MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Nasional
  • KPK Himbau Masyarakat Agar Tak Terpengaruh Politik Uang

KPK Himbau Masyarakat Agar Tak Terpengaruh Politik Uang

Fidel W Rabu, 27 Juni 2018 09:22 WIB
pilkada serentak 2018 / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta:  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengimbau masyarakat mewaspadai calon kepala daerah yang menggunakan politik uang, untuk mempengaruhi calon pemilih pada saat hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018. Sebab jika hal itu terjadi, maka pemimpin yang muncul bisa dipastikan tidak bakal sesuai dengan harapan.

"Jadi kepada pemilih juga kami himbau tidak memilih sama sekali yang mencoba menggunakan politik uang untuk pengaruhi atau membeli suara dari pemilih," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (26/6).

Febri berharap masyarakat harus mempraktikkan proses politik yang bersih dalam Pilkada Serentak 2018. Dengan demikian maka masyarakat bisa mendapatkan pemimpin yang berkualitas.

"Karena itu proses yang bersih tanpa politik uang, dan suara agar tidak dijual dengan sejumlah uang untuk kepentingan sesaat. Itu juga menjadi syarat penting agar dihasilkan pemimpin yang benar-benar berkualitas nantinya," kata Febri.

Di samping itu, kata Febri, jika politik uang tidak terjadi maka biaya yang dikeluarkan peserta buat berkompetisi dalam pilkada serentak niscaya tidak membengkak. Jika demikian, lanjut Febri, diharapkan bisa menekan niat atau kesempatan para kepala daerah korupsi karena tidak perlu susah payah mengembalikan modal kampanye yang terlampau besar.

"Kalau proses pemilihan kepala daerahnya benar biaya politik proporsional, sehingga tidak ada motivasi atau pemicu untuk korupsi saat menjabat," ujarnya.

Menurut catatan KPK, sampai sampai saat ini terdapat 95 kepala daerah yang tersandung kasus korupsi dan pencucian uang. Febri mengatakan mereka tersebar di 22 provinsi di Indonesia dengan jabatan Gubernur, Bupati, Walikota atau Wakil.

"Terdapat 108 kasus korupsi dan pencucian uang, terbanyak di Jawa Barat 12, Jawa Timur 11, dan Sumatera Utara sembilan. Sedangkan modus korupsi yang paling dominan adalah penyuapan," ujar Febri.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang juga mengingatkan masyarakat supaya tidak memilih calon kepala daerah yang menjadi tersangka kasus korupsi, pada pilkada serentak 2018. Menurut Saut, hal itu menjadi bukti kalau calon itu tidak beres dan berpotensi merugikan masyarakat serta negara.

"Tapi pasangannya akan lain dan tentu KPK tidak dalam posisi mengomentari," kata Saut.

Saut menyerahkan kepada masyarakat untuk menilai calon kepala daerahnya masing-masing. Menurutnya, pemilih bakal mencari informasi terkait rekam jejaknya.

"Biar publik yang menilai dengan mempelajari dan mencari info detail tentang calon, tentang apa yang bersangkutan sampaikan, track record, portofolionya yang bersangkutan sudah pernah buat apa," ujarnya.

Ia juga mengimbau masyarakat agar tidak terjebak dalam politik uang. Hal itu karena bakal berdampak negatif.

"Jangan pernah mau masuk dalam jebakan politik uang yang bakal tidak mensejahterakan apalagi menggembirakan," ujarnya.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:Pemilihan Kepala Daerah 2018KPKpilkada serentakPolitik Uang
Komentar
Jumat, 24 Mei 2019 23:45Berita Sumut

Buka Puasa Bersama Insan Pers, Gubernur Edy Harapkan Wartawan Beritakan Kesulitan Rakyat

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi percaya bahwa insan pers memiliki peran

Jumat, 24 Mei 2019 23:30Nasional

Tim Prabowo-Sandi Resmi Ajukan Gugatan Sengketa Pemilu ke MK

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi resmi mendaftarkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU)

Jumat, 24 Mei 2019 23:15Nasional

11 Jam Diperiksa, Amien Rais Dicecar 37 Pertanyaan

Hampir 11 jam Ketua Dewan Pembina Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais diperiksa penyidik Polda Metro Jaya

Jumat, 24 Mei 2019 22:50Berita Sumut

Gubernur: Segera Benahi Organisasi Gerakan Pramuka

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Sumut, Jumat (24/5/2019) di Kantor UPT Pertanian Jalan AH Nasution Medan. Gubernur berpesan agar segera dilakukan pembenahan terhadap organisasi

Jumat, 24 Mei 2019 22:44Berita Sumut

Aksi GNKR di DPRD Sumut Mulai Ricuh, Kapolrestabes Lantunkan Zikir

Aksi unjuk rasa Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat di DPRD Sumut memanas, Kamis (24/5) memanas. Massa aksi mulai melempari benda ke arah gedung DPRD Sumut.

Jumat, 24 Mei 2019 22:35Aceh

Kenapa kantor keuchik di Segela Warga...?

Kantor Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat disegel warga, Kamis (23/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 22:20Berita Sumut

Ramadhan 1440 H Badan Amil Zakat Nasional Pemkab Asahan Serahkan Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Asahan, Jum’at (24/5/2019) telah meyerahkan zakat kepada mustahik sebanyak 1.604 orang dari 201 desa / kelurahan yang berada di 25 Kecamatan di Asahan, penyerahan zakat oleh Baznas Asahan juga dihadiri oleh Plt

Jumat, 24 Mei 2019 22:05Internasional

Akibat Kelelahan, Tiga Pendaki Gunung Meninggal Dunia

Para pendaki dilaporkan kelelahan saat mengantre menuju puncak Gunung everest, meninggal dunia saat mengantre menuju puncak. Jumlah korban tewas menjadi tujuh dalam seminggu.

Jumat, 24 Mei 2019 21:50Berita Sumut

Sesosok Bayi Laki Laki ditemukan Sudah Membusuk di PTPN2

Warga Dusun VIII Pasar III Desa Kelumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang diebohkan dengan penemuan sesosok bayi jenis laki-laki yang sudah membusuk, di areal perkebunan tebu, Jumat (24/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 21:35Berita Sumut

Sekda Ajak Warga Medan Bantu Para Mustahik

Pemko Medan bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Utara serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan menyerahkan zakat kepada 400 orang siswa miskin dan kaum Dhuafa, di Atrium Plaza Medan fair Jalan Jend Gatot Subroto

Jumat, 24 Mei 2019 21:20Berita Sumut

Koordinator Wartawan Pemko Medan Berbagi Takjil

Koordinator Wartawan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Medan berbagi takjil berbuka puasa di Jalan Balai Kota, Medan, Jumat (24/5/2019) sore.

Jumat, 24 Mei 2019 21:05Berita Sumut

Akhyar Beri Bantuan Kepada Korban Kebakaran Jalan Alumunium III

Pemko Medan memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Jalan Alumunium III Lingkungan XII Kelurahan Tanjung Mulia Kecamatan Medan Deli, Jumat (24/5/2019). Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi usai mel

Jumat, 24 Mei 2019 20:50Berita Sumut

Desa Buntu Pane Duta Asahan Dalam Lomba Desa Tingkat Propinsi Sumatera Utara

Desa Buntu Pane kecamatan Buntu Pane Asahan setelah menjadi juara lomba tingkat kabupaten Asahan pada tahun 2018 lalu, kini desa Buntu Pane menjadi duta Kabupaten Asahan dalam mengikuti lomba desa pada tingkat Prpinsi Sumatera Utara tahun 2019.

Jumat, 24 Mei 2019 20:46Berita Sumut

Kelelahan Kawal Aksi Unras, Sejumlah Polisi Terlelap di Halaman DPRD Sumut

Saat pengunjuk rasa di DPRD Sumut menunaikan salat Isya dan Tarawih berjamaah, sejumlah personil Polri yang melakukan pengamanan menyempatkan diri untuk beristirahat.

Jumat, 24 Mei 2019 20:35Berita Sumut

Wali Kota Hadiri Rapat Pengamanan Idul Fitri 1440 H Di Mapoldasu

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Toba 2019 di Mapolda Sumut, Jumat (24/5/2019). Rapat yang digelar jajaran Polda Sumut ini dalam rangka kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440

Jumat, 24 Mei 2019 20:20Berita Sumut

Wali Kota Jadikan Ramadhan Momentum Bangun Jembatan Hati

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menjadikan bulan suci Ramadhan 1440 H sebagai momentum membangun jembatan hati dan meningkatkan tali silaturahmi dengan masyarakat melalui Safari Ramadhan. Kehadiran Wali Kota bersama sejumlah pimpinan organ