• Home
  • Nasional
  • Dinamika Geopolitik Keamanan Maritim Meningkat, Penguatan Bakamla RI Sebuah Keniscayaan

Dinamika Geopolitik Keamanan Maritim Meningkat, Penguatan Bakamla RI Sebuah Keniscayaan

Mtc/rel Minggu, 18 Agustus 2019 16:02 WIB
Mtc/Ist
MATATELINGA, Jakarta: "Siapa yang dapat mengendalikan Laut China Timur dan Laut China Selatan akan mendominasi Asia. Siapa yang mendominasi Asia akan mengendalikan dunia".







Hal tersebut disampaikan plh Dirkerma Bakamla RI Kolonel bakamla Salim saat melaksanakan diskusi dengan materi Geoplitic Dynamics in the Maritime Domain pada kursus "a Comprehensive Maritime Security Cooperation Course,"Honolulu, Hawaii Amerika Serikat, kemarin.

Dua teori yang dibahas melatarbelakangi pembahasan tersebut  adalah teori AT Mahan dan Nicolas J. Spykmen.

Ambisi China dan Pembangunan Kekuatan Maritim.

Dunia pada saat ini dihadapkan pada teori Nickolas J. Spykman yaitu siapa yang mengendalikan Rimland Euroasia akan mengendalikan laut dan akan mengontrol dunia, kita tahu bahwa pada tahun 2016 China menguasai perdagangan dunia 21.4 % dan lebih besar 51 % di Asia serta menguasai 30% perkapalan minyak dunia. Lompatan pembangunan kekuatan maritim China meliputi; pembangunan supremasi angkatan laut pada tahun 2010 mengubahnya menjadi laut pedalaman; China akan memastikan supremasi angkatan laut dalam tahap kedua pada tahun 2020, dan pada tahun 2040 China akan memiliki kekuatan maritim untuk menahan dominasi Angkatan Laut AS di Pasifik dan Samudra Hindia.






Lompatan dan ambisi China untuk menguasai dunia dapat dilihat dari konsepOne Belt, One Roadatau Belt Road Initiativeserta dengan melihat pernyataan para pemimpin China berturut-turut dengan tahapan "Constructing a maritime great power (海洋强国) is an important historic task." Jiang Zemin, 2000. "Resolutely safeguard China's maritime rights and interests, and build China into a maritime great power (海洋强国)." Hu Jintao,2012. "We will pursue coordinated land and marine development and step up efforts to build China into a maritime great power(海洋强国)." Xi Jinping, 2017

Pembangunan kekuatan maritim China saat ini hampir akan melebihi kekuatan Amerika Serikat di Kawasan Pasifik. Begitupula dengan meningkatnya perekonomian negara-negara Kawasan khususnya ASEAN, apakah hanya sebagai Cooperation atau Competition? Dalam kontek Capacity Building dan kerjasama akan memunculkan pentingnya Information Sharing maupun Intelijen exchange dalam suatu Maritime Domain Awareness yang dapat mengintegrasikan antar Agency dan dapat berkolaborasi dengan negara kawasan maupun International Agency. Untuk menjawab tantangan kemanan maritim yang mengedepankan Maritime Law Enforcement, Indonesia harus memperkuat keberadaan Badan Keamanan Laut RI sebagai leading sector dalam pembangunan Command Center dan Surveillance.






Meningkatnya issue keamanan maritim khususnya di Laut China Selatan harus dihadapai dengan cermat, memerlukan perhatian khusus dan seharusnya telah dimasukkan dalam rencana panjang pembangunan kekuatan maritim negara-negara kawasan Laut China Selatan terutama yang berbatasan langsung dan terlibat dalam claimant states. Peningkatan tantangan keamanan mariitim dikawasan yang dipicu oleh eskalasi konflik di Laut Chiina Selatan beberapa dekade kedepan tidak bisa dihindari lagi. Faktor pemicu konflik ntara lain pertama, Maritime Coercion yang dilakukan oleh China, mulai dari Claim wilayah yang digunakan untuk membangun pangkalan militer, penggunaan Maritime Militia dan IUU fishing. Kedua, Armed robbery pada dua sisi, dari Selat Malaka meskipun sudah redah dan dinyatakan tidak ada namun sewaktu-waktu masih muncul perampokan terhadap kapal niaga di selat singapura, sisi lain dari Selat Sulu baik armed robbery maupun penculikan yang dilakukan oleh kelompok Abu Sayyaf. Ketiga laut China Selatan sebagai arena peredaran Narkoba dari China atau Taiwan kearah negeri-negeri selatan yang sebagian  besar peredarannya menggunakan kapal ikan.

Penguatan Badan Keamanan Laut RI

Bakamla RI sebagai lembaga negara yang bersifat Single Agency Multi Tasks yang telah mengemban Fungsi Coast Guard bertanggung jawab dalam keamanan dan keselamatan di wilayah perairan yurisdiksi Indonesia pada masa damai serta sebagai komponen cadangan pertahanan negara di laut yang ikut bertugas untuk mempertahankan kedaulatan negara dan melindungi kepentingan nasional pada masa perang. Untuk menjawab tantangan diatas Bakamla RI harus mampu mewujudkan pembangunan National Maritime Security System  yang mampu menyinergikan seluruh stake holder keamanan maritim serta mampu memberikan data-data yang diperlukan untuk kepentingan; Fisheries,Transportation/Shipping,Security maupun Safety. Pembanguan Information Fusion Center memerlukan dukungan dari semua pihak dan ketulusan dari stakeholder yang ada untuk mewujudkan Indonesia Maritime Domain Awareness yang dapat diakses realtime, berguna dan tangguh di Kawasan, bahkan mampu untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh kepentingan dunia Internasional.

Laut China Selatan hanyalah sebagai teste the water bagi China tujuan utamanya adalah mandala selanjutnya yaitu Samudera Hindia. Oleh karena itu diperlukan penempatan Surveillance yang tepat dan benar untuk mendeteksi jalur-jalur bagi kapal Selam, kapal tempur permukaan maupun pesawat tempur udara yang melintas wilayah NKRI. Selama ini kita tidak memikirkan bahwa mereka tidak akan melintasi jalur pelayaran yang semestinya khususnya bagi kapal selam, namun menggunakan wilayah-wilayah yang memiliki laut paling dalam untuk menghindari Survellance Detection kita. Menjawab tantangan yang begitu besar terhadap keamanan maritim diwilayah NKRI yang memiliki 4 Choke point penting dari 9 Choke point dunia, 3 Alur Laut Kepulauan Indonesia, Border Sharing wilayah perairan dengan 10 negara tetangga, Sumber Daya alam yang melimpah khususnya di wilayah-wilayah perbatasan dan Indonesia terletak pada ring of fire dunia yang memerlukan pemantauan dengan menggunakan Big Data dan Data Analysis yang tepat tiap saat.

Pembangunan kemampuan Kodal dan surveillance Bakamla RI akan dikembangkan dengan memadukan antara human intelligence dan penggunaan teknologi. Dalam hal penggunaan teknologi, Bakamla RI ke depan harus mengembangkan Intelligent and Integrated Border Surveillance yang memanfaatkan big data. Pemanfaatan big data merupakan keniscayaan di masa kini dan di masa depan, karena big data akan membantu mengolah data sebelum pengambilan keputusan dilakukan oleh manusia.

Dalam rangka mendukung Indonesia Sea Traffic (Inter Country Collaboration), Bakamla RI akan membangun sistem pengamatan dan pengintaian yang terdiri atas Puskodal Bakamla di Mabes Bakamla, yang akan didukung oleh beberapa Puskodal regional di beberapa wilayah perairan di sepanjang ALKI. Puskodal Bakamla mengendalikan operasi yang dilaksanakan oleh pesawat berawak, pesawat tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle/UAV), jaringan stasiun pengamatan pantai yang dilengkapi dengan peralatan sensor seperti radar pengamatan pantai dan Electro Optics/Infra Red(EO/IR), kapal patroli Offshore Patrol Vessel (OPV)yang mampu melaksanakan Maritime Interdiction Operations(MIO) dan Rigid Hull Inflatable Boat(RHIB) yang pula mampu melaksanakan MIO. Pada setiap Coastal Surveillancememiliki kemampuan Surveillance, Pencegahan maupun Penindakan.

Keberhasilan pembangunan tersebut tidak hanya untuk meningkatkan Indonesian Maritime Domain Awareness, meningkatkan kerjasama antar instansi kemaritiman namun juga sebagai kerjasama kolaborasi antar negara di Kawasan ASEAN maupun Internasional dalam menghadapi ancaman maritim. Urgensi pembangunan National Maritime Security System tersebut diperlukan tidak hanya percepatan pengesahan UU Keamanan Laut akan tetapi Political Will dari Pemerintah Indonesia yang kuat. Role Model ini juga akan digunakan oleh negara-negara kawasan dalam rangka enhanching maritime security awarenessmaupun enhancing maritime security cooperation.

Editor: Amrizal

T#g:blibliHUT RI ke 74Matatelingamatatelinga.commatatelinga comMedanPanglima TNIPuspen TNISumutTerkiniTraveloka
Komentar
Senin, 17 Feb 2020 15:01Berita Sumut

Ditinggal Anak Melaut, Nenek Ini Tewas Terbakar di Rumah

Seorang wanita berusia 95 tahun tewas seketika dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di Dusun Area, Desa Guntung, Kecamatan Limapuluh Pesisir, Kabupaten Batubara pada Minggu (16/2/2020) pagi kemarin. Wanita tua bernama Sofiah itu diduga terperangkap saa

Senin, 17 Feb 2020 14:52Berita Sumut

MABMI Usulkan ASN Pemko Medan Pakai Pakaian Adat Melayu Setiap Jum'at

Pengurus Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Kota Medan menemui Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi di Balai Kota Medan, Senin (17/2). Selain bersilaturahmi dan memperkenalkan diri, para pengurus juga menyampaikan sejum

Senin, 17 Feb 2020 14:37Berita Sumut

Poldasu Tangkap 94 Tersangka Narkoba, Sita 17 Kg Sabu dan 18 Ribu Butir Ekstasi

Direktorat Narkoba Poldasu menyita 17.685,80 grm (17,68 Kg) sabu dan 18.549 butir ekstasi dalam kurun waktu Januari hingga pertengahan Februari 2020. Barang bukti narkoba itu disita dari 94 orang tersangka. Seorang tersangkanya terpaksa ditembak mati kar

Senin, 17 Feb 2020 13:30Berita Sumut

Seluruh OPD Pemprov Sumut Diminta Tingkatkan Penerapan SAKIP

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) diminta meningkatkan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, dicintai, tatak

Senin, 17 Feb 2020 13:13Berita Sumut

Pertamina Resmikan 2 SPBU di Jalur Tol Medan Tebingtinggi

Pertamina retail meresmikan 2 stasiun Pengisian bahan bakar umum ( SPBU) yang terletak di km 65 jalur tol Medan-Tebingtinggi, Senin (17/2/2020).

Senin, 17 Feb 2020 12:53Berita Sumut

Terkait Pengungkapan Pembunuhan Hakim, Dua Warga Peroleh Penghargaan Kapolda Sumut

Dua orang warga memperoleh penghargaan dari Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin di Lapangan KS Tubun Polda Sumut, Senin (17/2). Penghargaan ini terkait dalam pengungkapan kasus pembunuhan hakim Jamaluddin beberapa waktu lalu.

Senin, 17 Feb 2020 12:30Berita Sumut

3 Anggota Polri di Sumut Peroleh Pin Kapolri

Sebanyak 3 orang anggota Polri yang bertugas di Sumatera Utara memperoleh pin Kapolri. Penyematan itu dilakukan oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin di Lapangan KS Tubun Polda Sumut, Senin (17/2).

Senin, 17 Feb 2020 12:13Berita Sumut

Di Pelantikan PSMTI Sumut, Akhyar Ajak Warga Etnis Tionghoa Cantikkan Medan

Semangat Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi membuat Kota Medan tambah cantik terus disebarkan ke seluruh kalangan lapisan masyarakat dan etnis. Kini, giliran warga etnis

Senin, 17 Feb 2020 11:28Berita Sumut

ASN Pemko Medan & Masyarakat Diimbau Sukseskan SP 2020

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam mensukseskan Sensus Penduduk (SP) 2020. Sebab, tujuan SP 2020 untuk menyed

Senin, 17 Feb 2020 11:00Berita Sumut

Akhyar: Musik Menyatukan Kita

Dangdut merupakan musik asli khas Indonesia. Tentu ini menjadi kekayaan yang tidak dimiliki negara lain dan patut berbangga akan hal tersebut. Oleh karena itu, musik dangdut diharapkan tidak hanya sekedar menjadi musik penghibur semata, tapi juga menjadi

Senin, 17 Feb 2020 10:37Berita Sumut

Majelis Dzikir Al Azka Dikukuhkan

Diawali dengan dzikir Akbar, Bupati Asahan H.Surya yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Asahan melaksanakan pengukuhan Majelis Dzikir Al Azka, Minggu (16/02/2020) di Masjid Agung H.Achmad Bakrie Kisaran.

Senin, 17 Feb 2020 10:22Nasional

Rizky Pecahkan Rekor Dunia Angkat Besi Junior Asia, Rahmat Tumbangkan Rekor Asia

Dua lifter muda Indonesia, Rizky Juniansyah dan Rahmat Erwin Abdullah jadi bintang pada Kejuaraan Angkat Besi Junior Asia 2020. Tampil Pada hari terakhir di Uzbekistan Sports Complex, Uzbekistan, Minggu (16/2/2020), Rizky bukan hanya menyumbangkan 3 emas

Senin, 17 Feb 2020 09:57Berita Sumut

Bikin Cantik Medan, Akhyar Apresiasi Anak Muda Buat Mural di Stadion Teladan

Gerakan Bikin Cantik Medan yang digagas Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menjadi ‘magnet’ bagi warga Kota Medan. Minggu (16/2/2020), Anak Muda Kota Medan yang tergabung dalam komunitas Gerakan Kampung Sendiri ikut menampilkan karyan

Senin, 17 Feb 2020 08:00Lifestyle

Berbaik Sangka Ibarat Lem Yang Membuat Pesaudaraan Sesama Muslim

Setiap muslim diwajibkan berbaik sangka kepada saudaranya sesama muslim. Sebab berbaik sangka itu memperat hubungan antar manusia.

Senin, 17 Feb 2020 07:30Bola

Kedua TIm Menujukkan diri di Lapangan Hijau, 'Mencuri' Kemenangan

Laga dimulai, kedua tim menunjukkan diri untuk saling ngotot untuk bisa mencuri kemenangan. Baik Lazio dan Inter tak ragu melakukan jual beli serangan agar bisa mendapatkan gol di babak pertama ini.

Senin, 17 Feb 2020 07:15Bola

Tiup Pluit Wasit, Juventus Lencarkan Serangan ke Pertahanan Brescia

Sejak babak pertama dimulai, Juventus langsung melancarkan serangan ke pertahanan Brescia. Aaron Ramsey mendapatkan peluang untuk membawa Juventus unggul di menit keempat. Patut disayangkan, bola sepakan eks pemain Arsenal itu masih mampu diblok.