• Home
  • Nasional
  • Ketika Cadar Harus 'Bermetamorfosis' Menjadi Masker

Ketika Cadar Harus 'Bermetamorfosis' Menjadi Masker

Fidel W Kamis, 17 Mei 2018 11:40 WIB
Photo ilustrasi by pinterest.co.uk
MATATELINGA, Jakarta: Rentetan serangan teror yang terjadi di beberapa daerah belakangan ini cukup menimbulkan berbagai kekhawatiran dan masalah baru di kalangan masyarakat. Salah satunya, muncul stigma negatif terhadap perempuan yang menggunakan cadar.

Meski demikian, seorang anggota komunitas perempuan bercadar bernama Niqab Squad, Sul (28) beranggapan kekhawatiran yang timbul di tengah masyarakat tersebut tidak berlebihan.

Menurutnya, stigma tersebut muncul atas dasar antisipasi dan ketakutan masyarakat terhadap sejumlah peristiwa teror yang terjadi belakangan ini.


Oleh sebab itu, dirinya dan teman-temannya pun berusaha memahami ketika ada stigma negatif yang dilemparkan pada dirinya.

"Biasanya kalau sudah kayak gitu, kita dianjurkan untuk memakai masker sebagai pengganti cadar. Jadi masyarakat tidak terlalu negative thinking," ujarnya.


Dari pengalamannya sendiri, Sul merasa tidak pernah mendapat perlakuan yang tidak baik dari masyarakat karena ia menggunakan cadar.

Ia hanya menyebut terkadang dilakukan pemeriksaan wajah oleh petugas keamanan saat akan masuk ke tempat-tempat tertentu seperti bandar udara.

"Paling waktu mau masuk bandara, itu kita diperiksa dulu wajahnya, dan yang memeriksa pun petugas yang perempuan. Cuma begitu saja, dilihat wajahnya, lalu sudah," tuturnya.

Meski demikian, ia mengaku beberapa temannya yang lain sempat medapatkan tatapan sinis dari orang-orang di sekitar mereka karena menggunakan cadar, terutama pascateror bom yang terjadi dalam pekan ini.

Hari Minggu (13/5) kemarin terdapat tiga serangan bom bunuh diri yang meledak di tiga gereja di Surabaya.

Malam harinya, bom meledak di salah satu kamar di Rusunawa Wonocolo, Sidoardjo. Diduga kuat bom meledak tak sengaja saat hendak dirakit oleh pelaku. Teror bom berlanjut hari Senin (14/5), saat Markas Polrestabes Surabaya jadi sasaran bom bunuh diri. Pada hari Rabu (16/5), Mapolda Riau pun diserang oleh terduga kelompok teroris yang menyebabkan satu polisi gugur.

Selama insiden rentetan teror itu, tak jarang bermunculan kabar tentang temuan benda mencurigakan di sejumlah tempat. Beberapa di antaranya turut melibatkan perempuan bercadar.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin sempat meminta perempuan pengguna cadar memahami kondisi sebagian masyarakat saat ini yang mungkin memiliki pandangan tertentu menyusul terjadinya serangan bom bunuh diri di Surabaya, Jawa Timur selama dua hari terakhir.

"Tentu bagi pengguna cadar itu sendiri, agar betul-betul bisa memahami situasi dan lingkungannya karena sekarang sebagian masyarakat kita ada semacam keresahan atau kekhawatiran, atau mungkin bahkan kecurigaan terhadap mereka-mereka yang menggunakan cadar," kata Lukman di kantornya, Selasa (15/5). (DAL)
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:cadarmaskerniqabseranganstigmateror
Komentar
Selasa, 19 Mar 2019 21:45Bola

Lionel Messi Dikabarkan Hengkang Dari Barcelona

Lionel Messi merupakan salah satu pemain terbaik dunia dalam sedekade terakhir bersama Cristiano Ronaldo.

Selasa, 19 Mar 2019 21:30Berita Sumut

Pemko Medan Dan Kodam I/BB Bersih-Bersih Sungai Bedera

Pemko Medan bersama Kodam I/BB akan menggelar kegiatan bersih-bersih Sungai Bedera, Jumat (22/3/2019) mendatang. Selain itu, aksi bersih-bersih tersebut juga melibatkan unsur Polda Sumut, Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II, pihak kecamatan, organisas

Selasa, 19 Mar 2019 21:15Nasional

Mutasi Jabatan dan Promosi 72 Pati TNI

Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi

Selasa, 19 Mar 2019 21:00Berita Sumut

Pemko Medan & BNNP Sumut Bersinergi Berantas Narkoba

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH berharap Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatra Utara terus membantu Pemko Medan dalam menangani masalah narkoba yang ada di Kota Medan. Selain itu, Wali Kota juga mengapresiasi kinerja BNNP Sumut s

Selasa, 19 Mar 2019 20:45Berita Sumut

Wali Kota Dinobatkan Sebagai Indonesia Visioner Leader

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH bersama sejumlah kepala daerah di Indonesia akan menerima penghargaan Indonesia Visioner Leader dalam Acara Silaturahmi Nusantara yang akan berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta, Jumat (29/3/2019) mendatang.

Selasa, 19 Mar 2019 20:35Nasional

Lagi-Lagi Gunung Merapi Tunjukkan "Kemarahannya"

Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas

Selasa, 19 Mar 2019 20:30Berita Sumut

Sekdaprov Sumut Buka Musrenbang Kabupaten Deli Serdang

Sekertaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprov Sumut), Dr Ir Hj R Sabrina MSi membuka musyarawah perencanaan pembangunan (Musrenbang ) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) daerah Kabupaten Deli Serdang tahun 2020, Selasa (19/3/2019) di Prime Plaza Hotel K

Selasa, 19 Mar 2019 20:15Berita Sumut

Penampilan Debat Cawapres No 1, Mahfud MD Memberi Tanggapan

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD memberi tanggapan dengan penampilan Cawapres Nomor Urut 01 KH Ma'ruf Amin di acara Debat Cawapres beberapa malam lalu.

Selasa, 19 Mar 2019 20:00Berita Sumut

Polsek Medan Baru Musnahkan Barang Bukti Narkoba Jenis sabu sabu

Polsek Medan baru melakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 1,5 kilo gram, yang dilaksankan di halaman Apel Mapolsek Medan Baru Selasa (19/3/ 2019) siang

Selasa, 19 Mar 2019 19:45Berita Sumut

Mahfud MD: Jauh Jauh Hari Sudah Kita Ingatkan Ketum DPP Romahurmuziy

Jauh-jauh hari sudah Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD sudah mengingatkan Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy yang kerap disapa Romi sebelum terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Selasa, 19 Mar 2019 19:30Berita Sumut

Supir Mobil yang Nyemplung ke Danau Toba Ditemukan Meninggal

Tim SAR gabungan akhirnya menemukan Bukti Siregar (70), pengemudi mobil yang terjun ke Danau Toba, Selasa (19/3). Korban ditemukan dalam kondisi meninggal di dalam mobilnya yang tenggelam.

Selasa, 19 Mar 2019 19:15Berita Sumut

Buron Hampir Setahun, Perampok Sadis di Tol H Anif Dibedil Polisi

Seorang pelaku perampokan sadis yang nyaris merenggut nyawa pengemudi Gojek, Fakri Husaini (23) di Jalan Cemara/Tol H Anif, Rabu (30/5/2018) tahun lalu, dibekuk Tim Pegasus Polrestabes Medan. Polisi terpaksa melumpuhkan kedua kaki tersangka berinisial Yus

Selasa, 19 Mar 2019 19:00Berita Sumut

Umat Islam Sumut Kutuk Aksi Teroris di Dua Mesjid di Selandia Baru

Ribuan umat Islam di Sumatera Utara menggeruduk Kantor Australia Centre Medan di Jalan Kartini, Selasa (19/3/2019). Mereka mengutuk keras serangan di dua mesjid di Selandia Baru yang menyebabkan puluhan jamaah meninggal dunia.

Selasa, 19 Mar 2019 18:42Berita Sumut

YKI Gelar Penyuluhan di Langkat dan Binjai

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumatera Utara bekerjasama dengan IKBI PTPN II dan PT Tembakau Deli Medica menggelar penyuluhan penyakit kanker dan pemeriksaan papsmear gratis di Rumah Sakit PTPN II Tanjung Selamat Kabupaten Langkat dan Rumah Sakit Bangkat

Selasa, 19 Mar 2019 18:26Berita Sumut

Pemko Medan Dukung Penuh Pelebaran Jalan Simpang Dobi

Pemko Medan sangat mengapresiasi penuh rencana pelebaran Jalan Yos Sudarso, persisnya Simpang Dobi, Kelurahan Titi Papan, Kecamatan Medan Deli. Pasalnya, kondisi jalan mengalami penyempitan sehingga menyebabkan arus lalu lintas acap kali crowded sehingga

Selasa, 19 Mar 2019 18:11Berita Sumut

Menjaga Kerukunan Tanpa Memandang Perbedaan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mendukung penuh pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) yakni memilih Presiden dan Wakil Presiden serta legislatif pusat dan daerah untuk lima tahun ke depan sehingga berjalan dengan aman dan damai. Untuk itu