Gizi Buruk di Hari Gizi Nasional

86 Anak Gizi Buruk Asmat Masih Dirawat
Mtc/James Kamis, 25 Januari 2018 09:35 WIB
Antara
Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar memperkirakan jumlah warga di Kabupaten Asmat, Papua yang menderita gizi buruk mencapai 15 ribu orang.
MATATELINGA, Jayapura : Memperingati Hari Gizi Nasional 25 Januari, ada perasaan miris yang merasuki hati kita dimana di Hari Gizi tersebut ditemukan banyak anak-anak yang terkena gizi buruk. Penderita gizi buruk ditemukan di Papua dan mungkin di sekitar kita juga ada anak-anak yang menderita gizi buruk. Hanya saja tidak terekspos dan informasinya tidak sampai ke media.

Seperti dilansir dari Antara, sebanyak 86 pasien anak gizi buruk dan campak di Kabupaten Asmat, masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat dan beberapa gereja di kabupaten tersebut.


Yusuf Wona, salah satu anggota tim kesehatan KLB Asmat yang dikirim oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Kamis mengatakan, jumlah total pasien gizi buruk dan campak yang masih dirawat di rumah sakit setempat dan digereja berjumlah 86 orang.

Dari jumlah itu, menurut dia, hingga kini RSUD Asmat masih merawat sebanyak 36 pasien gizi buruk dan campak.

Dia merincikan, dari 36 pasien itu, sebanyak 29 pasien anak sementara masih mendapat perawatan dan pengobatan di bangsal.


"Sedangkan, tujuh pasien gizi buruk dan campak masih dirawat di ruang Unit Gawat Darurat (UGD)," kata Yusuf yang kini menjabat Kepala Seksi Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Provinsi Papua itu.

Dia mengatakan, hingga Rabu (24/1) tidak ada penambahan pasien baru yang masuk ke RSUD Asmat, karena rumah sakit tersebut sudah tidak cukup menampung pasien gizi buruk yang dirujuk.

Sebanyak 50 pasien anak gizi buruk dan campak yang hendak dirujuk ke RSUD Asmat terpaksa ditampung dan dirawat di Gereja.

"Mereka ditampung di Aula Gereja baik di gereja Katolik maupun di gereja lainnya yang ada di Asmat," tambah dia.


Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar memperkirakan jumlah warga di Kabupaten Asmat, Papua yang menderita gizi buruk mencapai 15 ribu orang.

"Yang mengalami gizi buruk, kurang lebih 10 ribu orang hingga 15 ribu orang," kata Irjen Boy di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta, Rabu.

Menurut dia, gizi buruk yang dialami masyarakat di Asmat disebabkan beberapa faktor di antaranya lokasi yang jauh dan sulit dijangkau, minimnya sarana kesehatan seperti puskesmas, taraf perekonomian masyarakatnya rendah, keterbatasan sarana transportasi dan keterbatasan akses distribusi makanan bergizi.


"Beberapa aliran sungai pasang surut jadi tidak selalu dapat dilewati kapal untuk mendistribusikan bahan makanan," katanya.

Boy pun menggambarkan minimnya kondisi puskesmas yang ada di Asmat. 

"Tenaga medis kurang, kepala puskesmasnya bukan dokter," katanya.


Untuk itu ia meminta Pusdokkes Mabes Polri untuk mengirimkan sejumlah dokter untuk ditempatkan di puskesmas-puskesmas di Asmat. "Program dokter muda, dokter magang diharapkan bisa hadir di Papua sehingga bisa mengisi pos yang kosong terutama kepala puskesmas," katanya.

Boy Rafli mengatakan warga Asmat saat ini masih membutuhkan 2.000 vial hingga 3.000 vial vaksin campak.

"Untuk cadangan, diperkirakan masih butuh 2.000 vial sampai 3.000 vial vaksin untuk stok sehingga ke depan kita tetap bisa memvaksin anak-anak," katanya.

Boy menambahkan Polda Papua dan Kodam Cenderawasih akan membuat Satgas Kesehatan. Satgas ini akan memetakan sejumlah daerah rawan penyakit dan mendatangi daerah tersebut untuk penanganan.


"Di beberapa wilayah akan kami telusuri, informasinya terdapat beberapa wabah penyakit seperti di Pegunungan Bintang," katanya.

Untuk di Kabupaten Asmat, ia mengatakan, proses pelayanan kesehatan terkait wabah campak dan gizi buruk masih dilakukan. Selain itu bantuan makanan bergizi dan obat-obatan terus mengalir baik dari pemerintah maupun swasta.

"Kami berterima kasih sampai hari ini dari beberapa lembaga masyarakat ikut mengirim (bantuan) ke Asmat," katanya.


KLB campak dan gizi buruk terjadi di Kabupaten Asmat sejak September 2017. Hingga kini dilaporkan terdapat 61 anak dan balita yang meninggal dunia akibat terserang campak dan gizi buruk.

Sejumlah bantuan pasokan makanan bergizi dan obat-obatan telah disalurkan baik oleh instansi pemerintah dan swasta sejak kasus ini mengemuka di pemberitaan berbagai media.

Mtc/Ant/bs
Editor: James P. Pardede

T#g:gizi burukHari Gizi Nasional
Komentar
Sabtu, 30 Mei 2020 00:30Bola

Harry Kane, Jadi Incaran Madrid Musim Depan

Penyerang Real Madrid, Karim Benzema, yang akan berumur 33 tahun pada 19 Desember 2020, masih memiliki kemampuan mumpuni di depan gawang lawan. Akan tetapi, Madrid harus segera melakukan regenerasi. Los Blancos –julukan Madrid– tidak bisa terl

Jumat, 29 Mei 2020 23:45Berita Sumut

Kapolres Sergai Sampaikan Terima Kasih Kepada Masyarakat Sergai

Selama bulan suci Ramadhan dalam situasi wabah Coronavirus (Covid-19) sampai H+6 Lebaran Idul Fitri 1441 H, Polres Serdang Bedagai bersama dengan tujuh polsek jajaran di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai telah melakukan berbagai upaya himbauan kepada m

Jumat, 29 Mei 2020 23:30Berita Sumut

Sat Shabara Polrestabes Medan Grebek Jermal 15, Basis Narkoba dan Jackpot

Untuk sekian kalinya Sat Sabhara Polrestabes Medan menggerebek basis narkoba di Jalan Jermal 15 Tanah Garapan dan Jalan. Denai Gang Rukun

Jumat, 29 Mei 2020 23:15Berita Sumut

Kurir Sabu Diciduk Tekab Polsek Perbaungan

Team Khusus Anti Bandit (Tekab) Polsek Perbaungan berhasil meringkus terduga kurir sabu di Dusun I, Desa Jambur Pulau, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai, Rabu (27/4/2020) sekira pukul 15:00 WIB

Jumat, 29 Mei 2020 23:00Berita Sumut

Pasca Lebaran, Wakil Walikota Pastikan Pelayanan Masyarakat Lancar

Wakil Walikota Padangsidimpuan melakukan kunjungan terhadap instansi pelayanan masyarakat pasca Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, Selasa (26/5/2020).

Jumat, 29 Mei 2020 22:45Internasional

Kenapa Mahathir Mohamad Sebagai Ketua Partai di Pecat..?

Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad telah dipecat oleh partai politik yang turut dia dirikan setelah duduk di bangku oposisi selama sesi parlemen 18 Mei.

Jumat, 29 Mei 2020 22:30Berita Sumut

Jurtul Kim Diciduk Saat Nunggu 'Pasien'

Team Khusus Anti Bandit (Tekab) Polsek Firdaus Berhasil mengamankan pelaku juru tulis (Jurtul) Jenis judi KIM di Wilayah Kecamatan Seibamban, Sergai Kamis(28/5) sekira pukul 20:30WIB.

Jumat, 29 Mei 2020 22:15Internasional

Berhasil Nangkap Pimpinan Propaganda IS, Imbalan Rp43,9 Miliar

Seorang pemimpin senior kelompok teroris IS yang bertanggung jawab atas video-video eksekusi mengerikan kelompok ekstremis, Amerika Serikat (AS) pada Kamis (28/5/2020) memberikan imbalan USD3 juta (sekira Rp43,9 Miliar) untuk menangkapnya.

Jumat, 29 Mei 2020 22:00Berita Sumut

Break...Truk Tronton Seruduk Kedai Kelontong

Sebuah kedai kelontong di Jalan Lintas Yos Sudarso, tepatnya Simpang Beo Tebing Tinggi, di seruduk truk tronton BK 8654 XM yang mengangkut janjangan sawit

Jumat, 29 Mei 2020 21:45Berita Sumut

Walikota Irsan Efendi Nasution Ingatkan Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH Pimpin rapat dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah terkait pencegahan COVID-19, Jum’at (29/5) di Aula Kantor Walikota Padangsidumpuan.

Jumat, 29 Mei 2020 21:30Bola

Apa Bayern Munich Jadi Merekrut Leroy Sane..?

Sebagaimana diketahui, nama Sane memang tengah kencang dikait-kaitkan dengan Bayern dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan pada jendela transfer musim panas 2019, Bayern dikabarkan siap mendaratkan Sane dengan mahar sebesar 80 juta euro atau sekira Rp1,3 t

Jumat, 29 Mei 2020 21:15Bola

Jangan Lewatkan Laga Juventus vs Lyon digelar 7 atau 8 Agustus 2020

Semifinal dan final Liga Champions di Stadion Ataturk Olympic, Turki, pada pertengahan hingga pengujung Agustus 2020, awlanya akan diselenggarakan Federasi Sepakbola Eropa (UEFA).

Jumat, 29 Mei 2020 21:00Berita Sumut

Pemprov Sumut Perkuat Koordinasi dengan Diskominfo Kabupaten/Kota

Sumatera Utara (Sumut) dalam waktu dekat akan menerapkan kenormalan baru (new normal) usai status tanggap darurat bencana Covid-19 berakhir Jumat (29/5/2020).

Jumat, 29 Mei 2020 20:45Berita Sumut

Ruang Tahanan Polres Serdang Bedagai Penuh, Kapolres : Masih Dicari Solusinya

Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang menyatakan ruang tahanan di Polres dan Polsek sejajaran sudah penuh.

Jumat, 29 Mei 2020 20:30Berita Sumut

Polda Sumut Bentuk Tim Pengawasan Penerapan New Normal

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara tengah membentuk tim pengawasan penerapan tatanan kehidupan baru (new normal-red) dalam upaya penanganan Covid-19.

Jumat, 29 Mei 2020 20:15Berita Sumut

Lantik 46 Pejabat Eselon III, Gubernur Edy Ingatkan Tentang Kejujuran dan Loyalitas

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik 46 pejabat eselon III di Pendopo Rumah Dinas, Jalan Jenderal Sudiman Nomor 41 Medan, Jumat (29/5/2020).