• Home
  • Nasional
  • Diduga Papua Memanas, TNI Bantah Adanya Pengerahan Pasukan dan Senjata

Diduga Papua Memanas, TNI Bantah Adanya Pengerahan Pasukan dan Senjata

Fidel W Jumat, 13 Juli 2018 06:34 WIB
Kolonel Muhammad Aidi menegaskan bahwa TNI belum pernah mengerahkan pasukan dan Alutsista untuk menyerang KKSB di Nduga, Papua / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta:  Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) Cenderawasih Kolonel Muhammad Aidi menegaskan bahwa TNI belum pernah mengerahkan pasukan dan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) untuk mengejar kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di Nduga, Papua.


Hal itu ia sampaikan untuk merespon berbagai kabar yang menuduh pasukan gabungan TNI-Polri pada tanggal 11 Juli 2018 melakukan serangan udara ke kota Kenyam dengan menggunakan pesawat Helikopter milik TNI.

"Belum ada pergerakan pasukan TNI untuk mengejar kelompok itu baik dari darat maupun lewat udara," ujar Aidi.

Mantan Komandan Distrik Militer Jayawijaya itu turut menjelaskan bahwa pasukannya belum pernah menggunakan Alutsista berupa helikopter dan pesawat militer untuk mengejar kelompok tersebut.


Ia menegaskan bahwa Helikopter dan pesawat milik TNI hanya digunakan untuk membantu pemerintah daerah setempat menyalurkan logistik bagi masyarakat di daerah tersebut.

"Hanya untuk pendorongan logistik termasuk mendukung Pemda dan membantu masyarakat mengatasi kesulitan rakyat khususnya dalam hal sarana angkut," jelasnya.

Selain itu, Aidi juga mengatakan bahwa aparat kemanan gabungan TNI-Polri hanya melakukan penindakan hukum terhadap anggkta KKSB yang telah terbukti menggunakan senjata ilegal untuk melakukan pemberontakan dan pembantaian.

Menurutnya, tindakan kelompok tersebut tak bisa ditolerir karena telah melakukan teror terhadap masyarajat dan mengancam kedaulatan negara.


"Beda dengan pihak KKSB, mereka adalah gerombolan tidak mengenal norma, hukum dan aturan. Tidak mengenal combatan dan non combatan, bahkan anak kecilpun mereka bantai," ungkapnya.

Disamping itu, Aidi meminta kepada masyarakat di wilayah Nduga tak perlu khawatir terhadap keberadaan aparat kemanan.

Ia juga mengimbau agar masyarakat Nduga tetap berada di wilayah pemukiman yang dijaga oleh petugas untuk menjamin keselamatannya masing-masing.

"Tetaplah berdiam di pemukiman atau di kota, terutama di daerah yang ada aparat keamanannya, maka TNI-Polri akan menjamin keamanan rakyat," pungkasnya.

Dikethaui, beberapa pekan terakhir situasi di Nduga tampak mencekam. Diawali pada Kamis (12/6) di mana serangkaian penembakan terjadi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua.

Aparat kepolisian pun melakukan pengejaran terhadap kelompok bersenjata yang ada di Nduga terkait kasus penembakan pesawat serta pembunuhan tiga warga sipil dan pembacokan orang anak.

Kemudian, pada Jumat (22/6), penembakan kembali terjadi terhadap pesawat Dimonim Air asal Timika dengan pilot Kapten Kasta Gunawa bersama co-pilot Irena Nur Fadila yang membawa 17 personel perbantuan dari Brimob untuk pengamanan Pigub Papua.

Tak berhenti sampai disitu, penembakan terjadi lagi pada Senin (25/6) lalu, kelompok bersenjata menembak pesawat Twin Otter Trigana Air PK-YRU rute Wamena-Keneyam, yang membawa 15 orang anggota perbantuan Brimob di Bandara Keneyam. Selain itu, penembakan juga terjadi yang mengakibatkan tiga warga sipil meninggal dunia dan satu orang anak mengalami luka berat.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:Terkinikapendam cenderawasihkolonel muhammad aidiMiliterpapuatni
Komentar
Kamis, 20 Sep 2018 17:15Berita Sumut

Aksi Rusuh di DPRD Sumut Juga Lukai Seorang Jurnalis

Aksi unjuk rasa dua kelompok massa yang berakhir bentrok di DPRD Sumut juga mencederai salah seorang Wartawan harian terbitan Medan, Kamis (20/9). Wartawan bernama Dimas Kahfi itu terluka di bagian tangan setelah terkena lemparan batu koral saat melakukan

Kamis, 20 Sep 2018 17:00Berita Sumut

Dekatkan Diri ke Masyarakat, Kodim 0201/BS Luncurkan Aplikasi e-Babinsa

Kodim 0201/BS meluncurkan aplikasi e-Babinsa. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk semakin mendekatkan Babinsa di jajaran Kodim 0201/BS dengan masyarakat. Selain itu, aplikasi ini dibuat dalam rangka meningkatkan kinerja Babinsa dan meningkatkan sinergitas

Kamis, 20 Sep 2018 16:36Berita Sumut

Wakil Wali Kota Hadiri Deklarasi Bersama Pemilu Damai

Wakil Wali Kota Mdan Ir H Akhyar Nasution MSi menghadiri sekaligus menyaksikan Deklarasi Bersama Pemilu Damai di Pendopo Lapangan Merdeka Medan, Kamis (20/9). Acara ini digelar sebagai bentuk komitmen dan pernyataan partai politik (parpol) peserta Pemil

Kamis, 20 Sep 2018 16:30Berita Sumut

Mencekam, Aksi Dua Massa di DPRD Sumut Berakhir Bentrok, Sejumlah Mahasiswa Terluka

Aksi unjuk rasa dua kelompok massa yang pro dan kontra terhadap Presiden Jokowi di DPRD Sumut berakhir bentrok. Kedua massa dan polisi terlibat bentrokan. Akhirnya sejumlah pengunjuk rasa terluka dan ada juga yang diamankan.

Kamis, 20 Sep 2018 16:00Berita Sumut

Panglima TNI Ziarah ke Makam Jenderal Besar Soeharto

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M. dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna,

Kamis, 20 Sep 2018 15:41Berita Sumut

Kemajuan Industri Butuh SDM yang Unggul

Indonesia mempunyai Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berlimpah. Namun Indonesia belum belum mempunyai tekhnologi dan juga belum mempunyai dukungan investasi yang besar untuk mengelolanya.

Kamis, 20 Sep 2018 15:16Berita Sumut

Tim Monitoring Kelurahan Pelaksanaan UP2K Sumut Kunjungi Binjai

Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) merupakan salah satu gerakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan keluarga, guna memenuhi kebutuhan masyarakat melalui kelompok usaha ekonomi produktif, yang bertujuan untuk memberdayakan kelu

Kamis, 20 Sep 2018 15:03Berita Sumut

Binjai Borong Penghargaan Hari Keluarga Nasional Tingkat Sumut

Pemko Binjai berhasil memborong sejumlah penghargaan pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional ke 25 di tingkat provinsi Sumatera Utara, berlangsung di Pantai Pondok Permai kecamatan Padang Cermin kabupaten Serdang Bedagai, Rabu (19/09). Pengharga

Kamis, 20 Sep 2018 14:48Berita Sumut

3 Papan Reklame Bermasalah Kembali Ditumbangkan

Satu persatu papan reklame bermasalah ditumbangkan. Kamis (20/9) dinihari sekitar pukul 01.30 WIB, giliran papan reklame bermasalah di Jalan Imam Bonjol, persisnya sudut Jalan Perdana (depan Plaza CIMB Niaga) yang dibongkar. Pembongkaran dilakukan kar

Kamis, 20 Sep 2018 14:33Berita Sumut

Duh...Ketua DPRD Kay Kanan Kecewa, Kantor DPRD Medan Kosong

Sebanyak 39 anggota DPRD Kabupaten Way Kanan Popinsi Lampung lagi lagi kecewa saat berkunjung ke kantor DPRD Medan, Kamis pagi pukul 11.00 wib (20/9/2018). Pasalnya, mereka yang hendak "belajar" tentang sejauhmana peran legislatif meningkatkan p

Kamis, 20 Sep 2018 14:16Berita Sumut

Bertemu di Depan DPRD Sumut, Massa Pro Dan Kontra Jokowi Terlibat Aksi Saling Lempar

Dua kelompok massa yang pro dan kontra terhadap kinerja Presiden Jokowi bertemu dalam aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD Sumatera Utara, Kamis (20/9). Aksi massa nyaris ricuh lantaran sempat terjadi insiden pelemparan botol air mineral.

Kamis, 20 Sep 2018 14:00Berita Sumut

Polres Nias Selatan Gelar Apel Operasi Mantap Brata 2018

Kepolisian Resort Nias Selatan menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2018, dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019, di Halaman Mapolres Nias Selatan Jl Mohammad Hatta No. 1 Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, R

Kamis, 20 Sep 2018 13:55Berita Sumut

Kejati Sumut Gelar Sosialisasi, Supervisi dan Evaluasi Bidang Intelijen Tahun 2018

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) menggelar Kegiatan Sosialisasi, Supervisi dan Evaluasi Kinerja Bidang Intelijen Tahun 2018 di Aula Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Kamis (20/9) dibuka secara resmi oleh Wakajatisu Yudhi Sutoto didampingi Asisten

Kamis, 20 Sep 2018 13:40Berita Sumut

Buku Adalah Jendela Dunia, Dengan Membaca Kita Bisa Menjelajah Dunia

Buku adalah jendela dunia, dengan membaca kita bisa menjelajah dunia, sudah seharusnya kita memahami, bahwa dengan membaca kita dapat memperoleh ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kita semua.

Kamis, 20 Sep 2018 13:24Berita Sumut

Plt Bupati Labuhanbatu : Selamat Jalan Mas Denden Sumarlin

Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT mengucapkan selamat jalan kepada Denden Sumarlin beserta keluarga yang akan melaksanakan tugas ketempat yang baru dan selamat datang kepada Letkol Inf Santoso sebagai Dandim 0209 Labuhanbatu yang b

Kamis, 20 Sep 2018 13:00Berita Sumut

Dinas Kelautan Dan Perikanan Labuhanbatu Gelar Lomba Masak Serba Ikan

Budayakan gemar makan ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu menggelar lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten yang ke-2 tahun 2018, kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Kesenian Rantauparapat, Rabu (19/9/2018).