Gizi Buruk di Hari Gizi Nasional

86 Anak Gizi Buruk Asmat Masih Dirawat
Mtc/James Kamis, 25 Januari 2018 09:35 WIB
Antara
Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar memperkirakan jumlah warga di Kabupaten Asmat, Papua yang menderita gizi buruk mencapai 15 ribu orang.
MATATELINGA, Jayapura : Memperingati Hari Gizi Nasional 25 Januari, ada perasaan miris yang merasuki hati kita dimana di Hari Gizi tersebut ditemukan banyak anak-anak yang terkena gizi buruk. Penderita gizi buruk ditemukan di Papua dan mungkin di sekitar kita juga ada anak-anak yang menderita gizi buruk. Hanya saja tidak terekspos dan informasinya tidak sampai ke media.

Seperti dilansir dari Antara, sebanyak 86 pasien anak gizi buruk dan campak di Kabupaten Asmat, masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat dan beberapa gereja di kabupaten tersebut.


Yusuf Wona, salah satu anggota tim kesehatan KLB Asmat yang dikirim oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Kamis mengatakan, jumlah total pasien gizi buruk dan campak yang masih dirawat di rumah sakit setempat dan digereja berjumlah 86 orang.

Dari jumlah itu, menurut dia, hingga kini RSUD Asmat masih merawat sebanyak 36 pasien gizi buruk dan campak.

Dia merincikan, dari 36 pasien itu, sebanyak 29 pasien anak sementara masih mendapat perawatan dan pengobatan di bangsal.


"Sedangkan, tujuh pasien gizi buruk dan campak masih dirawat di ruang Unit Gawat Darurat (UGD)," kata Yusuf yang kini menjabat Kepala Seksi Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Provinsi Papua itu.

Dia mengatakan, hingga Rabu (24/1) tidak ada penambahan pasien baru yang masuk ke RSUD Asmat, karena rumah sakit tersebut sudah tidak cukup menampung pasien gizi buruk yang dirujuk.

Sebanyak 50 pasien anak gizi buruk dan campak yang hendak dirujuk ke RSUD Asmat terpaksa ditampung dan dirawat di Gereja.

"Mereka ditampung di Aula Gereja baik di gereja Katolik maupun di gereja lainnya yang ada di Asmat," tambah dia.


Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar memperkirakan jumlah warga di Kabupaten Asmat, Papua yang menderita gizi buruk mencapai 15 ribu orang.

"Yang mengalami gizi buruk, kurang lebih 10 ribu orang hingga 15 ribu orang," kata Irjen Boy di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta, Rabu.

Menurut dia, gizi buruk yang dialami masyarakat di Asmat disebabkan beberapa faktor di antaranya lokasi yang jauh dan sulit dijangkau, minimnya sarana kesehatan seperti puskesmas, taraf perekonomian masyarakatnya rendah, keterbatasan sarana transportasi dan keterbatasan akses distribusi makanan bergizi.


"Beberapa aliran sungai pasang surut jadi tidak selalu dapat dilewati kapal untuk mendistribusikan bahan makanan," katanya.

Boy pun menggambarkan minimnya kondisi puskesmas yang ada di Asmat. 

"Tenaga medis kurang, kepala puskesmasnya bukan dokter," katanya.


Untuk itu ia meminta Pusdokkes Mabes Polri untuk mengirimkan sejumlah dokter untuk ditempatkan di puskesmas-puskesmas di Asmat. "Program dokter muda, dokter magang diharapkan bisa hadir di Papua sehingga bisa mengisi pos yang kosong terutama kepala puskesmas," katanya.

Boy Rafli mengatakan warga Asmat saat ini masih membutuhkan 2.000 vial hingga 3.000 vial vaksin campak.

"Untuk cadangan, diperkirakan masih butuh 2.000 vial sampai 3.000 vial vaksin untuk stok sehingga ke depan kita tetap bisa memvaksin anak-anak," katanya.

Boy menambahkan Polda Papua dan Kodam Cenderawasih akan membuat Satgas Kesehatan. Satgas ini akan memetakan sejumlah daerah rawan penyakit dan mendatangi daerah tersebut untuk penanganan.


"Di beberapa wilayah akan kami telusuri, informasinya terdapat beberapa wabah penyakit seperti di Pegunungan Bintang," katanya.

Untuk di Kabupaten Asmat, ia mengatakan, proses pelayanan kesehatan terkait wabah campak dan gizi buruk masih dilakukan. Selain itu bantuan makanan bergizi dan obat-obatan terus mengalir baik dari pemerintah maupun swasta.

"Kami berterima kasih sampai hari ini dari beberapa lembaga masyarakat ikut mengirim (bantuan) ke Asmat," katanya.


KLB campak dan gizi buruk terjadi di Kabupaten Asmat sejak September 2017. Hingga kini dilaporkan terdapat 61 anak dan balita yang meninggal dunia akibat terserang campak dan gizi buruk.

Sejumlah bantuan pasokan makanan bergizi dan obat-obatan telah disalurkan baik oleh instansi pemerintah dan swasta sejak kasus ini mengemuka di pemberitaan berbagai media.

Mtc/Ant/bs
Editor: James P. Pardede

T#g:gizi burukHari Gizi Nasional
Komentar
Sabtu, 24 Feb 2018 07:34Nasional

Tim Polri dan Bea Cukai Galkan 3 Ton Sabu Masuk ke Indonesia

Pengecekan dilakukan di seluruh bagian kapal, termasuk bagian freezer oleh Tim Polri dan Bea-Cukai, memeriksa muatan kapal berbendera Taiwan yang diduga membawa sabu dalam jumlah besar di Kepulauan Riau.

Sabtu, 24 Feb 2018 07:19Berita Sumut

Danrem 022/PT Kunjungi Pulau Berhala

Danrem 022/PT Kol Arm Khoirul Hadi melakukan kunjungan kerja ke Pulau Berhala Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara

Sabtu, 24 Feb 2018 07:04Nasional

Panglima TNI : Jaga dan Tingkatkan Kekompakan TNI dan Polri

Soliditas dan sinergitas antara TNI-Polri harus terus dijaga dan ditingkatkan, yang sudah bagus dibuat lebih bagus lagi, supaya rakyat Indonesia tahu bahwa TNI dan Polri selalu kompak dalam satu kesatuan untuk menjaga Ibu Pertiwi agar tidak diganggu oleh

Sabtu, 24 Feb 2018 06:49Berita Sumut

Di Hadapan Gubernur NTB, Edy Rahmayadi Yakin Bawa Sumut Bermartabat

Tokoh dan alumni Al Azhar Mesir menggelar silaturahmi, Jumat (23/2/2018) di Medan. Silaturahmi bertema: Menatap Indonesia Baru Bersama Tuan Guru Bajang.

Sabtu, 24 Feb 2018 06:34Berita Sumut

GNPF MUI Deklarasi Dukung ERAMAS di Pilgub Sumut

Tokoh dan alumni Al Azhar Mesir menggelar silaturahmi, Jumat (23/2/2018) di Medan. Silaturahmi bertema: Menatap Indonesia Baru Bersama Tuan Guru Bajang

Sabtu, 24 Feb 2018 06:19Berita Sumut

Wagubsu Nurhajizah : PKH Ikut Berkontribusi Dalam Penanggulangan Kemiskinan

Menteri Sosial Idrus Marham bersama Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) DR. Hj. Nurhajizah Marpaung SH, MH secara simbolis menyerahkan bantuan non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Deli Serdang

Sabtu, 24 Feb 2018 06:04Berita Sumut

Silaturahmi Alumni Al Azhar: Dihadiri Gubernur NTB Hingga Cagubsu Edy Rahmayadi

Tokoh dan alumni Al Azhar Mesir menggelar silaturahmi, Jumat (23/2/2018) di Medan. Silaturahmi bertema: Menatap Indonesia Baru Bersama Tuan Guru Bajang.

Jumat, 23 Feb 2018 19:55Berita Sumut

Tio Handoko Terpilih Jadi Ketum SP Bun PTPN III Periode 2018 2022

Tio Handoko terpilih dan dikukuhkan menjadi Ketua Umum SP Bun PTPN III (Persero) pada Musyawarah Luar Biasa Serikat Pekerja Perkebunan Tingkat Perusahaan (MUSLUBSERJATIP) PTPN III (Persero)

Jumat, 23 Feb 2018 19:48Berita Sumut

Gubsu Rotasi Delapan Pejabat Pratama Pemprovsu

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. HT. Erry Nuradi, MSi merotasi delapan pejabat struktural Tingkat Pratama di lingkungan Pemprovsu. Rotasi ini ditandai dengan pengukuhan delapan pejabat tersebut setelah mendapat persetujuan Komisi Aparatur Sipil Neg

Jumat, 23 Feb 2018 19:45Berita Sumut

BPBD Kota Medan Raih Penghargaan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan menerima penghargaan sebagai BPBD Kabupaten/ Kota

Jumat, 23 Feb 2018 19:42Berita Sumut

Wali Kota Gelar Pengajian Dengan Pimpinan OPD Pemko Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menggelar pengajian bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan

Jumat, 23 Feb 2018 19:39Berita Sumut

Gubsu Kukuhkan Effendy Pohan Jadi Pjs Bupati Padang Lawas

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. HT Erry Nuradim MSi mengukuhkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provsu Effendy Pohan sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Padang Lawas

Jumat, 23 Feb 2018 19:37Berita Sumut

Walikota Terima Audensi Inti Sumut

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, MSi, menerima audiensi Pengurus Daerah Perhimpunan Indonesia Tionghoa

Jumat, 23 Feb 2018 19:32Nasional

Panglima TNI : PPRC TNI Siap Digerakkan ke Berbagai Wilayah NKRI

Tantangan tugas TNI kedepan tidak semakin ringan dihadapkan dengan fenomena global yang menghadirkan berbagai bentuk ancaman kedaulatan negara. Hal ini menuntut kesiapsiagaan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI yang tinggi, untuk selalu siap setiap s

Jumat, 23 Feb 2018 17:30Berita Sumut

Dorr, Begal Ini Lumpuh Dipelor Polisi

Sat Reskrim Polrestabes Medan melumpuhkan seorang tersangka spesialis bandit jalanan berinisial DS alias DY (28) warga Jalan Gurilla, Medan Timur. Polisi terpaksa menembak kaki tersangka karena mencoba kabur saat petugas berupaya meringkus tersangka.

Jumat, 23 Feb 2018 16:46Berita Sumut

Lomba Perkemahan Pramuka Prestasi ke XII Se Sumatera Tahun 2018 Resmi Dibuka

Lomba Perkemahan Pramuka Prestasi (LPPP) Ke-XII Tahun 2018 Se-Sumatera kembali digelar, Jumat (23/2) di Open Stage PRSU, Jl. Gatot Subroto Medan. Kegiatan LPPP dibuka oleh Wakil Rektor III Universitas Negeri Medan Prof. Dr. Sahar Siagian, M.Pd dengan dita