepang- sukses mengandaskan Kolombia dengan skor tipis 2-1. Jepang sukses meraih kemenangan atas Kolombia laga perdana Grup H Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Mordovia Arena

Rabu, 20 Jun 2018 08:20Berita Sumut

Edy Tegaskan Ijeck Bersih dari Korupsi

Dalam debat ketiga yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat kembali membahas kasus korupsi yang sempat terangkat beberapa tahun lalu.