• Home
  • Nasional
  • Kemanunggalan TNI dan Rakyat Konsekuensi Logis Dalam Menjaga NKRI

Kemanunggalan TNI dan Rakyat Konsekuensi Logis Dalam Menjaga NKRI

faeza Selasa, 10 Juli 2018 17:00 WIB
mtc/ist
Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., dalam Sarasehan Nasional yang diselenggarakan oleh Letjen TNI Dony Murnado selaku Sesjen Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) tentang “Merawat Perdamaian Belajar Dari Resolusi K
MATATELINGA, Jakarta: Indonesia berada di antara persilangan ideologi dunia yang berbeda dan di persilangan ekonomi yang sangat kuat dan besar. Kondisi ini menuntut Kemanunggalan TNI dan Rakyat yang kokoh dan kuat, sebagai konsekuensi logis dari negara majemuk dan negara kepulauan terbesar di dunia yang rentan terhadap berbagai bentuk ancaman kontemporer yang bersifat asimetris, proxy dan hibrida.

Demikian paparan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. yang dibacakan oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., dalam Sarasehan Nasional yang diselenggarakan oleh Letjen TNI Dony Murnado selaku Sesjen Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) tentang "Merawat Perdamaian Belajar Dari Resolusi Konflik Dan Damai Di Maluku Dan Maluku Utara Untuk Indonesia Yang Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur", bertempat di Hotel JS. Luwansa, DKI Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang diwakili oleh Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Wiranto, S.H. diikuti oleh segenap komponen bangsa baik dari Pemerintah, TNI, Polri, Civitas Akademi, Tokoh Politik, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. mengatakan, kemajuan zaman yang semakin modern menghadirkan perubahan lingkungan strategis yang sedemikian cepat dan sulit diprediksi. Keadaan ini juga merupakan cerminan semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang kokoh kuat dan harus terjaga dengan baik. "Untuk itu ada hal mendasar yang harus dipegang teguh yaitu keberadaan dan kebersatuan kita sebagai bangsa merupakan modal sosial yang sangat diperlukan," katanya.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, perkembangan lingkungan strategis baik pada lingkup global maupun regional yang disertai perkembangan teknologi informasi, komunikasi dan transportasi menghadirkan fenomena-fenomena baru. "Hal ini akan merubah perspektif ancaman terhadap integritas NKRI, yaitu ancaman kontemporer baik yang berdimensi militer murni maupun non militer atau campuran diantara keduanya," jelasnya.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa memasuki era revolusi industri 4.0, transformasi pada berbagai bidang dipicu oleh distruptif innovation yang secara serta merta merubah paradigma yang telah ada sebelumnya, menjadi suatu paradigma yang benar-benar baru dan tidak pernah diduga sebelumnya.  "Karakteristik utamanya adalah perubahan yang tidak pernah terduga pada faktor kecepatan atau speed, skala atau scale dan kekuatan atau force. Jika dikaitkan dengan karakteristik lingkungan strategis maka asimetri perang juga akan bertransformasi pada aspek kecepatan atau speed, jangkauan atau range dan daya hancur atau lethality," ujarnya.

Meski era disrupsi dan revolusi industri 4.0 merupakan suatu peradaban baru manusia, namun dalam setiap kemajuan selalu memiliki paradoks yang berbentuk ancaman diantaranya ancaman siber atau cyber threats, ancaman biologi atau bio-threats dan ancaman kesenjangan atau inequality threats. "Oleh karena itu kondisi inilah menuntut kepentingan kemanunggalan TNI – Rakyat yang kokoh kuat, sebagai konsekuensi logis dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI," ungkap Panglima TNI. 

Mengakhiri paparannya, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menekankan bahwa Kemanunggalan TNI dan Rakyat merupakan hal penting sebagai bagian dari wujud memperkuat pemberdayaan ketahanan wilayah. "Tentunya tidak dapat hanya mengedepankan TNI semata namun diperlukan peran serta dan kontribusi terbaik seluruh komponen bangsa untuk bersinergi, terintegrasi, bahu membahu dan berkesinambungan dalam mewujudkan Indonesia yang aman, damai, berdaulat, mandiri dan berkepribadian yang kokoh kuat," pungkasnya. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Rabu, 26 Sep 2018 19:31Berita Sumut

Direktorat Latihan Bakamla RI Gelar Latihan Menembak di Ambon

Riuh suara tembakan senjata api terdengar di Dusun Telaga Kodok. Pasalnya Direktorat Bakamla RI sedang menggelar latihan menembak bagi personel di jajaran Zona Maritim Timur, di Lapangan Tembak Lantamal IX, Dusun Telaga Kodok, Kec. Leihitu, Kab. Maluku T

Rabu, 26 Sep 2018 18:15Berita Sumut

Pemko Medan Bantu Tingkatkan Kemampuan SDM Pekerja Usaha Pariwisata

Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata berupaya membantu meningkatkan SDM seluruh pekerja usaha pariwisata yang ada di Kota Medan. Selain menambah wawasan dan kemampuan sehingga siap bersaing dengan tenaga kerja dari luar, juga diharap dapat membantu untu

Rabu, 26 Sep 2018 18:00Berita Sumut

DPRD Binjai Setuju Perubahan APBD TA 2018

DPRD Kota Binjai menyetujui penetapan Perubahan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (P-APBD) Kota Binjai Tahun Anggaran 2018. Persetujuan DRPD disampaikan pada rapat paripurna dipimpin wakil ketua HM Sajali, berlangsung di gedung DPRD Kota Binja

Rabu, 26 Sep 2018 17:45Berita Sumut

Paman Gery Ajak Orangtua Gunakan Gadget untuk Mendongeng

Sudah banyak diteliti anak yang sering didongengkan punya daya imajinasi yang lebih luas. Kekayaan kata dan bahasa akan lebih baik. Anak pun jadi lebih percaya diri.

Rabu, 26 Sep 2018 17:27Berita Sumut

Pentingnya Kota Pelabuhan Hadapi Landscape Global Yang Selalu Berubah

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi kembali menghadiri undangan untuk mengikuti Forum Global Harbor Cities di Kota Khaosiung, Taiwan, yang berlangsung mulai 25-27 September. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari forum yang telah digelar p

Rabu, 26 Sep 2018 17:00Berita Sumut

Polsek Lolowau Gagalkan Peredaran 140 Liter Tuak Suling

Petugas Kepolisian Resor Nias Selatan Sumatera Utara terus melakukan penertiban minuman keras yang tidak memiliki ijin di Kabupaten Nias Selatan. Kali ini, petugas kepolisian Sektor Lolowau Polres Nias Selatan kembali menggagalkan peredaran minuman keras

Rabu, 26 Sep 2018 16:21Berita Sumut

HMI Desak Kapolri Copot Polisi yang Bertindak Represif

Ratusan kader Himpunan Mahasiswa Islam di Sumatera Utara berunjuk rasa ke DPRD Sumut, Rabu (20/9). Massa yang terhimpun dalam Badko HMI Sumut ini mendesak Kapolri mencopot oknum polisi yang bertindak represif pada saat menghadapi pendemo dari mahasiswa, K

Rabu, 26 Sep 2018 15:56Berita Sumut

Sadis!!!! Istrinya Diselingkuhi, Bembeng Tikam Kerabatnya Hingga Tewas

Istrinya diselingkuhi membuat Bambang Irawandi alias Bembeng (28) gelap mata. Warga Dusun VI Desa Kota Tengah, Kecamatan Dolok Masihul, Serga menikam selingkuhan sang istri yang tak lain masih kerabat dekatnya.

Rabu, 26 Sep 2018 15:18Berita Sumut

Toko Besi di Jalan Kapten Muslim Nyaris Ludes Diamuk Si Jago Merah

Satu unit toko penjualan besi dan cet yang berada di Jalan Kapten Muslim nyaris ludes terbakar, Rabu (26/9). Api berasal dari tumpahan tiner yang mengenai dupa di dalam toko bernama Makmur tersebut.

Rabu, 26 Sep 2018 15:09Berita Sumut

Pangdam I/BB Kunjungan Kerja ke Walikota Binjai

Pangdam I/BB Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah melaksanakan Kunjungan Kerja ke Walikota Binjai, pada Selasa (25/9) di rumah Dinas Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota.

Rabu, 26 Sep 2018 15:00Berita Sumut

Wagub Musa Rajekshah Irup HAORNAS di Kabanjahe

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah menjadi inspektur upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2018 di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Rabu (26/9). Peringatan Haornas juga diisi dengan kegiatan gerak jalan dan pemberian

Rabu, 26 Sep 2018 14:30Berita Sumut

Tak Kelihatan Sehari, Doni Ditemukan Tewas di Atap Rumah

Seorang pegawai penjual sate bernama Doni Haryanto (34) ditemukan tewas di atap rumah bosnya Agustiar Amir di Jalan Karya Tani, Rabu (26/9). Korban tewas diduga akibat tersengat aliran listrik.

Rabu, 26 Sep 2018 13:29Berita Sumut

Ini Penjelasan KPK Soal Jemput Paksa Anggota DPRD Sumut M Faisal

Petugas KPK pada Rabu (26/9) menjemput paksa salah seorang anggota DPRD Sumut M Faisal dari kediamannya di Perumahan Villa Asoka A-9, Asam Kumbang, Kec. Medan Selayang, Medan. Faisal merupakan salah seorang tersangka yang ditetapkan KPK dalam kasus suap m

Rabu, 26 Sep 2018 13:07Berita Sumut

KPK Jemput Paksa Anggota DPRD Sumut

Petugas dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menjemput paksa salah seorang anggota DPRD Sumut bernama MF dari kediamannya yang berada di salah satu komplek elit di Jalan Pasar 1, Medan Sunggal, Rabu (26/9/2018). Faisal merupakan satu dari 3

Rabu, 26 Sep 2018 13:00Berita Sumut

Jual Gadis 15 Tahun ke Pria Hidung Belang, Sepasang Remaja Diciduk Polisi

Tim Pegasus Polsek Medan Kota berhasil meringkus dua remaja yang berprofesi sebagai mucikari. Keduanya diringkus saat hendak menjual seorang gadis berusia 15 tahun dari Hotel Danau Toba di Jalan Imam Bonjol, Medan, Selasa (25/9) sekitar pukul 22.30 WIB.

Rabu, 26 Sep 2018 12:30Berita Sumut

Datangi Kapoldasu, Ribuan Parbetor Deklarasi Pemilu Damai

Ribuan penarik becak bermotor (Parbetor) yang tergabung di Solidaritas Angkutan Transportasi Umum (Satu) mendatangi Mapolda Sumut, Rabu (26/9/2018).