• Home
  • Nasional
  • Diklat Kesamaptaan Personel Bakamla RI Dimulai

Diklat Kesamaptaan Personel Bakamla RI Dimulai

Mtc/rel Senin, 21 Oktober 2019 19:00 WIB
Mtc/Ist
MATATELINGA, Sukabumi:  Kepala Badan Keamanan Laut RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq R. secara resmi membuka Diklat Kesamaptaan Personel Bakamla RI Gelombang I. Terhitung 115 personel mengikuti diklat ini yang terbagi menjadi dua gelombang, di Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdiklat Polri, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (21/10/2019).





[adx]

Upacara pembukaan dilaksanakan di Lapangan Soetadi Ronodipuro, Setukpa Lemdiklat Polri. Dalam kesempatan ini, bertindak sebagai Komandan Upacara Kolonel Bakamla Sumarto yang sehari-harinya menjabat sebagai Kabag Kepegawaian Bakamla RI.

Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) yang memiliki tugas pokok melakukan patroli keamanan dan keselamatan laut, profesionalisme pengawak organisasi merupakan salah satu prioritas utama dari sasaran pembinaan di bidang Sumber Daya Manusia. "Hal ini tidak berarti menempatkan faktor material alat utama keamanan laut sebagai prioritas kedua atau terakhir, karena bagaimanapun seluruh alat utama keamanan laut yang modern dan canggih akan teronggok dan tidak memberi manfaat apapun bila tidak diawaki oleh personel yang profesional", ungkap Laksdya Taufiq dalam sambutan pembukaannya.

[adx]





Hal ini juga mendukung Bakamla RI yang mengemban fungsi Coast Guard dalam menjalankan tugas sebagai penjaga keselamatan laut (maritime safety), penjaga keamanan laut (maritime security), dan komponen cadangan pertahanan (defence).

Diklat Kesamaptaan personel Bakamla RI ini menggunakan metode pembelajaran modern yang memanfaatkan alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan efektif. Selain itu, pelatihan ini tidak sarat dengan teori semata melainkan langsung diterapkan pada elemen mendasar kehidupan sehari-hari. Para peserta tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia tetapi juga fisik dan mental.
    
Diklat Kesamaptan ini juga dimaksudkan untuk melatih kerja sama, disiplin yang tinggi, ketahanan fisik dan mental yang prima, serta jiwa korsa dalam sebuah kelompok. Tujuannya agar dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan saling memiliki satu sama lain, sehingga timbul keakraban dan soliditas yang dapat menjadi motivasi bagi seluruh personel Bakamla RI/IDNCG dalam mengemban tugas sehari-hari.
    




[adx]

Materi yang diberikan mencakup tugas dan fungsi Bakamla RI/IDNCG, pengenalan senjata, bongkar pasang senjata, menembak, pendakian gunung, halang rintang, latihan baris berbaris, lintas medan, dan pembangunan karakter.

Laksdya Taufiq turut menyampaikan apresiasinya kepada Polri selaku mitra Bakamla RI/IDNCG. Selama ini, Polri telah banyak memberikan dukungannya, tidak hanya dalam hal pelaksanaan pelatihan ini namun juga kegiatan operasi Bakamla RI/IDNCG. "Kami ucapkan terima kasih kepada Kapolri, yang dalam hal ini kepada Kepala Sekolah Pembentukan Perwira Lemdik Polri Sukabumi, Brigjen Polisi Drs. Agus Suryanto beserta seluruh jajarannya, saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik selama ini, sehingga kegiatan Diklat Kesamaptaan personel Bakamla RI dapat terlaksana di tempat ini sesuai yang diharapkan", ucap Laksdya Taufiq menutup sambutannya.

Jajaran pejabat Bakamla RI/IDNCG turut hadir dalam kegaitan ini, antara lain Deputi Operasi dan Latihan Laksda Bakamla T.S.N.B Hutabarat, MMS; Deputi Informasi, Hukum dan Kerja Sama Laksda Bakamla Dade Ruskandar, S.H., M.H.; Deputi Kebijakan dan Strategi Laksda Bakamla Drs. Hariadi, S.H.; Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Eko Murwanto, S.Sos.; Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Drs. Bastomy Sanap, S.H., M.B.A., M.Hum.; Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Vetty V. Salakay, S.H., M.Si.; Kepala Biro Umum Laksma Bakamla Amin Budi Cahyono, S.E.; dan para pejabat dan undangan Setukpa Polri.
Editor: Amrizal

T#g:Berita SumutblibliKlik MatatelingaMatatelinga TerkiniPangdam I/BBPangdam I BBPangdam I?BBPangdam I.BBPanglima TNITerkiniTraveloka
Komentar
Jumat, 03 Jul 2020 23:45Lifestyle

Hubungan Asmara Cita Citata dengan Roy Geurts, Kenapa..?

Sebelumnya diberitakan, Cita Citata mengumumkan bahwa hubungan asmaranya dengan Roy Geurts sudah berakhir.

Jumat, 03 Jul 2020 23:30Berita Sumut

Diduga Pelaku Kerusuhan Mompang Julu, 11 Orang Diamankan Polres Madina

Sebanyak 11 orang diduga pelaku kerusuhan di Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Madina, diamankan. Hal tersebut dikatakan Dikabarkan Kapolres Mandailing Natal (Madina) AKBP Horas Tua Silalahi.

Jumat, 03 Jul 2020 23:15Bola

Kabar Buruk Menimpa Lazio, Jelang Laga Lazio vs Milan

jelang laga kontra AC Milan pada pekan 30 Liga Italia 2019-2020, Minggu 5 Juli dini hari WIB, kabar buruk menimpa Lazio

Jumat, 03 Jul 2020 23:00Nasional

Diduga Kasus Suap Proyek, Bupati Kutai Timur dan Istrinya Tersangka

Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur, ISM, dan istrinya yang merupakan Bupati Kutai Timur, EU ditetapkan KPK sebagai tersangka suap terkait proyek pekerjaan infrastruktur tahun anggaran 2019 sampai 2020

Jumat, 03 Jul 2020 22:07Internasional

Insiden Tanha Longsor dikabarkan 162 Orang Meninggal

Dalam insiden tanah longsor di sebuah pertambangan batu giok di Myanmar sebelah utara meninggal meningkat sedikitnya 162, dan dikhawatirkan lebih banyak lagi yang tewas, kata pihak berwenang.

Jumat, 03 Jul 2020 21:00Berita Sumut

Angkutan Kota Ludes Terbakar, Penumpang Selamat

Para pengguna jalan raya matanya tertuju pada Angkutan kota jurusan Terminal Sambo-Tanjung Morawa padat penumpang. Pasalnya, angkutan Kota terbakar di kawasan Jalan Sisingamangaraja Medan

Jumat, 03 Jul 2020 20:53Berita Sumut

Hilang Kendali Truk Bermuatan Kayu Nyaris Timpa Rumah Warga

Satu unit Truk Colt Diesel BK 9441 YK berwarna kuning bermuatan kayu terbalik di Jalan Medan Km 6, Kelurahan Tanjung Tongah, Kecamatan Siantar Martoba Pematangsiantar

Jumat, 03 Jul 2020 19:50Berita Sumut

Mantan Polisi Serang Polisi, Terkapar di Terjang Timah Panas

Personil Reskrim Polsek Medan Timur terpaksa menembak seorang pelaku narkoba di Jalan Bukit Barisan Gang Pandan Kelurahan Glugur Darat II Kecamatan Medan Timur

Jumat, 03 Jul 2020 19:35Berita Sumut

Karyawan Mini Market Di Tebing Tinggi Positif Covid-19

Seorang karyawan mini market menambah daftar warga Tebing Tinggi yang terpapar covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab.

Jumat, 03 Jul 2020 19:20Berita Sumut

Dua Puluh Tahanan Polres Tebing Tinggi Jalani Rapid Test

Sebanyak 20 orang tahanan Polres Tebing Tinggi menjalani rapid test COVID-19, Jumat (3/7/2020), di Mapolres Tebing Tinggi

Jumat, 03 Jul 2020 19:05Berita Sumut

Mendagri Tito Karnavian Turun Langsung Koordinasikan Kesiapan Pilkada di Wilayah Sumut

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian turun langsung untuk mengkoordinasikan kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Sumatera Utara.

Jumat, 03 Jul 2020 18:50Berita Sumut

Ketua Bhayangkari Sumut Serahkan Paket Bansos Bagi Tim Medis

Ketua Bhayangkari Polda Sumut, Ny Risma Martuani Sormin, menyerahkan bantuan sosial (bansos-red) kepada para tim medis

Jumat, 03 Jul 2020 18:35Nasional

Pangdam I/BB Kunjungan Kerja Ke Polda Riau

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA. MSc., melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Mapolda Riau dan disambut langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si. beserta PJU Polda Riau

Jumat, 03 Jul 2020 18:20Berita Sumut

Pangdam I/BB : Laksanakan Tugas Secara Profesional, Tingkatkan Soliditas antara TNI-Polri

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA., MSc., Melaksanakan kunjungan perdananya ke satuan wilayah jajaran Kodam I/BB yaitu Korem 031/WB Pekanbaru Prov. Riau dan disambut langsung oleh Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI M. Syech Ismed, S.E, M.Han serta Pra

Jumat, 03 Jul 2020 18:05Internasional

Pembunuhan Jurnalis Jamal Khasoggi di Tahun 2018 Mulia di Sidangkan

Persidangan terhadap 20 pejabat Arab Saudi atas pembunuhan jurnalis Jamal Khasoggi di tahun 2018, akan mulai disidangkan pengadilanTurki

Jumat, 03 Jul 2020 17:50Nasional

Satgas Yonif 125/Simbisa Dampingi Guru Saat Pendaftaran Siswa Baru

Salah satu tujuan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana yang tertuang di dalam Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.