• Home
  • Nasional
  • Bakamla dan KLHK Amankan Penyelundupan Kayu Eboni Ilegal Asal Sulawesi, Ini Kronologisnya

Bakamla dan KLHK Amankan Penyelundupan Kayu Eboni Ilegal Asal Sulawesi, Ini Kronologisnya

Faeza Senin, 15 April 2019 13:23 WIB
mtc/ist
Beberapa waktu lalu sinergitas petugas operasi Bakamla RI dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berhasil mengamankan dua kontener kayu eboni ilegal di Surabaya, kini kronologis selengkapnya dibeberkan dalam acara press conference, di
MATATELINGA, Jakarta:  Beberapa waktu lalu sinergitas petugas operasi Bakamla RI dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berhasil mengamankan dua kontener kayu eboni ilegal di Surabaya, kini  kronologis selengkapnya dibeberkan  dalam acara press conference, di Depo PT. Winusa Dharma Jaya JI. Kalianak Barat No. 108 i Surabaya, Jawa Timur.


Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A.  Taufiq R. dalam sambutannya  di hadapan puluhan awak media antara lain mengatakan, Masyarakat sebagai mitra Bakamla dapat memberikan andil yang sangat besar dalam menjaga keamanan laut (dari tindak pelanggaran) dan keselamatan laut (laka laut). 

Hal ini terbukti dari hasil operasi Bakamla beberapa waktu lalu terhadap KM Meratus Minahasa  yang tertangkap tangan melakukan kegiatan illegal, yakni pengiriman kayu eboni illegal antar pulau. 

Keberhasilan tangkapan ini didapatkan berdasarkan laporan masyarakat, sehingga Bakamla RI dengan kewenangannya sesuai UU Nomor 32 tentang Kelautan dapat menindaklanjuti informasi masyarakat terhadap berbagai indikasi kegiatan illegal di laut.


Berdasarkan data yang dihimpun Humas Bakamla RI, penangkapan terhadap KM Meratus Minahasa bermula dari adanya informasi masyarakat bahwa telah terjadi banyak penebangan illegal kayu eboni tanpa izin di kawasan hutan Negara di wilayah Sulawesi Tengah. Kayu eboni tersebut biasanya dikirim ke Surabaya menggunakan kapal kargo domestic, dan selanjutnya diekspor ke luar negeri. Masyarakat merasa janggal dan resah, bagaimana kayu eboni yang asal usulnya tidak jelas bisa dikirim ke luar negeri.  Informasi dari masyarakat harga satu kubik eboni di luar negeri  bisa mencapai 120 Juta Rupiah.

Berlangsungnya kegiatan yang meresahkan tersebut mendorong satu kelompok masyarakat untuk berinisiatif melaporkan ke Bakamla RI, yang kemudian ditindaklanjuti Tim dari Direktorat Operasi Laut (Ditopsla) dan Unit Penindakan Hukum (UPH). Hal itupun diteruskan kepada KN. Belut Laut-4806 Bakamla, yang dalam pelaksanaan tugas patroli operasi laut menjumpai  KM Meratus Minahasa, pada saat itu sedang melintas  di wilayah Laut Jawa pada koordinat 06052'143S" - 112049'841"E.


Berdasarkan kewenangan sesuai UU 32/2014 pasal 63 (b), maka Bakamla memberhentikan dan  memeriksa KM Meratus Minahasa.  Menurut keterangan Nakhoda  berinisial JS, kapal berlayar dari Pantoloan, Sulawesi Tengah menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur. Dari pemeriksaan petugas Bakamla RI menemukan 2 (dua) kontainer diduga berisi kayu eboni tanpa dilengkapi dokumen yang sah. Kemudian temuan tersebut didata dan dicatat, lalu KM Meratus Minahasa melanjutkan pelayaran sesuai rute menuju Dermaga Domestik Nilam, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Namun, tidak berhenti sampai disitu, temuan itupun ditindaklanjuti oleh Bakamla dengan menggandeng institusi terkait. Bakamla berkoordinasi dengan Kantor Balai Gakkum Kementerian LHK di Jakarta dan Surabaya.

 Selanjutnya, pada Minggu (10/3), dilakukan pemeriksaan oleh petugas Balai Gakkum KLHK atas keberadaan 2 kontainer, dan didapati kedua kontainer yang diduga memuat kayu eboni telah diturunkan dari KM Meratus Minahasa dan ditempatkan oleh pihak agen Meratus di terminal domestik Nilam Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.  Pemeriksaan lanjutanpun dilakukan pada Selasa (12/3) oleh Tim Gabungan Balai Gakkum KLHK bersama dengan Petugas Bakamla RI, dan pada Kamis (14/3), penyidik KLHK melakukan penyegelan terhadap 2 (dua) kontainer yang diduga berisi kayu eboni tanpa dilengkapi dokumen yang sah dengan disaksikan petugas Bakamla RI serta perwakilan Agen Meratus, Cosco Shiping Line dan Forwading. 

Lebih lanjut pada Rabu (20/3), tim penyidik KLHK berjumlah 4 orang disaksikan petugas Bakamla RI membuka kedua kontainer dan PPNS Line di Tanjung Perak, Surabaya.  Penyidik memeriksa isi kontainer secara fisik dan dapat dipastikan isi kontainer adalah kayu eboni yang berbentuk balok gergajian dalam berbagai ukuran yg dikemas dalam valetaa/kotak kayu. Selama proses pembukaan kontainer dan pengecekan fisik barang oleh Penyidik KLHK, juga disaksikan oleh pihak terkait antara lain perwakilan dari maskapai pelayaran logistik laut Meratus Line, dan perwakilan dari PT Cosco Shipping Lines Indonesia. Hingga Kamis dini hari sekitar pukul 01.00 WIB, proses pemeriksaan barang bukti baru selesai dan Tim Penyidik KLHK kembali melakukan penyegelan dan pemasangan PPNS line terhadap kontainer tersebut.

Dengan adanya pengungkapan oleh Bakamla RI bersama KLHK ini di harapkan dapat menyelamatkan potensi kekayaan sumber daya alam negara di ruang laut yang bernilai miliaran rupiah. Bakamla memiliki aset kapal di laut sedangkan KLHK memiliki kewenangan penyidikan. Sinergitas dan kerjasama berlandaskan kepercayaan ini menjadi komitmen bersama dalam penegakan hukum di laut.

Sementara itu Direktur Penegakan Hukum Pidana KLHK Yazid, S.H., M.A., menjawab pertanyaan wartawan, pihaknya bertekat  untuk terus berkolaborasi dengan Bakamla RI.

Laksdya Taufiq pun segera menambahkan pernyataannya bahwa semua upaya yang dilakukannya itu hanya berdasar pada rasa tulus ikhlas bekerja demi negara dan bangsa.

Turut hadir pada acara tersebut, Direktur Penegakan Hukum Pidana KLHK Yazid, S.H., M.A., Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Nursyawal Embun, Kepala Unit Penindakan Hukum  Bakamla RI Laksma Bakamla Hariadi, Danpomal Lantamal V SBY Kolonel PM Joko Tri Suhartono, Upt Peredaran Hasil Hutan Dinas kehutanan Jatim Deden, perwakilan dari Polda Jatim, Kejaksaan Tinggi Jatim, Kehakiman Jatim, 
 perwakilan dari PT. Meratus dan PT. Cosco, serta sejumlah undangan lainnya.  (mtc)

Editor: faeza

T#g:BakamlaMatatelingaPenyelundupan Kayu Eboni Ilegal Asal SulawesiTerkini
Komentar
Jumat, 26 Apr 2019 20:54Berita Sumut

Ibu Mana Yang Tega Membuang Orok Bayi Dalam Parit

Puluhan warga Jalan Saudara, Kelurahan Timbang Deli, Medan Amplas berbondong bondong melihat dengan penemuan sesosok mayat orok bayi perempuan di dalam parit, Jumat (26/4/2019).

Jumat, 26 Apr 2019 20:34Berita Sumut

Eldin Harapkan Kesejahteraan Buruh Meningkat Dengan Baik

Sumatera Utara khususnya Kota Medan merupakan salah satu Provinsi yang mendapat penghargaan anugerah keselamatan dan kesehatan kerja. Ini semua merupakan buah kerja keras semua pihak yang terus bersinergi untuk menciptakan atmosfer kerja yang terbaik.

Jumat, 26 Apr 2019 20:19Berita Sumut

Pak Wakil Bupati Asahan...Sudah Bolehkah Truck Tronton Bermuatan Non Sembako Masuk Kota ?.

Peraturan Bupati Asahan yang kala itu masih di jabat oleh Almarhum Taufan Gama Simatupang, sudah melarang segala jenis kendaraan berat bermuatan non sembako memasuki inti kota Kisaran, namun peraturan yang dibuat senantiasa tidak diindahkan oleh Dinas Per

Jumat, 26 Apr 2019 20:04Berita Sumut

Tipu Mahasiswa Mau Pergi Study Banding, Indra Mendekam di Jeruji Besi

Ahmad Indra Batubara (48) warga Jalan Prona I, Kelurahan Petapahan Lubukpakam ditangkap personel Polsek Medan Baru.

Jumat, 26 Apr 2019 19:46Nasional

CPNS Bakamla Terima Wawasan Pelatihan Dasar Militer

Personel dan CPNS Bakamla yang terlihat bugar dan berkeringat, berkumpul di tribun Stadion Velodrome, Rawamangun, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Jumat, 26 Apr 2019 19:29Berita Sumut

Masyarakat Sumut Diajak Dalami Sejarah Kelahiran Provinsi

Ada yang istimewa dan berbeda pada peringatan hari jadi ke 71 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun ini. Masyarakat diajak mendalami sejarah tentang kelahiran Provinsi Sumut melalui seminar yang mengusung tema "Menimba Inspirasi Pembangunan yang Berm

Jumat, 26 Apr 2019 19:13Berita Sumut

Sumatera Barat Expo 2019 Akan Diadakan di Medan

ali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Ir Khairul Syahnan menerima kunjungan dari Provinsi Sumatera Barat di Ruang Rapat I Kantor Wali Kota Medan, Jumat (26/4). Maksud kunjungan Pemerintah Provinsi Sumat

Jumat, 26 Apr 2019 18:55Berita Sumut

Keynote Speaker Seminar Nasional Teknik, Akhyar Paparkan Hal Ini

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menjadi keynote speaker (pembicara utama) dalam Seminar Nasional Teknik di Aula Fakultas Tekhnik Universitas Islam Sumatera Utara (FT-UISU), Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (26/4/2019). Seminar Nasional T

Jumat, 26 Apr 2019 18:40Berita Sumut

Sekdako Medan : Semua Harus Tanggap Terhadap Ancaman Bencana

Selanjutnya Sekda mengungkapkan, berkaitan dengan kejadian tersebut, diperlukan kesiapsiagaan semua jajaran, baik Pemerintah Kota, TNI, Polri, swasta, relawan, dan tentu saja masyarakat dalan upaya pengurangan resiko bencana sampai pada kegiatan evakuasi

Jumat, 26 Apr 2019 18:24Berita Sumut

MIS Open 2019 Diharapkan Mampu Lahirkan Atlet Tangguh & Handal

Sebanyak 386 peserta dari 33 club sepatu roda di Indonesia di Indonesia ditambah 44 peserta dari India mengikuti kejuaraan Indonesia Roller Sport Series II Medan Inline Skate (MIS) Open 2019 di Lintasan Sepatu Roda Taman Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata

Jumat, 26 Apr 2019 18:09Berita Sumut

Jajaran Kepolisian di Sumut Siap Amankan May Day 2019

Jajaran kepolisian di Sumatera Utara siap mengamankan perayaan hari buruh sedunia (May Day) pada 1 Mei 2019 mendatang. Seluruh polres di Sumut sudah melakukan berbagai persiapan untuk pengamanan perayaan kaum buruh tersebut.

Jumat, 26 Apr 2019 17:46Berita Sumut

Nyaru Jadi Pembeli, Personil Polsek Bandar Pulau Ciduk Pengedar Narkoba

Pedagang narkotika jenis sabhu berinisial ARF alias Andre (29) warga dusun I desa Rahuning kecamatan Rahuning Asahan, ketangkul personil Reskrim Polsek Bandar Pulau Asahan. Dia tertangkap tangan setelah polisi menyaru sebagai pembeli narkotika, Kamis (25/

Jumat, 26 Apr 2019 17:15Ekonomi

Sumut Masih Berpeluang Tekan Inflasi

Melihat tren perkembangan harga selama bulan April ini, Sumatera Utara (Sumut) masih berpeluang mencetak laju tekanan inflasi. Sejumlah harga kebutuhan pokok masih mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Salah satu komoditasnya adalah bawang putih diman

Jumat, 26 Apr 2019 16:19Berita Sumut

Soal Dugaan Penyelewengan DBH PBB, Polda Sumut Periksa Bupati Labura

Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat (Dit) Reskrimsus Poldasu memeriksa Bupati Labuhan Batu Utara (Labura) Khairuddin Syah Sitorus di Mapolda Sumut, Jumat (26/4/2019). Pemeriksaan diduga sekaitan dengan dugaan penyelewengan Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak B

Jumat, 26 Apr 2019 16:00Berita Sumut

Gowes Kasdam I/BB dan Perwira Staf Mantapkan Jiwa Korsa di Antara Prajurit

Setelah cukup lama vakum karena kesibukan proses pengamanan rangkaian Pemilu 2019, Jumat (26/4/2019) pagi, kegiatan Gowes di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan kembali dihelat.

Jumat, 26 Apr 2019 15:45Nasional

Viral, MUI Sorong Desak Ma'ruf Amin Mundur dari Cawapres

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Ekonomi, Lukmanul Hakim menanggapi viralnya surat terbuka dari Dewan Pimpinan MUI