Redaksi Matatelinga Selamat hari Raya Idulfitri 1439 H
  • Home
  • Nasional
  • Jelang Pilkada Langsung, Gubsu Ingatkan Pers Sumut Ikut Luruskan Informasi Hoax dan Hasutan

Jelang Pilkada Langsung, Gubsu Ingatkan Pers Sumut Ikut Luruskan Informasi Hoax dan Hasutan

Amr/rel Jumat, 09 Februari 2018 22:31 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Padang:  Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi bersama tokoh-tokoh  pers Sumut hadir pada puncak peringatan Hari Pers Nasional tahun 2018 yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo, di kawasan Danau Cimpago dan Pantai Padang, Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018).



Gubsu didampingi Ketua TP PKK Sumut Ny Evi Diana hadir bersama Ketua PWI Sumut Hermansyah, Ketua Serikat Penerbit Suratkabar Indonesia Farianda Sinik, para pimpinan redaksi surat kabar di Sumut, Ketua Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia dan pimpinan serta anggota organisasi pers lainnya. Sementara itu berbagai tokoh pers nasional hadir, juga para duta besar negara sahabat dan wartawan asing.

Pada kesempatan tersebut, Gubsu Tengku Erry mengucapkan selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers sembari mengungkapkan harapannya agar pers Sumatera Utara semakin profesional ke depannya. "Apalagi di era media sosial seperti saat ini, pers dituntut harus mampu mengikuti zaman, meningkatkan kualitas dan profesionalitasnya, jika tidak ingin ditinggal pembaca atau masyarakat," ujar Tengku Erry.



Erry juga mengingatkan tentang banyaknya penyebaran informasi yang tidak benar atau hoax bahkan menjurus penghasutan, menebar prasangka dan kebencian oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. "Hal ini patut diwaspadai menjelang pemilihan kepala daerah langsung pada Maret mendatang. Sangat mungkin terjadi ada pihak yang dengan sengaja menyebarkan informasi hoax maupun berindikasi penghasutan," ujar Erry.

Pers sebagai penyampai kebenaran menurut Tengku Erry idealnya bisa menjadi pihak yang turut bertanggungjawab dalam meluruskan dan menyampaikan informasi yang jernih kepada masyarakat luas. Peran pers juga penting dalam menjaga situasi aman, nyaman dan kondusif di tengah masyarakat.

Sementara itu Ketua PWI Sumut, Hermansyah menambahkan bahwa saat ini peran media massa sangat besar pengaruh media di tengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara. Hai itu dibuktikan melalui peringatan yang selalu dihadiri Presiden RI Joko Widodo dan sejumlah menteri kabinet serta wartawan dan undangan dari sejumlah negara.

Selain itu melalui kemerdekaan pers diharapkan para wartawan bisa lebih meningkatkan profesionalismenya antaranya melalui uji kompetensi wartawan (UKW). Karena di tengah pesatnya pertumbuhan media online serta media sosial dan makin menurunnya tiras media cetak, profesional wartawan merupakan kebutuhan mutlak insan media untuk menghempang maraknya berita hoax.

Hermansyah juga mengingatkan para generasi muda yang sudah memutuskan wartawan sebagai profesinya harus bisa memaknai arti profesi wartawan dalam kiprah nya, dan perlu terus meningkatkan kualitas diri. "Jadi tidak hanya keprofesionalannya sebagai seorang wartawan, jurnalis juga harus meningkatkan kapasitas keilmuannya. Karena masyarakat semakin cerdas dan beragam tuntutannya," ucap Hermansyah.

Hari Pers yang mengangkat tema "Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan" ini diharapkan akan dapat membantu tuan rumah dalam mempromosikan destinasi wisata bumi Malin Kundang ini. Perhelatan akbar ke 32 dimeriahkan dengan pemberian penghargaan kepada para tokoh-tokoh pers dan media.

Sementara itu Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menyoroti kemajuan teknologi informasi dan dampaknya di tengah masyarakat. Menurut Jokowi, lompatan kemajuan teknologi digital menciptakan banyak saluran informasi baru. Kondisi ini sekaligus membuat melimpahnya informasi yang sampai ke publik. Akan tetapi, di tengah kondisi demikian, peran pers justru semakin diperlukan karena misinformasi atau informasi yang salah juga semakin mudah ditemukan.  "Pers makin diperlukan untuk menjadi pilar penegak penyampaian kebenaran, pers makin diperlukan sebagai pilar penegak fakta-fakta, pers makin diperlukan sebagai pilar penegak aspirasi-aspirasi yang ada di masyarakat," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan peran pers juga semakin penting untuk turut membangun narasi kebudayaan di tengah perkembangan teknologi yang cepat.  "Pers diperlukan untuk turut membangun narasi kebudayaan baru, membangun narasi peradaban baru," kata Jokowi. "Era yang menghasilkan banyak inovasi yang harus segera kita ketahui, yang harus segera kita pahami jika kita tidak ingin ditinggalkan."
 

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:hari persPemprovsupilkada langsungMatatelinga
Komentar
Senin, 18 Jun 2018 20:35Berita Sumut

Mobil Toyota Portuner Tenggelam ke Danau Toba

Mobil Pribadi Toyota Portuner Warna Putih dengan no pol B 1915 KJI yang ditumpangi 5 orang penumpang bersama seorang supir di informasikan tenggelam ke danau toba

Senin, 18 Jun 2018 20:32Berita Sumut

Pengamat: Menurut Jejak Digital, Koordinator CEPP Fisip USU Adalah Wakil Sekretaris Tim Eramas

Hasil survei yang dirilis oleh Center for Election and Political Party (CEPP) Fisip Universitas Sumatera Utara (USU) yang mengatakan Eramas unggul 53,1 persen, sedangkan Djoss 35,7 persen dan yang belum menentukan pilihan 11,2 persen

Senin, 18 Jun 2018 20:13Berita Sumut

H. Amir: Edy dan Ijeck Mampu Selesaikan Permasalahan di Sumut

Salah seorang tokoh masyarakat Kabupaten Deliserdang Haji Amir Siahaan, saat menerima kunjungan dari tim Eramas di kediamannya, Jalan RA Kartini, Lubukpakam

Senin, 18 Jun 2018 19:41Berita Sumut

Petugas Gabungan Mengevakuasi Penumpang Kapal di Perairan Danau Toba

Terkait dengan terbaliknya Kapal penumpang dari Pelabuhan Tigaras menuju Simanindo terbalik, Senin (18/6/2018), puluhan penumpang masih terombang-ambing di perairan Danau Toba.

Senin, 18 Jun 2018 18:36Berita Sumut

Kapal kayu Melayani Penumpang di Danau Toba, Kabarnya Terbalik

abar beredar dilapangan menyebutkan, sebuah Kapal kayu berpenumpang berlayar dari Pelabuhan Simanindo (Samosir) tujuan Tigaras (Simalungun) dikabarkan terbalik di Danau Toba

Senin, 18 Jun 2018 18:18Berita Sumut

Kapolda Sumut Resmikan Pos Pol. AIRUD di Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw Senin siang (18/6/2018),sekira pukul 11.07.wib, melakukan kunjungan kerja ke Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan. Dengan menggunakan helikopter dinas yang mendarat di bandara lasondre pulau telo

Senin, 18 Jun 2018 18:06Internasional

Kerusuhan di LP Risdon Australia, Empat Petugas Luka Parah

Kerusuhan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Risdon di Hobart Australia , mengakibatkan empat petugas LP terluka parah

Senin, 18 Jun 2018 17:38Bola

Mourinho: Diatas Kertas Inggris Sangat Unggul, Tetapi Tunisia Bisa Saja Menang....!!!!

Jelang pertandingan Grup G Piala Dunia 2018 yang mempertemukan antara Tim Nasional (Timnas) Inggris melawan Tunisia

Senin, 18 Jun 2018 17:08Berita Sumut

Api Melalap Rumah Miliknya Prapanca

Belum lagi hilang dari ingatan kebakatan di kampung Kubur, kini terjadi lagi kebakaran di Jalan Bunga Ncole Lingkungan V Kelurahan Kemenangan Tani Kecamatan Medan Tuntungan

Senin, 18 Jun 2018 09:14Lifestyle

Justin Bieber Tak Segan Pamer Kemesraan

Justin Bieber kini tak lagi segan pamer kemesraan dengan Hailey Baldwin. Keduanya tepergok menghabiskan waktu bersama di tempat publik di New York, AS pada Minggu (17/6).

Senin, 18 Jun 2018 08:59Lifestyle

Piala Dunia 2018, Politisi Rusia Serukan Aturan Bercinta

Politikus Rusia Tamara Pletnyova memberi peringatan kepada perempuan lokal Rusia untuk tak bercinta dengan pria non-kulit putih selama Piala Dunia 2018.

Senin, 18 Jun 2018 08:44Internasional

Kunjungi Mosul, Angelina Jolie: Ini Kerusakan Terparah yang Penah Saya Lihat

Utusan khusus badan pengungsi PBB (UNHCR) Angelina Jolie mengunjungi kota terbesar kedua Irak, Mosul, Sabtu (16/6).

Senin, 18 Jun 2018 08:29Internasional

Pangeran Kamboja Alamai Kecelakaan Mobil

Pangeran Kamboja Norodom Ranariddh dikabarkan mengalami luka-luka serius dalam kecelakaan mobil di Kota Sihanoukville, Minggu (17/6). Adapun istrinya meninggal dunia.

Senin, 18 Jun 2018 08:14Internasional

Capres Turki Tampil di TV, Sampaikan Pidato Dari Balik Penjara

Politisi sekaligus kandidat presiden Turki, Selahattin Demirtas, tampil di TV dari balik sel penjara untuk menyampaikan pidato celaan terhadap rezim pemerintah. Hal itu dilakukannya menjelang pemilu presiden yang akan digelar pekan depan.

Senin, 18 Jun 2018 07:59Nasional

JK Tegaskan Tak Lagi Berlaga di Bursa Pemilu

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku lebih memilih beristirahat ketimbang kembali mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Senin, 18 Jun 2018 07:46Nasional

Venue Asian Games Dipastikan Siap Pakai Pada Juli Mendatang

Chief de Mission Asian Games 2018 Komisaris Jenderal Syafruddin menyatakan seluruh venue atau arena pertandingan akan tuntas secara keseluruhan pada awal Juli.