• Home
  • Nasional
  • Kapolri Dampingi Wakil Presiden RI Memberikan, Keynote Speaker pada Seminar Sespimti Tahun 2019

Kapolri Dampingi Wakil Presiden RI Memberikan, Keynote Speaker pada Seminar Sespimti Tahun 2019

Mtc/rel Jumat, 08 November 2019 16:21 WIB
Mtc/Ist
MATATELINGA, Jakarta: Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., mendampingi Wakil Presiden RI menghadiri kuliah umum sespimti Dikreg Ke 28 Tahun 2019 di Gedung The Tribrata Jakarta Selatan.








Acara tersebut bertema 'Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Pancasilais Guna Menyongsong Indonesia Emas.' Acara diawali dengan Kata Pengantar Oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. Dalam pengantarnya Kapolri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Wakil Presiden atas berkenan hadir dalam memberikan kuliah umum.

Kehadiran Bapak Wakil Presiden di tengah - tengah Para Peserta Sespimti baik dari TNI Polri merupakan yang pertama semenjak dilantik. Merupakan suatu kebanggaan bagi kami dapat menerima arahan dan masukan dari Bapak Wakil Presiden RI.

Di hadapan 62 peserta Sespimti, Wapres RI K.H. Ma'ruf meminta Polri mencegah radikalisme di Indonesia. Selain radikalisme, ia juga meminta Polri mengatasi persoalan yang menyangkut hal-hal intoleran. "Kita harus mencegah ada kelompok yang keluar dari komitmen kebangsaan, radikalisme, dan intoleran," kata Ma'ruf dalam sambutannya.








"Radikalisme itu bukan soal pakaian, tapi cara berpikir, cara bersikap, perilaku, dan cara bertindak. Upaya yang harus kita lakukan, (ialah) meluruskan cara berpikir, sikap bertindak, dan gerakan-gerakannya. Perlu ada upaya intensif tentang kontraradikalisme dan deradikalisasi," lanjut Ma'ruf.

Selain radikalisme, Ma'ruf Amin juga mengingatkan para peserta soal ancaman khilafah. Meski begitu, Ma'ruf memastikan bahwa khilafah tak akan masuk ke Indonesia. Sebab paham tersebut tak diterima.

"Pertanyaannya kenapa khilafah ditolak di RI? Bukan ditolak tapi tertolak, kalau tertolak memang tak bisa masuk. Bukan karena Islami, (atau) tak Islami," kata Ma'ruf.

Alasannya, lanjut Ma'ruf, paham khilafah tak sesuai dengan kehidupan di Indonesia. Wapres RI mengatakan, perlu ada cara untuk menyamakan pemahaman Islam untuk masyarakat Indonesia.








"Secara proporsional khilafah tertolak karena menyalahi kesepakatan (bahwa) Indonesia adalah NKRI. Kalau itu jadi khilafah maka tidak NKRI lagi, negara kesatuan khilafah Indonesia," kata Ma'ruf Amin.

"Ini perlu diluruskan pemahamannya. Islam kita itu Islam kaffah, utuh tapi ada kesepakatannya, kesepakatan nasional. Jadi penting untuk kita, komitmen kebangsaan harus diperkuat," lanjutnya.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Mendagri Prof.H. M. Tito Karnavian Ph.,D, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Turut Hadir Pejabat Utama Mabes Polri dan Peserta Sespimti sebanyak 62 orang terdiri 50 orang dari Polri, 4 orang dari TNI AD, 4 orang dari TNI AL, 4 orang dari TNI AU.
Editor: Amrizal

T#g:Berita SumutbliblikapoldasuKapolriSeminar Sespimti Tahun 2019TravelokaWakil Presiden
Komentar
Rabu, 20 Nov 2019 14:45Berita Sumut

Jalinsum Perdagangan - Lima Puluh yang Berlubang Mulai Ditambal

Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Perdagangan - Lima Puluh yang selama ini banyak berlubang kini mulai ditambal. Pekerjaan yang dilakukan langsung Dinas PU Bina Marga Pusat ini hanya memperioritaskan jalan yang berlubang di sepanjang Jalinsum tersebut.

Rabu, 20 Nov 2019 14:30Berita Sumut

Warga Perdagangan Kota Keluhkan Truck Pengangkut Pasir

Warga Perdagangan Kota Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun mengeluhkan pasir yang diangkut oleh truck yang melintasi jalan tersebut. Pasalnya truk itu berjatuhan di sepanjang jalan SM Raja sehingga menimbulkan debu.

Rabu, 20 Nov 2019 13:00Berita Sumut

Tim Pegasus Polsek Sunggal Pergoki Warga Angkut Bangkai Babi

Polsek Sunggal kembali mengamankan seorang warga yang diduga akan membuang bangkai babi, Selasa (19/11) malam. Saat diamankan, warga itu mengaku berencana mengubur bangkai babi yang dibawanya.

Rabu, 20 Nov 2019 12:35Berita Sumut

Terlibat Pemerasan, 4 Oknum Personil Polsek Medan Area Dituntut 6 Bulan Penjara

Empat orang personil Polsek Medan Area dituntut 6 bulan penjara dalam persidangan yang digelar di Ruang Cakra VIII PN Medan, Selasa (19/11/2019). Keempatnya dinilai bersalah melakukan tindak pidana pemerasan.

Rabu, 20 Nov 2019 11:43Berita Sumut

Bawa 60 Kg Sabu-Sabu, Eks Polisi Dipidana Mati di PN Kisaran

Seorang pecatan polisi bernama Setiawan Al Ghazali alias Wan (23) divonis dengan pidana mati. Mantan anggota Polri yang bertugas di Riau ini dinyatakan bersalah dalam tindak pidana narkoba.

Rabu, 20 Nov 2019 11:28Berita Sumut

Dinas Kesehatan Asahan Raih Penghargaan dari Dua Kementerian

Dinas Kesehatan kabupaten Asahan menjadi salah satu dari 18 kabupaten kota yang meraih penghargaan dan prestasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementrian Dalam Negeri, Selasa (19/11/2019). Prestasi ini menjadi kebanggan tersendiri di jajaran Dinas Keseha

Rabu, 20 Nov 2019 11:13Berita Sumut

Sekdako Terima Kunker Kabupaten Karo ke kota Binjai

Sekdako Binjai, M. Mahfullah P Daulay,SSTP, MAP menerima kunjungan kerja Kabupaten Karo dalam rangka mengikuti Evaluasi Desa Percontohan/Pelaksanaan Binaan TP. PKK tahun 2019, bertempat diruangan Binjai Command Center (BCC), Senin (18/11/2019).

Rabu, 20 Nov 2019 10:57Berita Sumut

Tim Penggerak PKK Asahan Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Asahan Hj.Titiek Sugiharti Surya bersama kader memperingati hari cuci tangan pakai sabun sedunia. Peringatan tersebut dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kisaran, Selasa (19/11/2019).

Rabu, 20 Nov 2019 09:17Berita Sumut

Arsip In-Aktif Bagian Umum Tahun 1971-1987 Dimusnahkan

Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM menghadiri acara Pemusnahan Arsip Bagian Umum Sekretariat Kota Medan Tahun 2019 di Balai Kota Medan, Selasa (19/11/2019). Pemusnahan dilakukan untuk mengurangi jumlah arsip in-aktif Bagian Umun Setdako Medan sejak ta

Rabu, 20 Nov 2019 09:02Berita Sumut

Personel Satgas Ops Pamrahwan Maluku Yonif 136 Bantu Renovasi Sekolah

Personel Satuan Tugas Operasi Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Ops Pamrahwan) Maluku Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti membantu warga merenovasi Sekolah Dasar (SD) Inpres 2 Lisabata di Desa Wakolo, Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku

Rabu, 20 Nov 2019 08:47Berita Sumut

Gubernur Sumatera Utara Serahkan DIPA dan TKDD 2020 Kepada Bupati Asahan

Gubernur Sumaera Utara Edi Rahmayadi menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2020 kepada Bupati Asahan H.surya,BSc di Aula Raja Inal Siregar kantor Gubernur Sumatera Utara, Selasa (1

Rabu, 20 Nov 2019 08:33Berita Sumut

Bupati Simalungun Terima DIPA dan TKDD Tahun 2020

Bupati Simalungun Dr. J.R. Saragih, SH, MM menerima DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) dan TKDD (Transfer ke Daerah dan Dana Desa) Tahun 2020 yang diserahkan oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi

Rabu, 20 Nov 2019 08:17Bola

Siprus, Harus Mengakui Kelincahan Timnas Belgia dilapangan Hijau

Nikolas Ioannou berhasil menerabas pertahanan Belgia dan melepaskan tendangan saat hendak memasuki kotak penalti. Simon Mignolet tak bisa menghentikan sepakan tersebut. Siprus pun memimpin 1-0.

Rabu, 20 Nov 2019 08:02Lifestyle

Apa Yang dilakukan Dua Artis Ini Dalam Kolam Renang

Bintang Nenek Gayung ini tak ragu mengganti BH (Buste Houder atau bra) di dalam kolam renang dan disaksikan Billy Syahputra. Nikita Mirzani bukan hanya dikenal sebagai sosok yang kerap tampil seksi.

Rabu, 20 Nov 2019 07:47Nasional

Gempa Guncang Kuta Bali Selatan, Kekuatan M 5.2

Kabupaten Badung Bali, Kecamatan Kuta Selatan, Provinsi Bali diguncang gempa dengan magnitudo 5.2 mengguncang, pada Rabu (20/11/2019) dini hari. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Rabu, 20 Nov 2019 07:32Aceh

Cekcok Mulut Pasutri Berujung Maut

Bertengkar mulut pasangan suami istri di aceh Timur berujung maut