MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Nasional
  • Kasad : Latihan Ancab TNI AD 2018 Akumulasi Kemampuan Tempur

Kasad : Latihan Ancab TNI AD 2018 Akumulasi Kemampuan Tempur

Amr/rel Jumat, 16 November 2018 07:33 WIB
Istimewa
MATATELINGA, Baturaja:  Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono menyaksikan langsung Latihan Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD TA. 2018 di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur), Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (15/11/2018).



Pada Latancab tahun ini, jajaran Brigade Infanteri (Brigif) 13/Galuh Kostrad dan satuan perkuatannya yang merupakan bagian dari Divisi Infanteri (Divif) 1/Kostrad yang  ditunjuk sebagai pelaku latihan.

Pada latihan tersebut, TNI AD menunjukkan kekuatan alat utama sistem senjata (Alutsista) yang dimiliki,  guna mengetahui kemampuan serta kolaborasi taktik antar kecabangan dalam wadah Brigade Tim Pertempuran (BTP).

Alutsista modern dan terbaru yang dimiliki TNI AD yang dilibatkan dalam Latancab 2018 ini  meliputi pesawat Helly MI 35, Helly Bell 412, Tank Leopard, Meriam 155 mm Caesar, Roket Astros, serta Rudal Mistral.

Dalam pelaksanaannya, seluruh Alutsista tersebut saling unjuk kemampuan dalam bermanuver maupun  menembakan amunisinya ke sasaran yang diskenariokan sebagai musuh.



Kali ini, Latancab tidak lagi menggelar demo pertempuran seperti waktu-waktu sebelumnya, tetapi murni melaksanakan latihan pertempuran.

Pada kesempatan itu, Kasad, Jenderal TNI Mulyono mengungkapkan bahwa Latancab diselenggarakan TNI AD untuk meningkatkan akumulasi kemampuan tempur tingkat perorangan hingga satuan setingkat Brigade, yang dilakukan baik secara teknis maupun taktis, melalui penyelenggaraan operasi tempur (Opspur), yang didukung oleh operasi intelijen (Opsintel) dan operasi teritorial (Opster).

"Tujuan dari diselenggarakannya latihan ini, agar seluruh prajurit bisa merasakan seperti apa  bergerak dalam hubungan Brigade, serta mengerahkan Alutsista yang canggih, sehingga kita dapat mengevaluasi seperti apa manuver Brigade itu," ungkap Kasad.

Kasad juga mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena latihan dapat berjalan dengan lancar dan aman, sekaligus berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah hadir dan mendukung suksesnya acara.

Menurutnya, latihan tersebut merupakan bentuk pertanggung jawaban TNI AD kepada rakyat.



"Apa yang telah kita saksikan tadi merupakan bentuk pertanggung jawaban TNI AD kepada rakyat. Ini semua merupakan hasil karya anak bangsa. Rakyat adalah ibu kandung TNI," ujarnya.

Usai menyaksikan jalannya latihan hingga selesai, Kasad Jenderal TNI Mulyono dalam pengarahannya dihadapan seluruh pelaku (lebih dari 2.500 orang prajurit) dan penyelenggara latihan (sekitar 1.500) mengungkapkan rasa bangganya terhadap seluruh prajurit yang terlibat, karena latihan dapat berjalan aman dan lancar.

Lebih lanjut Kasad juga menyampaikan kepada seluruh prajurit untuk mencegah adanya manajemen yang dapat memunculkan rasa ketakutan antara atasan dan bawahan. Dengan kata lain, rasa ketakutan yang timbul pada manajemen kepemimpinan seperti itu dapat mengganggu pelaksanaan tugas.

"Untuk menjadi profesional, prajurit tidak boleh dipimpin dengan manajemen ketakutan, namun dengan hubungan kedekatan yang lekat dan erat, antara yang dipimpin dan yang memimpin, tanpa mengabaikan hierarki dan norma-norma dasar keprajuritan," ujar Kasad, Jenderal TNI Mulyono.

Pada kunjungannya menyaksikan secara lamgsung jalannya Latancab di Puslatpur Baturaja tersebut,  Kasad didampingi Pangkostrad Letjen TNI Andika Perkasa, M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D., Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos, Irjenad, para Asisten Kasad, para Pangkotama, para Kabalakpus serta pejabat TNI AD lainnya.

Sebelum menyaksikan latihan tempur tingkat Brigade tersebut, Kasad beserta rombongan terlebih dahulu menerima paparan mengenai mekanisme jalannya latihan oleh Komandan Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos, selaku Komandan Latihan (Danlat) pada Latancab TNI AD Tahun 2018 ini.
Editor: Amrizal

T#g:Kepala Staf Angkatan DaratLatihan Ancab TNIMatatelingaNKRIPrajurit TNITerkini
Komentar
Minggu, 26 Mei 2019 18:00Berita Sumut

Wali Kota Ajak Masyarakat Terus Jaga Keamanan & Kekondusifan Kota Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH beserta ratusan warga melaksanakan Shalat Sunnah Tasbih sekaligus Dzikir

Minggu, 26 Mei 2019 17:45Berita Sumut

Jelang Lebaran, Ketua TP PKK Sumut Bagikan Bahan Pokok di Belawan

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Edy Rahmayadi

Minggu, 26 Mei 2019 16:19Nasional

Manfaatkan SMS Gateway, SPKKL Tual Bakamla Dorong Peran Masyarakat Labetawi Jaga Laut

SPKKL Tual Bakamla mendorong peran masyarakat Tual untuk menjaga keamanan di laut melalui pemanfaatan aplikasi ‘SMS Gateway’. Untuk itu dilaksanakan sosialisasi tentang Pentingnya Informasi Masyarakat untuk Penegakan Hukum di laut Berbasis Aplikasi “SMS

Minggu, 26 Mei 2019 16:04Berita Sumut

Libur Lebaran RSUP H Adam Malik Tetap Melayani

Guna memastikan pelayanan tetap berjalan, Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM) menyiagakan sebanyak lima orang dokter di rumah sakit milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tersebut.

Minggu, 26 Mei 2019 15:49Berita Sumut

Diduga Arus Pendek Listrik, Satu Rumah Dilalap Sijago Merah

Satu unit rumah dilalap si jago merah di Jl Lama dusun III, Desa Lama, Kec. Pancurbatu, Kab. Deli Serdang, Minggu (26/5/2019) sekitar pukul 14.30 Wib. Kebakaran yang alhamdulillah tidak sempat menelan korban jiwa luka dan tewas tersebut diduga akibat arus

Minggu, 26 Mei 2019 15:34Berita Sumut

Wali Kota Harapkan Dinas Kesehatan Terus Melaksanakan Tugas Pelayanan dengan Prima

Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S, mengajak seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kota Medan untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik walaupun dalam suasana bulan suci dan menjalankan ibadah puasa. Terutama pada faskes tingkat pertama yakni puske

Minggu, 26 Mei 2019 15:19Lifestyle

Penyalahan Kartu Kesehatan, Bukan Pemiliknya Langsung Saat Berobat

Salah satu yang jadi sorotan yakni bentuk kecurangan penyalahgunaan kartu peserta yang bukan miliknya. Faktanya di beberapa daerah, masyarakat banyak yang berobat pakai kartu dengan nama orang lain.

Minggu, 26 Mei 2019 15:04Berita Sumut

Sebanyak 2621 Jiwa Penumpang, Tiba di Belawan

KM Doro Londa kapal bantuan dari PT Pelni untuk memgangkut penumpang mudik ke Propinsi Sumatera Utara saat tiba didermaga Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan Minggu (26/05/2019) membawa penumpang sebanyak 2621 jiwa.

Minggu, 26 Mei 2019 14:49Berita Sumut

Wali Kota Ajak Warga Medan Johor Dukung Pembangunan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengajak seluruh masyarakat Kota Medan, terkhusus warga Kecamatan Medan Johor untuk memperkuat komitmen dan terus meningkatkan partisipasinya dalam mendukung seluruh program pembangunan yang tengah di laksan

Minggu, 26 Mei 2019 14:34Internasional

Sadarkan diri dari Mabuk, Lihat Penisnya Secara Misterius Terpotong

Pria bermarga Tan , 44, bangun dengan rasa sakit dan pendarahan serius sebelum dia merasakan alat kelaminnya telah dipotong oleh seseorang dengan alat yang tajam.

Minggu, 26 Mei 2019 14:19Berita Sumut

Keluarga Besar Pemuda Pancasila Sumut, Buka Puasa Bersama

Keluarga besar Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila dibawah komando Ketua H Kodrat Shah melakukan buka puasa bersama dengan seluruh kader pemuda pancasila se Kabupaten/Kota , DPD Partai Hanura Sumut, Asprov PSSI Sumut di Komplek Cemara Asri Me

Minggu, 26 Mei 2019 14:04Ekonomi

Menhub: Warga Dapat Memproleh Tiket Dengan Menggunakan Online

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Kesehatan Nila Moeloek meninjau Stasiun Gambir, Jakarta yaitu ke area peron stasiun, posko kesehatan dan menyambangi penumpang kereta api.

Minggu, 26 Mei 2019 13:23Berita Sumut

Polres Pelabuhan Belawan Masih Selidiki Kasus di SPBU

Pasca viral running teks penghinaan nama Jokowi dan Megawati di SPBU pasar 3 Marelan.Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP.Ikhwan Lubis SH.MH didampingi Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan AKP.Jerico Lavian Chandra, SH memberikan penjelasan kepada wartawan,S

Minggu, 26 Mei 2019 12:13Lifestyle

Hilangkan Rasa Nyeri Menstruasi, Oleskan Cairan Menstruasi Sendiri

Seorang wanita asal Melbourne bernama Yazmina Jade Adler mencari cara mengatasi Menstruasi yang dialami wanita kerap membuat perut terasa nyeri.

Minggu, 26 Mei 2019 11:08Internasional

Presiden AS Bertemu dengan Puluhan Pemimpin Bisnis Jepang

Jepang di kunjungi Presiden Amerika Serikat Donald Trump selama empat hari kunjungan kenegaraan, yang umumnya bersifat seremonial, meskipun seorang pejabat Gedung Putih berjanji "akan ada beberapa hal substantif yang akan diumumkan."

Minggu, 26 Mei 2019 10:26Bola

Tottenham Sekarang Ini Butuh Bantuan Semua Pemainnya

Pemain Tottenham bisa memberikan energi positif baik di atas lapangan ataupun dari bangku cadangan. Tottenham memang butuh semua bantuan dari para pemainnya untuk bisa menang dari Liverpool di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu 2 Juni 2019, dini hari WI