AMAN: KPK Harus Awasi Sektor Kehutanan

Fidel W Sabtu, 21 April 2018 08:05 WIB
kpk by viva.co.id
MATATELINGA, Jakarta: Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meningkatkan pengawasan di sektor sumber daya alam, termasuk kehutanan. Sebab potensi korupsi di sektor tersebut cukup besar.

Hal tersebut disampaikan Direktur Advokasi AMAN, Erasmus Cahyadi usai bertemu Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (20/4).

"Jadi kami ingin ada suatu upaya yang luar biasa dari KPK, untuk bersama-sama dengan kami melihat isu korupsi di sektor sumber daya ini, termasuk hutan," kata dia.

Erasmus mengungkapkan salah satu celah korupsi di sektor kehutanan, yakni saat proses perizinan berjalan. Bahkan, untuk saat ini AMAN menengarai praktik korupsi di sektor sumber daya alam terjadi di tengah Pilkada serentak 2018.

"Kita lihat saja apa yang akan terjadi ke depan dari pertemuan hari ini," ujarnya.

Meski demikian, Erasmus mengakui belum mendapat data valid mengenai dugaan korupsi pemberian izin di sektor sumber daya alam untuk kepentingan Pilkada. Namun, dari informasi awal yang pihaknya kumpulkan ditemukan banyak indikasi pemberian izin tersebut untuk maju Pilkada.

"Jadi kami ingin bahwa informasi-informasi semacam ini kita dalami bersama, terutama oleh KPK. Kami sebagai organisasi masyarakat siap membantu KPK untuk memperdalam informasi-informasi terkait ini," kata dia.

Menurut Erasmus, pihaknya belum memberikan laporan resmi kepada KPK terkait dengan dugaan korupsi di sektor sumber daya alam, khususnya kehutanan. Dia menyebut kedatangannya ini hanya berdiskusi dan menyampaikan apa yang terjadi di lapangan, khususnya yang menimpa masyarakat adat, kepada KPK.

Salah satu hal yang disampaikan AMAN adalah intimidasi yang kerap diterima oleh masyarakat adat dalam setiap pembangunan di ruang hidup mereka. Erasmus mencontohkan hal tersebut terjadi di Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan dan di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyambut baik kedatangan kelompok masyarakat tersebut. Saut mengatakan, AMAN bisa dijadikan mitra lembaga antirasuah untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi di sektor sumber daya alam.

"Bentuknya apakah kita akan membuat sebuah kegiatan yang memungkinkan mereka bisa mengimbangi cara berpikir teman-teman di ICW misalnya. Sehingga kalau ngelapor ke kami itu detail. Tadi ada permintaan begitu," kata Saut.

Saut menyebut kelompok masyarakat adat ini bukan orang-orang yang tak memahami dan menolak pembangunan. Mereka, juga bukan kelompok yang tak paham tentang pembangunan ekonomi.

Menurut Saut, yang ingin disampaikan oleh kelompok tersebut adalah bagaimana pembangunan tak merusak kearifan lokal masyarakat adat di seluruh Indonesia dan menyelaraskan pembangunan tersebut demi kehidupan yang berkesenimbungan.

"Nah kemudian bagaimana nilai-nilai itu tetap ada, pembangunan tetap jalan. Itu yang perlu disampaikan pesannya. Kita tidak menolak pembangunan," ujar Saut. (osc)

Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:amankehutananKPKsumber daya alam
Komentar
Sabtu, 20 Okt 2018 21:08Nasional

Buka Rakerda III MUI Sumut, Gubernur Edy Sebut Umaro Harus Takut kepada Ulama

Gubenur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyerukan agar para pemimpin atau umaro punya rasa takut atau menghormati keberadaan ulama sebagai tempat bertanya dan mendapatkan ilmu. Karena peran para ulama, telah membawa manfaat bagi bangsa, khususnya da

Sabtu, 20 Okt 2018 20:59Nasional

TNI dan Polri Sinergi Bersihkan Sisa Puing Rumah Korban Gempa Lombok

Puluhan personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kembali turun membersihkan sisa puing reruntuhan rumah warga yang rusak akibat gempa tektonik berkekuatan 7.0 skala richter di Lombok, Nusa Tenggara Barat,

Sabtu, 20 Okt 2018 20:53Berita Sumut

Tim Gabungan Bongkar 10 Lapak PK5 Tumbangkan 3 Papan Reklame Bermasalah

Tim gabungan di bawah komando Satpol PP terus melakukan penertiban dalam upaya mendukung Pemko Medan melakukan penataan kota

Sabtu, 20 Okt 2018 20:48Berita Sumut

Wali Kota Ajak Seluruh Masyarakat Dukung Pelestarian Lingkungan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh warga Kota Medan untuk ikut melestarikan lingkungan. Sebab, tanpa dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat upaya Pemko Medan untuk melestarikan lingkungan hidup. Dukungan itu bisa diwujudkan d

Sabtu, 20 Okt 2018 20:42Nasional

Wapang Kogasgabpad Palu Tinjau Sektor Donggala Timur

Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Wapang Kogasgabpad) Penanggulangan Bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto meninjau Pos-Pos TNI di Sektor Donggala Timur yang berada disepanjang Pantai Barat Donggala

Sabtu, 20 Okt 2018 20:36Berita Sumut

Gubernur Edy Rahmayadi Berharap Perbankan Perhatikan Sektor Agraris

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berharap pihak perbankan turut berkontribusi aktif dalam mewujudkan visi Sumut Bermartabat, khususnya sektor agraris. Salah satu bentuk perhatian perbankan bisa diwujudkan dengan peningkatan kredit sektor pert

Sabtu, 20 Okt 2018 20:31Berita Sumut

Wali Kota Apresiasi Digelarnya Pembinaan Pariwisata Berkelanjutan

Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi sangat mengapresiasi digelarnya kegiatan Pembinaan Pariwisata Berkelanjutan Terhadap Pengelola Destinasi Wisata yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kota Medan di The Hill Resort Sibolangit

Sabtu, 20 Okt 2018 20:26Nasional

Prajurit TNI Bongkar dan Bersihkan Rumah Warga Korban Gempa Lombok

Prajurit TNI yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpàdu (Kogasgabpad) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Nusa Tenggara Barat (NTB), masih terus melakukan upaya pembongkaran dan pembersihan rumah warga dan bangunan lainnya yang rusak akibat ben

Sabtu, 20 Okt 2018 20:21Nasional

13 Personel TNI dan Sahabat Peduli Indonesia Dirikan 15 MCK di Petobo Palu

Sebanyak 13 prajurit TNI dari Batalyon Zeni Tempur 17/AD Kodam VI/Mulawarman yang dipimpin oleh Letda Czi Ahmad Nuradin yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) mendirikan 15 sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) di pengungsian korban ben

Sabtu, 20 Okt 2018 20:00Nasional

Panglima Kogasgabpad Palu Pimpin Apel 165 Personel Danramil dan Babinsa

Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Mayjen TNI Tri Soewandono memimpin Apel 165 personel Komandan Rayon Militer (Danramil) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) se-Kota Palu, bertempat di lapangan Tenis Saiful Anwar Makorem 132/Tadulako, Su

Sabtu, 20 Okt 2018 19:47Aceh

Harga Kompetitif, Tuna Steak Hadir di Grand Arabia Hotel

Grand Arabia Hotel yang berada di Jalan Prof A Masjid Ibrahim No 3, Banda Aceh membuat menu spesial bagi pengunjung yang memilih Grand Arabia Hotel untuk berisitirahat.

Sabtu, 20 Okt 2018 19:28Berita Sumut

Didapuk Jadi Ketua TKD Sumut Jokowi-Ma'ruf, Ini Optimisme Ivan Iskandar Batubara

Ketua Kadin Provinsi Sumatera Utara Ivan Iskandar Batubara resmi dilantik menjadi Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Sumatera Utara pasangan Jokowi-Maruf Amin, Sabtu (20/10).

Sabtu, 20 Okt 2018 19:25Berita Sumut

Jembatan Sicanang Ambrok, Ribuan Warga Resah

Akibat kontraktor yang mengerjakan jembatan titi ll Pulau si Canang tidak disenyalir proprsional,jembatan yang sedang dikerjakan pembangunannya ambrok kembali untuk yang ketiga kali.

Sabtu, 20 Okt 2018 19:05Berita Sumut

Dihadapan Siswa SPN Hinai, Kapolda Sumut Tegaskan Hal Ini

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto SH bersama pejabat utama berkunjung ke Sekolah Polisi Negara (SPN) Hinai Polda Sumut, di Kecamatan Hinai, Langkat, Sumatera Utara.

Sabtu, 20 Okt 2018 17:36Berita Sumut

Di Babussalam, Kapoldasu dan Syekh Besilam Doakan Indonesia Aman dan Damai

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto bersama pejabat utama bersilaturahmi ke Babussalam (Besilam) di Tanjung Pura, Kabupaten Langkat.

Sabtu, 20 Okt 2018 15:10Berita Sumut

Seribuan Jamaah Pengajian Doakan Irjen Agus Andrianto

Seribuan jamaah dari pengajian Surya Al Hidayah yang berasal dari Mandailing Natal, Padangsidimpuan, dan Tapanuli Selatan, berkunjung ke rumah dinas Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto SH di jalan Sudirman, Medan, sebelum melanjutkan perjalanan ke Besi