• Home
  • Nasional
  • BNN Amankan 50 Kg Sabu dan 23 Ribu Butir Ekstasi

BNN Amankan 50 Kg Sabu dan 23 Ribu Butir Ekstasi

Mtc Minggu, 19 Mei 2019 12:19 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Riau:  Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) berhasil mengamankan barang bukti narkotika berupa 50 kg sabu dan 23 ribu butir pil ekstasi dalam tindakan pengejaran terhadap pelaku penyelundup narkotika asal Malaysia di wilayah Dumai, Riau.



Deputi Bidang Pemberantasan BNN RI Irjen Pol Arman Depari menyampaikan dalam penangkapan tersebut, petugas berhasil melakukan penangkapan terhadap 4 tersangka, masing-masing atas nama Roni, Hari, Iwan, dan Radianto.

"Untuk tersangka Radianto ditangkap di lokasi terpisah," ungkapnya kepada wartawan, Minggu (19/5/2019).



Arman menjelaskan, penangkapan itu bermula dari informasi masyarakat bahwa akan ada dilakukan transaksi narkotika di jalur laut dari Malaysia, Jumat (19/5/2019). Setelah dilakukan penyelidikan, lanjut dia, diketahui bahwa narkotika yang diselundupkan tersebut sudah masuk ke Dumai dan akan diserah terimakan kepada 2 orang laki-laki yang dicurigai mengendarai mobil fortuner warna putih.

"Lalu tim berupaya untuk menghentikan dan memeriksa mobil tersebut," jelasnya.

Namun saat akan diperiksa, terang Arman, mobil itu berusaha melarikan diri. Sehingga terjadi aksi kejar mengejar antara petugas dan tersangka di dalam mobil fortuner tersebut.

Tambah Arman, tim pun berupaya menghentikan pelarian itu dengan memberikan tembakan peringatan dan menutup jalan dengan mobil truk. Akan tetapi mobil itu tetap berupaya melarikan diri, dengan menabrak mobil petugas.



"Sehingga petugas melakukan penembakan terarah ke mobil itu dan  berhasil menghentikannya di Jalan Raya Arifin Ahmad, Kota Dumai," terangnya.

Saat dilakukan pemeriksaan, petugas menemukan barang bukti sebanyak 50   bungkus narkoba jenis sabu dan ekstasi yang disembunyikan dalam 4 jerigen. Selain itu, 3 orang penumpang dalam mobil juga ditangkap, yakni Roni, Hari (luka tembak dipaha), dan Iwan (luka tembak di kaki).

Dari keterangan ketiganya, diketahui bahwa mereka dikendalikan oleh pelaku bernama Radianto. Mendapatkan keterangan ini, petugas langsung melakukan pengembangan ke rumah Radianto di daerah Gang Jambu, Duri - Dumai, Riau, dan menangkapnya, Sabtu (18/5/2019) pukul 04.00 WIB.



"Total barang buktinya berupa 50 kg sabu dan 23 ribu butir pil ekstasi warna biru, hijau, dan kuning. Sementara barang bukti non narkotika masing-masing 1 unit mobil fortuner, 1 unit mobil avanza, beberapa handphone, dan beberapa kartu identitas," bebernya.

Saat ini, sambung dia, seluruh tersangka dan barang bukti sudah dibawa ke BNN pusat di Jakarta. Dari hasil evaluasi BNN, tambah dia, ada indikasi perubahan lokasi penyelundupan narkotika asal Malaysia dari titik masuk perairan Aceh ke perairan Riau.

"Saat ini terdapat peningkatan penyelundupan sabu dari Malaysia ke Indonesia masuk melalui daerah Rupat, Bengkalis, dan Dumai, Provinsi Riau nenggunakan transportasi jalur laut dengan modus penangkapan ikan dan serah terima narkoba antar syndikat ditengah laut kapal ke kapal (ship to ship)," pungkasnya.
Editor: Amrizal

T#g:23ribu butir pil ekstasy50 Kg sabu sabuMatatelingamatatelinga.commatatelinga comTerkini
Komentar
Minggu, 16 Jun 2019 21:45Berita Sumut

Diduga Mengantuk, Pengendara Motor Tewas Usai Jatuh Parit

Seorang pengendara sepeda motor tewas dalam peristiwa laka lantas tunggal di Jalan Rajawali, Kecamatan Medan Sunggal, Minggu (16/5/2019).

Minggu, 16 Jun 2019 21:29Berita Sumut

Tampil di TCWMF 2019, Musisi Meksiko Puji Keindahan Danau Toba

Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) 2019 sukses menghentak pangunjung di Bukit Singgolom, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (15/6) malam. Gelaran bekelas internasional itu masih menyisakan para m

Minggu, 16 Jun 2019 20:53Berita Sumut

Aplikasi e-POS Mudahkan Orang Tua Pantau Perkembangan Anak

Tauhun ini kita juga memberikan penghargaan kepada peserta didik yang mendapat prestasi terbaik (best of the best) mulai dari PG sampai SMA. Penghargaan untuk tingkat SD kelas 4 sampai SMA akan mendapatkan studi tour atau jalan-jalan ke luar negeri,"

Minggu, 16 Jun 2019 20:15Berita Sumut

Aksi Save lumba-lumba Sirkus Lumba-lumba Bentuk Sebuah Penyiksaan

Maraknya pertunjukan sirkus dengan menggunakan hewan sebagai hiburan masyarakat, terlebih pada hewan lumba-lumba. Hal tersebut tentu akan menyebabkan perburuan terhadap hewan mamalia itu berlanjut, sehingga dapat mengancam keberadaan hewanlucu itu.

Minggu, 16 Jun 2019 20:00Berita Sumut

Perusahan PT Pelni dan PT Pelindo l Medan Kembali Molor, Ribuan Penumpang Berjemur

Perusahan PT Pelni dan PT Pelindo l Medan kembali berjemur calon penumpang kapal KM Kelud dilapangan Terminal Penumpang Pelabuhan Belawan, Minggu (16/6/2019).

Minggu, 16 Jun 2019 19:45Internasional

Ledakan-ledakan, Yang Merusak Kapal Front Altair, Saudi Salahkan Iran

Serangan-serangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman dan menyerukan masyarakat internasional untuk mengambil "sikap tegas" terkait serangan tersebut, Putra Mahkota Arab Saudi menyalahkan Iran.

Minggu, 16 Jun 2019 19:12Nasional

Kapal Kayu Digunakan Kades dan Tiga Warga Dihantam Ombak

Kapal kayu yang tumpangi empat warga Pulau Poleonro, Kecamatan Liukang Tangaya Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan, berlayar dari Pulau Sumbawa NTB menuju pulau Poleonro, Pangkep terjebak cuaca buruk saat berada di lautan lepas, saat dalam perjalanan pulan

Minggu, 16 Jun 2019 19:04Nasional

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya Bongkar Jaringan Narkoba dan Sita Ribuan Butir Narkoba

ebuah rumah di Kampung Ambon, Jakarta Barat digrebek Ditresnarkoba Polda Metro Jaya . Dalam penggerebekan tersebut, Polisi menemukan 1.000 butir pil ekstasi serta ketamine, usai melakukan penggerebekan serupa di Kampung Bahari, Jakarta Utara.

Minggu, 16 Jun 2019 17:12Internasional

Hongkong Makin Memanas, Puluhan Ribu Pendemo Turun Ke Jalan dan Minta Pimpinan Mundur

Demonstrasi tersebut digelar sehari setelah dia menangguhkan rancangan undang-undang (RUU) menyusul unjuk rasa terbesar dalam sejarah Hong Kong dan kekerasan yang terjadi dalam sepekan terakhir. Dengan berpakaian hitam untuk Puluhan ribu orang turun ke j

Minggu, 16 Jun 2019 15:58Aceh

Festival Mie Aceh, Menuju Kuliner Dunia Dengan Cita Rasanya

Mi Aceh sudah terkenal dipenjuru Nusantara maupun Luar Negeri. Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bertekad menjadikan sebagai kuliner kelas dunia karena cita rasanya sudah begitu terkenal, terutama di nusantara.

Minggu, 16 Jun 2019 14:28Lifestyle

Mempelai Pria dengan wanita Beda Usia 27 Tahun

Saat ini, mempelai laki-laki Rustam sudah berusia 41 tahun, sementara wanita dinikahinya berusia 13 tahun, dan masih menimba ilmu di bangku kelas 1 di MTs (setara dengan SMP).

Minggu, 16 Jun 2019 13:30Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Festival band Millenial 2019

Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Medan akan menggelar Medan Art Millenial Festival (Band) 2019 di Merdeka Walk pada 22-23 Juni mendatang. Festival yang akan memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH dilak

Minggu, 16 Jun 2019 13:15Aceh

Bawa kabur Sepeda Motor, Jadi Bulan Bulan Warga dan Hingga Tak Berdaya

Diduga melakukan pencurian kenderaan bermotor roda dua, di kawasan Desa Suak Timah, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat

Minggu, 16 Jun 2019 13:00Lifestyle

Pelantun Lagu "Sesuatu" Membagikan Suasana liburannya Bersma Suami

Selebrity Indonesi Syahrini baru saja mengunggah foto liburan mesra bareng suaminya Reino Barack. Mereka melancong ke Pulau Bora-Bora, suasananya romantis banget.

Minggu, 16 Jun 2019 12:45Nasional

Kapal Tenggelam, Dua ABK Meninggal dan Lima Masih Dalam Pencarian

Ada empat anak buah kapal (ABK) sedang dalam pemeriksaan penyidik Reskrim Polres Alor dengan tenggelamnya Kapal Motor Nusa Kenari 02 yang menyebabkan dua penumpang meninggal dan lima orang masih hilang, sebut Kapolres Alor, Nusa Tenggara Timur, AKBP, Pat

Minggu, 16 Jun 2019 12:30Bola

Cesc Fabregas Menilai Lionel Messi, Layak Meraih Gelar Pemain Terbaik Dunia

Lionel Messi, layak untuk meraih gelar pemain terbaik dunia atau yang akrab disebut Ballon dOr 2019, sebut Gelandang AS Monaco, Cesc Fabregas, merasa mantan rekan setimnya di Barcelona.