• Home
  • Nasional
  • Anggota Satgas Yonif 411 Kostrad Ikuti Syukuran Adat Tiga Putra Suku Kanum Jadi Prajurit TNI

Anggota Satgas Yonif 411 Kostrad Ikuti Syukuran Adat Tiga Putra Suku Kanum Jadi Prajurit TNI

Mtc/rel Minggu, 15 September 2019 13:55 WIB
Mtc/Ist
MATATELINGA, Jakarta:  Suasana sakral dan penuh suka cita sangat terasa pada saat anggota Pos Yanggandur Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pdw Kostrad mengikuti acara syukuran adat atas dilantiknya tiga putra asli Suku Kanum menjadi Prajurit TNI-AD, bertempat di Kampung Yanggandur, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu (14/9/2019).




[adx]

Demikian dikatakan Komandan Satgas (Dansatgas) Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Pamtas RI-PNG) Yonif MR 411/Pdw Kostrad, Mayor Inf Rizky Aditya, S.Sos., M.Han., di Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

"Di Kampung Yanggandur telah dilaksanakan acara syukuran adat yang digelar oleh Suku Kanum atas keberhasilan tiga putra asli Suku Kanum telah resmi dilantik menjadi Prajurit TNI-AD," ujarnya.

Selanjutnya dikatakan bahwa rangkaian kegiatan syukuran adat tersebut di gelar selama 12 jam, dimulai sejak pukul 18.00 WIT dan berakhir pada pukul 06.00 WIT. "Dalam kegiatan ini, lima anggota Pos Yanggandur yang dipimpin oleh Danpos Letda Inf Mohamad Rizal D.K turut ikut serta dalam rangkaian acara syukuran adat tersebut," ungkap Dansatgas.




[adx]

Dansatgas juga menyampaikan bahwa prosesi acara diawali dengan iring-iringan menuju halaman rumah sambil menari Karamo, bernyanyi dan memainkan alat musik Tifa dengan memegang obor dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Suku Kanum Jeremias Dimar. "Keharmonisan warga dan Satgas yang terlihat dalam syukuran adat merupakan salah satu bukti kelestarian ragam budaya di Tanah Papua," ucapnya.

"Kami Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad turut bahagia dan bangga atas dilantiknya putra asli Suku Kanum yakni Prada Florentinus Mayua, Prada Yosep Mbanggu dan Prada Yohanes Ndiken menjadi Prajurit TNI-AD," kata Mayor Inf Rizky Aditya.




[adx]

Sementara itu, Bapak Kepala Suku Kanum Jeremias Dimar mengatakan bahwa acara ini adalah syukuran adat atas dilantiknya tiga putra Suku Kanum yang menjadi Prajurit TNI-AD. "Dalam syukuran adat ini, disematkan mahkota kepala sebagai tanda melepas ketiga prajurit untuk mengabdi kepada negara sekaligus mendoakannya selalu sukses dalam menjalankan tugas," jelasnya.

"Kami semua sangat bahagia tiga putra asli dari Suku Kanum telah berhasil menjadi Prajurit TNI-AD, acara syukuran adat ini adalah ungkapan kebahagiaan kami semua. Anggota Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad adalah bagian dari keluarga kami, bersama-sama bersuka cita melalui Tarian Karamo," kata Bapak Jeremias.

Editor: Amrizal

T#g:blibliMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPanglima TNIPrajurit TNISuku Kanum Jadi Prajurit TNITerkiniTraveloka
Komentar
Kamis, 28 Mei 2020 13:15Berita Sumut

Personil Polsek Medan Kota Bebas Covid-19

Polsek Medan Kota menggelar rapid test kepada seluruh personil. Hasilnya semua personil yang bertugas di Polsek Medan Kota bebas Covid 19.

Kamis, 28 Mei 2020 13:00Berita Sumut

Pulang dari Persembuyian, Pelaku Curanmor Ini Diciduk Polsek Patumbak

Mhd Ali Nasution alias Bolot (25) tak berkutik saat diciduk personil Polsek Patumbak. Warga Desa Patumbak II Gang Bandrek Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deliserdang ini diciduk lantaran terlibat kasus curanmor.

Kamis, 28 Mei 2020 12:40Berita Sumut

Sepeda Motor Dikunci Ganda, Aksi Pelaku Curanmor Ini Gagal Total

Apes benar nasib pelaku curanmor ini. Niat hati hendak mencuri namun lantaran sepeda motor yang akan dicuri dilengkapi dengan kunci ganda, aksi pelaku punn gagal total. Pelaku bernama Edi Susanto (38), warga Jalan Pertahanan Gang Karya Dusun I, Desa Patum

Kamis, 28 Mei 2020 12:10Berita Sumut

150 Kendaraan Diputar Balik Saat Hendak Mudik di Kabupaten Simalungun

Pihak Kepolisian Resor Simalungun memutar balik 150 kendaraan yang hendak mudik di Kabupaten Simalungun. Kendaraan tersebut diminta putar balik ke wilayah asal masing-masing

Kamis, 28 Mei 2020 11:48Berita Sumut

Bertengkar, Suami di Asahan Bacok Istri dengan Kapak Hingga Tewas

Seorang pria di Kabupaten Asahan tega membacok istrinya hingga tewas. Peristiwa ini terjadi di Dusun II, Desa Sei Lama, Kabupaten Asahan pada Rabu (27/5) sore kemarin.

Kamis, 28 Mei 2020 11:00Berita Sumut

Pembukaan Pusat Perbelanjaan Perlu Ditinjau Ulang

Pembukaan kembali Plaza Medan Fair ditengah pandemi covid-19 dinilai sangat berisiko. Penilaian itu diucapkan Ketua Komisi III DPRD Kota Medan, M Afri Rizki Lubis, Kamis (28/5/2020) di Medan.

Kamis, 28 Mei 2020 10:47Berita Sumut

Brigjen Pol Tabana Bangun Resmi Jabat Wakapolda Riau

Brigjen Pol Tabana Bangun resmi menjabat Wakapola Riau menggantikan Brigjen Sutrisno. Serah terima jabatan orang nomor dua di lingkungan Polda Riau ini dipimpin langsung Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan di hadiri para pejabat utama (PJU

Kamis, 28 Mei 2020 09:15Nasional

Diriingi Lagu Selamat Datang, Pangkogabwilhan II yang Baru Disambut Prajurit Kogabwilhan II

Kedatangan Pangkogabwilhan II Marsda TNI Imran Baidirus disambut oleh seluruh prajurit Kogabwilhan II dengan iringan lagu “Selamat Datang” pada saat berjalan menuju ke ruang Panglima sebagai tradisi penyambutan.

Kamis, 28 Mei 2020 09:00Berita Sumut

Korsleting Arus Listrik, Rumah Semi Permanen di Dolok Panribuan Hangus Terbakar

Sebuah bangunan rumah semi permanen milik Sadirman Simarmata (69) warga Dusun Cinta Nauli Nagori Dolok Tomuan Kecamatan Dolok Panribuan Simalungun habis dilalap si jago merah. Kebakaran ini diduga kuat disebabkan oleh hubungan singkat (korsleting listrik)

Kamis, 28 Mei 2020 08:45Berita Sumut

Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Berikan Tali Asih Kepada Orang Tua Korban Pencabulan

Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Rissa Agus Waluyo menunjukkan kepedulian nya dengan memberikan tali asih kepada korban perbuatan cabul yang masih di bawah Umur berinisial AN (10). Bocah yang masih duduk di bangku kelas 4 SD itu didampingi oleh orangt

Kamis, 28 Mei 2020 08:30Berita Sumut

Dana Anggaran Penanganan Corona Kabupaten Asahan Ditambah Rp 36 Milyar Lebih.

Pemerintah Kabupaten Asahan memanmbah dana anggaran yang diperuntukan pada penanganan dan percepatan Covid 19 sebanyak Rp.36.200.000.000,- dari semula hanya Rp.26,8 Milyar menjadi Rp.63 Milyar lebih.

Kamis, 28 Mei 2020 08:15Berita Sumut

Muspika Sibolangit Kunjungi Keluarga PDP Covid-19 yang Meninggal, Puskesmas akan Lakukan Rapid Test

Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara melakukan kunjungan ke rumah keluarga terduga PDP di Dusun I, Desa Sikeben, Kecamatan Sibolangit, Rabu (27/5) kemarin.

Kamis, 28 Mei 2020 08:00Aceh

Nelayan Tak Melaut, Masyarakat Sulit Dapatkan Ikan

Karena para Nelayan merayakan lebaran Idul Fitri 1441 hijriyah bersama keluarga, sehingga hampir ribuan unit kapal motor (KM) masih terparkir sepanjang dermaga dan kolam Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Idi, Kab. Aceh Timur.

Kamis, 28 Mei 2020 07:45Ekonomi

Perum Bulog Kanwil Sumut, Lanjutkan Operasi Pasar Gula Pasir

Operasi pasar gula pasir untuk membantu menjaga ketersediaan komoditas itu di daerah tersebut setelah Lebaran, dilanjutkan Perum Bulog Kanwil Sumut.

Kamis, 28 Mei 2020 07:30Nasional

Sejak Usia 10 Tahun Sudah Pelecehan Ayah Tirinya

Sejak masih berusia 10 tahun, seorang bapak di Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan tega menyetubuhi anak tirinya sendiri

Kamis, 28 Mei 2020 07:15Berita Sumut

Pemilik Mobil Fortune, Laporkan Pihak SPBU Pancurbatu ke Polrestabes Medan

Merasa tertipu oleh pihak SPBU Pancurbatu dilaporkan ke Polrestabes Medan, karena dugaan melakukan penipuan terhadap konsumen.