KPK OTT Suap Impor Bawang

Mtc Kamis, 08 Agustus 2019 23:45 WIB
Hand Over
Ilustrasi
MATATELINGA, Jakarta: Terkait kasus dugaan suap rencana impor bawang putih, anggota Komisi VI DPR RI Nyoman Dhamantra di ciduk Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Politikus PDI Perjuangan itu terjaring dalam rangkaian operasi tangkap tangan (OTT). 





Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) meminta kepada KPK untuk membongkar secara menyeluruh tidak hanya kasus suapnya saja, tetapi juga sumber peraturan yang memberi peluang kepada para pihak untuk melakukan korupsi.

Anggota Dewan Pertimbangan Almisbat, Syaiful Bahari mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada KPK yang cepat tanggap membongkar kasus suap dan permainan kuota bawang putih sehingga konsumen dirugikan.


"Diharapkan kasus OTT ini bisa menjadi pintu masuk bagi KPK. Kami sudah lama mengingatkan dan mengeritik kebijakan dan praktek importasi bawang putih yang sebelum terjadinya OTT, karena sering menimbulkan gejolak harga di pasar dan konsumen," kata Syaiful dalam keterangannya, Kamis (8/8/2019).

Kata Syaiful, semakin peraturan diperketat maka peluang pengusaha untuk mendapatkan izin impor secara terbuka dan fair semakin kecil, dan akhirnya banyak importir mencari jalan tikus untuk bisa mendapatkan kuota termasuk menyuap para pejabat negara yang mempunyai akses langsung penerbitan izin Impor.

"Bawang Putih menjadi bancakan Nasional karena keuntungannya menggiurkan jadi banyak pengusaha tergiur bermain di bawang putih. Sebenarnya harga bawang putih yang sempat tembus Rp80 ribu per kilo jika dihitung dari modal impor sebesar Rp14 ribu dapat dijual di bawah Rp20 Ribu, tapi harga sengaja direkayasa Rp25 ribu sampai Rp35 ribu sehingga konsumen dipaksa membeli dengan harga tidak wajar," tegas Syaiful.

Selain itu, sambung Syaiful, hal ini juga bisa sebagai momentum bagi Pemerintahan Jokowi periode kedua untuk mencabut atau merevisi semua peraturan yang memberi ruang bagi suburnya praktek KKN, monopoli dan kartel.





"Kami Almisbat sudah melaporkan ke KPPU mengenai dugaan rekayasa harga dan kartel," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, KPK mengamankan anggota Komisi VI DPR RI Nyoman Dhamantra. Politikus PDI Perjuangan itu terjaring dalam rangkaian operasi tangkap tangan (OTT) terkait kasus dugaan suap rencana impor bawang putih. Total ada 12 orang yang terciduk dalam operasi itu.

Mereka terdiri dari unsur pengusaha importir, sopir, orang kepercayaan anggota DPR RI dan anggota DPR Komisi VI. Saat ini mereka sedang diperiksa oleh penyidik. 

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:blibliKPKMatatelingaOTTSuap Impor BawangTravelokaTerkinimatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Jumat, 06 Des 2019 08:00Nasional

Gara Harley Davidson, Direktur Utama Garuda Indoensia Terseret Kasus

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara terseret kasus penyuludpan Harley Davidson secara ilegal., sehingga PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) kembali terseret kasus.

Jumat, 06 Des 2019 07:45Lifestyle

Video Obrolan Nakal Berbau Mesum Tersebar, di Medsos

Oboral nakal Kekasih Rahmawati Kekeyi, Rio Ramadhan dengan seorang perempuan, kembali terciduk. Percakapan itu dilakukan melalui video dan tersebar di media sosial.

Jumat, 06 Des 2019 07:30Nasional

Presiden Jokowi di Nobatkan Tokoh Asian of The Year Media Cetak Singpura

Jokowi dinobatkan sebagai tokoh Asian of The Year oleh media cetak asal Singapura

Jumat, 06 Des 2019 07:15Ekonomi

Sentimen ini Membuat Kurs Rupiah Menguat

Analis Asia Tradepoint Futures Deddy Yusuf mengatakan, penguatan rupiah didominasi sentimen eksternal.

Jumat, 06 Des 2019 07:00Nasional

Papua di Guncang Gempa Warga Terjaga

Warga Ambon yang sedang tertidur dengan nyenyak sempat terjaga dengan Gempa bumi magnitudo 2,9 mengguncang wilayah Ambon, Maluku, pada Jumat (6/12/2019) dini hari.

Jumat, 06 Des 2019 06:45Bola

Sheffield United Harus Mengakui Keunggulan Newcastle

Bermain di Bramall Lane, Inggris, Jumat (6/12/2019) dini hari WIB, Sheffield menyerah dengan skor akhir 0-2. Sheffield United harus mengakui keunggulan Newcastle pada pekan ke-15 Liga Inggris 2019-2020.

Jumat, 06 Des 2019 06:30Berita Sumut

Peringati HUT ke-58, Korps Kowad Kodam I/BB gelar Donor Darah

Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) wilayah Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan, melakukan donor darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan, Jalan Perintis Kemerdekaan No 35 Medan

Jumat, 06 Des 2019 06:15Berita Sumut

Pelepasan Peserta Binjai Off Road Expedition One 2019

Puluhan peserta Binjai Off Road Expedition One 2019 dilepas oleh perwakilan pengurus IOF cabang kota Binjai, bertempat di pendopo Umar Bakie Binjai, Jalan Veteran Kel. Tangsi, Kec. Binjai Kota

Jumat, 06 Des 2019 06:00Berita Sumut

Eksekutif Sumut Lawatan ke Alor Setar

Tim Tenis Meja Eksekutif Sumatera Utara melakukan lawatan ke Majlis Bandaraya Alor Setar (MBAS) Malaysia, 6-8 Desember 2019. Lawatan ini merupakan pertandingan uji coba untuk meningkatkan tali silaturahim.

Kamis, 05 Des 2019 22:50Ekonomi

JNE Pecahkan Rekor MURI di Hari Ulang Tahunnya yang Ke-29

Pada acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun JNE yang ke-29 lebih istimewa dibanding tahun-tahun sebelumnya karena JNE memecahkan Rekor MURI dalam acara bertema “29 Tahun Bersama Indonesia” pada hari Minggu 1 Desember 2019, yaitu Rekor Pembagian Liwetan

Kamis, 05 Des 2019 22:29Berita Sumut

Dekan FP UMI Medan : Junjung Tinggi Sportifitas

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian (BEM FP) Universitas Methodist Indonesia (UMI) Medan menggelar acara pertandingan olahraga yang diikuti oleh tim dan perorangan dari lima fakultas yang ada di UMI Medan, Sabtu (30/12/2019).

Kamis, 05 Des 2019 21:57Berita Sumut

Aliansi Wartawan Medan Utara, Mengadakan Sukuran

Aliansi Wartawan Medan Utara ( Awan Mera) mengadakan sukuran bertempat di rumah makan Marine Seafood Cafe di Jalan Kampar Kelurahan Belawan l Kecatan Medan Belawan Kota Medan

Kamis, 05 Des 2019 21:46Berita Sumut

Ribuan Warga Padati Acara Jumpa Fans Pemain Film Sang Prawira Di Kota Kisaran

Ribuan masyarakat Kabupaten Asahan, Kamis (5/12/2019) memadati Irian Supermarket kota Kisaran. Kedatangan warga ke Irian Supermarket tersebut untuk bertemu dengan para pemain film "Sang Prawira", yang dijadwalkan akan datang ke kota Kisaran untu

Kamis, 05 Des 2019 20:30Berita Sumut

Ayo ke Festival Danau Toba 2019

Festival Danau Toba (FDT) kembali digelar dan dipusatkan di Parapat, Kabupaten Simalungun, mulai tanggal 9 - 12 Desember 2019 dengan agenda acara yang menarik dan pemecahan Rekor MURI.

Kamis, 05 Des 2019 20:23Berita Sumut

Ini Dia Pemenang The Voice Methodist 2019

Selain menggelar perlombaan beberapa cabang olahraga, BEM FP UMI Medan juga menggelar acara The Voice Methodist yang diikuti peserta dari lima fakultas yang ada di Universitas Methodist Indonesia Medan. Peserta yang mendaftar sebanyak 8 orang.

Kamis, 05 Des 2019 20:00Berita Sumut

Kunker Komisi V DPR RI ke Sumut, Gubernur Edy Minta Kondisi Jalan Nasional Diperhatikan

Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Sumatera Utara