• Home
  • Nasional
  • Kepala BNPB Ajak Semua Komponen Kurangi Risiko Bencana

Kepala BNPB Ajak Semua Komponen Kurangi Risiko Bencana

amr/rel Sabtu, 12 Januari 2019 16:09 WIB
Google
MATATELINGA, Jakarta:   Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Doni Monardo mengajak tokoh-tokoh masyarakat dan agama untuk dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan pengurangan risiko bencana.



Doni mengatakan bahwa dengan pelibatan semua komponen, semua masyarakat dapat mengetahui dan semakin menyadari untuk mengurangi risiko bencana. "Jadi harus ada sebuah kepedulian tidak hanya pada tingkat pemerintah provinsi kabupaten, kota tetapi sampai dengan tingkat desa. Kita berharap kepala-kepala desa, kepala kampung, lurah memiliki pengetahuan risiko bencana saat ini," ucap Doni di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Jawa Barat pada Jumat (11/1/2019).

Setelah sholat Jumat siang tadi, Doni mencontohkan bahwa beberapa tokoh setempat tidak mengetahui bahwa di kawasan selatan Sukabumi merupakan kawasan rawan gempa dan tsunami.



"Seluruh tokoh masyarakat, terutama ulama, seminggu sekali saat kotbah atau pengajian, mengingat mayoritas masyarakat Jawa Barat ini beragama Islam, untuk menyisipkan 2 - 3 menit, perhatian kepada alam. Kita peduli alam, alam merawat kita."

"BNPB akan bangun emosi masyarakat agar setiap saat mereka memiliki kepedulian, misalnya pada musim hujan, kewaspadaan kita akan banjir dan tanah lognsor. Kemudian menjelang musim kemarau, dengan kebakaran hutan. Dan beberapa tempat yang telah diberikan analisis oleh sejumlah pakar, itu juga harus kita antisipasi. Dan bagamana masyarakat kita bisa lebih siap."

Doni menekankan bahwa mencegah jauh lebih mudah daripada kita melakukan penanganan. "Pencegahan jauh lebih murah dan mudah daripada saat melakukan penanganan," kata Doni Monardo yang didampingi oleh Kepala BMKG dan PVMBG, serta pejabat kementerian/lembaga di Desa Sirnaresmi.



Pada saat meninjau desa yang tertimpa longsor pada 31 Desember 2018 lalu itu, Doni menilai masyarakat yang tinggal di wilayah dengan  kemiringan 30 derajat tersebut perlu memperhatikan tanaman yang ditanam. Warga setempat banyak menanam tanaman sayuran dan padi. Bersamaan dengan kunjungan di kawasan longsor itu, Doni dan para komunitas menanam 10.000 bibit vetifer untuk jangka pendek, yang bisa membantu untuk mengurangi risiko bencana. Selain 10.000 bibit tersebut, BNPB juga menanam 2.500 bibit pohon campuran, seperti tanaman buah dan tanaman keras yang endemik di Jawa Barat.

Penanaman ini sebagai contoh konkret kepedulian terhadap alam sekita dengan harapan banyak masyarakat sadar. Doni mengatakan, "Karena kalau tidak diberikan sebuah pemahaman maka risiko terjadi bencana akan semakin banyak."

Doni menekankan pihaknya untuk lebih giat, ulet dan massif untuk mengajak semua komponen dalam pengurangan risiko bencana. Kepala BNPB yang didampingi sejumlah ahli kebumian menyampaikan bahwa kita semua untuk merawat alam maka alam akan merawat kita. Tanaman buah tadi seperti alpukat dan sukun, sedangkan tanaman keras berupa rasamala, manii, dan kidamar.

Sehubungan dengan penunjukkan sebagai Kepala BNPB, Doni mendapatkan perintah dari Presiden Joko Widodo untuk melakukan penanggulangan bencana secara terintegrasi. Tadi malam (10/1), BNPB mengajak beberapa lembaga untuk menekankan pada informasi yang diberikan oleh para pakar, seperti di bidang vulkanologi, geologi, seismik, dan tsunami.

"Para pakar inilah yang harus kita ikuti. Pakar ini ibaratnya sebuah tim intelijen jadi ketika menghadapi ancaman, informasi intelijen itu sangat penting. Program-program yang berhubungan dengan masyarakat berorientasi pada informasi dari para pakar. Kalau kita tidak mengikuti hasil riset dan temuan mereka yang semakin akurat maka kita akan salah."

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi,dan Geofisika
(BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa puncak musim hujan di
wilayah Jawa Barat masih berlangsung hingga akhir Januari hingga Maret.
Pihaknya akan selalu memberikan informasi perkembangan yang penting,
misalnya dengan potensi cuaca ekstrim. Dwikorita menyampaikan bahwa
sangat penting untuk mengantisipasi bahaya di musim hujan ini, khususnya
di wilayah rawan banjir dan longsor. BMKG dan PVMBG bersinergi untuk
memberikan peringatan dini.

"Kami memberikan peringatan dini 3
6 hari sebelum terjadi cuaca ekstrim sehingga peringatan dini segera
kami kirimkan ke BPBD setempat agar mengkondisikan warga dalam 3 6
hari tersebut."

Jawa Barat merupakan kawasan yang memiliki
gerakan tanah yang tinggi. Seperti Sirnaresmi, desa ini termasuk kawasan
bertebing, bertanah gembur dan pemanfaatan tanah oleh warga yang kurang
sesuai. Faktor-faktor tersebut dapat memicu terjadinya longsor. Akibat
longsor di desa itu, 32 jiwa meninggal dunia dan 29 rumah tertimbun,
sedangkan luas area terdampak mencapai 10,6 hektar. Longsor tersebut
dipicu oleh curah hujan yang tinggi dan tanah yang labil.
Editor: Amrizal

T#g:bnpbbliblikepala BNPBLongsorMatatelingaTerkiniTraveloka
Komentar
Sabtu, 25 Jan 2020 03:25Berita Sumut

Prima DMI Sumut Minta Polisi Usut Kasus Perusakan Masjid Al Amin

Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (Prima DMI) Sumatera Utara, meminta polisi mengusut tuntas kasus perusakan Masjid Al Amin di jalan Belibis, Kelurahan Tegal Sari Mandala II, Medan Denai, Kota Medan

Sabtu, 25 Jan 2020 02:10Berita Sumut

Kenapa Pemilik Gudang Menganiaya Anak ?, Sampai Dapat Perawatan

Dua anak dibawah umur sekarat usai dihajar pemilik gudang di Lingkungan VI, Kelurahan Sei Berombang, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Diduga tertangkap tangan mencuri bahan bakar jenis solar.

Sabtu, 25 Jan 2020 01:00Berita Sumut

Apa di Permasalahkan Dua Kelompok Masyarakat di Perumnas Mandala, Hingga Saling Serang...?

Dua kelompok saling serang Jalan Rajawali 1 dan Belibis Perumnas Mandala terjadi, pada Jumat (24/1/2020) malam. Ratusan warga dari kedua pihak saling lempar batu.

Jumat, 24 Jan 2020 22:25Berita Sumut

Pesan Akhyar Nasution, Kebersihan Mesjid, Jangan Didebat, Tapi Dikerjakan

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution menyerahkan bantuan pembangunan untuk Masjid Al Ikhlasiyah di Jalan Jermal XV gang Masjid Kecamatan Medan Denai, Jumat (24/1) siang. Dirinya berpesan agar soal kebaikan khususnya kebersihan tidak

Jumat, 24 Jan 2020 21:45Bola

Polresta Deli Serdang Target Juara di Inalum Cup 2020

Tim sepakbola Polresta Deli Serdang tak mau sekadar numpang lewat dalam turnamen sepakbola Piala Inalum. Bergabung di grup D, tim binaan Kapolresta Kombes Jemi Mandagi Sik dikepung oleh dua tim tuan rumah, Inalum FC dan Inalum FC Paritohan.

Jumat, 24 Jan 2020 21:30Berita Sumut

Akhyar Berwefie Ria di Seni Mural Medan Johor

Setelah menghadiri open house tahun baru Imlek di Jalan Ladang, Kelurahan Kedai Durian, Medan Johor dan beranjak pulang, Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution seketika turun dari mobil dinasnya saat melintas di Jalan Besar Delitua/Brigjend Zein Hamid untu

Jumat, 24 Jan 2020 21:15Berita Sumut

Sahabat Kodam I/BB Rayakan Imlek Tahun 2020

Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah bersama Kasdam, Brigjen TNI Untung Budiharto dan para PJU Kodam I/BB lainnya, menghadiri acara open house Sahabat Kodam I/BB yang merayakan Imlek 2571 Tahun 2020, Jumat (24/1/2020) malam.

Jumat, 24 Jan 2020 21:00Berita Sumut

Edy Rahmayadi Minta Pengurus IKAL SMANSA Medan Segera Bentuk Program Kerja

Pengurus Ikatan Alumni Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (IKAL SMANSA) Medan diminta segera membentuk program kerja. Sehingga roda organisasi dapat berjalan dengan semestinya dan bermanfaat bagi masyarakat dan para alumni.

Jumat, 24 Jan 2020 20:45Berita Sumut

78 Kasus HIV di Sumut Ditemui pada Anak

Data yang dihimpun Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut), dari 2.473 kasus HIV yang ditemukan di Sumut sejak Januari hingga Desember 2019, sekitar 78 kasusnya ditemukan pada anak.

Jumat, 24 Jan 2020 20:30Internasional

Serena Williams Angkat Koper dari Australia Open 2020

Beda nasib dialami kedua petenis favorit di babak ketiga Australia Open 2020 yang berlangsung di Melbourne Park, Jumat (24/1/2020) pagi WIB. Unggulan pertama yakni Ashleigh Barty berhasil melaju ke 16 besar, sementara petenis senior, Serena Williams harus

Jumat, 24 Jan 2020 20:15Internasional

Gara-gara Corona, China Batalkan Puncak Acara Tahun Baru Imlek

Info ini sedikit mengejutkan, karena pemerintah Kota Beijing, China mengumumkan bahwa puncak acara perayaan Tahun Baru China atau Imlek dibatalkan demi mengendalikan penyebaran virus korona jenis baru.

Jumat, 24 Jan 2020 19:09Nasional

Selain Hasto Kristiyanto, KPK Juga Periksa 2 Komisioner KPU

Selain Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga memeriksa dua Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Evi Novida Ginting dan Hasyim Asyari, Jumat (24/1/2020). Ketiganya diperiksa sebagai saksi terkai

Jumat, 24 Jan 2020 18:19Berita Sumut

2.473 Personel Dikerahkan untuk Amankan Imlek di Sumatera Utara

Sebanyak 2.473 personel dikerahkan untuk pengamanan Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di Sumatera Utara.

Jumat, 24 Jan 2020 17:27Berita Sumut

Kajati Sumut Amir Yanto Apresiasi Kunjungan HIPMA Al-Wasliyah

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Dr. Amir Yanto SH, MM, MH didampingi Koordinator pada bidang Intelijen Adung Sutranggon SH.MH, dan Kasi Penkum Kejati Sumut Sumanggar Siagian SH, MH, menerima kunjungan dan silaturahmi dari Himpunan Mahasiswa Al-Wasl

Jumat, 24 Jan 2020 17:23Berita Sumut

Usai Shalat Jum'at di Masjid Alhurriyah, Kapolda Sumut Sampaikan Pesan Kamtibmas

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengunjungi Masjid Alhurriyah, Jalan M Yakub, Medan Perjuangan, Jumat (24/1/2020). Usai jamaah melaksanakan Sholat Jum'at, Kapoldasu menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas didampingi Wakapolda Sumut Brigjen Mardiaz

Jumat, 24 Jan 2020 17:05Berita Sumut

IMT-GT Bakal Tingkatkan Perekonomian Sumut

Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand atau yang dikenal dengan Indonesia– Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) bakal meningkatkan perekonomian Sumatera Utara (Sumut). Kerja sama tiga negara Asia Tenggara ini diyakini akan berpengaru