• Home
  • Nasional
  • Jelang Pemilu Serentak 2019, Kemendagri Gelar Apel Bersama ASN

Jelang Pemilu Serentak 2019, Kemendagri Gelar Apel Bersama ASN

Mtc Sabtu, 16 Maret 2019 07:45 WIB
GOOGLE
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) laksanakan Apel Bersama ASN lingkup Kemendagri
MATATELINGA, Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) laksanakan Apel Bersama ASN lingkup Kemendagri dalam mensukseskan Pemilu Serentak dengan damai dan demokratis serta tolak kampanye berujar kebencian, hoax, dan fitnah yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo yang diikuti oleh pejabat Eselon I dan II serta seluruh ASN yang ada di lingkungan Kantor Pusat Kemendagri, di Gedung Sasana Bhakti Praja, Jum'at, (15/3/2019).



Dalam sambutannya Hadi Prabowo mengingatkan bahwa waktu jelang hari `H` pemungutan suara tinggal 32 hari untuk melaksanakan Pemilu Serentak pada tanggal 17 April 2019.

"Menjadi kewajiban kita bagi ASN pertama tentunya kita wajib tegakkan netralitas ASN, kita harus pula menjadi ujung tombak, baik itu dalam kerangka sosialisasi maupun dalam memberikan suri tauladan kepada masyarakat untuk mendorong partisipasi dalam menggunakan hak pilih tanggal17 April 2019," ujarnya.

Lebih lanjut Hadi juga menyampaikan bahwasanya Target dari Penyelenggara Pemilu dan Pemerintah tingkat partisipasi politik masyarakat pada Pemilu Serentak 2019 adalah 77,5 persen sehingga hendaknya selalu mendorong semua pihak di setiap lingkungan jajaran Kemendagri untuk menggunakan hak pilihnya agar tidak golput.

"Karena hak pilih ini menentukan masa depan NKRI, kita harsy mampu khususnya menjadikan Pemilu yang bermartabat dan berkualitas untuk memilih pemimpin yang terbaik 5 tahun ke depan," kata Hadi.



Lebih lanjut Hadi juga meminta jajaran Kemendagri untuk menjaga kondusifitas di lingkungan kerja masing-masing, " saya harapkan perbedaan adalah hal yang biasa dalam demokrasi, namun kita harus mampu bela negara dan bela institusi kita dan yang lebih khusus tentunya kita harus bisa memahamkan kepada masyarakat terkait berita-berita yang bersifat Hoaks, ujaran kebencian, fitnah dan sebagainya," terang Hadi.

Hadi juga mengingatkan bahwa Kemendagri adalah Kementerian yang memiliki kewajiban memberikan bantuan dan fasilitasi terhadap penyelenggara Pemilu untuk mendukung keberhasilan dan suksesnya pelaksanaan Pemilu sehingga seluruh jajaran ASN Kemendagri memegang komitmen untuk menyukseskan Pemilu Serentak 2019.

Sebelumnya Sekjen Kemendagri, pada acara Apel Bersama ASN lingkup Kemendagri dalam mensukseskan Pemilu Serentak tersebut membacakan Deklarasi dalam menyukseskan Pemilu Serentak dengan damai dan demokratis serta tolak kampanye berujar kebencian,hoax,dan fitnah

Pertama, mengawal persiapan dan pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019 yang tinggal 32 hari lagi. Kedua, mendukung suksesnya Pemilu Serentak Tahun 2019, demi terwujudnya sistem pemerintahan presidensil yang semakin efektif berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

Ketiga, menolak dan melawan segala bentuk kampanye yang bermuatan kebencian, fitnah dan ujaran yang bermuatan SARA serta hoaks.



Keempat, mengajak ASN agar solid dan proaatif untuk menyalurkan hak dan kewajiban politiknya secara bertanggungjawab.

Kelima, Mengajak seluruh Warga Negara Republik Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya secara demokratis pada tanggal 17 April 2019 demi terwujudnya pembangunan nasional yang berkelanjutan untuk 5 tahun ke depan serta terwujudnya pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia serta,

Keenam, mendukung tetap tegaknya negara kesatuan republik indonesia yang berasaskan Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika.



"Demikian pernyataan sikap Kemendagri sebagai poros pemerintahan yang kami sampaikan dengan rasa penuh tanggung jawab khususnya untuk mewujudkan Pemilu Serentak 2019 yang bermartabat, beretika, demokratis, dan berdaulat dalam rangka menegakkan Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkas Hadi.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:ASNblibliKemendagriMatatelingaPemilu 2019Pilpers 2019Terkini
Komentar
Selasa, 26 Mei 2020 07:21Berita Sumut

Kapolres Sidak Polsek Jajaran Polsek Simalungun

Disela sela libur hari raya Idul Fitri, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo S.I.K didampingi Kasat Reskrim AKP Jerico L.Chandra dan Kasi Propam IPTU Alwan melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke Polsek di jajaran wilkum Polres Simalungun. Dalam sidak

Selasa, 26 Mei 2020 06:00Bola

Zlatan Ibrahimovic, Mengalami cedera Parah Dalam Latihan

Pihak klub memastikan pesepakbola berkebangsaan Swedia ini akan menjalani tes

Senin, 25 Mei 2020 23:15Nasional

Pemprov Sumbar Bahas Persiapan Hadapi "New Normal"

Masih dalam suasana lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Wakil Gubernur Nasrul Abit melakukan rapat terbatas, terkait pembahasan rencana dan strategis pasca PSBB tahap II yang berakhir tanggal 29 Mei 2020.

Senin, 25 Mei 2020 22:45Internasional

Masa Corona, Arab Saudi Temukan Cara Beri Hadiah Idul Fitri

Semua pihak di Arab Saudi menggunakan cara inovatif untuk memberikan hadiah hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah pandemi corona virus disease (covid-19).

Senin, 25 Mei 2020 22:00Berita Sumut

Penyaluran BST, BLT DD dan Bantuan JPS Jangan Sampai Salah Sasaran

Anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem Drs. Parsaulian Tambunan, M.Pd, Senin (25/5/2020) menyampaikan apresiasinya terhadap aparat penegak hukum yang melakukan pendampingan dan pengawalan terhadap pemanfaatan dana Covid-19. Dengan harapan,

Senin, 25 Mei 2020 21:30Berita Sumut

Berlebaran Ke Pesantren Al Kautsar : Indahnya Kebersamaan Dalam Keberagaman

Dengan mengedepankan protokol kesehatan, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin M.Si bersama jajarannya dan Tokoh Lintas Agama Martabe mengunjungi pesantren Al Kautsar di Jalan Pelajar Ujung, Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai untuk menyampaikan ucap

Senin, 25 Mei 2020 21:15Berita Sumut

Tokoh Masyarakat Sergai Apresiasi Kapolres Sergai Lakukan Penyekatan ke Objek Wisata

Sejumlah tokoh masyarakat Sergai menyampaikan apresiasinya terhadap kebijakan Kapolres Sergai yang melakukan penyekatan terhadap kendaraan bermotor. Upaya penyekatan yang dilakukan Polres Sergai untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) terhadap s

Senin, 25 Mei 2020 21:00Berita Sumut

Wisata Pantai di Batubara Ditutup Sementara Demi Menekan Penyebaran Corona

Kesempatan libur Idul Fitri 1441 H selalu dimanfaatkan orang untuk menjakin tali silaturahmi dan mengunjungi beberapa objek wisata yang ada. Salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Batubara yakni Pantai Bunga, berada di kecamatan Tanjung Tiram dan s

Senin, 25 Mei 2020 20:44Bola

Van Persie : Van Gaal Menampar Saya Keras dengan Tangannya Yang Besar

Tamparan mendarat di pipi Van Persie karena eks penyerang Manchester United itu menolak instruksi Van Gaal di laga perempatfinal Piala Dunia 2014.

Senin, 25 Mei 2020 20:25Bola

Arsenal Gagal Dilewati Liverpool, Wenger Bahagia

Dalam 26 laga awal Liga Inggris 2019-2020, The Reds –julukan Liverpool– tampil dominan dengan koleksi 76 angka, hasil dari 25 menang, satu imbang dan tanpa kekalahan.

Senin, 25 Mei 2020 20:00Aceh

Kenapa Bupati Bener Mariah Syarkawi Mundur...?

Pasca banjir bandang, ancaman Wakil Bupati ke Bupati Aceh Tengah hingga peristiwa terakhir, mundurnya Bupati Bener Meriah, yang disampaikan di saat pelaksanaan Idul Fitri

Senin, 25 Mei 2020 19:30Berita Sumut

Kabid Humas Poldasu: Lebaran di Sumut Aman

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, mengungkapkan Perayaan Idul Fitri 1441 H di Sumatera Utara berjalan aman tanpa adanya gangguan.

Senin, 25 Mei 2020 19:00Berita Sumut

Ditlantas Tetap Fokus Monitor Pewisata di Jalur Prapat dan Brastagi

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut tetap fokus melakukan monitor kepada Pewisata yang mau ke daerah Prapat, Danau Toba dan Brastagi ,Tanah Karo

Senin, 25 Mei 2020 18:03Berita Sumut

Akhyar Tinjau Penyaluran Bansos Tahap II di Kelurahan Mabar

Hari kedua Idul Fitri tidak membuat Pelaksana Tugas (PLT) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berhenti untuk memastikan bantuan sosial (bansos) tahap II sampai kepada masyarakat yang tidak mampu terutama bagi yang terdampak Covid-19.

Senin, 25 Mei 2020 17:15Nasional

Ditengah Covid-19, Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Rayakan Lebaran Dengan Sederhana di Papua

Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H di medan tugas dengan sederhana dan jauh dari keluarga tercinta serta ditengah pandemi covid-19

Senin, 25 Mei 2020 17:00Berita Sumut

Pemkab Tanah Karo Tutup Semua Obyek Wisata, Camat Berastagi Terjun Langsung Kelapangan

Libur lebaran idul fitri 2020 dihari kedua terlihat mulai dipadati sejumlah pengunjung di Kota Berastagi Kab. Tanah Karo, Sumatera Utara. Walau Pemkab. Tanah Karo belum membuka kembali seluruh obyek wisata di kota dingin tersebut.