• Home
  • Nasional
  • Kisah Penjaga Makam, dari Sekedar Dapat "Uang Capek" Sampai Gaji UMR

Kisah Penjaga Makam, dari Sekedar Dapat "Uang Capek" Sampai Gaji UMR

Mtc Sabtu, 12 Januari 2019 10:00 WIB
google
Menjaga dan merawat makam pekerjaan bisa dibilang mulia. Namun, pekerjaan ini justru dimanfaatkan oleh segelintir oknum untuk mendapatkan uang tambahan dari ahli waris.
MATATELINGA, Jakarta: Menjaga dan merawat makam pekerjaan bisa dibilang mulia. Namun, pekerjaan ini justru dimanfaatkan oleh segelintir oknum untuk mendapatkan uang tambahan dari ahli waris.



Fenomena pungutan liar (pungli) oleh petugas dan penjaga sering terjadi di beberapa Tempat Pemakaman Umum (TPU) di wilayah DKI Jakarta. Tetapi, mereka mengganti istilah pungli itu menjadi "uang capek" atas kerjanya merawat makam, khususnya pada mereka yang bukan petugas resmi.

Nurjen, salah satu petugas lepas di TPU Tanah Kusir. Sehari-hari dirinya membersihkan makam-makam yang sudah dititipkan oleh ahli waris kepadanya.

"Kalau saya sih biasa hanya merawat makam yang sudah dititipkan oleh ahli waris," kata Nurjen ketika berbincang dengan Okezone belum lama ini.



Harus diakui suasana TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, terlihat bersih dan sangat terawat. Hal ini mungkin dikarenakan banyak petugas pembersih makam, baik resmi ataupun tidak.

Status Nurjen bukan penjaga makam resmi yang artinya tak ada di bawah Pemprov DKI. Sehingga, ahli waris makam yang idurus Nurjen harus merogoh kocek kembali untuk membayar jasanya. Dari uang itulah, selama 20 tahun Nurjen menghidupi keluarganya.

"Biasanya ahli waris ngasih perbulan kadang juga enggak. Saya sih enggak mau menarget dan se-ikhlasnya saja," kata Nurjen.

Saat ditanya apakah dirinya bisa membantu warga untuk mencari makam khusus, Nurjen menekankan dirinya hanya bisa membantu secara proses. Namun tak bisa membantu untuk mencari lokasi makam.



"Ada juga melalui bantuin urusi ke pengelola. Tetapi kadang-kadang sulit juga kita bantu sehingga ada juga yang langsung ke kantor," ujar

Suryadi Yahya membersihkan makam di TPU Menteng Pulo

Sementara, untuk penjaga makam yang berada di bawah Pemprov DKI Jakarta atau Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) sebagai penjaga sekaligus pembersih di TPU Menteng Pulo, Suryadi Yahya, mengaku sudah 8 tahun menggeluti pekerjaannya.

"Alhamdulillah sejak 2014 saya diangkat jadi PJLP dengan gaji UMR," ujar Suryadi.

Saat disinggung mengenai praktik pungli dan apakah dia bisa membantu untuk mencari makam bagi warga, dirinya mengaku tak bisa melayani. Sebab, kata dia, pengawasan terhadap petugas makam sangatlah ketat.



"Enggak. Karena kalau kita gali (makam) itu dapat perintah dari admin kantor TPU. Kita tindak lanjuti baru untuk nyari lokasi makam dan kemudian digali," terang dia.

Tercatat di TPU Menteng Pulo sudah ada kurang lebih 80.000 makam. Mengenai suasana, tampak begitu gersang dan juga terlihat ada beberapa makam yang sedang mendapatkan perawatan khusus oleh petugas.

(Mtc/Okz)
Editor: Fjr

Sumber: Okezone

T#g:blibliKisah Penjaga MakamMatatelingaPenjaga MakamTerkiniUang Capek
Komentar
Kamis, 28 Mei 2020 13:50Berita Sumut

Dalam Dua Pekan, Polres Labuhanbatu Ciduk 15 Pelaku Narkoba dan Sita 329 Gram Sabu

Dalam kurun waktu dua minggu, Polres Labuhanbatu dan polsek jajaran berhasil menangkap 15 pelaku tindak pidana narkotika. Dari para pelaku, polisi juga menyita narkotika sabu seberat 329,65 gram.

Kamis, 28 Mei 2020 13:15Berita Sumut

Personil Polsek Medan Kota Bebas Covid-19

Polsek Medan Kota menggelar rapid test kepada seluruh personil. Hasilnya semua personil yang bertugas di Polsek Medan Kota bebas Covid 19.

Kamis, 28 Mei 2020 13:00Berita Sumut

Pulang dari Persembuyian, Pelaku Curanmor Ini Diciduk Polsek Patumbak

Mhd Ali Nasution alias Bolot (25) tak berkutik saat diciduk personil Polsek Patumbak. Warga Desa Patumbak II Gang Bandrek Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deliserdang ini diciduk lantaran terlibat kasus curanmor.

Kamis, 28 Mei 2020 12:40Berita Sumut

Sepeda Motor Dikunci Ganda, Aksi Pelaku Curanmor Ini Gagal Total

Apes benar nasib pelaku curanmor ini. Niat hati hendak mencuri namun lantaran sepeda motor yang akan dicuri dilengkapi dengan kunci ganda, aksi pelaku punn gagal total. Pelaku bernama Edi Susanto (38), warga Jalan Pertahanan Gang Karya Dusun I, Desa Patum

Kamis, 28 Mei 2020 12:10Berita Sumut

150 Kendaraan Diputar Balik Saat Hendak Mudik di Kabupaten Simalungun

Pihak Kepolisian Resor Simalungun memutar balik 150 kendaraan yang hendak mudik di Kabupaten Simalungun. Kendaraan tersebut diminta putar balik ke wilayah asal masing-masing

Kamis, 28 Mei 2020 11:48Berita Sumut

Bertengkar, Suami di Asahan Bacok Istri dengan Kapak Hingga Tewas

Seorang pria di Kabupaten Asahan tega membacok istrinya hingga tewas. Peristiwa ini terjadi di Dusun II, Desa Sei Lama, Kabupaten Asahan pada Rabu (27/5) sore kemarin.

Kamis, 28 Mei 2020 11:00Berita Sumut

Pembukaan Pusat Perbelanjaan Perlu Ditinjau Ulang

Pembukaan kembali Plaza Medan Fair ditengah pandemi covid-19 dinilai sangat berisiko. Penilaian itu diucapkan Ketua Komisi III DPRD Kota Medan, M Afri Rizki Lubis, Kamis (28/5/2020) di Medan.

Kamis, 28 Mei 2020 10:47Berita Sumut

Brigjen Pol Tabana Bangun Resmi Jabat Wakapolda Riau

Brigjen Pol Tabana Bangun resmi menjabat Wakapola Riau menggantikan Brigjen Sutrisno. Serah terima jabatan orang nomor dua di lingkungan Polda Riau ini dipimpin langsung Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan di hadiri para pejabat utama (PJU

Kamis, 28 Mei 2020 09:15Nasional

Diriingi Lagu Selamat Datang, Pangkogabwilhan II yang Baru Disambut Prajurit Kogabwilhan II

Kedatangan Pangkogabwilhan II Marsda TNI Imran Baidirus disambut oleh seluruh prajurit Kogabwilhan II dengan iringan lagu “Selamat Datang” pada saat berjalan menuju ke ruang Panglima sebagai tradisi penyambutan.

Kamis, 28 Mei 2020 09:00Berita Sumut

Korsleting Arus Listrik, Rumah Semi Permanen di Dolok Panribuan Hangus Terbakar

Sebuah bangunan rumah semi permanen milik Sadirman Simarmata (69) warga Dusun Cinta Nauli Nagori Dolok Tomuan Kecamatan Dolok Panribuan Simalungun habis dilalap si jago merah. Kebakaran ini diduga kuat disebabkan oleh hubungan singkat (korsleting listrik)

Kamis, 28 Mei 2020 08:45Berita Sumut

Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Berikan Tali Asih Kepada Orang Tua Korban Pencabulan

Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Rissa Agus Waluyo menunjukkan kepedulian nya dengan memberikan tali asih kepada korban perbuatan cabul yang masih di bawah Umur berinisial AN (10). Bocah yang masih duduk di bangku kelas 4 SD itu didampingi oleh orangt

Kamis, 28 Mei 2020 08:30Berita Sumut

Dana Anggaran Penanganan Corona Kabupaten Asahan Ditambah Rp 36 Milyar Lebih.

Pemerintah Kabupaten Asahan memanmbah dana anggaran yang diperuntukan pada penanganan dan percepatan Covid 19 sebanyak Rp.36.200.000.000,- dari semula hanya Rp.26,8 Milyar menjadi Rp.63 Milyar lebih.

Kamis, 28 Mei 2020 08:15Berita Sumut

Muspika Sibolangit Kunjungi Keluarga PDP Covid-19 yang Meninggal, Puskesmas akan Lakukan Rapid Test

Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara melakukan kunjungan ke rumah keluarga terduga PDP di Dusun I, Desa Sikeben, Kecamatan Sibolangit, Rabu (27/5) kemarin.

Kamis, 28 Mei 2020 08:00Aceh

Nelayan Tak Melaut, Masyarakat Sulit Dapatkan Ikan

Karena para Nelayan merayakan lebaran Idul Fitri 1441 hijriyah bersama keluarga, sehingga hampir ribuan unit kapal motor (KM) masih terparkir sepanjang dermaga dan kolam Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Idi, Kab. Aceh Timur.

Kamis, 28 Mei 2020 07:45Ekonomi

Perum Bulog Kanwil Sumut, Lanjutkan Operasi Pasar Gula Pasir

Operasi pasar gula pasir untuk membantu menjaga ketersediaan komoditas itu di daerah tersebut setelah Lebaran, dilanjutkan Perum Bulog Kanwil Sumut.

Kamis, 28 Mei 2020 07:30Nasional

Sejak Usia 10 Tahun Sudah Pelecehan Ayah Tirinya

Sejak masih berusia 10 tahun, seorang bapak di Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan tega menyetubuhi anak tirinya sendiri