• Home
  • Nasional
  • Kapuspen TNI : TNI Kirim Tim Kesehatan ke Kampung Pedam Distrik Okbibab

Kapuspen TNI : TNI Kirim Tim Kesehatan ke Kampung Pedam Distrik Okbibab

Amr/rel Senin, 22 Januari 2018 07:24 WIB
Matatelinga
Sholat Idul Adha 1439 H
MATATELINGA, Jakarta:  Tim Satgas Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB) diantaranya terdiri dari 7 (tujuh) orang dokter spesialis yaitu spesialis anak, penyakit dalam, penyakit kulit dan obsgyn, yang saat ini sedang melaksanakan pengobatan wabah penyakit campak, difteri dan gizi buruk di Kabupaten Asmat, mulai bergerak ke pedalaman Kampung Pedam Distrik Okbibab, Kabupaten Pegunungan Bintang, Minggu (21/1/2018).
 


Hal tersebut dikatakan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (21/1/2018).
 
Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah menyampaikan bahwa, bencana wabah penyakit yang terjadi di Kabupaten Asmat, Papua, ternyata terjadi juga di wilayah-wilayah Kabupaten lainnya yang ada di ujung timur wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
"Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., telah memerintahkan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit, untuk segera mengambil langkah-langkah secepat mungkin melalui pengiriman Satgas Kesehatan TNI dalam rangka menyelamatkan dan memberikan bantuan kepada warga di Distrik Okbibab," ujar Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah.
 


Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah mengatakan bahwa informasi yang diterima dari satuan jajaran TNI di Kodam XVII/Cenderawasih, sudah ada sekitar 27 masyarakat terdiri dari 4 (empat) dewasa dan 23 balita di Kampung Pedam Distrik Okbibab terserang wabah penyakit difteri dan gizi buruk.  "Saat ini, Tim Kesehatan TNI yang ada di Timika telah bertolak ke Distrik Okbibab untuk menanggulangi wabah tersebut," ujarnya.
 
Lebih lanjut Kapuspen TNI menjelaskan bahwa pada tanggal tanggal 20 Januari 2018, tim pendahulu dari Korem 172/VWY berjumlah 12 orang, yang terdiri atas 3 (tiga) anggota Koramil dipimpin oleh Sertu Leo Kantu, 2 (dua) Dokter RSUD Kabupaten Pegunungan Bintang, 4 (empat) perawat dan 2 (dua) Ahli Gizi beserta Hubertus (Kabid P2PL/ Ketua Tim) telah berangkat menuju Distrik Okbibab menggunakan Pesawat Pilatus. "Tim pendahulu sudah bergerak ke Distrik Okbibab, namun karena jarak, cuaca, medan dan juga signal yang sulit sehingga komunikasi tidak bisa lancar," ucapnya.
 
Menurut Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah, tidaklah mudah menuju ke sasaran Kampung Pedam Distrik Okbibab, karena harus menggunakan Pesawat Kecil atau Heli dan berjalan kaki yang memerlukan waktu cukup lama "Medannya sangat sulit, jarak tempuh dari Oxibil (Ibu kota Kabupaten Pegunungan Bintang) ke Distrik Okbibab menggunakan Pesawat Pilatus sekitar 25 menit, sedangkan jarak tempuh dari Distrik Okbibab ke Kampung Pedam akan ditempuh selama sekitar satu hari jalan kaki," jelasnya.

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:MatatelingaPanglima TNIPuspen TNIgizi buruk
Komentar
Minggu, 19 Agu 2018 17:29Berita Sumut

Buku 'Kita Telah Mati', Keresahan Dadang Darmawan akan Degradasi Pancasila

Dadang Darmawan Pasaribu, mantan aktivis dan merupakan salah seorang bakal calon anggota DPD RI asal Sumatera akan merilis buku berjudul 'Kita Telah Mati. Buku ini akan mengupas soal ideologi Pancasila lewat kacamata kritis.

Minggu, 19 Agu 2018 15:51Berita Sumut

Merampok dan Memberikan Perlawanan di Bedil Polisi

Tersangka berinisial MJ Alias Jefri ,21, Jalan Selebes Gang 17 Kampung Salam Kel.Belawan II Kec.Medan Belawan, terpaksa di lumpuhkan dengan timah panas

Minggu, 19 Agu 2018 15:50Berita Sumut

Tim Evakuasi Temukan Satu Lagi Jasad Korban Bus Masuk Jurang di Tobasa

Pada pencarian lanjutan hari ini Minggu (19/8/18), tim evakuasi berhasil menemukan satu jasad korban bus masuk jurang di Tobasa.

Minggu, 19 Agu 2018 14:48Berita Sumut

Wali Kota Ingin Wujudkan Medan Bagian Utara Jadi Ekowisata Mangrove & Bahari

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Wakil Wali kota or Akhyar Nasution MSi bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan menanam sebanyak 2018

Minggu, 19 Agu 2018 13:44Berita Sumut

Pasukan Garuda UNIFIL Gelar Upacara HUT RI ke-73 di Lebanon Selatan

Prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Garuda UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) misi perdamaian dunia menggelar upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018, bertempat di Lapangan Soekarno, Markas Indobatt UNP 7-1 Adchits

Minggu, 19 Agu 2018 12:30Berita Sumut

Gasak Harta Benda Tetangga, Pemuda Ini Meringkuk Dibui

Seorang pemuda berinisial SB (19) warga Dusun III Desa cinta Dame Kecamatan Percut Seituan diamankan warga karena menggasak harta benda milik tetangganya Timbul Sinaga (39), Sabtu (18/8/2018) malam. Saat ini tersangka sudah diamankan di Polsek Percut Seit

Minggu, 19 Agu 2018 11:52Nasional

Milad ke-20, Wakil Ketum FPI Teriakkan Kader Harus Tunduk pada Ulama dan Siap Bertempur Demi Ulama

Wakil Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ja'far Shodiq menggemakan wacana 2019 Ganti Presiden di acara ulang tahun atau Milad ke-20 FPI di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (19/8) pagi.

Minggu, 19 Agu 2018 11:46Berita Sumut

Pemuda Ini Menjambret untuk Belikan Sang Adik Kado Ulangtahun

Keinginan AY,22, untuk membelikan kado ulangtahun untuk sang adik kandas. Bahkan dia nyaris tewas dihajar warga di kawasan Jalan Perjuangan Desa Bandar Setia kec. Percut Seituan, Sabtu (18/8/2018) malam yang emosi melihat aksi Ayub dan rekanny

Minggu, 19 Agu 2018 11:22Berita Sumut

HUT Proklamasi di PTPN IV Kebun Balap Berlangsung Meriah, Karyawan Kebun Jadi Tim Paskibra

Pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 73 Republik Indonesia di PTPN IV Kebun Balap, Desa Kuala Batahan, Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal berlangsung meriah dan berbeda dari tahun - tahun sebelumnya. Mengapa

Minggu, 19 Agu 2018 11:03Internasional

Presiden Palestina Ancam Akan Tinjau Kesepakatan Damai dengan Israel

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengancam akan meninjau kembali seluruh perjanjian damai yang pernah disepakati dengan Israel jika Tel Aviv terus melanggar aturan internasional.

Minggu, 19 Agu 2018 11:00Internasional

Fiji Diguncang Gempa Berkekuatan 8,2 SR

Gempa berkekuatan 8,2 SR yang kuat melanda Fiji pada Minggu, (19/8).

Minggu, 19 Agu 2018 10:56Internasional

Qatar Tuduh Arab Saudi Halangi Warganya Berhaji

Pemerintah Qatar menuduh Arab Saudi telah menghalangi masyarakat mereka untuk menunaikan ibadah haji pada 2018 ini.

Minggu, 19 Agu 2018 10:51Lifestyle

Perhelatan Asian Games, Ini Dia Hal-hal yang Diharamkan Ketika Memasuki Stadion GBK

Upacara pembukaan Asian Games 2018 tinggal beberapa jam lagi. Acara megah tersebut akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Sabtu (18/8) pukul 19.00 WIB.

Minggu, 19 Agu 2018 10:47Lifestyle

Penerbangan Danau Toba-Malaysia Resmi Beroperasi, Malindo Air jadi Maskapai Pembuka

Penerbangan internasional pertama Bandara Silangit resmi dilakukan maskapai Malindo Air, Jumat (17/8) dengan menghubungkan Bandara Sultan Abdul Aziz Shah, Subang, Malaysia, dengan Bandara Silangit.

Minggu, 19 Agu 2018 10:34Nasional

Kapolri: Saya Paham Kebebasan Berpendapat, Tapi Dilarang Demonstrasi Selama Perhelatan Asian Games

Kepolisian Republik Indonesia mengeluarkan maklumat pelarangan demonstrasi selama penyelenggaraan Asian Games 2018 pada 18 Agustus hingga 2 September.

Minggu, 19 Agu 2018 10:30Ekonomi

Lira Terpuruk, Erdogan Tantang Pihak yang Permainkan Ekonomi Turki

Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan siap meladeni semua pihak yang mempermainkan ekonomi Turki.