HUT ke 8 Matatelinga.com - Hanura

Empat Parpol Bersih Dari Caleg Eks Koruptor

Amr/ril Kamis, 31 Januari 2019 06:01 WIB
Google
MATATELINGA,  Jakarta:  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman memaparkan, terdapat empat partai politik (parpol) yang bersih dari caleg eks koruptor. Sementara 12 parpol lainnya, ada 40 caleg merupakan eks koruptor.



"Dari 16 parpol nasional peserta Pemilu 2019, hanya Nasdem, PKB, PPP dan PSI yang tidak memiliki caleg eks koruptor," ungkap Arief Budiman, kepada wartawan saat konferensi pers di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/1/2019) malam.

Sementara itu, disebutkan Arief Budiman, 12 parpol lainnya memiliki caleg yang merupakan mantan narapidana kasus korupsi. Ke-12 parpol ini mengusung caleg eks koruptor di tingkat DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan DPRD kota.

"Secara keseluruhan, untuk DPRD provinsi ada 16 caleg eks koruptor sementara untuk DPRD kabupaten/kota ada 24 caleg eks koruptor. Sehingga jumlah total caleg DPRD provinsi, kabupaten/kota yang merupakan eks koruptor sebanyak 40 orang," pungkas Arief.



Secara rinci, Arief Budiman membeberkan parpol mana saja yang menyumbang nama-nama caleg eks koruptor. Partai Golkar memiliki 8 caleg eks koruptor yang terdiri dari empat caleg DPRD provinsi dan empat caleg DPRD kabupaten/kota.

Partai Gerindra memiliki enam caleg eks koruptor yang terdiri dari tiga caleg DPRD provinsi dan tiga caleg DPRD kabupaten/kota. Partai Berkarya memiliki empat caleg eks koruptor yang terdiri dari dua caleg DPRD provinsi dan dua caleg DPRD kabupaten/kota.

Partai Hanura memiliki lima caleg eks koruptor yang terdiri dari tiga caleg DPRD provinsi dan dua caleg DPRD kabupaten/kota. Partai Demokrat memiliki empat caleg eks koruptor yang seluruhnya merupakan caleg DPRD kabupaten/kota.

PDIP memiliki satu caleg eks koruptor yang merupakan caleg DPRD provinsi. Partai Garuda memiliki dua caleg eks koruptor yang seluruhnya merupakan caleg DPRD kabupaten/kota.



Partai Perindo memiliki dua caleg eks koruptor yang masing-masing merupakan caleg DPRD provinsi dan caleg DPRD kabupaten/kota. PKPI memilki dua caleg eks koruptor yang seluruhnya merupakan caleg DPRD kabupaten/kota.

PAN memiliki empat caleg eks koruptor yang terdiri dari satu caleg DPRD provinsi dan tiga caleg DPRD kabupaten/kota. PKS memiliki satu caleg eks koruptor yang merupakan caleg DPRD provinsi. Terakhir, PBB menyumbang satu caleg eks koruptor yang merupakan caleg DPRD provinsi.

Sedangkan untuk calon anggota DPD RI ada sembilan mantan narapidana korupsi. Sehingga, jika ditotal sebagai keseluruhan ada 49 caleg yang masuk dalam daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2019.

Sementara itu, Komisioner KPU, Ilham Saputra, ke-49 eks koruptor ini resmi menjadi peserta pemilu, dan semuanya masuk dalam surat suara Pemilu 2019.  Seluruh eks koruptor ini, akan diumumkan di laman resmi KPU.

Sedangkan untuk caleg yang berstatus mantan narapidana kasus lainnya, masih akan diumumkan dalam waktu dekat ini. Masih kami cek data-datanya," ujar Arief Budiman.

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:DPR RIDPR-RIEks Koruptor Calegkpu riMatatelingaMedanSumutTerkiniempat parpol bersih calegpencuri caleg
Komentar
Rabu, 16 Okt 2019 14:35Berita Sumut

Dirut PDAM Tirtanadi Lantik 35 Pejabat Baru

Untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan mengisi formasi jabatan yang kosong serta meningkatkan produktivitas Sumber Daya Manusia yang efektif, maka dipandang perlu dilakukan rotasi dan mutasi serta pengangkatan jabatan Pegawai di PDAM Tirtanadi Provinsi

Rabu, 16 Okt 2019 14:28Berita Sumut

OTT di Medan, Petugas KPK Nyaris Ditabrak Staf Protokoler Eldin

Salah seorang staf protokoler Wali Kota Medan berinisial AND nyaris menabrak petugas dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mengejarnya pada Selasa (16/10) malam. Saat ini, PNS berinisial AND itu diketahui berhasil melarikan diri.

Rabu, 16 Okt 2019 14:13Berita Sumut

Eldin Terjaring OTT KPK, Akhyar Belum Dapat Informasi Resmi

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution langsung menggelar rapat terbatas pasca OTT KPK yang menjaring Wali Kota Dzulmi Eldin, Rabu (16/10). Usai rapat yang dihadiri SKPD itu, Akhyar sempat menjawab sejumlah pertanyaan wartawan.

Rabu, 16 Okt 2019 13:53Berita Sumut

Karang Taruna Doakan Bataliyon Marinir Lantamal l Belawan Rebut Piala Dan Komar

Pengurus Karang Taruna Kecamatan Medan Belawan dan WKMU ( WARUNG KOPI MEDAN UTARA) memberikann ucapan selamat atas keberangkatan Tim Dayung dan Renang dari Bataliyon Marinir Lantamal l Belawan yang akan menuju ke Lampung untuk memperebutkan Piala Dan Koma

Rabu, 16 Okt 2019 13:36Berita Sumut

Bupati Asahan: Pemerintah dan Media Tidak Dapat Dipisahkan

Bupati Asahan H.Surya.BSc beserta beberapa pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar acara Coffee Morning bersama insan press, Rabu (16/10/2019 ) pagi. Kegiatan ini digelar di pendopo rumah dinas Bupati Asahan.

Rabu, 16 Okt 2019 12:52Berita Sumut

KPK OTT Wali Kota Eldin, Ini Reaksi Gubsu

KPK menjaring Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan 5 orang lainnya dalam sebuah operasi tangkap tangan pada Selasa (15/10) malam. Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi merasa prihatin atas kasus tersebut.

Rabu, 16 Okt 2019 11:24Berita Sumut

Pasca OTT KPK, Tiga Ruangan di Dinas PU Medan Disegel

Sebanyak tiga ruangan di Dinas PU Kota Medan di Jalan Pinang Baris disegel KPK. Penyelegelan terkait operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK terhadap Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan 6 lainnya pada Rabu (16/10).

Rabu, 16 Okt 2019 11:06Berita Sumut

Gempa Bumi Guncang Nias Utara

Wilayah Kabupaten Nias Utara dan sekitarnya diguncang gempa bumi berkekuatan M=4.8, Rabu (16/10/2019) sekitar pukul 09.18 WIB.

Rabu, 16 Okt 2019 10:16Berita Sumut

Pasca OTT, Begini Kondisi Kantor Balaikota Medan

Suasana kantor Wali Kota Medan Dzulmi Eldin sepi pasca OTT yang dilakukan KPK pada Selasa (16/10) malam. Selain itu, ruangan itu juga tampak gelap dan tidak ada tanda-tanda aktivitas di sana.

Rabu, 16 Okt 2019 09:44Berita Sumut

Kabarnya Walikota Medan dan Kadis Tertangkap Tangan OTT KPK

Dikabarkan Walikota Medan dan Kepala Dinas PU, Protokuler, ajudan walikota serta Pihak Swasta operasi tertangkap tagan (OTT) oleh Komisi Pembrantasan Korupsi Republik Indonesia, Rabu(16/10/2019) dengan barang bukti Rp 200 juta.

Rabu, 16 Okt 2019 09:40Berita Sumut

KPK : OTT Wali Kota Medan Terkait Setoran dari Dinas-Dinas

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkap operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan 6 orang lainnya sekaitan dalam kasus setoran dari sejumlah dinas.

Rabu, 16 Okt 2019 09:30Lifestyle

Mengagetkan, Nikita Mirzani Akui Masih Menyimpan Rasa

Kepada Alvin Adam saat tampil dalam program yang di pandunya. Aktris Nikita Mirzani memberikan pengakuan mengejutkan

Rabu, 16 Okt 2019 09:15Internasional

Miris, Video Kekejaman Terhadap Binatang saat Menjalani Tes

Menuntut perubahan undang-undang Uni Eropa usai video mengerikan menunjukkan monyet berteriak di dalam laboratorium di Jerman

Rabu, 16 Okt 2019 09:00Bola

Jelang Kontra Liverpool De Gea Beri Kabar Buruk untuk Manchester United

De Gea yang tampil sebagai starter di laga tersebut dipaksa keluar setelah bermain selama satu jam

Rabu, 16 Okt 2019 08:45Ekonomi

September 2019, Ekspor Indonesia Turun 5,74%

Pada September 2019 nilai ekspor mencapai mencapai USD14,10 miliar, turun dari September 2018 yang mencapai USD14,98 miliar

Rabu, 16 Okt 2019 08:30Lifestyle

Mengapa Orang Banyak Memilih Berobat ke Penang

Indonesia saat ini lagi gencar berbenah dan berupaya untuk menjadi lebih baik di Dunia medis