MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Nasional
  • Hikamh OTT KPK, Partai Politik Diminta Lebih Evaluasi Diri

Hikamh OTT KPK, Partai Politik Diminta Lebih Evaluasi Diri

Fidel W Senin, 11 Juni 2018 11:10 WIB
partai politik harus mengevaluasi diri akibat banyaknya kepala daerah yang terjaring Operasi Tangkap Tangan / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: Ketua Asosiasi Ilmuwan Praktisi Hukum Indonesis (Alpha) Azmi Syahputra menyatakan partai politik harus mengevaluasi diri akibat banyaknya kepala daerah yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Tidak ada cara lain untuk memperbaiki ini. Partai harus evaluasi sistem rekrutmen dan harus tegas menerapkan komitmen dan sanksi kepada kadernya yang menjadi bagian penyelenggara negara," ujar dia, Minggu (10/6) malam, dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Wali Kota Tulungagung Syahri Mulyo dan Wali Kota Blitar Samanhudi terjaring dalam OTT KPK, belum lama ini. Mereka tersangkut kasus suap proyek infrastruktur. Kesamaan keduanya adalah mereka merupakan kepala daerah yang diusung oleh PDIP.

Azmi mengatakan bahwa faktor penyebab banyaknya kepala daerah terjaring OTT itu ialah akibat biaya kampanye politik serta kebutuhan merebut suara pemilih.

Karena itu, dia meminta pemerintah maupun partai politik perlu melakukan evaluasi terhadap pilkada langsung. Pasalnya, OTT terhadap kepala daerah masih terus terjadi.

"Korupsi sangat berbahaya jika itu dilakukan oleh kader partai yang seharusnya menjadi contoh dan panutan masyarakat," cetus Azmi.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut OTT KPK terhadap kepala daerah belakangan terkesan politis. Sebab, kepala daerah yang ditangkap adalah orang memiliki elektabilitas tinggi.

"Kesan adanya kepentingan politik ini dapat dicermati pada kasus OTT terhadap Samanhudi Walikota Blitar dan Syahri Mulyo calon bupati terkuat di Tulungagung," kata Hasto lewat keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (10/6)

Hasto menganggap penangkapan kader PDIP oleh KPK seolah sudah menjadi target. Padahal, menurut Hasto, kasus tersebut tidak murni diawali dari kasus Samanhudi dan Syahri Mulyo.

"Banyak yang bertanya, apakah OTT ini murni upaya pemberantasan hukum, atau sebaliknya, ada kepentingan politik yang memengaruhinya?" ungkap Hasto. (arh)
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:Azmi SyahputraKomisi Pemberantasan Korupsioperasi tangkap tangan
Komentar
Selasa, 21 Mei 2019 14:40Berita Sumut

Kunjungan Kerja ke Nias Barat, Ijeck : Infrastruktur Jadi Prioritas Utama

Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas utama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) tahun ini. Termasuk pembangunan sejumlah infrastrukrur yang ada di Nias Barat, seperti jembatan Maro'o dan Oyo.

Selasa, 21 Mei 2019 14:17Berita Sumut

Plt Bupati Asahan Hadiri Peringatan Malam Nuzulul Qur’an Di Masjid Raya Kisaran

Peringatan malam Nuzulul Qur’an 1440 H yang dilaksanakan di Masjid Raya Kisaran, Senin (20/5/2019) dihadiri oleh Plt.Bupati Asahan H.Surya. Kegiatan malam Nuzulul Qur’an tersebut juga diisi tauziah dan ceramah yang disampaikan oleh Al – Ustadz Muhammad Ya

Selasa, 21 Mei 2019 13:34Berita Sumut

Eldin Harap DPRD & Pemko Medan Terus Bangun Sinergitas Bangun Kota

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH berharap, sebagai mitra Pemko Medan dalam menjalankan berbagai program pembangunan, DPRD Medan bersama Pemko Medan diharapkan dapat saling bergandeng tangan membangun sinergitas yang lebih baik dalam rangka

Selasa, 21 Mei 2019 12:45Ekonomi

Daftar Haji dengan 3 Gram Emas Yuk!

Bagi masyarakat yang berniat menunaikan ibadah haji, hanya dengan jaminan emas 3 gram atau setara dengan uang bernilai Rp 1,9 juta, masyarakat bisa daftar haji melalui Pegadaian dan langsung mendapat nomor porsi

Selasa, 21 Mei 2019 12:21Berita Sumut

Ijeck: Jalan Penghubung Nias Barat-Nias Utara Dibangun Tahun Ini

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah bertemu dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Nias Utara di Kantor Bupati Nias Utara, Jalan Gunung Sitoli - Lahewa, Kelurahan Lahewa, Senin (20/5). Wagub menyampaik

Selasa, 21 Mei 2019 12:05Berita Sumut

Pemkab Sergai Gelar Buka Puasa Bersama Dengan Seluruh Unsur Pemerintahan dan Elemen Masyarakat

Jajaran Pemkab Serdangbedagai menggelar kegiatan buka puasa bersama dengan elemen masyarakat di Halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (20/5/2019) sore. Acara diisi dengan hiburan lagu dan musik religi oleh orkes musik Zulbahqi Desa Pematang Se

Selasa, 21 Mei 2019 11:33Berita Sumut

Antisipasi Situasi Pascapenetapan Rekapitulasi KPU, Polisi dan TNI di Sumut Kerahkan Semua Pasukan

Guna mengantisipasi situasi pascapenetapan hasil rekapitulasi KPU, Polda Sumatera Utara dan Kodam I/Bukit Barisan mengerahkan semua pasukan. Untuk langkah pertama, jajaran Polda Sumatera Utara dan Kodam I/BB menggelar apel pasukan gabungan di Lapangan Be

Selasa, 21 Mei 2019 10:23Berita Sumut

Soekirman Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas di Sergai

Bupati Soekirman memimpin upacara bendera Peringatan Harkitnas ke-111 tingkat Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (20/5/2019). Upacara dipusatkan di di Lapangan Kantor Bupati Sei Rampah.

Selasa, 21 Mei 2019 09:58Berita Sumut

Semarak Ramadhan, Kejari Medan Bagi Takzil Gratis ke Pengendara

Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan menggelar kegiatan sosial di bulan Ramadan dengan membagi-bagikan makanan untuk berbuka puasa atau takjil kepada para pengendara di Jalan Adinegoro, Medan, Senin (20/5/2019).

Selasa, 21 Mei 2019 08:15Internasional

Tragis, Setelah Dijual Keluarganya Gadis 14 Tahun ini Diperkosa

Seorang gadis 14 tahun diperkosa berulang kali setelah dijual Rp30 juta oleh keluarganya

Selasa, 21 Mei 2019 08:00Nasional

Final Rekapitulasi Nasional Legislatif: PDIP Sang Juaranya

Hasil final rekapitulasi nasional pemilu anggota legislatif yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum RI di Jakarta

Selasa, 21 Mei 2019 07:45Nasional

TKN: Ini Kemenangan Rakyat Indonesia

Wakil Direktur saksi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma'ruf Amin, Ahmad Baidowi mengatakan

Selasa, 21 Mei 2019 07:30Bola

Kontra Lazio, Bologna Lolos dari Lembah Degradasi

Hasil positif berhasil didapat Bologna ketika melakoni matchday ke-37 Liga Italia musim 2018-2019

Selasa, 21 Mei 2019 07:15Ekonomi

Pahami Dulu Etikanya, ini Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW dalam menjual menjunjung etika dalam bisnis. Hal ini dianalogikan sebagai moral

Selasa, 21 Mei 2019 07:00Nasional

Prabowo: Tidak Ada Niat Kami untuk Makar

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengimbau kepada peserta Aksi 22 Mei

Selasa, 21 Mei 2019 06:45Bola

Bintang PSG ini Tolak Manchester United

Fullback andalan Paris Saint Germain (PSG), Thomas Meunier, mengomentari rumor ketertarikan Manchester United