AHY: Tunggu Tanggal Mainnya

Fidel W Selasa, 22 Mei 2018 10:41 WIB
AHY / Photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) enggan berspekulasi terkait peluangnya diusung maju sebagai bakal calon wakil presiden pada pemilihan presiden 2019.

Menurut dia, soal maju atau tidak di Pilpres 2019 tinggal menunggu 'tanggal main'.

Dalam survei Charta Politika, AHY menempati posisi pertama sebagai sosok yang berpotensi mendampingi Presiden Joko Widodo dan berada di urutan kedua bakal cawapres Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Kalau [Demokrat] mengusung tergantung capresnya, mengajak siapa, mengusung siapa, menunjuk siapa, saya enggan memantaskan diri," kata AHY usai menghadiri diskusi Refleksi 20 Tahun Kebangsaan di Jakarta, Senin (21/5).

AHY bersyukur jika hasil survei menunjukkan hal yang positif. Namun, saat ini dia mengaku sedang fokus berkomunikasi dengan seluruh elemen masyarakat.

Menurut AHY, pencalonan sebagai cawapres juga tergantung dari kecocokan visi dan misi dengan capres. Saat ini, dia menyebut sedang mempersiapkan semuanya.

"Karena ketika dibutuhkan oleh negara ini, dan siapapun yang membutuhkan saya sebagai alternatif tentunya harus mempersiapkan dari sekarang. Tunggu tanggal mainnya," katanya.

Terkait tagar #2019pemimpinmuda yang digaungkan kader Partai Demokrat, AHY menilai hal itu wujud kebebasan berekspresi dan menyuarakan harapan.

"Di antaranya berharap ke depan ada pemimpin muda, ada alternatif dan sebagainya, tentu itu alternatif dari masing-masing kader Demokrat tetapi sekali lagi secara institusi secara kelembagaan, itu Partai Demokrat punya mekanisme yang ditentukan oleh majelis tinggi partai," ujarnya.

Partai Demokrat, kata AHY, tidak akan terburu-buru mengambil keputusan. Dia yakin Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan majelis tinggi akan mengambil keputusan seusai dengan suara hati kader dan masyarakat luas.

Terlebih, untuk mencalonkan bakal calon presiden di pilpres 2019 dibutuhkan syarat ambang batas presiden sebesar 20 persen, atau harus berkoalisi dengan partai politik lain.

"Walau sekarang semakin pendek waktunya, tapi tetap akan dilakukan kerja politik. Dan saya punya dugaan nanti akan last minute semuanya untuk menentukan pasangannya, capres dan cawapres juga koalisi itu sendiri," ujarnya.

Lembaga survei Charta Politika merilis nama-nama yang berpotensi untuk bertarung di pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan ada tiga nama calon wakil presiden yang stagnan dipilih masyarakat dalam survei yang dilakukan Charta Politika.

Tiga nama yang selalu muncul saat ditanyakan siapa nama wakil Presiden Joko Widodo adalah Agus Harimurti, Gatot Nurmantyo dan Anies Baswedan.

"Nama AHY, Gatot atau Anies yang kita tahu kemudian sering dianggap sebagian pihak punya sisi politik berbeda dengan Jokowi tapi tiga nama itu paling di atas untuk wakil presiden Jokowi," kata Yunarto.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:Agus Harimurti YudhoyonoKomando Satuan Tugas BersamaPartai Demokrat
Komentar
Sabtu, 19 Jan 2019 08:51Berita Sumut

Massa Desak Polda Sumut Tangkap Sintong Gultom

Puluhan massa dari Forum Mahasiswa dan Pemuda Peduli (Formasi) Tapanuli Tengah melakukan aksi unjuk rasa di Polda Sumut, Jumat (18/1/2019) siang. Massa menilai lambatnya, dalam menuntaskan kasus perjalanan dinas fiktif anggota DPRD Tapanuli Tengah (Tapten

Sabtu, 19 Jan 2019 08:36Nasional

Dansatgas Timur UNIFIL Kunjungi Markas Pasukan Perdamaian RI di Lebanon

Komandan Sektor (Dansektor) Timur UNIFIL, Brigadier General Antonio Gomero Losada menegaskan jika Sector East Military Police Unit (SEMPU) merupakan tulang punggung Komando Sektor (Kosektor) Timur UNIFIL. Hal itu disampaikan Antonio saat mengunjungi Gajah

Sabtu, 19 Jan 2019 08:21Berita Sumut

Tak Tenang Terus Bersembunyi, Akhirnya Serahkan diri Ke Polisi

Sejak kejadian tabrakan maut bus Sumatera Transport (Sutra) dengan sepeda motor Yamaha Mio di jalur puncak Brastagi pada Minggu 13 Januari 2019 lalu, AG, sopir yang sempat melarikan diri, akhirnya menyerahkan diri ke Polisi.

Sabtu, 19 Jan 2019 08:06Lifestyle

Yuk Intip Sopir Truk Super Cantik & Hot Asal Jepang

Sopir truk pada umumnya adalah sosok laki-laki dengan gaya hidup amburadul yang tidak bersahabat. Tapi di Jepang, ada satu sopir truk cantik nan seksi bikin Anda ogah berpaling lho!

Sabtu, 19 Jan 2019 07:51Berita Sumut

Pembeli Buang Sabu Ditangkap Polsek Patumbak

Pemuda berinisial TO ,27, tak bisa berbuat banyak ketika petugas kepolisian menemukan barang bukti narkotika satu paket sabu-sabu di bawah sepeda motor yang dinaikinya.

Sabtu, 19 Jan 2019 07:36Bola

Jose Mourinho Beberkan soal Ronaldo dan Messi

Jose Mourinho memang tengah menganggur saat ini tetapi dia tak bisa menjauh dari sepakbola. Belum lama ini pelatih berpaspor Portugal itu membicarakan dua sosok mengabintang sepakbola modern yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Sabtu, 19 Jan 2019 07:21Berita Sumut

Dikabarkan, Satu Keluarga Tewas Dalam Mobil Taft

: Sebuah mobil Taft dengan bermuatan satu keluarga diperkirakan tujuh orang, tenggelam di aliran Sungai Dusun V Stungkit Kecamatan Wampu menuju Kecamatan Dusun Selayang Pulao Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat, Jumat (18/1/2019)

Sabtu, 19 Jan 2019 07:06Internasional

Gara-Gara Staf, Puluhan Penerbangan Tertunda

Penumpang pesawat bisa menunggu dalam waktu lama, pada Jumat (18/1/2019) malam, setelah setidaknya 40 penerbangan ke dan dari Bandara Sydney, Australia ditunda atau dibatalkan karena kekurangan staf yang tak terduga.

Sabtu, 19 Jan 2019 06:51Bola

Paul Pogba Kejar Rekor Cristiano Ronaldo

Manchester United memiliki tugas untuk menjamu Brighton & Hove Albion malam ini, Sabtu (19/1/2019) pukul 22.00 WIB dalam laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019. Dalam pertandingan tersebut, gelandang Man United, Paul Pogba, memiliki potensi yang cukup b

Sabtu, 19 Jan 2019 06:36Nasional

Jelang Pilpres, Mendagri: Hilangkan "Racun" Demokrasi

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyampaikan ucapan pesan Natal kepada keluarga besar umat Nasrani di lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Sabtu, 19 Jan 2019 06:21Berita Sumut

LAPK: Kebijakan Tidak Pro Rakyat

Melalui Permenkes Nomor 51 Tahun 2018, peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan dikenakan urun biaya saat berobat ke rumah sakit dan klinik utama, baik rawat jalan maupun rawat inap. Klaimny

Sabtu, 19 Jan 2019 06:06Berita Sumut

Husni Minta Dukungan Penuh Seluruh Warga Wujudkan Medan Bersih Sampah

Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan kembali meluruskan bahwasannya Medan bukan kota metropolitan terkotor seperti yang dilansir sejumlah media beberapa waktu lalu. Yang benar Kota Medan mendapat nilai rendah ketika penil

Jumat, 18 Jan 2019 23:40Lifestyle

Anak Milenial Rentan Terkena Penyakit, Kenapa...

Suatu studi menyatakan bahwa anak-anak milenial akan banyak menghadapi masalah kesehatan di banding orangtuanya. Gaya hidup dan pola asuh yang didapat ternyata berdampak pada kesehatan fisik ataupun mental.

Jumat, 18 Jan 2019 23:30Internasional

Jurnalis Ditembak Mati, Pasca Bantu Ungkap Kasus Mafia Bola

Seorang jurnalis Ghana yang membantu mengungkap kasus mafia sepakbola di negara Afrika barat itu ditembak mati oleh pria bersenjata dalam perjalanan pulang kerja pada Rabu. Ahmed Hussein-Suale ditembak tiga kali oleh beberapa pria yang mengendarai sepeda

Jumat, 18 Jan 2019 23:20Bola

Jose Mourinho, Ole Gunnar Solskjaer: Tidak Akan Lama, Ia Akan Segera Bangkit

Pelatih caretaker Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, meyakini mantan pelatih "The Red Devils" julukan Man United yakni Jose Mourinho takkan lama menganggur. Menurutnya pelatih berpaspor Portugal itu akan segera bangkit kembali.

Jumat, 18 Jan 2019 23:10Lifestyle

WOW! Durian Tembus Pasar Internasional, ini Faktanya

Selama ini banyak wisatawan mancanegara yang tidak mengetahui bahwa produk es krim durian yang mereka temukan saat melancong ke Singapura, Korea Selatan, Australia, atau Jepang, ternyata diekspor dari Medan, Sumatera Utara.